HAK PREROGATIF PRESIDEN

HAK PREROGATIF PRESIDEN
Definisi Kekuasaan Presiden RI Prerogatif berasal dari bahasa latin praerogativa ( dipilih sebagai yang paling dahulu memberi suara), praerogativus (diminta sebagai yang pertama memberi suara), praerogare ( diminta sebelum meminta yang lain). Dalam prakteknya kekuasaan Presiden RI sebagai kepala negara sering disebut dengan istilah “hak prerogatif Presiden” dan diartikan sebagai kekuasaan mutlak Presiden yang tidak dapat diganggu oleh pihak lain. Secara teoritis, hak prerogatif diterjemahkan sebagai hak istimewa yang dimiliki oleh lembaga-lembaga tertentu yang bersifat mandiri dan mutlak dalam arti tidak dapat digugat oleh lembaga negara yang lain. Dalam sistem pemerintahan negara-negara modern, hak ini dimiliki oleh kepala negara baik raja ataupun presiden dan kepala pemerintahan dalam bidang-bidang tertentu yang dinyatakan dalam konstitusi. Hak ini juga dipadankan dengan kewenangan penuh yang diberikan oleh konstitusi kepada lembaga eksekutif dalam ruang lingkup kekuasaan pemerintahannya (terutama bagi sistem yang menganut pemisahan kekuasaan secara tegas, seperti Amerika Serikat), seperti membuat kebijakan-kebijakan politik dan ekonomi. Sistem pemerintahan negara-negara modern berusaha menempatkan segala model kekuasaan dalam kerangka pertanggungjawaban publik. Dengan demikian, kekuasaan yang tidak dapat dikontrol, digugat dan dipertanggungjawabkan, dalam prakteknya sulit mendapat tempat. Sehingga, dalam praktek ketatanegaraan negara-negara modern, hak prerogatif ini tidak lagi bersifat mutlak dan mandiri, kecuali dalam hal pengambilan kebijakan dalam rangka penyelenggaraan pemerintahan. UUD 1945 maupun peraturan perundang-undangan di Indonesia yang mengatur tentang ketatanegaraan tidak pernah menyatakan istilah hak prerogatif Presiden. Namun

Hak ini juga dipadankan terutama dalam istilah Presiden sebagai kepala negara yang sering dinyatakan dalam pengangkatan pejabat negara. Dalam UUD 1945. keamanan dan pengaturan yang tidak bertentangan dengan konstitusi dan peraturan perundang-undangan. simbolis dan terbatas yang merupakan suatu kekuasaan disamping kekuasaan utamanya sebagai kepala pemerintahan. . fungsi pengawasan pemerintahan sehari-hari dilaksanakan oleh DPR. Kekuasaan Presiden sebagai kepala negara hanyalah kekuasaan administratif. kekuasaan ini tetap besar dan mendapat pengawasan dari badan legislatif atau badan lain yang ditunjuk oleh konstitusi untuk menjalankan fungsi pengawasan. Di Indonesia.dalam prakteknya. kekuasaan Presiden sebagai kepala negara diatur dalam UUD 1945 Pasal 10 sampai 15. Kekuasaan ini terbatas pada penetapan dan pelaksanaan kebijakan-kebijakan politik yang berada dalam ruang lingkup fungsi administrasi. Kekuasaan eksekutif diartikan sebagai kekuasaan pelaksanaan pemerintahan sehari-hari berdasarkan pada konstitusi dan peraturan perundang-undangan. Bentuk kekuasaan Presiden di Indonesia dapat dikelompokkan sebagai berikut : Kekuasaan Kepala Negara. hak ini dilakukan secara nyata. Dalam hal ini Padmo Wahjono menyatakan pendapatnyayang akhirnyamemberikan kesimpulan bahwa hak prerogatif yang selama ini disalahpahami adalah hak administratif Presiden yang merupakan pelaksanaan peraturan perundangundangan dan tidak berarti lepas dari kontrol lembaga negara lain. misalnya dalam hal pengangkatan menteri-menteri departemen. Kekuasaan pemerintahan sama dengan kekuasaan eksekutif dalam konsep pemisahan kekuasaan yang membatasi kekuasaan pemerintahan secara sempit pada pelaksanaan peraturan hukum yang ditetapkan lembaga legislatif. Kekuasaan Kepala Pemerintahan. Dalam pelaksanaannya. Kekuasaan Presiden sebagai kepala pemerintahan di Indonesia diatur dalam UUD 1945 Pasal 4 ayat (1). selama orde baru. Kekuasaan Presiden sebagai kepala negara di masa mendatang selayaknya diartikan sebagai kekuasaan yang tidak lepas dari kontrol lembaga lain.

Presiden adalah “partner” DPR dalam menjalankan fungsi legislatif. Yang termasuk kekuasaan ini adalah : 1. di akhir masa jabatannya masing-masing lembaga dapat diminta pertanggungjawabannya baik di sidang umum maupun dalam pemilihan umum. Kekuasaan mengesahkan atau tidak mengesahkan RUU inisiatif DPR 7. Kekuasaan mengangkat dan memberhentikan Jaksa Agung RI 8. karena penetapan akhir dari suatu undang-undang yang akan diberlakukan ada di tangan Presiden. Berdasarkan mekanisme pelaksanaannya. Dengan demikian. AL. Kekuasaan mengangkat duta dan konsul 4. Kekuasaan yang tidak diatur mekanisme pelaksanaannya secara jelas. Oleh karena itu sistem check and balance mendesak untuk diterapkan dengan mekanisme yang jelas. Kekuasaan mengangkat Panglima ABRI 9. Kategori Kekuasaan Presiden Kekuasaan Presiden RI dinyatakan secara eksplisit sebanyak 24 bentuk dalam UUD 1945 dan peraturan perundang-undangan Indonesia. maka Presiden harus menyatakan secara terbuka dan menggunakna hak vetonya. bentuk kekuasaan tersebut dikategorikan sebagai berikut : A. Dalam kenyataannya. Bila ada pertentangan antara Presiden dan DPR dalam hal persetujuan suatu undang-undang. Kekuasaan pemerintahan menurut UUD 1945 5. AU dan Kepolisian Negara RI 2. Kekuasaan tertinggi atas AD. Kekuasaan mengangkat LPND . Kekuasaan mengangkat dan memberhentikan menteri-menteri 6. UUD 1945 menetapkan fungsi legislatif dijalankan oleh Presiden bersama dengan DPR. tertutup atau yang memberikan kekuasaan yang sangat besar kepada Presiden. Kekuasaan menyatakan keadaan bahaya 3. Presiden mempunyai kekuasaan yang lebih menonjol dari DPR dalam hal pembentukan undang-undang. Kekuasaan Presiden Yang Mandiri.Kekuasaan Legislatif. Produk undang-undang yang dikeluarkan orde baru lebih memihak kekuasaan daripada kehendak rakyat Indonesia.

Kekuasaan menetapkn PERPU 5. dapat dilakukan dengan persetujuan Presiden. Kekuasaan memberi amnesti dan abolisi 3. jika DPR menganggap penting suatu perjanjian. Wakil Ketua. Kekuasaan memberi gelaran 5. maka harus mendapat persetujuan DPR. Kekuasaan menetapkan APBN Sebelum melaksanakan kekuasaan tersebut. Jika perjanjian dianggap kurang penting oleh DPR dan secara teknis tidak efisien bila harus mendapat persetujuannya terlebih dahulu. ketua. Hal ini dilakukan untuk menghindari terulangnya peminggiran peranan wakil rakyat dalam peranannya menentukan arah kebijakan politik negara. Kekuasaan memberi tanda jasa dan tanda kehormatan lainnya 6. Presiden memerlukan persetujuan DPR terlebih dahulu. Kekuasaan menetapkan peraturan pemerintah 7. Kekuasaan menyatakan perang dan membuat perdamaian 2. B. Kekuasaan memberi rehabilitasi 4. Kekuasaan membuat perjanjian dengan negara lain 3. Kekuasaan membentuk undang-undang 4. C. Kekuasaan memberi grasi 2. Ketua Muda dan Hakim Anggota MA . Kekuasaan Presiden dengan konsultasi. Kekuasaan mengangkat dan memberhentikan Hakim Agung.Mekanisme yang paling baik adalah mengadakan hearing terlebih dahulu di DPR. Yang termasuk dalam kekuasaan ini adalah : 1. Kekuasaan Presiden Dengan Persetujuan DPR. Sebagai contoh. Kekuasaan tersebut adalah : 1. Kekuasaan mengangkat dan memberhentikan hakim-hakim 8.

Irjen. Kekuasaan mengangkat dan memberhentikan Sekjen. Wakil Ketua dan anggota BPK 11. Kekuasaan mengangkat dan memberhentikan Kepala Daerah Tingkat I 13. Kekuasaan mengangkat dan memberhentikan Ketua. Kekuasaan mengangkat dan memberhentikan Sekjen BPK 17. Kekuasaan mengangkat dan memberhentikan Gubernur dan Direksi Bank Indonesia 20. . kekuasaan memberi tanda jasa dan tanda kehormatan lainnya. dan Presiden dengan sungguh-sungguh memperhatikan pertimbangan atau usul. dan Dirjen departemen 15. Kekuasaan mengangkat dan memberhentikan Rektor 21. Kekuasaan mengangkat dan memberhentikan anggota-anggota DPR yang diangkat 19.9. Kekuasaan mengangkat dan memberhentikan Ketua. Wakil Ketua dan Anggota DPA 10. Kekuasaan mengangkat dan memberhentikan Wakil jaksa agung dan jaksa agung Muda 12. Presiden harus mendapat usulan atau pertimbangan dulu dari Dewan Tandatanda Kehormatan. Kekuasaan mengangkat dan memberhentikan Sekjen DPA 16. Kekuasaan mengangkat dan memberhentikan Deputi-deputi atau jabatan yang setingkat dengan deputi LPND Sebagai contoh. Di masa datang. Kekuasaan mengangkat dan memberhentikan Panitera dan Wakil Panitera MA 14. Kekuasaan mengangkat dan memberhentikan anggota-anggota MPR yang diangkat 18.

Senayan Jakarta Pusat. ..).14 dan 15 disebutkan bahwa kekuasaan Presiden di dalam pasal-pasal tersebut adalah konsekuensi dari kedudukan Presiden sebagai Kepala Negara. 2. Gatot Subroto. 1. maupun advis dari suatu lembaga tinggi negara lainnya. karena didasarkan atau merupakan pelaksanaan dari peraturan perundang-undangan. menghormati hak prerogatif yang telah dilakukan presiden dan PDI Perjuangan tidak akan menjadi oposisi tetapi akan menjadi mitra strategis pemerintah. DPR hak-nya bisa dihitung. kEkuasaan ini lazim disebut pula sebagai kekuasaan/kegiatan yang bersifat administratif. untuk menambah dan mengurangi RUU atau Raperda atas usulan Pemerintah atas Presiden. Kamis. Hak amandemen Hak amandemen yaitu hak DPR mengadakan atau mengajukan perubahan terhadap usulan RUU atau Raperda. Jadi.12. Hak inisiatif Hak inisiatif yaitu hak DPR untuk mengajukan usul Rancangan Undang-Undang Dasar (RUU) atau Rancangan Peraturan Daerah (Raperda ) yang biasanya datang dari pemerintah atau presiden. ini dia hak-hak DPR beserta penjelasannya. 22/10/2009 di gedung Parlemen RI. kertas yang ditulis penuh sangat (huhuhu. Pada saat itu beliau menyatakan. Ketua MPR RI. fy-ina/Mulkan Salmun.11. Taufik Kiemas (tengah) dikerumuni wartawan untuk dimintai keterangan mengenai susunan kabinet Indonesia Bersatu jilid II yang telah ditetapkan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono tadi malam pada saat memasuki gedung Parlemen RI.Disamping itu di dalam penjelasan pasal 10. Jend. hak kita banyak banget. Jl. Termasuk DPR. Hak budget Hak budget yaitu hak DPR untuk mengesahkan RAPBN ( Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Negara) yang diajukan pemerintah yang juga merupakan pelaksana. 3.. Karena itu PDI Perjuangan akan memonitor dengan seksama 100 hari kerja kabinet ini.13. Yap. Maksudnya. Hak-hak DPR Setiap manusia punya hak. Kalo dicatat. bukan kewenangan khusus (hak prerogatif) yang mandiri. Nggak kayak kita. Cuma.

hak petisi yaitu hak untuk mengubah.com/question/index?qid=20100422182115AAZ5RGQ http://id. Hak bertanya Hak bertanya yaitu setiap anggota DPR berhak mengajukan pertanyaan kepada pemerintah atau Presiden secara/ berbentuk tertulis. yakni dari salah satu anggota Yahoo! Answers.answers. Pemerintah juga bertanya kepada DPR untuk hal-hal tertentu. Hak angket Hak angket yaitu hak anggota DPR mengadakan penyelidikan mengenai masalah tertentu. 6.answers. Hak petisi ini ada hubungannya dengan lembaga tinggi negara. 7. 5. mengatakan. Hak atau usulan tersebut harus diajukan minimal 20 orang anggota DPR secara tertulis melalui ketua DPR.yahoo. Permintaan tersebut diajukan oleh anggota DPR minimal 10 orang secara tertulis melalui ketua DPR. Sumber lain.4. Sumber: http://id. Hak petisi Hak petisi yaitu hak DPR untuk mengajukan usul atau anjuran serta pertanyaan mengenai suatu masalah. . atau mengurangi kebijakan pemerintah berdasarkan amanat rakyat.com/question/index?qid=20081104170806AAh7J0j Buku pelajaran PPKN dan penjelasan dari Bu Elis (guru PPKN kelas IX SMPN 1 Sumenep) .yahoo. Hak interpelasi Hak interpelasi yaitu hak DPR meminta keterangan kepada pemerintah atau Presiden. menambah.

Oleh karena itu. ada di antara mereka yang tidak tahu apa saja hak-haknya sebagai anggota dewan yang terhormat. Ibu dewan tersebut hanya bias mengucapkan “Kami bangsa Indonesia”…. memperjuangkan hak rakyat. Menyedihkan sekali bukan? Padahal hak-hak mereka itu merupakan sarana untuk menyalurkan aspirasi rakyat. dan memalukan! Tiga kata yang terbesit ketika saya menonton acara di salah satu stasiun televisi swasta beberapa waktu yang lalu. tentang Pancasila dan Proklamasi mengundang tawa para pemirsa. hal-hal dasar seperti itu seharusnya sudah anda ketahui sebelum berkantor di Senayan! Okelah kalau begitu. maka apa yang menjadi pijakan mereka ketika.“Pendidikan Dasar” Bagi Anggota DPR Lucu. Setelah ditanyakan. Setelah itu saya tidak tahu apa yang dilakukannya. Baiklah. menyedihkan. Mencari tahu isi Proklamasi seutuhnya atau menertawakan ketidaktahuannya. Biar lebih jelas. Lebih lucu lagi. Ia hanya bisa tertawa dan pastinya malu. saya akan uraikan kesalahan atau ketidaktahuan mereka. Hal pertama yang menjadi pertanyaan dari sang Host adalah mengenai isi teks Proklamasi.. Tuan dan Nyonya yang terhormat. harus diberikan pendidikan dasar berkaitan dengan hal-hal yang tidak diketahui oleh mereka tersebut. ini pelajaran dasar yang pertama tentang isi dari Proklamasi! . Pendidikan dasar berarti sama dengan pendidikan anak Sekolah Dasar. “katanya”. khususnya dari kalangan artis. terpaksa saya mengutip syair Warteg Boys karena apa yang hendak dikatakan lagi? Pengetahuan beberapa anggota dewan ini memang sangat dangkal. Harusnya suka karena pasti harus memahami undang-undang yang halamannya tebal-tebal. para anggota dewan yang kebingungan dan malu karena ditonton oleh masyarakat Indonesia. Sang Host ingin mengetes apakah salah seorang anggota dewan yang sering menjadi pemeran wanita di film-film nasional ini masih mengingat isi Proklamasi bangsa Indonesia yang fenomenal itu. Semoga mereka membacanya. Jika falsafah dan sejarah bangsa ini tidak dihafal. Acara yang ditujukan untuk mengetes pengetahuan dasar beberapa anggota DPR. Saya sangat prihatin akan kualitas pengetahuan dasar mereka. apalagi dipahami.selanjutnya blank. itu pun jika mereka suka membaca. Selanjutnya kita berikan jawaban yang tepat agar mereka menjadi tahu atau tidak mengulangi kesalahan yang sama.

padahal hak dan kewajiban mereka saling berkaitan erat. Jawaban itu pun langsung disandingkan dengan jawaban seorang anak SD yaitu “Persatuan Indonesia”. jadi cari alasan untuk menghindar. Kalau belum hafal. namun dipotong oleh sang Host karena yang ditanyakan hanya sila ke 3. Justru kewajiban anggota DPR merupakan implementasi dari penggunaan hak mereka secara maksimal. Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia Parade kekonyolan beberapa anggota DPR tidak sampai di situ saja. Hehehe…jawaban anak SD lebih tepat ketimbang wakil kita di Senayan ini. kita tinggalkan masalah Proklamasi dan kita simak kelucuan lain yang dilakukan teman-teman artis yang menjadi anggota dewan tersebut. Ia ditanyakan tentang bunyi sila ketiga Pancasila. Pada visual yang lain. Awalanya ia ingin merunut dari sila pertama. Baik. Jikalau saudara/i sudah lupa maka sudah seharusnya diingat kembali hal-hal yang menjadi fundamental bangsa ini. 3. Ia pun menjawabnya “Persatuan Republik Indonesia”. Kali ini subjeknya adalah anggota dewan yang dulu sering menjadi pemeran pria di berbagai sinetron. 2. Lagi-lagi seorang ibu dewan yang juga merupakan bintang sinetron tidak tahu defenisi dari Hak . 4. Mungkin karena terlalu ‘fokus” dengan kewajiaban sebagai wakil rakyat jadi lupa. bagaimana bisa menghayati dan mengimplementasikannya? Jadi inilah isi Pancasila : Pancasila 1. Ketuhanan Yang Maha Esa Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab Persatuan Indonesia Kerakyatan Yang Dipimpin Oleh Khidmat Kebijaksanaan Dalam Permusyawaratan/perwakilan 5. 17-08-1945 Atas nama Bangsa Indonesia Soekarno – Hatta Tidak susah mengingatnya bukan? Apa lagi ini sudah diajarkan ketika kita masih SD. Hal-hal yang mengenai pemindahan kekuasaan dan lain-lain akan dilaksanakan dengan cara seksama dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya. tetapi yang lebih menyedihkan mereka tidak tahu apa hak-hak yang dimiliki seorang anggota dewan. Saya yakin ia tidak tahu bunyi sila kedua Pancasila tersebut. Sekali lagi bapak-bapak yang terhormat.Proklamasi Kami bangsa Indonesia dengan ini menyatakan kemerdekaan Indonesia. kita hafal sama-sama isi Pancasila ya. Jakarta. teman sejawatnya ditanya bunyi dari sila kedua namun tidak mau menjawabnya karena dianggapnya itu pertanyaan anak SD dan tidak pantas ditanyakan padanya.

hak protokoler. Bagaimana jika mereka dihadapkan pada persoalan yang lebih pelik? Apakah mereka bisa suarakan aspirasi konstituen yang diwakili dan bersikap kritis terhadap kebijkan pemerintah? Jujur saya pesimis. Pertanyaannya. namun ada tiga hak yang utama yaitu: 1.Angket yang sedang ramai menghiasi layar kaca. hak legacy. anggota dewan juga memiliki beberapa hak seperti hak budget. hak imunitas. Hak Angket : hak untuk menyelidiki kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah 3. harusnya bertanya pada suami atau teman-teman anggota dewan yang lain. Kalau tidak tahu. Hak Interpelasi : hak untuk meminta penjelasan pemerintah terkait dengan kebijakan yang dikeluarkan Selain ketiga hak di atas. Hak mengeluarkan pendapat 2. dan hak-hak lainnya. Tolong diingat bahwa hak anggota DPR RI ada banyak. apakah mereka serius memperjuangkan nasib rakyat? Kalau serius mengapa hal-hal mendasar saja tidak serius dipelajari? Itulah wajah wakil rakyat kita saat ini. Menurut saya ini baru sebatas hal-hal dasar yang mudah untuk dipelajari. Kami tunggu janjimu “wakil rakyat”! . Semakin lama DPR tidak lagi menjadi media perjuangan bagi rakyat.

TUGAS PKN HAK PREROGATIF NAMA KELAS NO.ABSEN DISUSUN OLEH : : LAVENDA DIARNASA ZIHARA S. : VI-C : 17 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful