Sistem Persamaan Linear Dua Variabel

AHA SOLUTIONS

Anwar Mutaqin

solusi adalah pasangan terurut sehingga adalah kalimat yang benar. Solusi persamaan secara umum bergantung pada himpunan semesta di mana persamaan tersebut didefinisikan. . Kumpulan semua solus persamaan disebut himpunan solusi atau lebih sering disebut himpunan penyelesaian. Sebagai contoh.Persamaan Linear Dua Variabel dengan (=). dan adalah konstanta dengan dan . sedangkan Berikut adalah contoh-contoh persamaan linear dua variabel dan adalah variabel. Jika banyaknya variabel dalam sebuah persamaan linear adalah dua maka disebut persamaan linear dua variabel. bukan solusi persamaan . dan lain-lain. Selain itu. Bentuk umum persamaan linear dua variabel (dalam dan ) adalah Persamaan adalah kalimat matematika terbuka yang hanya memuat hubungan sama . Persamaan linear berarti variabel yang digunakan hanya berpangkat satu. jika karena -1 bukan bilangan asli. . adalah Secara umum solusi persamaan tersebut dapat dibuat dengan tabel berikut -1 5 Jadi. .5) bukan solusi persamaan karena jika disubstitusi. tetapi bisa juga . Dalam hal persamaan lineardisubstitusi ke persamaan menghasilkan kalimat dua variabel. Dengan notasi pembentuk himpunan. himpunan penyelesaian di atas dapat ditulis menjadi  Pasangan terurut (2. Variabel dalam persamaan linear dua variabel tidak harus selalu . himpunan semesta sehingga jika Solusisuatu persamaan adalah anggota benar. 0 4 1 3 2 2 3 1 4 0 5 -1 6 -2 Contoh. menghasilkan kalimat yang salah. dan . Solusi persamaan dan seterusnya.

Secara umum.Perhatikan persamaan . sehingga solusi persamaan tersebut adalah Pasangan terurut . Untuk materi sekolah menengah pertama. . tetapi . . . . Bandingkan interpretasi geometris persamaan linear dua variabel . dan lain-lain bukan anggota bilangan bulat. persamaan linear dua variabel menyatakan garis lurus pada sebuah bidang jika variabel . dan lain-lain bukan anggota himpunan penyelesaian. maka kita akan dapatkan dalam bentuk tabel -2 -1 0 4 1 2 3 2 4 Perhatikan bahwa . sistem terdiri dari dua persamaan linear dua variabel. Solusi persamaan linear dua variabel menyatakan titik-titik di bidang datar yang dilalui oleh persamaan tersebut. solusi sistem persamaan linear dua variabel adalah titik potong persamaan garis  dan di bidang. solusi persamaan tersebut dalam bentuk notasi adalah . Hal ini karena meskipun titik tersebut jika disubstitusi ke persamaan menghasilkan kalimat yang benar. Grafik 1a : Grafik 1b: Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Sistem persamaan linear dua variabel adalah sekumpulan persamaan linear dua variabel. bentuk sistem persamaan linear dua variabel adalah dengan atau tidak nol. Jika kita daftar seluruh solusi persamaan tersebut. dan . Secara geometris. Secara geometris. dan atau tidak nol. Solusi atau himpunan penyelesaian sistem persamaan linear dua variabel adalah pasangan terurut sehingga  dan masing-masing adalah pernyataan yang benar.

maka sistem persamaan linear tersebut dikatakan konsisten. tidak memiliki solusi. Dugaan tersebut dapat kita lihat pada tabel berikut: Jumlah Kambing Jumlah Ayam Jumlah Kepala Jumlah Kaki 30 30 60 180 29 31 60 178 28 32 60 176 25 35 60 170 Dengan demikian jumlah kambing adalah 25 ekor dan jumlah ayam 35 ekor. karena kambing memberikan kontribusi jumlah kaki lebih banyak daripada ayam.4 = 180 buah. maka dugaan kita selanjutnya adalah mengurangi jumlah kambing dan menambah jumlah ayam. Jika dilihat dari atas terdapat 60 kepala.2 + 30. Sebelum membahas tiga buah metode yang umum dikenalkan di SMP atau sederajat. Solusi tunggal berarti kedua persamaan garis tersebut berpotongan di suatu titik. Jika tidak. . Secara aljabar. dan memiliki tak hingga banyak solusi berarti kedua garis tersebut berhimpit.Ada tiga kemungkinan solusi suatu sistem persamaan linear dua variabel. kita pecahkan masalah di atas dengan cara dugaan (tetapi logis). Tidak memiliki solusi berarti kedua garis tersebut sejajar. Ini lebih banyak dari yang seharusnya (yaitu 70). Kemudian kita uji dugaan tersebut ternyata jumlah kaki adalah 30. yaitu kambing dan ayam. Berapakah masing-masing jumlah ayam dan jumlah kambing? Persoalan di atas merupakan salah satu masalah yang bisa dipecahkan dengan sistem persamaan linear dua variabel. memiliki solusi tunggal. Dugaan sementara adalah jumlah kambing 30 ekor dan jumlah ayam 30 ekor (30 + 30 = 60). yaitu. sedangkan jika dilihat dari bawah terdapat 170 kaki. maka dikatakan tidak konsisten. sistem persamaan linear mempunyai solusi tunggal jika mempunyai solusi tak hingga banyak jika dan tidak memiliki solusi jika Perhatikan persoalan berikut: Di sebuah kandang saya melihat ada dua jenis hewan. Jika sistem persamaan linear mempunyai solusi. dan memiliki tak hingga banyak solusi.

. kemudian substitusikan ke Kalikan kedua ruas dengan 4. Selanjutnya substitusikan ke persamaan kedua. Metode Substitusi Substitusi berarti mengganti. metode substitusi. maka didapat . Selanjutnya substitusikan ke persamaan pertama Substitusikan ke dalam . maka didapat Jadi. karena koefisiennya 1 sehingga lebih sederhana . dan metode grafik. metode eliminasi. himpunan penyelesaian sistem persamaan di atas adalah Contoh 2: Carilah himpunan penyelelesaian dari sistem persamaan linear Jawab: persamaan pertama diubah dalam bentuk persamaan kedua. dalam hal ini mengganti suatu variabel dengan variabel lain dalam SPLDV.Solusi sistem persamaan linear dapat dicari dengan tiga metode. Hasilnya disubstitusikan ke persamaan pertama untuk mendapatkan Contoh 1 : Tentukan himpunan penyelesaian sistem persamaan linear Jawab: Nyatakan persamaan kedua dalam . Misalkan diketahui SPLDV Kemudian kita akan mencari solusi atau himpunan penyelesaiannya. yaitu. Ubah salah satu persamaan di atas menjadi bentuk atau .

Selanjutnya kita eliminasi variabel y dengan cara mengalikan persamaan pertama dengan 2 dan mengalikan persamaan kedua dengan 3. persamaan pertama dikalikan dengan 1 (1 merupakan koefisien x pada persamaan kedua) dan persamaan kedua dikalikan dengan 2 (2 merupakan koefisien x pada persamaan pertama)  Selanjutnya kurangkan persamaan kedua dari persamaan pertama. kita eliminasi variabel y. Perhatikan kembali soal pada contoh 1. misalnya ke persamaan . Jadi. maka kita lakukan proses berikut. sehingga didapat .   .Selanjutnya substitukan hasil ini ke persamaan Metode Eliminasi Eliminasi berarti mengurangi. dalam hal ini mengurangi variabel. Perhatikan contoh 1. tahap pertama eliminasi (dengan mengeliminasi variabel x) didapat . maka kedua persamaan kita tambahkan. maka didapat .     Agar variabel y tereliminasi. Kita juga dapat menyelesaikan sistem persamaan linear dua variabel dengan metode campuran eliminasi dan substitusi. Nilai y ini disubstitusikan salah satu ke persamaan. maka didapat   Maka didapat .

Sehingga solusi sistem persamaan linear tersebut adalah . secara geometris. merupakan garis lurus. Harga empat pensil dan tiga pulpen adalah Rp.750.   2. Dengan demikian. 5.750. b. Metode Grafik Persamaan linear dua variabel. Hitunglah harga sebuah pensil dan harga sebuah pulpen! . 11. solusi sistem persamaan linear dua variabel merupakan titik potong kedua garis tersebut. Soal-Soal Latihan 1. Harga enam pensil dan tujuh pulpen adalah Rp. Kita akan buat garis dengan mencari titik potong terhadap sumbu x dan sumbu y sebagai berikut: Begitu pula dengan garis sebagai berikut: Maka grafik kedua garis tersebut dalam siste koordinat kartesius adalah Terlihat bahwa titik potong kedua garis tersebut adalah sehingga . Kembali ke contoh 1. Tentukan himpunan sistem persamaan linear berikut:   a.

berapakah usia mereka pada 4 tahun yang akan datang? 5. maka hasilnya adalah 3 kurangnya dari bilangan kedua. Jika bilangan pertama dikalikan dengan dua. Jika perbandingan usia mereka pada saat ini adalah 5 : 8. Selisih dua buah bilangan adalah 10. Tentukan kedua bilangan tersebut! 4. Tentukan bilangan asli x dan y yang memenuhi persamaan ! .3. Dua tahun yang lalu perbandingan umur Ahmad dan Rudi adalah 2 : 3.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Cancel anytime.