PENGARUH HORMON PADA PERILAKU MANUSIA

Firmawati, S.Psi

.DEFINISI HORMON Hormon berasal dari bahasa Yunani. Hormon mempunyai efek tertentu pada aktifitas organ lain dalam tubuh mahluk hidup. horman "yang menggerakkan". Hormon merupakan zat kimia yang diproduksi oleh kelenjar endokrin.

. hanya sedikit hormon yang diperlukan. tetapi mempunyai pengaruh yang sangat luas.FUNGSI HORMON ‡ Mengatur metabolisme. pertumbuhan. Dalam kegiatan tubuh. dan perkembangan reproduksi ‡ Menanggapi stress dan tingkah laku sehingga menimbulkan pola dan model tertentu.

Mereka juga memulai pubertas dan kemudian memainkan peran dalam pengaturan perilaku seksual merangsang pertumbuhan organ seks. Hormon Seks Hormon seks umumnya diproduksi oleh rahim wanita merupakan zat yang dikeluarkan oleh kelenjar seks dan kelenjar adrenalin langsung ke aliran darah. Sebagian bertanggung jawab dalam menentukan jenis kelamin pada janin dan bagi perkembangan organ seks yang normal.JENIS-JENIS HORMON 1. .

Estrogen juga mengatur siklus menstruasi. Wanita yang mempunyai kadar estrogen rendah dalam tubuhnya tidak kehilangan kemampuan mereka untuk dirangsang secara seksual atau untuk mengalami orgasme.Hormon Seks terbagi menjadi 2 yaitu :  Hormon Estrogen Estrogen adalah hormon seks yang umumnya diproduksi oleh rahim wanita yang merangsang pertumbuhan organ seks anak perempuan. seperti halnya payudara dan rambut kelamin. . dikenal sebagai karakteristik seks sekunder.

. dan kelebihan testosteron dapat meningkatkan gairah seks. Kekurangan testosteron dapat menyebabkan turunnya gairah seks. Tetapi kadar testosteron tidak begitu mempengaruhi daya tarik dan gairah seks saat mereka berada pada batas rata-rata. yang membantu memulai perkembangan testis dan penis pada janin laki-laki dan memulai proses pubertas. Hormon Testosteron Testosteron merupakan seks yang biasanya diproduksi hanya oleh testis pria.

2. pusing. peningkatan pigmentasi kulit. depresi. Beberapa mengalami gangguan usus. nyeri otot dan sakit pinggang akut. serta menekan sistem kekebalan. Kekurangan hormon adrenalin dapat menyebabkan pening. Hormon Adrenalin Hormon Adrenalin berfungsi untuk meningkatkan pasokan oksigen dan glukosa ke otak dan otot (dengan meningkatkan denyut jantung). . penurunan berat badan. kelelahan.

3. pesimistis. tidak percaya diri. gelisah. Kekurangan hormon serotonin dapat menyebabkan kecemasan. fobia. mudah marah. nafsu makan dan tidur. tertekan. . Hormon Serotonin Hormon Serotonin diproduksi pada saluran pencernaan dan berfungsi mengontrol mood atau suasana hati. gangguan tidur. sakit kepala dan sakit punggung.

berkeringat. muntah. mual. pupil melebar. demam tinggi.Kelebihan hormon serotonin bisa menyebabkan kegelisahan. gerakan tidak terkendali dan hilangnya kesadaran. menggigil. peningkatan denyut jantung. detak jantung tak teratur. sakit kepala. diare. kejang. kebingungan. . kehilangan koordinasi otot.

. kesulitan bernapas. berpikir lambat. sakit dada. sakit di kaki dan lengan. sakit kepala.4. motivasi rendah. Hormon Dopamin Diproduksi pada ginjal dan hipotalamus dan berfungsi untuk meningkatkan denyut jantung dan tekanan darah. kesulitan memberikan perhatian dan berkonsentrasi. Kelebihan dopamin dapat menyebabkan mual. muntah. perubahan warna kulit. dan mengalami gangguan tidur. mudah lelah. detak jantung tidak teratur. Kekurangan hormon dopamin menyebabkan tertekan. perubahan jumlah urin. rendah libido dan impotensi. berat badan cepat naik.

mual. detak jantung tidak teratur. Kelebihan insulin dapat menyebabkan kadar gula darah sangat rendah. glikogenesis dan glikolisis di hati dan otot dari darah.5. Hormon Insulin Hormon Insulin diproduksi pada pankreas dan berfungsi untuk pengambilan glukosa. Kadang-kadang juga menyebabkan hipoglikemia (gula darah rendah). . Kekurangan insulin dapat menyebabkan hiperglisemia (peningkatan kadar gula darah) yang dapat mengakibatkan penyakit diabetes mellitus. gemetaran. berkeringat. kelaparan berat dan kecemasan.

EVALUATION Apa yang Anda lakukan ketika Anda melihat sebuah cermin? Senyum Merapikan diri Hanya melewati .