REFLEKSI SUMPAH PEMUDA

Untuk memenuhi tugas matakuliah Nasionalisme Indonesia Yang dibina oleh Bapak Suparlan Al-Hakim

Oleh :

Vivi Sylvia Purborini 100711403437

UNIVERSITAS NEGERI MALANG FALKUTAS ILMU SOSIAL JURUSAN HUKUM DAN KEWARGANEGARAAN S1 PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN NOVEMBER 2010 Nilai-nilai yang terkandung dalam Sumpah Pemuda :

dalam proses hingga perumusan Sumpah Pemuda. Mereka memberi tempat pada pluralitas(kemajemukan)itu. rasa kebersamaan dan persaudaraan menjadi landasan utamanya.Bangsa atau Nasion Indonesia tidak disasarkan atas persamaan kelahiran. Rasa kebersamaan dan persaudaraan itu membuka kesadaran bahwa perbenturan kepentingan individu dapat menimbulkan keretakan yang justru merugikan mereka sendiri.dan bertanah air satu Indonesia(Cermin tertanamnya cita-cita Indonesia Bersatu).dan Daerahisme yang menjadi penyakit paling parah bagi kesatuan bangsa telah dirintis oleh Indonesia Muda untuk dilenyapkan. dan lokalitas kedaerahan.berbangsa.kehendak untuk hidup bersatu di tanah air Indonesia sebagai satu bangsa untuk sama-sama berjuang mencapai cita-cita jebangsaan. suku.kedaerahan.ras ataupun keagamaan tetapi didasarkan atas persamaan perasaan kebangsaan Indonesia.hal ini adalah suatu alasan lebih mempererat tali persaudaraan para pemuda. Kemerdekaan sebagai manifestasi perkembangan kesadaran kebangsaan itu tercapai karena ada persatuan yang kuat.Persatuan Kebangsaan Mempererat tali persatuan antar segenap pemuda Indonesia yang berbahasa.Dan. Dengan mengembangkan sikap toleransi yang tinggi para pemuda berhasil mengikrarkan Sumpah Pemuda.Konsepsi kebangsaan Indonesia muncul dari keinginan yang bersatu dari berbagai golongan yang beraneka ragam di Kepulauan Indonesia.kesukuan.bukan hanya kalangannya atau kelompoknya sendiri etetapi persatuan yang tidak dibatasi oleh hambatan (barier) primordialistik.keturunan.keturunan ataupun keagamaan.Dan pada akhirnya hanya tinggalah Rasa persatuan sama rasa yaitu Berikrar bahwa kita satu dalam ikatan Bangsa Indonesia. . Kebersamaan dan persaudaraan Rasa kesamaan nasib ketidakadilan akibat penjajahan menimbulkan semangat untuk bersatu pun menjadi semakin kuat. Rasa Solidaritas yang telah melewati batas-batas kesukuan.asal-usul. Solidaritas Rasa toleransi dan saling mengerti serta rasa saling memahami dari para pemuda sangat tampak ketika para pemuda terbuka pada kemajemukan dan keberagaman.Mereka menginginkan persatuan yang lebih luas.Provinsialisme.Artinya Sukuisme.Kebangsaan Indonesia tidak berkonotasi etnis. mereka tidak terbelenggu pada eksistensi agama. Oleh karena itu.kedaerahan.

Gejala ini telah mengambil bentuknya yang jelas pada abad XIX. Adanya kebersamaan perasaan senasib.satu bangsa. terancam dari musuh yang sama. Nilai-nilai Sumpah Pemuda sudah menjadi jiwa bangsa Indonesia untuk terus memelihara persatuan.awal munculnya semangat persatuan untuk bersama-sama dengan saling toleransi atas pluralisme yang ada di Bumi Pertiwi Indonesia melawan penjajah. dan agama)sehingga nasionalisme Indonesia lahir sebagai sebuah ikatan bersama. Prospek nilai-nilai Sumpah Pemuda dalam kehidupan Bangsa Indonesia. akan semakin sempurna bila janji itu ditepati oleh para pemuda.toleransi diatas pluralisme yang ada. mendorong bangkitnya nasionalisme pemuda. telah berubah menjadi perjuangan nasional.Tanggung jawab dan disiplin diri Tanggal 28 Oktober 1928 merupakan saat pengikraran janji.dan satu bahasa yang merupakan Cermin tertanamnya cita-cita Indonesia Bersatu. Dan. ternyata memang benar para pemuda menepati janji itu. suku. Nasionalisme Indonesia dapat mengatasi ikatan primordial (lokalitas. dan punya tujuan yang sama yaitu kemerdekaan. Terbukti dengan perubahan cara berpikir dan tindakan mereka. Hal tersebut memperlihatkan rasa tanggung jawab dan disiplin diri yang tinggi dari para pemuda dulu untuk memenuhi janji yang telah mereka ikrarkan. Dahulu perjuangan mereka masih terbelenggu pada kedaerahan dan kesukuan.namun dengan adanya pengakuan keinsyafan yang sama yaitu satu tanah air.Tanpa kemerdekaan sangat sukar membina persatuan.kedamaian. Selain itu. Nasionalisme. ras.tanggung jawab.Sekarang ini adalah . Nilai-nilai Sumpah Pemuda yang merupakan hasil dari Pengikraran Janji pada tanggal 28 Oktober 2010 adalah suatu tonggak awal kebangkitan bangsa Indonesia. konsep tentang suatu negara yang dulunya hanya milik beberapa orang yang terpelajar. Dalam Nasionalisme ada 2(dua)hal yang sukar dipisahkan yaitu Persatuan dan Kemerdekaan. Nasionalisme Nasionalisme merupakan ciri pokok dari Kebangkitan. menjadi pemahaman bersama para pemuda yang hadir saat konggres itu.solidaritas. kedekatan fisik atau non fisik.tanpa persatuan sangat sulit untuk mencapai kemerdekaan. tetapi setelah Pengikraran Sumpah Pemuda.Disatu pihak kemerdekaan memerlukan adanya Persatuan Bangsa dan sebaliknya. Pengetahuan Sumpah Pemuda membuka wawasan(pengetahuan) para pemuda Indonesia tentang betapa luas dan beragamnya suatu wilayah yang bernama Indonesia.mula-mula adalah gejala yang muncul di Eropa.

Kesejahteraan dan Kemakmuran bukan untuk satu golongan atau satu kelompok saja tetapi untuk bangsa Indonesia seluruhnya.Pemuda harus memiliki idealisme dan aspirasi nasional untuk terus mengkontruksi persatuan bangsa Indonesia.Kreativitas.Pengembangan potensi dan kualitas individual antara lain dipacu oleh tersedianya pendidikan(sekolah)yang bermutu dalam kuantitas serta kualitas di jaman persaingan yang semakin menajam. Sebagai Mahasiswa banyak hal yang dapat saya teladani dari semangat Sumpah Pemuda.perjuangan masih harus diteruskan.Pengembangan berkaitan erat dengan kebersamaan.dulu berjuang untuk melepaskan diri dari penjajah namun sekarang adalah perjuangan untuk melawan keegoisan diri dalam diri bangsa Indonesia sendiri.kecerdasan(soft skill ataupun soft skill).dengan dilatarbelakangi Bhineka Tunggal Ika dan didasari Pancasila.melainkan terkait erat dalam kebersamaan (nilai-nilai Sumpah Pemuda).kebersamaan.menjadi tanggung jawab generasi saat ini untuk terus mempertahankan apa yang telah ada dan terus mengembangkannya.sebagai mahasiswa saya sangat terinspirasi akan semangat Sumpah Pemuda. .Profesionalisme menjadikan bangsa Indonesia mampu bersaing di tingkat Internasional dan untuk terus mengembangkan kemampuan akademik serta pembentukan pola pikir ilmiah yang akan terus melakukan pengembangan.nasionalisme.Salah satu substansi yang ditekankan dalam Sumpah Pemuda adalah Pendidikan(dan kepaduan).Penghayatan nilai-nilai Sumpah Pemuda menjadi landasan kesatuan dan peratuan bangsa.dll yang kesemuanya itu merupakan nilai-nilai dari Sumpah Pemuda.Pemuda adalah tonggak kemajuan suatu bangsa di tangan generasi mudalah akan dibawa kemana bangsa Indonesia.Pengembangan bukan untuk kepentingan sendiri. Semangat rasa persatuan.Nilai-nilai Sumpah Pemuda mempunyai makna untuk kebangkitan nasional sampai saat sekarang ini untuk terus mempertahankan apa yang telah diperjuangkan.jika dahulu Pemuda bisa menjadi awal dari keangkitan Nasional makan sekarang adalah kewajiban kita untuk terus melakukan pengembangan.Kampus sebagai lembaga dan masyarakat ilmiah adalah salah satu wadah untuk menampung dan mengembangkan segala potensi yang ada pada diri individu demi untuk mengaplikasikan dalam kehidupan bermasyarakat.apa yang telah didapatkan sekarang ini dan apa yang harus terus dikembangkan.