PEMBABAKAN ZAMAN PRASEJARAH

Setelah mempelajari kegiatan 2 modul ini, Anda dapat: 1. menguraikan pembabakan prasejarah berdasarkan geologi; 2. menyebutkan pembabakan prasejarah berdasarkan arkeologi; dan 3. menyebutkan pembabakan prasejarah berdasarkan ciri kehidupan masyarakat. Apakah Anda sudah memahami pengertian tentang zaman prasejarah. Untuk lebih meningkatkan pemahaman Anda tentang zaman prasejarah, alangkah baiknya kalau Anda memahami sejarah munculnya makhluk hidup ke muka bumi, sebagai awal dari zaman prasejarah. Guna mengikuti perkembangan makhluk hidup, maka yang harus diperhatikan adalah sejarah terbentuknya bumi yang terbagi dalam beberapa zaman. Seperti yang terdapat pada uraian pembabakan prasejarah berikut ini. Pembabakan Zaman Prasejarah berdasarkan Geologi Geologi adalah ilmu yang mempelajari bumi secara keseluruhan. Berdasarkan geologi, terjadinya bumi sampai sekarang dibagi ke dalam empat zaman. Zaman-zaman tersebut merupakan periodisasi atau pembabakan prasejarah yang terdiri dari: a. ARKAEKUM / zaman tertua Zaman ini berlangsung kira-kira 2500 juta tahun, pada saat itu kulit bumi masih panas, sehingga tidak ada kehidupan. Dari penjelasan ini tentu Anda ingin bertanya kapan muncul kehidupan? Untuk itu simak uraian berikutnya. b. PALEOZOIKUM / zaman primer atau zaman hidup tua Zaman ini berlangsung 340 juta tahun. Makhluk hidup yang muncul pada zaman ini seperti mikro organisme, ikan, ampibi, reptil dan binatang yang tidak bertulang punggung. Untuk lebih mengenal bintang-binatang tersebut amatilah gambar 5 berikut ini.

Gambar 5. Binatang yang hidup zaman Paleozoikum

Setelah Anda mengamati gambar 5, tentu Anda mulai berpikir, bagaimana dengan makhluk hidup yang lain? Dengan berakhirnya zaman primer, maka kehidupan terus berkembang sehingga memasuki zaman baru. Untuk lebih jelasnya Anda dapat menyimak kembali gambar 6 berikut ini.

Gambar 6. Kegiatan binatang Reptil Raksasa (dalam Jurrasic Park)

Dari gambar 6 yang Anda amati, merupakan sejenis reptil raksasa yang hidup pada zaman kedua. Untuk lebih jelasnya dapat Anda simak uraian berikut c. MESOZOIKUM/zaman sekunder atau zaman hidup pertengahan Zaman ini berlangsung kira-kira 140 juta tahun. Pada zaman pertengahan ijenis reptil mencapai tingkat yang terbesar seperti gambar 5 sehingga pada zaman ini sering disebut juga dengan zaman reptil. Setelah berakhirnya zaman sekunder ini, maka muncul kehidupan yang lain yaitu jenis burung dan binatang menyusui yang masih rendah sekali tingkatannya. Sedangkan jenis reptilnya mengalami kepunahan. Selanjutnya berlangsunglah zaman hidup baru seperti yang diuraikan pada materi berikut ini.

JENIS MANUSIA PURBA

1

NARWANTO, S.Pd / 2009

60 juta tahun. Tersier / zaman ketiga Zaman ini berlangsung sekitar 60 juta tahun. Dan zaman ini dibagi lagi menjadi dua zaman yaitu yang disebut dengan zaman Pleistocen dan Holocen. 5. S. maka cocokkanlah dengan kunci jawaban berikut ini. 600.d. Pada zaman ini ditandai dengan munculnya manusia jenis Homo Sapiens yang memiliki ciri-ciri seperti manusia sekarang.000 tahun yang ditandai dengan adanya manusia purba. maka Anda dapat menyimak pada uraian berikut ini: • Zaman Pleitocen/Dilluvium berlangsung kira-kira 600. Kuartier/zaman keempat Zaman ini ditandai dengan adanya kehidupan manusia sehingga merupakan zaman terpenting.000 tahun. ciri-cirinya muncul makhluk baru seperti: reptil. 20. JENIS MANUSIA PURBA 2 NARWANTO. ikan. 1. contohnya kera. 340 juta tahun. 2. yaitu: 1. langkah selanjutnya untuk Anda adalah melengkapi tabel 2 pembabakan zaman prasejarah berikut ini. ciri-cirinya muncul binatang mamalia.000 tahun yang lalu dan terus berkembang sampai dewasa ini. ciri-cirinya muncul reptil raksasa. 3.000 tahun. 140 juta tahun. Setelah Anda menyimak bagan 1. 2500 juta tahun. Untuk mengetahui apakah yang Anda lengkapi pada tabel 2 benar jawabannya. 2. NEOZOIKUM / zaman hidup baru Zaman ini dibedakan menjadi 2 zaman. Yang terpenting dari zaman ini ditandai dengan berkembangnya jenis binatang menyusui seperti jenis primat. ciri-cirinya belum ada kehidupan. Dari penjelasan materi di atas. dan amphibi.Pd / 2009 . ciri-cirinya muncul homosapiens. 4. maka simaklah bagan 1 berikut ini. ciri-cirinya muncul manusia purba. • Zaman Holocen/Alluvium berlangsung kira-kira 20. Untuk memahami zaman tersebut. 6. apakah Anda sudah memahami? Untuk lebih meningkatkan pemahaman Anda pada materi pembabakan zaman prasejarah berdasarkan geologi.

Peninggalan Zaman Neolothikum JENIS MANUSIA PURBA 3 NARWANTO. amati gambar 8 berikut ini. Peninggalan Zaman Mesolithikum. Dari hasil penelitian para ahli arkeologi. 2.Pembabakan Zaman Prasejarah berdasarkan Arkeologi Arkeologi adalah ilmu yang mempelajari kehidupan masa lampau melalui benda-benda artefak. serta bentuknya lebih sempurna dari zaman sebelumnya. Berdasarkan penggalian arkeologi maka prasejarah dapat dibagi menjadi 2 zaman. Zaman Batu Zaman batu menunjuk pada suatu periode di mana alat-alat kehidupan manusia umumnya/dominan terbuat dari batu. Gambar 7. Setelah Anda mengamati gambar 8. Gambar 8. Peninggalan Zaman Palaeolithikum. Bentuk kapak tersebut dapat Anda amati pada gambar 9 berikut ini. maka sekarang Anda bandingkan dengan zaman berikutnya. Batu Muda/Neolithikum Merupakan suatu masa di mana alat-alat kehidupan manusia dibuat dari batu yang sudah dihaluskan. melalui Metode Tipologi (cara menentukan umur berdasarkan bentuk atau tipe benda peninggalan).Pd / 2009 . maka tabir kehidupan masyarakat prasejarah Indonesia dapat diketahui. Batu Tua/Palaeolithikum Merupakan suatu masa di mana alat-alat hidup terbuat dari batu kasar dan belum diasah/diupam. Contohnya: kapak persegi dan kapak lonjong. S. Batu Tengah Madya/Mesolithikum Merupakan masa peralihan di mana cara pembuatan alat-alat kehidupannya lebih baik dan lebih halus dari zaman batu tua. Contohnya: Pebble/Kapak Sumatera. maka zaman batu dibedakan lagi menjadi 3 periode/masa. Selanjutnya masa ke-2 dari zaman batu adalah batu Madya seperti uraian materi berikut ini. 3. Untuk lebih mengetahui bentuk kapak tersebut. Dari alat-alat peninggalan zaman batu tersebut. a. seperti pada uraian materi berikut ini. sehingga bentuknya masih sederhana. Contohnya: kapak genggam. walaupun ada juga alat-alat tertentu yang terbuat dari kayu dan tulang. Gambar 9. yaitu: 1. Untuk mengetahui bentuk pebble. amati gambar 7 berikut ini.

Sedangkan di Indonesia khususnya dan Asia Tenggara umumnya tidak mengalami zaman tembaga tetapi langsung memasuki zaman perunggu dan besi secara bersamaan. melainkan suatu hasil budaya yang timbul pada zaman Neolithikum dan berkembang pesat pada zaman logam. Kebudayaan Megalithikum bukanlah suatu zaman yang berkembang tersendiri. Lithos = batu). maka simaklah bagan 2 berikut ini. S. Anda akan mempelajarinya kembali pada modul 2. Anda harus menyimak periodisasi prasejarah berikutnya.Pd / 2009 . b.Bagaimana setelahAnda melihat 3 contoh dari alat kehidupan manusia yang berasal dari zaman batu? Apa kesimpulan Anda? Untuk mengetahui hasil peninggalan zaman batu yang lebih terperinci. Zaman logam disebut juga dengan zaman perundagian. zaman perunggu. tentu Anda bertanya apa fungsi JENIS MANUSIA PURBA 4 NARWANTO. Untuk memudahkan Anda memahami uraian materi di atas. Selanjutnya. Perkembangan zaman logam di Indonesia berbeda dengan di Eropa. Selanjutnya apakah Anda pernah mendengar atau membaca istilah Megalithikum? Megalithikum merupakan suatu istilah kebudayaan batu besar (Mega = besar. Gambar 10 merupakan gambar nekara yang terbuat dari perunggu. Gambar 10. Gambar 11. Peninggalan Perunggu. Punden berundak-undak. Dan hasil temuan yang lebih dominan adalah alat-alat dari perunggu sehingga zaman logam disebut juga dengan zaman perunggu. dan zaman besi. karena pada zaman logampun alat-alat dari batu terus berkembang bahkan sampai sekarang. Album Peninggalan Sejarah dan Purbakala Setelah Anda mengamati gambar 11. karena zaman logam di Eropa mengalami 3 fase/bagian. Demikianlah uraian materi pembabakan prasejarah berdasarkan arkeologinya. Adapun salah satu contoh budaya Megalithikum dapat Anda lihat pada gambar 11 berikut ini. Setelah satu contoh dari peninggalan zaman logam dapat Anda simak gambar 10 berikut ini. yaitu zaman tembaga. Gambar Punden Berundak-undak. Sesungguhnya nama zaman logam hanyalah untuk menyatakan bahwa pada zaman tersebut alatalat dari logam telah dikenal dan dipergunakan secara dominan. Zaman Logam Perlu ditegaskan bahwa dengan dimulainya zaman logam bukan berarti berakhirnya zaman batu.

. Pedologi c. a. belum ada tanda-tanda kehidupan e. a. Sehingga timbul upaya menyiapkan persediaan bahan makanan yang cukup dalam suatu masa tertentu. Karena pada hakekatnya manusia tidak dapat hidup sendiri tetapi harus berkelompok. Oceanografi 2. KEGIATAN 2 Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat! 1. Kehidupan masyarakat (manusia) pada zaman prasejarah terbagi menjadi 3 periode. c. Masa bercocok tanam Pada masa ini kemampuan berpikir manusia mulai berkembang. a.. Tempat untuk mengolah logam dikenal dengan nama perundagian dan orang yang ahli mengerjakannya dikenal dengan sebutan Undagi.Pd / 2009 .. nanti akan Anda pelajari pada modul berikutnya. Arkaekum d. munculnya tanda-tanda kehidupan d. Ciri dari zaman Arkaekum adalah .. Primer 4. Dalam upaya tersebut maka manusia bercocok tanam dan tidak lagi tergantung kepada alam. Geomorfologi b. munculnya binatang-binatang besar 3. Sekunder e. Masa berburu dan mengumpulkan makanan Pada masa ini secara fisik manusia masih terbatas usahanya dalam menghadapi kondisi alam. Berikut ini Anda akan mengikuti paparan perkembangan manusia Indonesia yang hidup pada zaman prasejarah.bangunan tersebut? Setiap bangunan yang diciptakan oleh masyarakat tentu memiliki fungsi. b. Perkembangan bumi dapat diketahui melalui penelitian . Untuk mengetahui lebih jelas tentang fungsinya. Zaman Palaeozoikum disebut juga dengan zaman . S. yaitu: a. Pengolahan logam memerlukan suatu tempat serta keahlian khusus. Kainozoikum b.. Namun otak manusia berevolusi paling jauh bila dibandingkan dengan makhluk lainnya. Munculnya binatang-binatang besar terjadi pada zaman . a. Kemampuan otak manusia yang berupa proses berpikir menyebabkan manusia dapat memilah-milah tindakan yang dapat menguntungkan kelangsungan hidupnya. Masa perundagian Pada masa ini masyarakat sudah mengenal teknik-teknik pengolahan logam.. Tingkat berpikir manusia yang masih rendah menyebabkan hidupnya berpindah-pindah tempat dan menggantungkan hidupnya kepada alam dengan cara berburu dan mengumpulkan makanan. munculnya kehidupan manusia b. Pembabakan Zaman Prasejarah berdasarkan Ciri-ciri Kehidupan masyarakat Makhluk manusia adalah makhluk yang hidup berkelompok dan mempunyai organisme yang secara biologis berbeda dan lebih lemah dari jenis binatang. Mesozoikum JENIS MANUSIA PURBA 5 NARWANTO. Dilluvium c. Tertier d. Palaeozoikum e.. Geografi e. proses awal terbentuknya bumi c. Dalam rangka kelangsungan hidupnya maka manusia merupakan makhluk pembentuk kebudayaan dan manusia juga sebagai pembentuk masyarakat. Neozoikum c. Quartier b. Geologi d..

besi Essay 1. a. emas c.. 1. a. Perhatikan data di bawah ini! 1. 3. Zaman Mesolithikum 5. 4 e.Pd / 2009 . 3. 1. S. Zaman Neolithikum Dari data di atas. Mesozoikum 6. tembaga e. yang merupakan zaman prasejarah berdasarkan ciri kehidupan masyarakatnya meliputi .5. Zaman Mesozoikum 3. Neozoikum quartier c. 2. Zaman Quartier terdiri dari dua bagian. perak b.. 5 9.. 5 b. 1. Zaman Neozoikum 2. 2. Plustocen dan Tersier b. a. 1. 5 c. Zaman Paleolithikum 4.. Pleistocen dan Holocen d.. Neozoikum tersier b. 3. Perundagian Dari data di atas. 4 e. tanda-tanda kehidupan manusia terjadi pada zaman . 2... 4. Holocen dan Alluvium 8. 1. 2.. Bercocok tanam 4. 2. Tersier dan Holocen c. 1. Arkaekum d. yaitu . Berladang 5. Zaman logam di Indonesia diawali dengan logam yang terbuat dari . 3 d. 3. Berdasarkan tarikh bumi. 5 c. a.. Buatlah bagan pembabagan prasejarah berdasarkan arkeologi! JENIS MANUSIA PURBA 6 NARWANTO. 3. 5 10. perunggu d.. 4 b. Perbedaan pembabakan zaman prasejarah berdasarkan Arkeologi dan Geologi pada tabel di bawah ini adalah . 3.. Buatlah bagan pembabagan prasejarah berdasarkan geologi/kulit bumi! 2. 3. Palaeozoikum e. Pleistocen dan Dilluvium e. Beternak 2. 4.. a. yang termasuk pembagian prasejarah Indonesia berdasarkan Arkeologinya . Berburu dan mengumpulkan makanan 3. 7. 3 d. Perhatikan data di bawah ini! 1.

MASYARAKAT PRASEJARAH INDONESIA Setelah mempelajari kegiatan 3 pada modul ini. JENIS MANUSIA PURBA 7 NARWANTO. maka yang akan dipelajari adalah berbagai jenis manusia yang hidup pada zaman prasejarah. menjelaskan migrasi/perpindahan bangsa-bangsa ke Indonesia. maka silahkan Anda pelajari kegiatan 3 tentang masyarakat yang hidup pada zaman prasejarah.Pd / 2009 . dan 3. Setelah Anda mempelajari kegiatan 1 dan 2 tentang prasejarah. menyebutkan 2 jenis bangsa yang pernah hidup di Indonesia pada zaman prasejarah. Untuk itu silahkan Anda pelajari uraian materi berikut ini. Pada pembahasan tentang masyarakat prasejarah. Anda dapat: 1. S. menguraikan jenis manusia purba yang ditemukan di Indonesia. Tertarikkah Anda dengan pelajaran sejarah? Untuk lebih menarik. 2.

mengadakan penelitian yang serupa. a. Dan sekarang fosil tersebut dinamakan sebagai Homo Erectus dari Jawa. Fosil tersebut diperkirakan hidupnya antara 20 juta . Dr. Ter Har. Lokasi penyelidikan antara lain Sangiran dan lembah Sungai Bengawan Solo. Ngawi ditemukan tulang rahang. Hal ini diketahui dari kedatangan para ahli dari Eropa pada abad ke-19. Weidenrech. Fosil manusia yang ditemukan pertama kali berasal dari Trinil. Dubouis (Homo Erectus) bukan termasuk JENIS MANUSIA PURBA 8 NARWANTO. Von Koenigswald menemukan tengkorak di Desa Sangiran tahun 1941. Homo Erectus hidupnya diperkirakan antara 1. maka oleh Von Koenigswald diberi nama Meganthropus Palaeojavanicus yang artinya manusia raksasa tertua dari Pulau Jawa. Jawa Timur oleh Eugene Dubouis. di mana mereka tertarik untuk mengadakan penelitian tentang fosil manusia di Indonesia. Dari penjelasan di atas. Meganthropus Seperti yang telah diuraikan pada materi sebelumnya. Pithecanthropus/Homo Erectus Dengan kedatangan Eugene Dubouis ke Pulau jawa tahun 1890 di Trinil. Dr. dan Oppenoorth serta F. kemudian tahun 1891 bagian tengkorak dan tahun 1892 ditemukan tulang paha kiri setelah disusun hasil penemuan fosil-fosil tersebut oleh Eugene Dubouis diberi nama Pithecanthropus Eractus artinya manusia kera yang berjalan tegak. Dari hasil penyelidikan tersebut dapat diketahui jenis manusia purba yang hidup di Indonesia. di lembah Sungai Bengawan Solo. dan gigi geliginya yang tampak mempunyai batang yang tegap dan geraham yang besar-besar.500. b. Sartono. maka perhatikanlah hasil fosil Homo Erectus dan rekonstruksi dari fosil temuan Eugene Dubouis melalui gambar 12 & 13 berikut ini. Fosil manusia yang ditemukan di Indonesia terdiri dari beberapa jenis. Teuku Jacob. Pleistocen tengah/lapisan Trinil dan Pleistocen atas/lapisan Ngandong.15 juta tahun yang lalu. seperti Prof. Ngandong. Untuk menambah pemahaman Anda tentang manusia jenis Homo Erectus. Rekonstruksi Homo Erectus Para ilmuwan awalnya menganggap hasil temuan E. dan berasal dari lapisan Jetis. juga oleh para ahli dari Indonesia. sehingga menarik para ahli lain untuk datang ke Pulau Jawa. maka bandingkanlah jenis Meganthropus ini dengan jenis fosil yang lain seperti pada uraian materi berikut ini. Soejono. Gambar 13. Penyelidikan fosil manusia selain dilakukan oleh orang-orang Eropa. Dr. Dari penemuan tersebut.000 tahun yang lalu dan berasal dari Pleistocen tengah atau lapisan Trinil. Von Koenigswald membagi zaman Dilluvium/Pleistocen di Indonesia menjadi 3 lapisan yaitu Pleistocen bawah/lapisan Jetis. Mereka berhasil menemukan fosil manusia di daerah Sangiran. Dr. Untuk lebih menambah pemahaman Anda tentang jenis manusia purba di Indonesia.Jenis-jenis Manusia purba di Indonesia Manusia yang hidup pada zaman prasejarah sekarang sudah berubah menjadi fosil.5 juta . Tengkorak yang ditemukan berupa tulang rahang bawah. Atas temuan fosil tersebut. Otto Sudarmadji dan Prof. S. Prof. apakah Anda sudah memahami bahwa Homo Erectus ternyata usianya lebih muda jika dibandingkan dengan Meghanthropus Plaeojavanicus.Pd / 2009 . Untuk itu silahkan Anda pelajari uraian berikut ini. Selanjutnya penyelidikan fosil manusia dilakukan oleh GRH Von Koenigswald.

dan sekarang disebut dengan Homo Mojokertensis. S. 2. Homo Erectus 4. Fosil manusia yang ditemukan di Wajak (Tulung Agung) tahun 1889 oleh Van Reitschotten diteliti oleh Eugene Dubouis kemudian diberi nama menjadi Homo Sapiens Wajakensis.. apakah Anda sudah memahami? Kalau Anda sudah merasa paham. maka seluruh ilmuwan mengakui bahwa fosil-fosil yang ditemukan Von Koenigswald lebih tua umurnya jika dibandingkan dengan Homo Erectus yang ditemukan oleh E. Dari uraian di atas. Meganthropus Palaeojavanicus. Fosil manusia yang ditemukan tahun 1936 di Sangiran lembah Sungai Bengawan Solo. . 2.. Kehidupan mereka sangat sederhana. Sragen... . Homo Robustus Setelah Anda mencocokkan jawaban Anda dengan kunci jawaban.. Homo Sapiens Homo Sapiens adalah jenis manusia purba yang memiliki bentuk tubuh yang sama dengan manusia sekarang.... Fosil manusia yang ditemukan pada lapisan Trinil disebut dengan . silahkan Anda jawab pertanyaan berikut ini! 1. diberi nama Pithecanthropus Mojokertensis yang artinya manusia kera dari Mojokerto.. b.. Untuk memudahkan Anda memahami lokasi penemuan jenis manusia purba di Indonesia.1941.. Fosil manusia yang ditemukan pada lapisan jetis adalah: a. .. Penemu fosil manusia tertua adalah . 2. Fosil manusia yang ditemukan di Perning (Mojokerto) Jawa Timur tahun 1936 . c. Mereka telah memiliki sifat seperti manusia sekarang.1934. dan hidupnya mengembara.50. Von Koenigswald 3.Pd / 2009 . Penemu fosil manusia di Trinil adalah . 5.. Fosil manusia yang ditemukan Von Koenigswald di lapisan jetis (??) adalah : 1.000 . Fosil manusia yang ditemukan di daerah Ngandong Blora di Sangiran dan Sambung Macan. lembah Sungai Bengawan Solo tahun 1931 .. JENIS MANUSIA PURBA 9 NARWANTO. 4.000 tahun yang lalu. Fosil manusia tertua di Indonesia disebut dengan . Jenis fosil Homo Sapiens yang ditemukan di Indonesia terdiri dari: 1. 1. maka perhatikanlah gambar peta berikut ini. sebelum Anda selesai menjawab seluruh pertanyaan yang disajikan. 2.garis keturunan manusia. Dan selanjutnya Anda dapat mencocokkan jawaban Anda dengan kunci jawaban di bawah ini. c. Fosil ini setelah diteliti oleh Von Koenigswald dan Weidenreich diberi nama Homo Sapien Soloensis (Homo Soloensis). tetapi setelah adanya temuan fosil oleh Von Koenigswald dari lapisan jetis/pleistocen bawah. a. Eugene Dubouis 5... silahkan Anda kembali mempelajari uraian materi berikut. 3.... apakah Anda sudah puas dengan jawaban Anda? Kalau Anda sudah merasa puas. Seyogyanya Anda tidak melihat kunci jawabannya terlebih dahulu. Dubouis. Homo Mojokertensis c. Meganthropus Palaeojavanicus b... diberi nama Pithecanthropus Robustus yang artinya manusia kera yang besar dan kuat tubuhnya atau disebut dengan Homo Robustus. Tempat penemuan kedua fosil manusia di atas adalah lapisan Ngandong atau Pleistocen Atas dan hidupnya diperkirakan 100.

Eugene Dubouis 20. Wajak/Tulung Agung 13.Pd / 2009 . Von Reitschotten 12. Von Koenigswald 10. selanjutnya Anda dapat melengkapi tabel 3 berikut ini. Seyoganya Anda tidak melihat terlebih dahulu kunci jawabannya. Homo Sapiens Soloensis 15. JENIS MANUSIA PURBA 10 NARWANTO. 1890 2. Homo Mojokertensis 6. Untuk selanjutnya Anda dapat mencocokkan apa yang Anda lengkapi pada tabel 3 dengan kunci jawabannya berikut ini. Homo Erectus 19. S. Homo Sapiens Wajakensis 11. Tabel 3. Ngandong 4. Perning/Mojokerto 7. 1889 14. agar kemampuan pemahaman Anda terukur. Sangiran Perpindahan/Migrasi Bangsa-bangsa ke Indonesia Sebelum Anda membahas lebih jauh uraian materi migrasi bangsa-bangsa ke Indonesia. Peta Lokasi Penemuan Fosil Manusia Purba di Jawa Timur.1934 18. alangkah baiknya Anda perhatikan terlebih dahulu gambar 15 yang merupakan peta rute atau arah penyebaran kapak persegi dan kapak lonjong (kebudayaan Neolithikum) ke Indonesia. 1939 5.Gambar 14. 1931 . Meganthropus Palaeojavanicus 9. Von Koenigswald 16. 1. Nagndong/Solo 17. Jenis Manusia Purba di Indonesia. 1936 8. Setelah Anda mengamati gambar peta lokasi penemuan fosil manusia purba. Von Koenigswald 3.

Alur Perpindahan Bangsa-bangsa. Dari penjelasan di atas tentu Anda ingin mengetahui dari mana.Pd / 2009 . Bangsa Melanesia atau disebut juga dengan Papua Melanosoide yang merupakan rumpun bangsa Melanosoide/Ras Negroid. Bangsa Melayu yang merupakan rumpun bangsa Austronesia yang termasuk golongan Ras Malayan Mongoloid. asal bangsa-bangsa yang berimigrasi ke Indonesia? Untuk itu silahkan Anda perhatikan gambar 16 berikut ini. tetapi terdapat manusia pendukungnya yang berperan aktif dalam rangka penyebaran kebudayaan tersebut. => Animasi Bangsa yang berimigrasi ke Indonesia berasal dari daratan Asia tepatnya Yunan Utara bergerak menuju ke Selatan memasuki daerah Hindia Belakang (Vietnam)/Indochina dan terus ke Kepulauan Indonesia. Bangsa ini melakukan perpindahan ke Indonesia melalui dua gelombang yaitu: JENIS MANUSIA PURBA 11 NARWANTO. 2. dan bangsa tersebut adalah: 1. Alur Penyebaran Kebudayaan Neolithikum di Indonesia. Manusia pendukung yang berperan aktif dalam rangka penyebaran kebudayaan itulah merupakan suatu bangsa yang melakukan perpindahan/imigrasi dari daratan Asia ke Kepulauan Indonesia bahkan masuk ke pulau-pulau yang tersebar di Lautan Pasifik.Gambar 15. Bangsa ini merupakan gelombang pertama yang berimigrasi ke Indonesia. => Animasi Dari gambar 15 di atas. tentu Anda mempunyai suatu gambaran bahwa kebudayaan Neolithikum yang berupa kapak persegi dan kapak lonjong yang tersebar ke Indonesia tidak datang/menyebar dengan sendirinya. Gambar 16. S.

b. Indonesia. Ras Negroid 3. Bangsa ini masuk ke Indonesia melalui dua jalur yaitu Barat dan Timur. lengkapilah tabel 4 berikut ini. disebut dengan bangsa Deutro Melayu.a.Pd / 2009 . 1. Deutro Melayu/Melayu Muda Jenis Bangsa Prasejarah Indonesia Dengan adanya migrasi/perpindahan bangsa dari daratan Asia ke Indonesia. maka untuk meningkatkan pemahaman Anda. Migrasi bangsa-bangsa ke Indonesia. S. Proto Melayu/Melayu Tua 4. Gelombang kedua tahun 500 SM. Gelombang pertama tahun 2000 SM. Melanosoide 2. maka pada zaman prasejarah di Kepulauan Indonesia ternyata sudah dihuni oleh berbagai bangsa yang terdiri dari: JENIS MANUSIA PURBA 12 NARWANTO. Bangsa ini masuk ke Indonesia membawa kebudayaan logam (perunggu). maka cocokkan apa yang Anda lengkapi dengan kunci jawaban berikut ini. Tabel 4. menyebar dari daratan Asia ke Semenanjung Melayu. dan membawa kebudayaan Neolithikum (Batu Muda) seperti pada gambar 13. Setelah Anda melengkapi tabel 4. Philipina dan Formosa serta Kepulauan Pasifik sampai Madagaskar yang disebut dengan Proto Melayu. Malayan Mongoloid 5. Demikianlah uraian materi migrasi bangsa-bangsa ke Indonesia.

Demikianlah uraian materi tentang jenis bangsa prasejarah Indonesia. sehingga memiliki ciri-ciri yang sama. Bangsa Melayu Tua/Proto Melayu yang merupakan ras Malayan Mongoloid memiliki ciriciri antara lain: Kulit sawo matang. Suku Jawa.. Jenis fosil manusia yang tertua di Indonesia adalah . silahkan pelajari ikhtisar berikut ini. c. dan suku-suku bangsa Papua Melanosoide yang mendiami Pulau Irian dan pulau-pulau Melanesia. Yang termasuk keturunan bangsa ini adalah Suku Toraja (Sulawesi Selatan). Suku Dayak (Kalimantan Tengah). Bangsa ini sampai sekarang masih terdapat sisa-sisa keturunannya seperti Suku Sakai/Siak di Riau. Bangsa Melanisia/Papua Melanosoide yang merupakan Ras Negroid memiliki ciri-ciri antara lain: kulit kehitam-hitaman. Minangkabau (Sumatera Barat). Suku Bali. S. rambut keriting. Suku Bugis dan Makasar di Sulawesi dan sebagainya. bentuk mulut dan hidung sedang. Suku Sasak (Pulau Lombok).. Maka untuk mengetahui sejauh mana pemahaman Anda. badan tinggi ramping.a. Bangsa Melayu Muda/Deutro Melayu yang merupakan rasa Malayan Mongoloid sama dengan bangsa Melayu Tua. rambut lurus.Pd / 2009 . JENIS MANUSIA PURBA 13 NARWANTO. KEGIATAN 3 Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat! 1. Suku Nias (Pantai Barat Sumatera) dan Suku Batak (Sumatera Utara) serta Suku Kubu (Sumatera Selatan). b. badan kekar. mulut lebar dan hidung mancung. Bangsa ini berkembang menjadi Suku Aceh.

Indochina d. Eugene Dubouis b. Melayu Muda 6... 3. 5 JENIS MANUSIA PURBA 14 NARWANTO. Homo Erectus b. Weidenreich c. 5 b. Van Reichhotten e. Plustocen dan Tersier b. Fosil manusia Homo Mojokertensis ditemukan oleh .. Homo Sapiens Soloensis b. 2. 4 e... Homo Mojokertensis 3. Homo Robustus d. 1. Yang membagi zaman Pleistocen Indonesia menjadi 3 lapisan adalah . Teuku Jacob e. Suku Dayak 3. a. 3.. Weidenrisch d. Homo Mojokertensis e. yaitu .. Vietnam e. Pleistocen dan Dilluvium e. a. Melayu Tua b. a. Bangsa Melayu Muda melakukan migrasi ke Indonesia pada tahun . Mongoloid d. Holocen dan Alluvium 8. Eugene Dubouis b.. Homo Erectus d. a. 2. Perhatikan nama-nama suku di bawah ini! 1. Suku Nias 4. 2000 SM d. Van Koenigswald c. 1500 SM e. 1. a. Suku Tugutil 5..a. a. S. Australoid e. Toraja Dari nama suku di atas yang merupakan bangsa Proto Melayu adalah nomor . Van Koenigswald d. Van Reitschotten 5. Van Stein Callenfels 4. 1.. 1000 SM 9. Homo Robustus e. Yunan Utara b. 2. Asal bangsa yang berimigrasi ke Indonesia adalah . a.. Fosil manusia yang ditemukan pada lapisan tengah adalah . Homo Sapiens 2. Suku Sawu 2.. 1. Nepal c. 500 M c. Melanesia c. Tersier dan Holocen c.. Homo Sapiens Wajakensis c.. Pleistocen dan Holocen d.Pd / 2009 .. Jepang 7. 4. Zaman Quartier terdiri dari dua bagian. Meganthropus Palaeojavanicus c. 500 SM b. Bangsa yang pertama melakukan migrasi ke Indonesia adalah .. 5 c. a.. 3 d.

Kaukasoid e.. Suatu peristiwa atau kejadian itu sendiri. Suatu bangunan yang disusun penulis sebagai suatu uraian atau cerita.. a. Zaman Prasejarah b. Zaman Islam d. Mongoloid b. 2.Pd / 2009 . 3. S. Negroid KUNCI JAWABAN KEGIATAN 1 1. Melanesian c. Zaman Kuno c. Zaman Modern 4. Austaloid d. Kesenimbangunan JENIS MANUSIA PURBA 15 NARWANTO. Perkembangan b. Bangsa Proto Melayu dan Deutro Melayu termasuk dari golongan ras .10. a. a.

artefak. B 7. S. Candi. a. Pergeseran 5. Gedung. 13. Mulai ada tulisan. Arkeologi. Ekskavasi/Penggalian b. babad.c.Pd / 2009 . E 9. dan sebagainya. E 6. Nirleka. KEGIATAN 2 I. 7. data. Peninggalan masa lampau berupa alat kehidupan/hasil budaya yang terbuat dari batu. 6. Pengulangan d. 1. A 8. 1. ulang. Paleontologi. 2. 8. 11. Sisa makhluk hidup yang telah membatu. A 2. C 4. sumber benda. 9. Fosil dan artefak. sumber tertulis. Sumber lisan. 14. kitab kuno. B 3. dokumen. KEGIATAN 3 JENIS MANUSIA PURBA 16 NARWANTO. D 10. C 5. Prasasti. Kerajaan Kutai ± tahun 500 M. 10. sumber audio visual. A II. patung. Mempelajari kehidupan suku-suku terasing. Geologi. 15. kayu dan logam. 12.

D JENIS MANUSIA PURBA 17 NARWANTO. D 7. D 9. S. A 3. A 4. E 6. B 2. E 5.Pd / 2009 . B 8.1. D 10.