P. 1
Hakikat Pembangunan Bewawasan Lingkungan

Hakikat Pembangunan Bewawasan Lingkungan

5.0

|Views: 2,510|Likes:
Published by musa_katumbaba

More info:

Published by: musa_katumbaba on Dec 12, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/01/2015

pdf

text

original

A.

Hakikat Pembangunan Bewawasan Lingkungan  Hakikat atau pokok-pokok arahan kebijaksanaan di dangang sumber alam dan lingkungan hidup dalam pembangunan berwawasan lingkungan sebagai berikut. 1) Inventarisasi sumberdaya alam.
2) Pemanfaatan teknologi yang memadai.

3) Menilai tampak terhadapa lingkungan hidup. 4) Rehabilitasi sumber daya alam. 5) Pendayagunaan wilayah dengan tidak merusak lingkungan hidup. B. Pengertian Pembangunan Berwawasan Lingkungan  Pembangunan berwawasan lingkungan adalah usaha meningkatkan kualitas manusia dikenal dengan nama pembangunan trhadap faktor pembangunan. Pembanguan berwawasan lingkungan di kenal dengan nama pembangunan berkelanjutan. C. Ciri-ciri Pembangunan Berwawasan Lingkungan 1) Mengunakan pendekatan integratif. 2) Menggunakan pandangan jangka panjang. 3) Menjamin pemerataan keadilan. 4) Menghargai keanekaragaman hayati. D. Tujuan Pembangunan Berwawasan Lingkungan.
 Tujuan pembangunan berwawasan lingkungan adalah agar masyarakat memanfaatkan

sumberdaya alam tidak merusak lingkungan. Untuk itu dalam pengelolaan sumber daya alam perlu memperhatikan keadaan lingkungan agar ekosistem lingkungan tidak terganggu. Sunberdaya alam merupakan penopang kehidupan panduduk yang perlu dijaga kelestariannya, karena kebutuhan pepenemuhan tersebutakan terus berlanjut, untuk melakukan pembangunan dengan memanfaatkan dan sumber daya alam maka kita perlu pengetahuan dan teknologi.
- Menjaga kawasan tnggapan hujan, yaitu lereng pegunungan harus tetap banyak pohon –

pohonnya.
- Apabila lereng gunung menjadi kawasan pemukiman, haru banyak dibuat sumur-sumur

resapan air.

4

4 . PENERAPAN Pembangunan Berkelanjut . efektif dan berkeadilan.Menjaminsumber daya secara efesian.Menjamin keterkaitan dan konsistensi . berkelanjutan..Reboisasi.Mengoptimalkan pertisipasi masyarakat . E.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->