BAB I PENDAHULUAN

1.1.

Latar Belakang Perdagangan internasional merupakan salah satu aspek penting dalam

perekonomian setiap negara di dunia. Dengan perdagangan internasional, perekonomian akan saling terjalin dan tercipta suatu hubungan ekonomi yang saling mempengaruhi suatu negara dengan negara lain serta lalu lintas barang dan jasa akan membentuk perdagangan antar bangsa. Perdagangan internasional merupakan kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat suatu negara. Terjadinya perekonomian dalam negeri dan luar negari akan menciptakan suatu hubungan yang saling mempengaruhi antara satu negara dengan negara lainnya, salah satunya adalah berupa pertukaran barang dan jasa antarnegara. Perdagangan internasional dapat diartikan sebagai transaksi dagang antara subyek ekonomi negara yang satu dengan subyek ekonomi negara yang lain. Adapun subyek ekonomi yang dimaksud adalah penduduk yang terdiri dari warga negara biasa, perusahaan swasta dan perusahaan negara maupun pemerintah yang dapat dilihat dari neraca perdagangan. Secara umum perdagangan internasional dapat dibedakan menjadi dua yaitu ekspor dan impor. Ekspor adalah penjualan barang dan jasa yang dihasilkan suatu negara ke negara lainnya. Sementara impor adalah arus kebalikan dari ekspor, yaitu barang dan jasa dari luar suatu negara yang mengalir masuk ke negara tersebut.
pdfMachine A pdf writer that produces quality PDF files with ease! Produce quality PDF files in seconds and preserve the integrity of your original documents. Compatible across Universitas Sumatera Utara nearly all Windows platforms, simply open the document you want to convert, click “print”, select the “Broadgun pdfMachine printer” and that’s it! Get yours now!

transfer modal dan luasnya kesempatan kerja. select the “Broadgun pdfMachine printer” and that’s it! Get yours now! . negara tersebut harus menghasilkan devisa untuk membayar impornya. Dalam teori ekonomi internasional. pengeluaran impor di mana sumber pembiayaannya berasal dari pendapatan nasional. Mengapa? Kita tahu bahwa kebutuhan dalam negeri sebuah negara tidak dapat dipenuhi hanya dari negaranya sendiri tetapi terkadang membutuhkan bantuan dari negara lain.Perdagangan internasional sangat mempengaruhi pertumbuhan ekonomi suatu negara. Jadi. baik dari segi bahan maupun cara berproduksi. Compatible across Universitas Sumatera Utara nearly all Windows platforms. pengeluaran impor di mana sumber pembiayaannya tidak berasal dari pendapatan nasional. simply open the document you want to convert. Salah satu fungsi dari ekspor adalah untuk membiayai impor. daripada impor autonomous (Mo). Tetapi teori mengatakan berbeda. Dalam analisis impor. click “print”. Logikanya. mereka cenderung untuk menyarankan bahwa cara untuk mengatasi permasalahan impor adalah melalui pengontrolan pendapatan nasional. cadangan devisa. Analisis tentang Mo sering tidak dihiraukan. lebih banyak perhatian diarahkan untuk menganalisis impor induced (mY). Sehingga. karena dalam perdagangan internasional semua negara bersaing di pasar internasional. Akan tetapi manfaat nyata dari perdagangan internasional dapat berupa kenaikan pendapatan. Salah satu keuntungan perdagangan internasional adalah memungkinkan suatu negara untuk berspesialisasi dalam menghasilkan barang dan jasa secara murah. kebanyakan orang cenderung mengatakan bahwa ekspor lebih penting daripada impor. walaupun Mo bisa juga dijadikan sebagai indikator untuk mengukur kemampuan pdfMachine A pdf writer that produces quality PDF files with ease! Produce quality PDF files in seconds and preserve the integrity of your original documents. secara alamiah impor lebih penting daripada ekspor. Dalam sektor perdagangan internasional. dikatakan bahwa impor lebih penting daripada ekspor.

serta barang modal yang pasokannya belum dapat dipenuhi seluruhnya oleh industri-industri dalam negeri. dan meningkatkan lalu lintas modal luar negeri untuk kepentingan pembangunan. yang digunakan dalam penelitian ini sebagai faktor-faktor yang mempengaruhi Mo Indonesia. Kebijakan impor sepenuhnya ditujukan untuk mengamankan posisi neraca pembayaran. Pembiayaan Mo bisa berasal dari banyak sumber. Sedangkan untuk negara rekan dagang impor. karena OECD tidak hanya rekan dagang impor yang penting bagi Indonesia tetapi juga memberikan utang dan hibah untuk Indonesia. simply open the document you want to convert. Nilai impor Indonesia tidak terlepas dari pengaruh permintaan dalam negeri atas barang-barang konsumsi dan impor atas bahan baku dan penolong. Compatible across Universitas Sumatera Utara nearly all Windows platforms. mendorong kelancaran arus perdagangan luar negeri. Walaupun ekspor dapat memberikan kontribusi yang sangat besar bagi kemajuan perekonomian suatu negara namun impor juga memegang peranan yang penting bagi pembangunan ekonomi suatu negara. penelitian ini menggunakan negara-negara anggota OECD (Organization of Economics Cooperation and Development). Kebijakan impor dilakukan karena Indonesia belum dapat memproduksi semua kebutuhan sendiri. Dengan adanya tuntutan untuk memenuhi kebutuhan ini maka Indonesia harus melakukan hubungan dengan luar negeri melalui perdagangan internasional. diantaranya adalah utang dan hibah. dalam rangka mempertahankan dan meningkatkan laju pertumbuhan ekonomi nasional.sebuah negara dalam mengontrol impornya. click “print”. Impor ini nantinya akan digunakan untuk proses industri dalam negeri pdfMachine A pdf writer that produces quality PDF files with ease! Produce quality PDF files in seconds and preserve the integrity of your original documents. select the “Broadgun pdfMachine printer” and that’s it! Get yours now! .

bahan baku dan barang modal. Namun demikian. Devisa dibutuhkan untuk (1) membayar impor sekarang. terutama untuk negara berkembang seperti Indonesia. akibat dari kurangnya perhatian terhadap analisis impor memunculkan dampak buruk. Suatu pdfMachine A pdf writer that produces quality PDF files with ease! Produce quality PDF files in seconds and preserve the integrity of your original documents. (2) efek demonstrasi yang merupakan dampak buruk dari impor mendapat kesempatan untuk menyebar tanpa hambatan. (2) jaminan pembayaran impor tiga bulan mendatang. (3) pola konsumsi penduduk menjadi semakin terjerat oleh selera ke barang impor. di sisi lain. sehingga negara berkembang berkepentingan untuk menguasai pengetahuan tentang penghasil devisanya ini. sebagai hasil dari upaya pen-skenario-an selera yang dilakukan para produsen/eksportir di luar negeri melalui efek demonstrasi dari strategi pemasarannya. antara lain: (1) masyarakat menganggap impor kalah penting dibanding ekspor. simply open the document you want to convert. sehingga menjadi semakin kurang diperhatikan. select the “Broadgun pdfMachine printer” and that’s it! Get yours now! . Di satu sisi hal ini dapat dipahami karena ekspor merupakan satu-satunya andalan penghasil devisa yang berasal dari kekuatan sendiri.dan industri yang berorientasi ekspor. karena telah terjadi ketidakpedulian terhadap impor. karena impor adalah cerminan kedaulatan ekonomi suatu negara. Analisis tentang sektor perdagangan luar negeri Indonesia selama ini terlalu didominasi oleh analisis tentang ekspor. Peran devisa ini sangat penting. apakah barang dan jasa buatan dalam negeri masih menjadi tuan di negeri sendiri. click “print”. dan (4) mendukung stabilitas nilai Rupiah. Compatible across Universitas Sumatera Utara nearly all Windows platforms. (3) membayar utang luar negeri dan bunganya. Analisis impor selayaknya mendapat porsi yang seimbang dengan analisis ekspor. Salah satu barang yang diimpor oleh Indonesia adalah barang konsumsi.

merangsang pertumbuhan industri baru. Fungsi lainnya adalah untuk merintis pasaran di dalam negeri. Fungsi impor adalah untuk pengadaan bahan kebutuhan pokok (barang konsumsi). Impor dapat mempunyai peranan yang positif terhadap perkembangan industri di dalam negeri khususnya dan terhadap perkembangan ekonomi pada umumnya. dan untuk pengadaan barang modal yang belum bisa dihasilkan sendiri di dalam negeri. yaitu defisiensi kuantitas dan defisiensi kualitas. Salah satu cara untuk mengetahui ada/tidaknya pasaran bagi komoditas tertentu di dalam negeri adalah dengan melihat impor. Compatible across Universitas Sumatera Utara nearly all Windows platforms. Dalam hal ini barang dan jasa dilihat dari fungsi atau kegunaannya. simply open the document you want to convert. Melakukan impor untuk alasan defisiensi kuantitas masih merupakan suatu kewajaran. sehingga penyelesaian atau solusinya juga jelas. Faktor penyebab utamanya biasanya adalah faktor-faktor alamiah yang nyata. Berikut data jenis impor menurut penggunaannya. select the “Broadgun pdfMachine printer” and that’s it! Get yours now! . pdfMachine A pdf writer that produces quality PDF files with ease! Produce quality PDF files in seconds and preserve the integrity of your original documents. Impor merupakan indikator bahwa pasarannya ada karena dari angka impor akan dapat diketahui barang-barang mana yang pasarannya sedang berkembang di dalam negeri. Ada dua macam defisiensi yang dapat terjadi. dan perluasan industri yang sudah ada. pengadaan bahan baku bagi industri di dalam negeri. Peranan positif impor dapat dilihat dari fungsi impor tersebut dalam perekonomian suatu negara.negara melakukan impor karena mengalami defisiensi (kekurangan/kegagalan) dalam menyelenggarakan produksi barang dan jasa bagi kebutuhan konsumsi penduduknya. Peran konsumsi fungsional dalam pola konsumsi relatif rendah bila dilihat dari proporsi pengeluarannya dalam total pengeluaran untuk konsumsi. click “print”.

select the “Broadgun pdfMachine printer” and that’s it! Get yours now! . data diolah 2010 Tahun pdfMachine A pdf writer that produces quality PDF files with ease! Produce quality PDF files in seconds and preserve the integrity of your original documents. Jenis Impor Menurut Penggunaannya di Indonesia Tahun 1986-2008 Jenis Impor Menurut Penggunaannya (Juta US$) Konsumsi Bahan Baku Barang Modal 1986 497 10223 2556 1987 689 11906 3766 1988 877 14893 6067 1989 958 17234 7677 1990 1213 18700 7367 1991 1146 20035 7147 1992 1430 23137 7420 1993 2350 29587 8692 1994 2806 30470 9653 1995 2166 30230 9284 1996 1918 19612 5807 1997 2469 18475 3060 1998 2685 26073 4777 1999 2251 23880 4831 2000 2651 24228 4411 2001 2792 25652 3946 2002 2980 26770 4509 2003 3299 26904 5906 2004 3659 28960 7118 2005 3405 27006 7854 2006 3711 27560 6004 2007 4097 28772 6533 2008 4340 29065 7008 Sumber: Bank Indonesia. simply open the document you want to convert.1. click “print”. Compatible across Universitas Sumatera Utara nearly all Windows platforms.Tabel 1.

Tingginya impor barang bahan baku menunjukkan bahwa adanya perkembangan industri yang banyak membutuhkan bahan baku untuk diproses menjadi bahan jadi. select the “Broadgun pdfMachine printer” and that’s it! Get yours now! 8 .1. Impor Menurut Jenis Barang Tahun 1986-2008 (Juta US$) Berdasarkan data pada Gambar 1. Compatible across Universitas Sumatera Utara nearly all Windows platforms. click “print”. simply open the document you want to convert.35000 30000 impor(juta US$) 25000 20000 15000 10000 5000 0 86 88 90 92 94 96 98 0 2 4 6 tahun Konsumsi Bahan Baku Barang Modal Jenis Impor Menurut Penggunaan Gambar 1.1 diketahui bahwa nilai impor yang paling besar menurut penggunaannya adalah impor untuk bahan baku kemudian diikuti oleh barang modal dan impor untuk konsumsi. Meningkatnya impor bahan baku dan barang modal ke Indonesia antara lain disebabkan oleh adanya realisasi investasi asing di Indonesia. Di sisi lain peningkatan impor bahan baku dan barang modal bagi negara yang sedang mengalami perombakan struktur ekonomi dari agraris ke industri pdfMachine A pdf writer that produces quality PDF files with ease! Produce quality PDF files in seconds and preserve the integrity of your original documents.

Ketiga jenis barang tersebut memiliki kontribusi rata-rata yang paling besar dalam kelompok bahan baku. setelah krisis peningkatan impor total cenderung melemah. kontribusi mereka tidaklah stabil. Secara rata-rata ada delapan negara asal impor yang memiliki kontribusi (ratarata) impor yang paling besar yaitu Jepang. Hal itu dianggap tidak wajar karena barang-barang yang diimpor sudah banyak yang dapat dihasilkan sendiri di dalam negeri. Akan tetapi. Impor Indonesia yang selalu meningkat memiliki pola yang berbeda antara sebelum krisis ekonomi 1998 dengan setelah krisis ekonomi. Kenaikan impor barang konsumsi berkaitan erat dengan adanya perbaikan taraf hidup masyarakat akibat naiknya pendapatan dan adanya pergeseran pola konsumsi masyarakat. Perubahan paling radikal adalah kontribusi Cina yang berubah drastis sejak 1998 yaitu dari 7. Compatible across Universitas Sumatera Utara nearly all Windows platforms. select the “Broadgun pdfMachine printer” and that’s it! Get yours now! . Taiwan. Cina. Perubahan lainnya adalah pdfMachine A pdf writer that produces quality PDF files with ease! Produce quality PDF files in seconds and preserve the integrity of your original documents. Amerika Serikat. telah terjadi perubahan struktur yang cukup signifikan sejak lima tahun terakhir. yang dianggap sebagai hal tidak wajar terjadi di negara agraris seperti Indonesia adalah meningkatnya impor barang konsumsi non migas. Meningkatnya kontribusi impor bahan baku berasal dari impor barang antara untuk proses industri dan suku cadang bagi barang modal ataupun suku cadang untuk transportasi. Sebelum krisis. Namun demikian. click “print”. simply open the document you want to convert.91 di tahun 2003. nilai impor total yaitu impor barang dan jasa menunjukkan pola yang logaritmis.1 menunjukkan pola yang demikian. Jerman.19% menjadi 28. Singapura. Gambar 1. Impor Indonesia sejak 1988 berasal dari 55 negara di seluruh dunia. tetapi masih saja diimpor dari luar negeri. Namun.dan dalam rangka memperbesar volume ekspor ke pasaran dunia dianggap sebagai hal yang wajar. Australia. Korea Selatan.

546 triliun pada tahun 1999.2 berikut: 900000 800000 impor(milyar Rp) 700000 600000 500000 400000 300000 200000 100000 0 86 87 88 89 90 91 92 93 94 95 96 97 98 99 0 1 2 3 4 5 6 7 8 tahun Gambar 1.2 diketahui perkembangan impor total Indonesia tahun 1986 sampai dengan tahun 2008. Perkembangan Impor Indonesia dari Tahun 1986-2008 Berdasarkan Gambar 1.317 triliun. Jerman. Sebelum krisis ekonomi. Korea Selatan. 78. Deskripsi tersebut dapat terlihat pada Gambar 1. Australia. nilai impor Indonesia selalu mengalami peningkatan dari Rp. select the “Broadgun pdfMachine printer” and that’s it! Get yours now! . 132. kemudian menurun selama krisis ekonomi menjadi Rp.kontribusi negara Singapura dari 20.17% di tahun 1998 menjadi 44. 19. Singapura. Cina.2.905 triliun pada tahun 1986 meningkat menjadi Rp. pdfMachine A pdf writer that produces quality PDF files with ease! Produce quality PDF files in seconds and preserve the integrity of your original documents. hal ini disebabkan setelah terjadi krisis maka stok dalam negeri berkurang sehingga negara cenderung untuk melakukan impor. Amerika Serikat. kemudian naik secara drastis pada tahun 2000 sebesar Rp.98% di tahun 2003. click “print”.400 triliun pada tahun 1998. Compatible across Universitas Sumatera Utara nearly all Windows platforms. dan Taiwan. Akibatnya urutan kontributor terbesar menjadi berubah di tahun 2003 yaitu Jepang. simply open the document you want to convert. 423.

0 persen (BPS. select the “Broadgun pdfMachine printer” and that’s it! Get yours now! . Kenaikan harga ini mendorong terjadinya impor untuk mendapatkan barang atau jasa yang harganya lebih murah dengan kualitas yang lebih baik. impor. inflasi dan situasi keamanan yang sangat terkait erat dengan kondisi politik. Naik turunnya nilai impor Indonesia sangat dipengaruhi oleh situasi dan kondisi dalam negeri.70 persen. serta terdepresiasinya nilai rupiah terhadap dollar Amerika Serikat dan jika dikaitkan dengan Produk pdfMachine A pdf writer that produces quality PDF files with ease! Produce quality PDF files in seconds and preserve the integrity of your original documents. Akibatnya pola konsumsi yang meningkat di negara yang sedang berkembang akan cenderung meningkatkan total impor. 2008). Compatible across Universitas Sumatera Utara nearly all Windows platforms. simply open the document you want to convert. Pada umumnya suatu negara yang sedang mengalami inflasi akan mengalami kesulitan dalam melaksanakan perdagangan luar negeri. click “print”. bahwa perubahan pada pendapatan masingmasing individu akan mengakibatkan perubahan pada pola konsumsi. inflasi. nilai suku bunga. Faktor-faktor yang bisa mempengaruhinya adalah daya beli masyarakat.Krisis moneter yang melanda Indonesia yang dimulai dari pertengahan tahun 1997 sangat berpengaruh terhadap perekonomian Indonesia seperti ekspor. investasi. Begitu juga halnya dengan pendapatan nasional juga sangat mempengaruhi pola konsumsi penduduknya. konsumsi. Akan tetapi realita yang terjadi di Indonesia. pengeluaran pemerintah dan lainnya. Inflasi adalah kenaikan harga-harga barang dan jasa secara terus-menerus berlaku dalam suatu perekonomian. Laju inflasi Indonesia selama periode 1993-2005 sangat berfluktuasi dengan rata-rata perkembangan per tahun 81. yang disebabkan oleh gejolak politik yang terjadi di dalam negeri. tingginya inflasi tidak menyurutkan permintaan terhadap impor Indonesia. Angka inflasi tertinggi terjadi pada tahun 1997. yaitu sebesar 58. Menurut Keynes.

inflasi dan cadangan devisa terhadap impor. inflasi dan cadangan devisa terhadap impor. Bagi masyarakat ilmiah. kurs. 2.2. maka akan terlihat adanya kecenderungan bahwa pada saat inflasi tinggi maka PDB akan menurun. penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi kemajuan dan pengembangannya ilmu khususnya tentang pengetahuan impor. 1. 2. inflasi dan cadangan devisa berpengaruh secara simultan terhadap impor? 2. kurs. Tujuan Penelitian 1. penelitian ini merupakan pelatihan intelektual (intellectual exercise) yang diharapkan dapat mempertajam daya pikir ilmiah serta meningkatkan kompetensi keilmuan dalam disiplin yang digeluti. Untuk menganalisis pengaruh secara simultan PDB. Rumusan Masalah 1.Domestik Bruto pada periode itu mengalami penurunan sebesar minus 13. kurs. click “print”. pdfMachine A pdf writer that produces quality PDF files with ease! Produce quality PDF files in seconds and preserve the integrity of your original documents. select the “Broadgun pdfMachine printer” and that’s it! Get yours now! . Untuk menganalisis besar elastisitas PDB. Bagi penulis. kurs. simply open the document you want to convert. Compatible across Universitas Sumatera Utara nearly all Windows platforms. inflasi dan cadangan devisa terhadap impor? 1. Apakah PDB.4.13 persen. 1. Bagaimana elastisitas PDB.3. Manfaat Penelitian 1.

Compatible across Universitas Sumatera Utara nearly all Windows platforms. penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan dalam penentuan kebijakan pembangunan ekonomi khususnya mengenai kaitan faktor-faktor ekonomi yang mempengaruhi impor. simply open the document you want to convert. select the “Broadgun pdfMachine printer” and that’s it! Get yours now! . pdfMachine A pdf writer that produces quality PDF files with ease! Produce quality PDF files in seconds and preserve the integrity of your original documents.3. Bagi pemerintah. click “print”.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful