Botol Air Minum tidak berbahaya walau dipakai berulang-ulang, benarkah??

Kita sering mendengar kata-kata itu. Larangan dari orang-orang disekitar saya pun banyak saat mereka melihat saya membawa air minum dalam botol AQUA ( sebut merk dikit ) yang sudah habis pakai. Kemudian saya mulai googling. Benarkah? Sampai seberapa besar bahayanya? Akhirnya saya menemukan beberapa referensi berikut. Sebelum tahun 2009 Dari beberapa artikel yang saya baca sebelum tahun 2009, dapat disimpulkan bahwa botol Air Minum Dalam Kemasan ( AMDK ) tidak dapat dipakai berulang-ulang karena dapat mengakibatkan munculnya sel kanker. Alasannya AMDK dibuat dari bahan polyethylene terephthalate ( PET ) yang mengandung karsinogen penyebab kanker. Melalui satu set langkah sterilisasi dapat dihasilkan kondisi bahwa saat masih tersegel, zat tersebut tidak aktif, tetapi setelah segel dibuka, maka zat karsinogen tersebut dapat bermigrasi dan bercampur dengan air yang akan kita minum. Apabila terpaksa botol tersebut harus digunakan lagi, maka botol harus dicuci dengan sabun yang mengandung disinfektan dan ketika akan dipakai, botol harus benar-benar kering kemudian langsung ditutup untuk mencegah masuknya kembali bakteri luar ke dalam botol. Akan tetapi, hal ini dilakukan dalam hal mendesak. Lebih baik digunakan botol kaca. Keterangan lebih lanjut dapat dilihat di sini Pada tahun 2009 Pada tahun 2009 ini saya menemukan referensi baru yang menyatakan bahwa pemakaian berulang botol PET diperbolehkan sepanjang botol PET tersebut belum pernah dipakai untuk wadah bahan berbahaya lain, serta prosedur sanitasi yang baik telah dilakukan sebelum pemakaian ulang botol PET tersebut dilakukan, karena botol PET yang pernah dipakai kemungkinan besar akan tercemar dengan mikroba. ( US CFR 21 part 177.1630 ) Yang perlu diperhatikan justru tutup botolnya. Bahan yang digunakan adalah HDPE yang umumnya diberi bermacam-macam warna dan tidak tembus pandang. Masih diragukan bahan aditif dan bahan pewarna lain yang digunakan. Oleh karena itu, hindari kontak langsung antara air minum dengan tutup botolnya dalam keadaan panas JENIS-JENIS PLASTIK KEMASAN Jenis-jenis plastik yang digunakan dapat dilihat dari lambang yang ada pada kemasan atau tutupnya. Berikut merupakan bermacam-macam lambang yang sering ditemukan

3 : Polyvinyl chloride (PVC atau V) Kode No. 6 : Polystyrene (PS) Kode No. 2 : High density polyethylene (HDPE) Kode No. Ini adalah referensi yang saya temukan di internet. Apakah ini benar ? mungkin bisa menjadi PR buat para peneliti kita. sehingga dapat membahayakan kesehatan manusia penggunanya. Mana hasil yang benar dan valid. 4 : Low density polyethylene (LDPE) Kode No. 5 : Polypropylene (PP) Jenis kemasan plastik yang tidak aman : Kode No. 1 : Polyethylene terephthalate (PET atau PETE) Kode No. 7 : Polycarbonate. yang mengandung zat aditif Bisphenol-A yang dapat ber-migrasi ke makanan dan minuman.Jenis Kemasan plastik yang aman : Kode No. .

Plastik jenis ini digunakan untuk botol kosmetik. obat. dan Plastik / Plastic kemasan untuk produk bukan makanan. Kode 4 Plastik / Plastic Bertuliskan LDPE Plastik / Plastic LDPE atau Low Density Polyethylene (LDPE) sering digunakan untuk membungkus. misalnya sayuran. minyak goreng. Kode 2 Plastik / Plastic Bertuliskan HDPE Plastik / Plastic HDPE atau High Density Polyethylene banyak ditemukan sebagai Plastik / Plastic kemasan makanan dan obat yang tidak tembus pandang. dan cairan kimia.Kode Plastik / Plastic dalam industri Kode 1 Plastik / Plastic bertuliskan PET atau PETE Plastik / Plastic PET atau PETE (Polyethylene terephthalate) sering digunakan sebagai Plastik / Plastic botol minuman. sambal. kantong/tas kresek . Habiskan segera isinya. minuman. maupun kosmetik. kecap. Beberapa negara Eropa bahkan sudah melarang penggunaan PVC untuk bahan mainan anak di bawah tiga tahun. Semakin lama wadah terbuka. Kode 3 Plastik / Plastic Bertuliskan PVC Plastik / Plastic PVC atau Polyvinyl Chloride (PVC) sering digunakan pada mainan anak. bahan bangunan. obat. jika tutup wadah telah dibuka. PVC dianggap sebagai jenis plastik yang paling berbahaya. maka kandungan kimia yang terlarut semakin banyak. tutup plastik. jeriken pelumas. daging beku. Plastik jenis ini tidak boleh digunakan berulang-ulang atau hanya sekali pakai.

. minuman. dan botol bayi menggunakan plastik jenis ini.Kode 5 Plastik / Plastic Bertuliskan PP Plastik / Plastic PP atau Polypropylene sering digunakan sebagai kemasan Plastik / Plastic makanan.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful