KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah Swt. yang telah memberikan rahmat serta karunia-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan makalah yang berjudul ³Bunga Euphorbia Sebagai Salah Satu Contoh Tanaman Yang Termasuk dalam Sympetalae´. Makalah ini disusun untuk memenuhi salah satu tugas mata Biologi Dasar, selain itu juga untuk membina pengetahuan baru bagi para penyusun untuk mengenal dan mengetahui tentang bunga Euphorbia. Penulis mengucapkan terima kasih kepada Ibu selaku dosen Biologi Dasar yang telah membantu dalam penyelesaian tugas ini dan juga kepada semua pihak yang telah ikut membantu. Penulis menyadari sepenuhnya bahwa dalam penyelesaian makalah ini masih terdapat kekurangan. Oleh karena itu, penulis mengharapkan kritik dan saran dari berbagai pihak yang sifatnya membangun guna penyempurnaan di masa yang akan datang. Penulis mengharapkan makalah ini dapat diterima dengan baik dan bermanfaat bagi penulis khususnya dan bagi para pembaca pada umumnya. Amin.

Cilegon, Desember 2010

Penyusun

kuntum bunganya yang indah yang banyak menyita perhatian banyak orang. Informasi terakhir menyebutkan bunga Euphorbia di thailand sudah mencapai hampir 90 warna.1 Latar Belakang Masalah Bunga Euphorbia termasuk dalam kelompok sympetalae. kuning dengan berbagai gradasi merah. Oleh sebab itu kami menyusun makalah ini disebabkan bunga Euphorbia sangat menarik untuk diteliti. sedangkan Euphorbia hibrida berbunga besar. Penampilannya berbeda pada bunganya.PENDAHULUAN 1. taksonomi. Tanaman madagaskar yang ada di Indonesia ini.2 Tujuan Adapun tujuan penyusunan makalah ini adalah: 1) Untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah Biologi Dasar 2) Diperolehnya informasi tentang bunga Euphorbia baik dalam segi morfologi. hingga hijau. pada awalnya didatangkan dari Taiwan dan Thailand. dari putih. Euphorbia dibagi menjadi dua kelompok yaitu euphorbia lokal dan euphorbia hibrida. Euphorbia lokal berbunga kecil-kecil. 1. ungu. manfaat dan kegunaanya 3) Diperolehnya informasi tentang peranan bunga Euphorbia bagi kehidupan manusia. Euphorbia termasuk tanaman sukulen yang berkerabat dekat dengan berbagai kaktus dan adenium. Euphorbia merupakan salah satu famili Euphorbiaceae yang mempunyai lebih dari 2000 spesies. .

bunga. Ada empat bagian utama bunga. dan bunga. batang. tetapi duduk pada batang. ada tiga macam duri. dengan semakin bertambahnya umur tanaman. duri. Tetapi beberapa spesies ada yang melengkung. Akar yang sehat berwarna putih kecokelat-cokelatan. Ada yang berbentuk bulat telur (Ovatus). Batang ini tumbuh tegak menjulang ke atas. adalah akar tunggang. Masingmasing daun mempunyai ketebalan berbeda-beda.BAB II PEMBAHASAN 2. Apabila dilihat dari bentuknya. buah dan biji. duri ganda. daun. Duri tumbuh sepanjang batang tanaman. yaitu akar. tumpul (Obtusus). yaitu duri tunggal. a. yaitu bulat dan bersudut. tanaman Euphorbia dibagi atas beberapa bagian. d. Akar tersebut tumbuh langsung dari pangkal batang. sebagaimana semua tanaman dikotil. batang akan mengeras. setiap dompola terdiri atas 4-32 kuntum. Susunan daun Euphorbia berselang-seling atau saling berhadapan dan duduk pada ruas batang tanaman. Akar Akar Euphorbia. Bunga Bunga Euphorbia muncul membentuk dompolan-dompola. sedangkan akar yang sudah tua berwarna cokelat. b. Akan tetapi. tanaman yang diperbanyak dengan setek memiliki perakaran serabut. Sebagaimana tanaman kaktus. meskipun tidak terlalu banyak. dan ujung terbelah (Retusus).1 Morfologi Bunga Euphorbia Secara morfologi. dan duri kelompok c. Hampir semua daun tidak bertangkai. Tepi daun tidak bergerigi. dan jorong (ellipticus). Batang akan ditumbuhi daun. Batang Batang Euphorbia ada dua macam. yaitu mahkota bunga semu. Akan tetapi. . Daun Bentuk daun Euphorbia bervariasi. Euphorbia tidak berkayu. Ujung daun juga bervariasi. Pada batang banyak terdapat bintikbintik putih bekas patahan daun atau tangkai bunga yang gugur. ada yang runcing (Acutus). lonjong (Oblongus).