P. 1
Hutan Hujan Tropika

Hutan Hujan Tropika

|Views: 481|Likes:
Published by Hermanto Aulia

More info:

Published by: Hermanto Aulia on Dec 14, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/06/2013

pdf

text

original

MAKALAH

JENIS- JENIS HUTAN

1. Hutan Hujan Tropika

Hutan hujan tropika adalah hutan yang terdapat didaerah tropis dengan curah hujan sangat tinggi. Hutan jenis ini sangat kaya akan flora dan fauna. Di kawasan ini keanekaragaman tumbuh-tumbuhan sangat tinggi. Luas hutan hujan tropika di Indonesia lebih kurang 66 juta hektar Hutan hujan tropika berfungsi sebagai paru-paru dunia. Hutan hujan tropika terdapat di Pulau Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua.

2. Hutan hujan pegunungan tinggi

Hutan dengan pohon-pohon yang tinggi yang selalu menghijau karena tidak pernah menggurkan daun serta tumbuh rapat.contoh: pohon pinus,jemuju DLL.

Della Desrina Savira |

1

3. Hutan hujan pegunungan Rendah
Hutan hujan dataran rendah merujuk pada hutan yang berada pada lokasi dengan ketinggian 0-1200 m di lahan kering (Whitmore, 1998), atau 0-1000 m (Indriyanto, 2006) dari permukaan laut. Hutan basah dataran rendah selalu hijau adalah yang paling subur dan kaya akan semua komunitas tumbuhan, tumbuh di semua “kondisi pertumbuhan terbaik di lahan kering yang ada di mana pun di dunia”. Kondisi ini meliputi iklim yang selalu basah di mana presipitasi melebihi evaporasi (Monk, Fretes, Lilley, 2000). Hutan hujan tropis dataran rendah terdapat di iklim dataran rendah basah dimana cekaman air terjadi sesekali atau tidak ada (Whitmore, 1998). Ini berarti curah hujan total tahunan minimum adalah 2.000 mm. Meskipun ada perbedaan pendapat tentang distribusi curah hujan ini, jumlah bulan kering kurang dari dua bulan per tahun dapat diterima. Alternatif lain adalah paling sedikit harus terjadi dua puluh hari hujan pada empat bulan terkering dalam setahun, dengan tidak ada bulan yang menerima hujan kurang dari 60 mm. Pada kondisi seperti ini, kebanyakan tipe tanah, berpengaruh kecil terhadap hutan, karena air di dalam tanah lebih dari cukup untuk menggantikan kualitas tanah yang buruk. Kekayaan hutan-hutan basah tropis tidak selalu menunjukkan bahwa tanahnya subur (Monk, Fretes, Lilley, 2000).

4. Hutan Rawa

Hutan rawa terdapat di hampir semua pulau, terutama Sumatera, Kalimantan, dan Papua. Spesies pohon rawa misalnya adalah nyatoh (Palaquium leiocarpum), kempas (Koompassia spp), dan ramin (Gonystylus spp). Berdasarkan pemanfaatan lahan

Della Desrina Savira |

2

5. Hutan Pantai

Hutan pantai terdapat sepanjang pantai yang kering, berpasir, dan tidak landai, seperti di pantai selatan Jawa. Spesies pohonnya seperti ketapang (Terminalia catappa), waru (Hibiscus tiliaceus), cemara laut (Casuarina equisetifolia), dan pandan (Pandanus tectorius).

6. Hutan Manggrove

Hutan mangrove Indonesia mencapai 776.000 ha dan tersebar di sepanjang pantai utara Jawa, pantai timur Sumatera, sepanjang pantai Kalimantan, dan pantai selatan Papua. Jenis-jenis pohon utamanya berasal dari genus Avicennia, Sonneratia, dan Rhizopheria.

Della Desrina Savira |

3

7. Hutan Kerangas

Tipe hutan ini berada di sekitar Teluk Kaba dan Menamang yang memiliki tekstur tanah kasar dan tanah yang bersifat asam. Di wilayah hutan ini, kantung semar (Nepenthes spp) dapat dijumpai dengan mudah. Di sekitar Teluk Kaba, misalnya, staf balai melaporkan bahwa ada satu tempat yang banyak ditumbuhi kantung semar. Hutan kerangas di TN Kutai belum banyak dikaji. Informasi yang ada saat ini hanya berdasarkan survei awal yang tidak mendalam.

8. Hutan Subalpin

Hutan di zona sub alpin hanya terdiri dari 2 lapisan yaitu lapisan pohon-pohon kerdil, rapat dengan batang pohon yang kecil, dan lantai hutan dengan tumbuhan bawah yang jarang. Hanya ditemukan sedikit jenis vegetasi yang telah beradaptasi dengan lingkungan yang beriklim ekstrim, hal ini barangkali terkait dengan kondisi tanah yang miskin hara dengan jenis tanah berbatu (litosol). Jenis pohon yang dominan di hutan ini adalah cantigi (Vaccinium varingiaefolium), dari keluarga ERICACEAE, dan dapat dengan mudah dijumpai disepanjang jalan setapak menuju kawah. Mirip dengan famili jenis Cantigi yang asal Eropa yaitu bilberry, cantigi juga mempunyai buah berry yang bisa dimakan. Daun cantigi muda juga mempunyai warna menarik yaitu merah bersinar yang memperindah hutan pegunungan, seperti halnya pohon puspa. Warna daun muda yang merah kemungkinan merupakan upaya tumbuhan untuk melawan sinar ultraviolet yang sangat ektrim.
Della Desrina Savira |

4

9. Hutan Batu Kapur

Barisan-barisan puncak batu kapur ini terletak di Madagascar bagian barat. Viewnya mirip blok-blok di kota padat. Disamping keanehan kota batunya, di lokasi ini juga terdapat jenis-jenis hewan yang aneh dan langka Bagian-bagian yang tidak tereksplorasi menjadi tempat berlindung bagi spesies-spesies aneh dan langka seperti lemur "sifaka", beberapa jenis reptil, serangga, dan tanaman. Jalur-jalur jurang dan goa-goa basah memotong menerobos barisan-barisan menara kapur.

10. Hutan Ultra basic

kawasan dengan ciri khas tertentu, baik didarat maupun di perairan yang mempunyai fungsi perlindungan sistem penyangga kehidupan, pengawetan keanekaragaman jenis tumbuhan dan satwa, serta pemanfaatan secara lestari sumber alam hayati dan ekosistemnya. Kawasan pelestarian alam terdiri atas taman nasional, taman hutan raya (TAHURA) dan taman wisata alam

Della Desrina Savira |

5

11.Hutan tropika dataran rendah

hutan tropika dataran rendah adalah bentuk kehidupan yang tersebar di seluruh dunia. Kita dapat menemukan hutan baik di daerah tropis maupun daerah beriklim dingin, di dataran rendah maupun di pegunungan, di pulau kecil maupun di benua besar.

12. Hutan Monsun gugur daun

Hutan gugur daun tropika, hutan musim tropika atau hutan monsun (monsoon forest) adalah suatu bioma berupa hutan di wilayah tropika dan subtropika yang memiliki iklim hangat sepanjang tahun, namun mengalami musim kering (kemarau) yang panjang selama beberapa bulan. Walaupun wilayah ini dicurahi hujan hingga beberapa ratus milimeter tiap tahunnya –bahkan lebih, musim kering panjang itu memaksa kebanyakan tumbuhan menggugurkan daun-daunnya, dan dengan demikian mempengaruhi kehidupan makhluk di dalam hutan itu. Itulah sebabnya hutan ini disebut musiman, atau ada pula yang menyebutnya hutan luruh daun.

Della Desrina Savira |

6

13. Hutan Sabana

Hutan Sabana adalah padang rumput yang disana sini ditumbuhi pepohonan yang berserakan atau bergerombol ,terdapat didaerah yang mempunyai musim kering lebih panjang.

14.Hutan mosun yang selalu Hijau (Evergreen)

Hutan sub –tropical evergreen forest. Hutan ini mempunyai suhu bulanan ..jenis-jenis pohon yang tumbuh adalah hutan bamboo,hutan muson(jati dan shorea)

Della Desrina Savira |

7

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->