P. 1
Analisis Penentuan Waktu Kegiatan Perawatan Preventif

Analisis Penentuan Waktu Kegiatan Perawatan Preventif

|Views: 135|Likes:

More info:

Published by: Yustitia Nurlita Atmadinata on Dec 14, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/08/2013

pdf

text

original

Analisis Penentuan Waktu Kegiatan Perawatan Preventif

by Skripsi Teknik Industri in Skripsi Teknik Industri, tugas akhir teknik industri Share Your Thoughts Bab Pendahuluan Tugas Akhir / Skripsi Teknik Indus tri dengan Judul :Analisis Penentuan Waktu Kegiatan Perawatan Preventif di PT XYZ Ditengah ketidakstabilan perekonomian dan semakin tajamnya persaingan didunia industri , maka merupakan suatu keharusan bagi suatu perusahaan untuklebih meningkatkan efisiensi kegiatan operasinya . Salah satu hal yang mendukung kelancaran kegiatan operasi pada suatu perusahaan adalah kesiapan mesin ± mesin produksi dalam melaksanakan tugasnya . untuk mencapai hal itu diperlukan adanya suatu sistem perawatan yang baik . Kegiatan perawatan mempunyai peranan yang sangat penting , karena selain sebagai pendukung beroperasinya sistem agar lancar sesuai yang dikehendaki , kegiatan perawatan juga dapat meminimalkan biaya atau kerugian ± kerugian yang ditimbulkan karena adanya kerusakan mesin . Perawatan dapat dibagi menjadi beberapa macam , tergantung dari dasar yang dipakai untuk menggolongkannya , tetapi pada dasarnya terdapat dua kegiatan pokok dalam perawatan yaitu perawatan preventif yang dimaksud untuk menjaga keadaan peralatan sebelum peralatan itu rusak dan perawatan korektif yang dimaksud untuk memperbaiki peralatan yang rusak . Suatu mesin terdiri dari berbagai komponen yang mungkin saja sangat vital , sehingga apabila komponen tersebut mengalami kerusakan maka akan mendatangkan kerugian yang sangat besar bagi perusahaan , untuk itu tidak bisa dipungkiri perlunya suatu perencanaan kegiatan perawatan bagi masing ± masing mesin produksi untuk memaksimalkan sumberdaya yang ada , tetapi keuntungaan yang akan diperoleh perusahaan dengan lancarnya kegiaatan produksi akan lebih besar . Dengan melihat kenyataan pentingnya kegiatan perawatan , penelitian ini mencoba untuk mengemukakan analisis penentuan waktu kegiatan perawatan preventif yang tepat bagi masing ± masing mesin produksi sesuai keandalannya sehingga dapat meminimalkan biaya perawatan yang harus dikeluarkan oleh perusahaan.

Topic 8: NATURAL GAS INDUSTRY

1.Removal Gas Asam 4. H2S.Introduction 2.Removal of Acid Gases 4. COS. aplikasi komersial seperti PSA (tekanan adsorpsi swing) dan TSA (adsorpsi ayunan suhu) telah digunakan ‡ Aplikasi yang termasuk: penghapusan-H2O -Acid gas removal (CO2.Removal Logam Berat Pengantar ‡ Gas alam merupakan campuran yang luar biasa kompleks yang mengandung komponen yang beragam seperti: -Hidrokarbon (ringan.Removal of Water: hydrates-inhibition and dehydration 3. mercaptanes) Karbon dioksida-Nitrogen -Mercury ‡ Produk akhir akhir. gas alam merupakan produk yang relatif homogen diperdagangkan secara global sebagai komoditas Pemisahan ‡ Sejumlah harus terjadi sebelum mencapai pasar ‡ Dalam pengobatan gas alam. As) Jenis Inhibisi hidrat / Proses Penghapusan ‡ hidrat Penghapusan -Glikol Penyerapan (kuantitas air yang tinggi) -Fisik Adsorpsi (rendah sampai sedang jumlah air) Jenis Gas Asam Proses ‡ Kimia Penyerapan Gas Asam -Menggunakan K2CO3solution panas -Menggunakan larutan amina ‡ Fisik Penyerapan -Menggunakan pelarut .Removal Air: hidrat-inhibisi dan dehidrasi 3. berat. aromatik) -Air -Sulfur-komponen (H2S.Removal of Heavy Metal Topic 8: INDUSTRI GAS BUMI 1.Introduction 2. S-senyawa) penghapusan-Hidrokarbon -N2 penghapusan -Logam removal (Hg. RSH.

dll) PENDAHULUAN Tujuan Kuliah: -Untuk menggambarkan dan analysethe pengolahan gas alam utama proses Gas alam. timbal) INTRODUCTIONAdvantages: bahan bakar bersih dan ramah lingkungan ‡ H2 tinggi ‡:. jumlah residu C5 jenuh +..Gas larut dalam minyak dan dibebaskan dari reservoir limbah bawah permukaan conditions. minyak tanah. turbin gas station generasi terpusat. pengolahan makanan. ‡ sumber daya tidak terbarukan Komposisi ‡ Campuran hidrokarbon ringan (alkana C1-C4 yaitu.ii.The berat akan berhubungan dengan pemisahan gas-minyak system. saringan. pengeringan dan dehumidification. H2S. campuran hidrokarbon gas terdiri dari C1-C4and persentase kecil senyawa inert lainnya. dll ‡ di sektor transportasi: kendaraan (NGV) ‡ generasi listrik: sel bahan bakar unit pembangkit uap. pemanasan logam (terutama untuk besi dan baja).‡ Adsorpsi Fisik -Menggunakan adsorben (mol. pencahayaan. CH4. ‡ ditemukan secara alami bawah tanah atau diproduksi oleh gasifikasi batubara. C ratio sehingga CO2formation rendah selama pembakaran ‡ kurang korosif. pembakaran.e.iii.Disadvantages:. termasuk olefin. ‡ sebuah. Secara umum lebih dari 70% komponen utama adalah metana. umumnya memiliki kandungan sulfur yang rendah ‡ mudah dan fleksibel untuk use. dan industri bahan bakar boiler. lebur kaca. COS) ‡ logam (merkuri.Gas meninggalkan pemisah yang . pengeringan.Thegas dipisahkan dari fase cair pada meninggalkan kandungan hidrokarbon well. RSH. tidak berbau tidak berwarna. Bentuk non-energi terbarukan ‡ Menggunakan ‡ perumahan: listrik. dll ‡ komersial: ruang pemanasan. memasak. arsenik. sering berkaitan dengan minyak bumi. dan gas dipecat mesin reciprocating 1: Associated Gasi. Ar ‡ asam gas (CO2 i. alumina. sikloalkana dan aromatik). Dia. dll ‡ dalam industri: pengolahan limbah. ‡ uap air ‡ gas inert lainnya mengandung adalah N2. propana. minyak pemanas. ‡ campuran mudah terbakar gas hidrokarbon (terutama metana) dan sejumlah kecil gas-gas lain yang ditemukan dalam formasi geologi berpori. pendinginan.

Hydrocarbon dalam keadaan cair pada meninggalkan reservoir termasuk kondensat gas gases. underpressure. Terdiri dari C5 + Sulfur: Diekstrak dari H2S dalam gas alam mentah Upgraded oleh konversi Kimia: H2.ii. Ammonia.iii. risiko korosi ii.removal uap air yang dapat mengganggu aliran gas dalam pipa. dalam sebuah pipa. ii. tekanan gas diangkut harus meningkat pada interval oleh stasiun kompresi yang terletak pada interval yang teratur sepanjang pipelineroute ‡ Tekanan digunakan: 70-120 bar ‡ Gas Bumi perawatan sebelum transmisi adalah: i.The diproduksi pada bentuk permukaan kondensat sebagai hasil dari jatuhnya simultan tekanantekanan dan temperature3: hidrokarbon Gasi.mengandung hidrokarbon sampai C6>> . i.Does tidak menghasilkan hidrokarbon cair baik dalam nama waduk atau surface. Urea (produk petrokimia) Pengangkutan Gas Bumi A. ‡ Untuk menggunakan pipa. (C3H8) Komersial butana (C4H10) Sebuah campuran propana dan butana Kondensat: Bensin. CO.2: Basah Gasi. membuat variasi T dan Pcondense dalam pipa dan membentuk hidrat padat mampu mengganggu aliran dalam pipa. Methanol. sehingga mengurangi kecepatan aliran dalam pipa dan kemudian meningkat pressure drop.Wet atau kondensat umumnya terdiri dari hidrokarbon dari C3to C8 + iii. penurunan tekanan dalam pipa mengurangi tekanan.to menghapus hidrokarbon berat yang dapat menyebabkan pembentukan cairan di dalam pipa siput B. H2S) untuk mencegah korosi yang dipengaruhi oleh kelembaban.Another adalah "lean gas" Jenis Gas alam Hidrokarbon upgradeable Produk Gas Alam Komersial: baik dalam bentuk gas (NG) atau dalam bentuk cair (LNG) Cairan Gas Bumi (NGL): Campuran hidrokarbon C2 + Etana: Diekstrak dari NGL dipotong Liquefied Petroleum Gas (LPG): Komersial propana.Light Kering dari C1to C4 (lebih dari metana dan sejumlah kecil C2C4). Dalam bentuk gas ‡ Ditransfer dari satu titik ke titik lain dalam bentuk gas. Dua Tahap Flow . ‡ Lebih jauh.removal konstituen gas-gas asam tersebut (CO2.Condensation dari hidrokarbon berat di waduk sendiri melalui kondensasi karena adanya penurunan tekanan isotermal dalam gas reservoiriv.

‡ Berat hidrokarbon tidak dipisahkan dari gas alam ‡ Atau hidrokarbon berat akan kembali disuntikkan ke dalam pipa dengan gas diobati. kompresi. ‡ Bersamaan angkutan campuran cair + gas dalam pipa. membutuhkan pabrik pencairan untuk memasok mengoptimalkan dan peningkatan toavoid pipa jarak jauh. ‡ Cocok untuk jarak pendek atau menengah. Gas Alam dalam bentuk LNG konversi dari gas ke keadaan cair akan mengurangi volume gas alam. mengurangi volume ketika melewati dari bentuk gas ke keadaan cair. terutama terdiri dari Metana (CH4). PlantLNG Storedin BufferCH4 CarrierReception TerminalLNG Re-gasifiedodorisedLiquefied Natural Gas (LNG) . menggunakan penyimpanan bawah tanah (untuk jumlah besar) seperti gas re servoir mantan. menghasilkan tingkat energi yang tinggi untuk proses yang melibatkan jarak jauh dan laut dalam. ‡ tidak baik untuk jarak jauh (perlu pemisahan. H2S dan N2 LNG chainNGfromReservoirLiquefaction. sebuah jejak kecil CO2. memerlukan sistem untuk memadatkan gas yang dapat disuntikkan ke dalam media penyimpanan untuk penambahan jumlah yang disimpan dengan meningkatkan tekanan pada reservoir.. atau akuifer. memompa dan proses injeksi ulang) Penyimpanan "Town gas" digunakan untuk disimpan dekat daerah konsumen besar dalam tangki tekanan yang sangat rendah disebut pemegang gas Natural Gas di bawah tekanan disimpan dalam bidang logam / silinder (untuk jumlah kecil gas alam.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->