Buku Petunjuk Penggunaan Media Pembelajaran Berbantuan Komputer

Pokok Bahasan Integral

Oleh: Gandi Siaga Utama (070210101108)

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA JURUSAN PENDIDIKAN MIPA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIIDIKAN UNIVERSITAS JEMBER 2010

D. Drs. Jurusan Pendidikan MIPA.KATA PENGANTAR Segala puji syukur ke hadirat Allah SWT. Akhir kata.. Birul Alim selaku asisten praktikum media pambelajaran berbantuan komputer. M. Sc. M. semoga tugas media pembelajaran ini dapat bermanfaat bagi mahasiswa dan bagi yang menggunakan media ini Jember. sehingga penulis dapat menyelesaikan Buku Panduan Media Pembelajaran Berbantuan Komputer yang berjudul integral.. Drs. Dalam mengerjakan buku panduan ini mendapatkan bimbingan serta informasiinformasi sepenuhnya dari berbagai pihak. selaku Ketua Program Studi Pendidikan Matematika. Pd. Ph. November 2010 Penulis ii . yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya kepada penulis. Universitas Jember. 3. selaku dosen pengampu mata kuliah Pembelajaran Berbantuan Komputer. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Pd. Sc... Dafik.. pada kesempatan ini tidak lupa penulis mengucapkan terima kasih kepada: 1. 2. M. Dafik. Buku Panduan ini merupakan salah satu syarat dalam menempuh mata kuliah Pembelajaran berbantuan Komputer. dan Edy Wihardjo. S. Ph. Oleh karena itu.D.

.....IV DAFTAR PUSTAKA ..........................................6 PETUNJUK UNTUK MELIHAT INDIKATOR.................................................................................... 11 2............... 2 1........................................................................................................................................................ 13 2......................................................................... 4 PANDUAN PENGGUNAAN CD PEMBELAJARAN ...........................................................................................2 PETUNJUK UNTUK KELUAR DARI CD PEMBELAJARAN .................................................... 2 1........................ 4 2...................................................5 Indikator .......................... 3 1...................................................................................................... 9 2.................. ...................................................... 2 1....... 2 PENDAHULUAN .........................................................9PETUNJUK UNTUK MELIHAT TES ..... V iii ....................... 6 2........................................................................................1 Deskripsi Materi ................ 2 1................................................ 3 BAB 2............................................. 4 2....................................................................................... 8 2............4 PETUNJUK UNTUK MELIHAT TUJUAN PEMBELAJARAN .......................2 Pokok Bahasan ........ II DAFTAR ISI .3 PETUNJUK UNTUK MELIHAT STANDAR KOMPETENSI ... 2 1....................10PETUNJUK UNTUK MELIHAT VIDEO ..........................................................................6 Tujuan pembelajaran:.................. 10 2..5 PETUNJUK UNTUK MELIHAT KOMPETENSI DASAR ...................8 PETUNJUK UNTUK MELIHAT CONTOH ..............7 PETUNJUK UNTUK MELIHAT MATERI ............................................................................. III BAB 1 ..... 12 2..................... 7 2..................4 Kompetensi Dasar .................................................................3 Standar Kompetensi .................................DAFTAR ISI KATA PENGANTAR ..........................................1 PETUNJUK UNTUK MULAI MENGGUNAKAN CD PEMBELAJARAN ................................................................................................................................................................

3 Standar Kompetensi menggunakan konsep integral dalam pemecahan masalah 1. 1. Pada umumnya siswa kelas XII SMA masih kesulitan untuk memahami tentang konsep integral. Didalamnya juga disertakan contoh-contoh soal beserta penyelesaiannya untuk membantu siswa apabila mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal-soal integral serta didalam media pembelajaran ini terdapat tes yang digunakan untuk menguji tingkat kepahaman dan penguasaan materi siswa. integral parsial dan disertai video tutorial tentang konsep integral.1 Deskripsi Materi Membahas tentang konsep dasar dan pengertian integral. 1. sebagian besar dari mereka hanya menghafal rumus dalam mengerjakan soal-soal yang berkaitan dengan integral sehingga penerapan dan aplikasinya kurang mereka pahami.2 Pokok Bahasan Integral 1. Menghitung integral tak tentu dan integral tentu dari fungsi 2 .BAB 1 PENDAHULUAN Materi Integral adalah materi matematika yang diajarkan di SMA kelas XII pada semester I.4 Kompetensi Dasar 1. Dalam media pembelajaran matematika ini akan disajikan konsep-konsep tentang integral dengan harapan membantu para siswa untuk memahami konsep integral. Memahami konsep integral tak tantu dan integral tentu 2. integral substitusi.

5 Indikator 1.aljabar dan fungsi trigonometri yang sederhana 3. Menjelaskan integal tentu sebagai luas daerah di bidang datar 2. Menggunakan integral untuk menghitung luas daerah di bawah kurva dan volum benda putar 1. 1. Menghitung integral tak tentu dari fungsi aljabar.6 Tujuan pembelajaran: Siswa dapat menghitung integral tak tentu dari fungsi aljabar 3 .

BAB 2. Halaman Awal 1. PANDUAN PENGGUNAAN CD PEMBELAJARAN 2. Untuk masuk ke CD Pembelajaran. maka akan muncul tampilan seperti ini : Gambar 1.1 Petunjuk Untuk Mulai Menggunakan CD Pembelajaran Masukkan CD Pembelajaran ke dalam CD Drive. ketikkan ”matematika” pada input nama dan ”unej” pada input password! Kemudian tekan tombol ”log in”! 4 .

5 . dan tes. Halaman Profil 3. video. Dalam media pembelajaran ini akan ada beberapa tombol diantaranya tombol standart kompetensi. tujuan pembelajaran. kompetensi dasar. Pilih menu pilihan yang anda kehendaki dan anda akan masuk ke halaman tombol yang bersangkutan ! 4. Di samping kanan setiap window juga disertakan kalkulator untuk membantu perhitungan jika diperlukan. Gambar 2. latihan soal.2. materi. akan tampil halaman profil CD Pembelajaran yang berisi tentang identitas pembuat CD Pembelajran. Setelah anda berhasil log in.

silahkan klik “YES” Maka Anda akan keluar dari Media Pembelajaran Berbantuan Komputer ini.2 Petunjuk Untuk Keluar Dari CD Pembelajaran 1. Klik pada tombol exit berwarna ungu di pojok kanan atas. 6 . maka akan muncul tampilan seperti ini : Gambar 3. Halaman Keluar 2. Jika Anda benar-benar ingin keluar. maka silahkan klik “NO” dan anda akan kembali ke halama Profil sehingga anda dapat memilih menu-menu yang lainnya lagi. Jika tidak ingin keluar.2.

2. hal ini dimaksudkan sebagai aplikasi konsep integral dalam kehidupan sehari-hari.. silahkan klik tombol “STD KOMPETENSI maka akan muncul tampilan seperti ini : Gambar 4. Diharapkan setelah mempelajari materi integral ini siswa dapat menerapkan konsep integral yang telah mereka pelajari untuk menyelesaikan masalahmasalah dalam kehidupan nyata yang ada hubungannya dengan masalah integral. Halaman Standar Kompetensi Standar kometensi pada media pembelajaran materi integral ini adalah menggunakan konsep integral dalam pemecahan masalah.3 Petunjuk Untuk Melihat Standar Kompetensi Pada daftar menu. 7 .

Halaman Standar Kompetensi Tujuan dalam media pembelajaran ini adalah bahwa siswa dapat menghitung integral tak tentu dan integral tentu dari fungsi fungsi aljabar dan trigonometri. 8 . maka akan muncul tampilan seperti ini : Gambar 5. Kemudian siswa dapat menjelaskan integral sebagai suatu luasan dalam kurva. silahkan klik tombol “TUJUAN”.4 Petunjuk Untuk Melihat Tujuan Pembelajaran Pada daftar menu.2.

serta luas daerah dibawah kurva dan volume benda putar.2. 9 .5 Petunjuk Untuk Melihat Kompetensi Dasar Pada daftar menu.DASAR”. silahkan klik tombol “KOMP. Gambar 6. Halaman Kompetensi Dasar Kompetensi dasar materi integral adalah konsep integral tentu dan integral tak tentu dari fungsi aljabar dan fungsi trigonometri.

silahkan klik tombol “INDIKATOR”. maka akan muncul tampilan seperti ini : Gambar 7. Halaman Indikator Indicator dalam media pembelajaran ini adalah konsep tentang integral yang menyatakan bahwa integral adalah suatu luasan daerah di bidang datar. 10 .6 Petunjuk Untuk Melihat Indikator Pada daftar menu. Indicator ini melingkupi menghitung integral sebagai luas daerah di bidang datar.2.

7 Petunjuk Untuk Melihat Materi Pada daftar menu. Halaman Materi Dalam window materi ini disajikan ulasan materi tentang integral. maka akan muncul tampilan seperti ini : Gambar 8. untuk melihat materi selanjutnya tekan tombol next yang ada di sebelah pojok kanan bawah 11 . silahkan klik tombol “MATERI”.2..

maka akan muncul tampilan seperti ini : Gambar 9. Untuk melihat solusi dari tiap soal dapat di tekan tombol tulisan “solusi klik disini” dan untuk kembali ke latihan soal bias di klik “kembali ke latihan soal”. 12 .2. silahkan klik tombol “LATIHAN SOAL”.8 Petunjuk Untuk Melihat Contoh Pada daftar menu. Halaman Latihan Soal Dalam media pembelajaran ini terdapat tujuh contoh soal beserta pembahasannya untuk menumntun para pengguna untuk mengetahui solusi dari soal atau permasalahan yang disajikan.

b. Halaman Tes Pada window tes ini terdapat sepuluh soal.9 Petunjuk Untuk Melihat Tes Pada daftar menu. silahkan klik tombol “ TES”. maka akan muncul tampilan seperti ini : Gambar 10. Pada akhir tes anda akan mengetahui skor anda sebagai hasil dari mengerjakan soal-soal yang ada di tes ini. c atau d. 13 .2. Setelah menekan tombol multiple choise maka anda akan dihadapkan dengan soal berikutnya dan anda tidak dapat kembali ke soal sebelumnya. untuk menjawab soal tersebut cukup menekan tombol a.

Halaman Latihan Soal Pembuka Dalam media pembelajaran ini juga disertakan video tentang konsep integral rieman. Diharapkan dengan video tutorial ini siswa dapat lebih memantapkan konsep tentang integral sebagai luasan diatas bidang datar. maka akan muncul tampilan seperti ini: Gambar 11.10 Petunjuk Untuk Melihat Video Pada daftar menu.2. silahkan klik tombol “ video”. .

2008. dan Teknologi Kerumahtanggaan untuk Kelas X SMK. Pariwisata. Hendi Senja. 2005. Yogyakarta : Yescom. Tip And Trik Actionscript Flash MX 2004. Zeemby. Student book Series Adobe Flash CS3 Professional.Matematika Kelompok Seni. 2008. v .DAFTAR PUSTAKA MADCOMS. Gumilar. Jakarta : Pusat Perbukuan Depdiknas. Jakarta : PT Elex Media Komputindo.