A.

Hakikat Pembangunan Bewawasan Lingkungan  Hakikat atau pokok-pokok arahan kebijaksanaan di dangang sumber alam dan lingkungan hidup dalam pembangunan berwawasan lingkungan sebagai berikut. 1) Inventarisasi sumberdaya alam.
2) Pemanfaatan teknologi yang memadai.

3) Menilai tampak terhadapa lingkungan hidup. 4) Rehabilitasi sumber daya alam. 5) Pendayagunaan wilayah dengan tidak merusak lingkungan hidup. B. Pengertian Pembangunan Berwawasan Lingkungan  Pembangunan berwawasan lingkungan adalah usaha meningkatkan kualitas manusia dikenal dengan nama pembangunan trhadap faktor pembangunan. Pembanguan berwawasan lingkungan di kenal dengan nama pembangunan berkelanjutan. C. Ciri-ciri Pembangunan Berwawasan Lingkungan 1) Mengunakan pendekatan integratif. 2) Menggunakan pandangan jangka panjang. 3) Menjamin pemerataan keadilan. 4) Menghargai keanekaragaman hayati. D. Tujuan Pembangunan Berwawasan Lingkungan.
 Tujuan pembangunan berwawasan lingkungan adalah agar masyarakat memanfaatkan

sumberdaya alam tidak merusak lingkungan. Untuk itu dalam pengelolaan sumber daya alam perlu memperhatikan keadaan lingkungan agar ekosistem lingkungan tidak terganggu. Sunberdaya alam merupakan penopang kehidupan panduduk yang perlu dijaga kelestariannya, karena kebutuhan pepenemuhan tersebutakan terus berlanjut, untuk melakukan pembangunan dengan memanfaatkan dan sumber daya alam maka kita perlu pengetahuan dan teknologi.
- Menjaga kawasan tnggapan hujan, yaitu lereng pegunungan harus tetap banyak pohon –

pohonnya.
- Apabila lereng gunung menjadi kawasan pemukiman, haru banyak dibuat sumur-sumur

resapan air.

4

4 . efektif dan berkeadilan.Mengoptimalkan pertisipasi masyarakat .Menjaminsumber daya secara efesian.Reboisasi. berkelanjutan.. E. PENERAPAN Pembangunan Berkelanjut .Menjamin keterkaitan dan konsistensi .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful