Mengungkapkan Prinsip-Prinsip Penulisan Resensi

Pada dasarnya, resensi bertujuan untuk menginformasikan kualitas sebuah karya atau buku. Untuk dapat memberikan penilaian terhadap buku yang diresensi, penulis resensi atau resensator harus menetapkan sasaran-sasaran resensi yang harus dicapai. Berikut adalah beberapa prinsip-prinsip yang harus diperhatikan dalam menulis resensi. 1. Memilih Objek Dalam memilih objek, pilihlah topik yang masih baru atau sedang naik daun, menarik perhatian masyarakat, dan bermanfaat bagi kebanyakan orang. Jangan meresensi karya yang jelas kualitasnya sangat buruk, bertentangan dengan nilai-nilai dan norma-norma yang berlaku di masyarakat, atu dilarang menurut hukum 2. Mengenal dan Menguasai Objek Resensi Apabila kita sudah mengenal dan menguasia objek resensi, hal ini dapat membuat resensi yang ditulis berkesan dalam dan tidak hanya sekedar sok tahu 3. Mengulas dan Menimbang Objek Resensi Di bagian ini resensator harus mampu mendeskripsikan bagian-bagian yang penting untuk diperhatikan. Selain itu, ia juga harus mampu bersikap jujur dan adil, tidak menutupi kekurangan, dan memberi apresiasi positif atas kelebihan yang ada. Meskipun begitu, resensator tidak boleh mencela atau merndahkan sesuka hati karena bagaimanapun karya yang diresensi itu merupakan karya yang hak-haknya dilindungi. 4. Menulis Hasil Resensi Dalam menulis resensi, taidak harus ditulis dengan bahasa yang formal dan baku tetapi lebih penting dengan bahasa yang komunikatif dan menarik. Ragam bahasa yang digunakan diselaraskan dengan calon pembacanya. Tetapi dalam penulisan ejaan tetap harus diperhatikan.

Mengaplikasikan Prinsip-Prinsip Penulisan Resensi Ahmadinejad! David di Tengah Angkara Goliath Dunia oleh Herma Yulis Judul buku : Pengarang : Terbit : Penerbit : Dimensi : ISBN : Harga buku : Ahmadinejad! David di Tengah Angkara Goliath Dunia Muhsin Labib dkk. Namun. Amerika berperan aktif menyokong kemajuan militer Iran hingga menjadi angkatan perang terkuat nomor lima di dunia. Ahmdinejad memang sudah memiliki loyalitas tinggi kepada Negara dan bangasanya. dan sektu-sekutunya tidak membuat goyah pendirian Iran untuk tetap mempertahankan pengayaan uranium nuklir di Negara tersebut.000 Sejak terpilih sebagai Presiden Iran dalam Pemilu 24 Juni 2005 lalu. Sejak itu. Dia tidak pernah merasa gentar menanggapi ancaman dan intervensi asing. Inggris. Sejak muda. 42. Sementara itu sikapnya yang tegas dan lugas menjadi simbol perlawanan atas kesewenang-wenangan negara-negara Barat. Jerman. Ali Akbar Hashemi Rafsanjani. Perang dingin antara Amerika dan Iran memanas setelah Presiden Iran Ahmadinejad mengumumkan bahwa Iran akan tetap melanjutkan kembali program nuklir mereka yang sempat tertunda selama tiga tahun. Sosoknya yang sederhana dan dekat dengan rakyat mampu menghantarkannya ke kursi kepresidenan setelah mengalahkan pesaingnya. Padahal. Peringatan keras dan ancaman dari AS yang didukung Prancis. keadaan tersebut terpaksa berakhir setelah pemerintahan diktator Syah Reza Pahlevi yang telah berjalan selama puluhan tahun berhasil ditumbangkan para mullah yang dipelopori Ayatollah Khomaeni. I Agustus 2006 Hikmah (PT Mizan Publika). Iran yang sebelumnya adalah sahabat baik Amerika beralih menjadi musuh nomor satu bagi mereka. nama Mahmoud Ahmadinejad selalu menjadi sorotan media di seluruh penjuru dunia. Terpilihnya Ahmadinejad sebagai presiden keenam Iran membuat Amerika Serikat dan negara Barat lainnya seperti kebakaran jenggot. Bandung xxvi + 287 halaman 979-114-005-7 Rp. Iran pada masa pemerintahan Syah Reza Pahlevi pernah menjadi sahabat kental Amerika Serikat di kawasan Timur Tengah. Amerika bertambah geram lagi ketika presiden Iran ini secara terbuka menentang campur tangan Negara adidaya itu dalam upaya penyelesaian masalah nuklir Iran yang memanas. yakni sejak 2003 lalu. Ketika itu. tidak pula merasa takut menerima tuduhan sebagai .

buku ini diharapkan pula menjadi pemantik akan lahirnya pemimpin-pemimpin yang berwibawa di negeri ini. hal. ketika para pemimpin negara-negara lain diam dan bertekuk lutut di hadapan George Walker Bush. Ahmadinejad adalah sang pemberani dari Iran yang mewarisi keberanian Presiden RI Soekarno pada tahun 1960-an dan mantan Perdana Menteri Malaysia Mahatir Mohammad pada tahun 1990-an yang secara terang-terangan berani menentang dominasi negara superpower Amerika Serikat.µfundamentalis¶ dari orang-orang yang tidak sepaham dengan pernyataannya yang sangat keras dan kontroversial. Pemimpin yang dikenal sangat dekat dengan rakyat ini kini telah meraih popularitas dan kepercayaan di dunia Islam karena kegigihanya melakukan perlawanan terhdap ketidakadilan global. 19 November 2006. Buku berjudul Ahmadinejad! David di Tengah Angkara Goliath Dunia ini adalah buku biografi Ahmadinejad yang ditulis dengan gaya bahasa santai dan enak dibaca. Siapa yang tak mengenal keberanian Soekarno menentang arogansi Amerika? Kini. Disamping menghadirkan sosok. Kehadiran Ahmadinejad di pentas perpolitikan dunia merupakan respon atas intervensi Amerika yang amat berlebihan di berbagi belahan dunia. Bukan pemimpinpemimpin kerdil yang selalu mengekor pihak asing serta tidak memiliki keberanian menentang intervensi dan ketidakadilan global. Kita masih membutuhkan pemimpin-pemimpin kuat yang berani mengangkat martabat dan wibawa bangsa di mata dunia. (Dikutip dari Seputar Indonesia. kehadiran Ahmdinejad di pentas politik dunia kembali mengingatkan kita pada gaya kepemimpinan Soekarno tersebut. visi. 16) . Ahmadinejad adalah Soekarno Persia yang secara lantang berani mengkritik kebijakan-kebijakan AS yang diskriminatif. dan kiprah politik Ahmadinejad.

(Bisa dilihat di paragraph 6) . (Bisa dilihat di paragraph 5 baris pertama) y Keunggulan Buku   Buku ini mengingatkan kita kembali pada gaya kepemimpinan Soekarno yang secara lantang berani mengkritik kebijakankebijakan AS yang diskriminatif. visi. termasuk Indonesia.000 y Jenis Buku Buku ini merupakan biografi penting tentang seorang presiden Iran. y Latar Belakang Latar belakang dibuatnya buku ini merupakan bentuk reaksi resensator terhadap kehadiran Ahmadinejad di pentas perpolitikan dunia yang berani mengkritik intervensi dan ketidakadilan global Amerika Serikat yang amat berlebihan di berbagai belahan dunia. tetapi juga di berbagai penjuru dunia yang menentang ketidakadilan global. (Bisa dilihat di paragraph 5) Disamping menghadirkan sosok. Bandung : xxvi + 287 halaman : 979-114-005-7 : Rp. buku ini diharapkan pula menjadi pemantik akan lahirnya pemimpin-pemimpin yang berwibawa di negeri ini. yang menjadi simbol perlawanan terhadap ketidakadilan global. Contoh : Ahmadinejad! David di Tengah Angkara Goliath Dunia ini adalah buku biografi Ahmadinejad yang ditulis dengan gaya bahasa santai dan enak dibaca. Biografi tentang tokoh yang dieluh-eluhkan tidak hanya di negaranya. : I Agustus 2006 : Hikmah (PT Mizan Publika). Ahmadinejad.Dari resensi diatas pokok. ketika para pemimpin negaranegara lain diam dan bertekuk lutut di hadapan George Walker Bush. dan kiprah politik Ahmadinejad. 42. Iran. y Kepengarangan Yang dimaksud dengan kepengarangan adalah bentuk penyajian buku yang dilakukan oleh pengarang.pokok yang dapat dijadikan sasaran penilaian adalah sebagai berikut. y Identitas Buku Judul buku Pengarang Terbit Penerbit Dimensi ISBN Harga buku : Ahmadinejad! David di Tengah Angkara Goliath Dunia : Muhsin Labib dkk.

asal ambil dari artikel yang menceritakan Ahmadinejad di setiap media.y Kelemahan Buku  Dapat katakan buku ini ditulis tidak lengkap. Buku ini dimulai dari kata pengantar Rosiana Silalahi (presenter liputan 6. Contoh yang dimaksud dengan ikhtisar : Buku ini dari judulnya menceritakan biografi Ahmadinejad. revolusi Islam Imam Khomeini hingga saat ini-. Buku ini membeberkan semua fakta-fakta sejarah negara yang bernama Iran --semenjak rezim monarki Syah Reza Pahlevi. lugas. . dan sebagainya sehubungan dengan banyaknya headlines di Media tentang Presiden Iran ini yang menentang Dominasi Amerika Serikat. Namun jika ada. buku ini akan menjadi lebih komplet. tidak banyak dikupas mengenai peran Ahmadinejad sebagai kepala keluarga. berkesan populis saja. Prinsipnya yang kuat didukung wawasannya yang sangat luas nampak dari tulisan suratnya kepada George W. Agar mudah dipahami oleh pembaca. y Ikhtisar Di bagian ini resensator mengemukakan secara jujur dan objektif tanpa menambahkan hal-hal yang subjektif. Saya sendiri 'ngeri' membayangkan apabila memanggul peran seperti Ahmadinejad. Bush dan wawancaranya dengan Harian Der Spiegel Jerman. Dijelaskan juga peran Ahmadinejad semasa revolusi. menjadi gubernur Ardabil dan walikota Teheran hingga menjadi presiden Republik Islam Iran. keras.dengan Ahmadinejad di baliknya. Pribadinya adalah pemikir dan pejuang yang mempunyai sifat/watak kombinasi dari: sederhana. Ditulis oleh 4 sekawan yang pernah belajar di timur tengah. berani. Sayang. Hampir tidak mempunyai kepentingan apapun kecuali semata-mata untuk kepentingan rakyat Iran. pemimpin redaksi liputan 6. Presiden Iran sekarang. Kekuasaannya digunakan secara bijaksana. dan bertanggung jawab. jelas. dan komunikatif. pemenang presenter terbaik versi panasonic award setelah ira kusno meninggalkan sctv) yang pernah mewawancara Presiden Iran ini saat di Jakarta. Mungkin terkesan jadi selebritis jika banyak membahas wilayah kehidupan pribadinya. Keberaniannya melawan ketidakadilan global membuat dirinya disorot oleh semua pihak. ikhtisar sebaiknya dikemukakan dengan struktur yang mudah diikuti dan dengan bahasa yang baku .

dianggap sebagai ultrafundamentalis yang berbahaya di satu pihak. y Nilai Buku . Buku yang ringkas ini bisa menjadi rujukan bagi siapa saja yang ingin menyelami secara mendalam siapa sebenarnya diri yang memiliki nama kecil Mahmud Saborjihan.Sosok Ahmadinejad memang sungguh fenomenal. namun dielu-elukan bak malaikat pelindung di pihak lainnya.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful