Universitas terbuka

I. PENDAHULUAN 1.Latar belakang 2.Rumusan Masalah 3.Tujuan penelitian 4.Manfaat penelitian

Menjelaskan mengapa benda bisa memuai 2. dan gas . Perbedaan pemuaian antara zat padat . Penyebab zat memuai 3. cair.Latar Belakang 1.

Pemuaian volume pada zat cair (air) 3. Pemuaian panjang pada zat padat (logam) 2. Pemuaian volume dan perubahan tekanan pada zat gas .Rumusan Masalah 1.

Tujuan Penelitian Untuk membenarkan pertanyaan apakah perubahan suhu pada suatu zat. disertai perubahan panjang. volume dan tekanan pada zat tersebut? .

Pemuaian Pada Gas . Perubahan Panjang (muai panjang) 2. Pemuaian Zat Cair 3. PRAKTIKUM 1.II.

Perubahan Panjang (muai panjang) Tujuan : Menguji muai panjang logam Alat dan Bahan ‡ Kawat tembaga 1mm ‡ Kawat nikelin 1mm ‡ Statis ‡ Spiritus ‡ Pemberat/anak timbangan 50 gram dan 100 gram ‡ Kapas ‡ Panggaris 50cm 50 cm 1 buah secukupnya 1 buah secukupnya 1 buah .1.

Basahi kapas dengan spiritus. 4. kemudian bakarlah kawat tersebut. Ikatkan beban 50 gram atau 100 gram pada salah satu ujung kawat yang lain. Ulangi kegiatan dengan menggunakan jenis kawat yang lain. Diantara panjang kawat ikakan kapas sebanyak tiga buah. 2.Tahapan Kegiatan 1. 5. 6. 7. 3. Berikan batasan pada kawat dengan dasar lantai ± 10 cm. Gantungkan kawat tembaga pada statis sedemikian rupa. Ukurlah berapa perubahan panjang dari masing-masing kawat saat dibakar/dipanasi? .

Perhatikan gambar di bawah ini Kapas dibakar Panjang mula-mula basahi spiritus Kapas di Kawat tembaga Ø 1 mm PertambahanBeban 100 gram 2.9 mm panjang tembaga .

Jenis Logam Tembaga Nikelin Aluminium Perunggu Pertambahan panjang 2. 4.2 mm keterangan Mudah muai Lambat muai Cepat muai Mudah muai ¨L : L0 ¨L ¨L L0 ¨T : panjang mula-mula kawat sebelum dipanasi mula: pertambahan panjang saat dibakar/dipanasi adalah dengan dibakar/ : suatu tetapan. tetapan.Data Penelitian No. 2. : pertambahan panjang adalah : .1 mm 3. 3.9 mm 0. 1.5 mm 4.

PERCOBAAN 2 : PEMUAIAN ZAT CAIR Tujuan Menguji bahwa zat cair (air) jika dipanasi akan memuai Alat dan Bahan ‡ Botol minuman bekas ‡ Pawarna ‡ Sedotan minuman ‡ Baskom/ember 25 l ‡ Lilin mainan/malam ‡ Thermometer 1 buah secukupnya 1 buah 1 buah secukupnya 1 buah .

Tahapan Kegiatan 1. Selanjutnya masukan botol tersebut ke dalam baskom atau ember yang berisi air panas. Tutuplah botol tersebut dengan lilin 4. Campurkan pewarna(bebas) dengan air secukupnya 2. . Jangan lupa pada waktu menutup botol dengan lilin sertakan sedotan minuman (usahakan sedotan berwarna putih bening) 5. Masukan cairan berwarna tersebut ke dalam botol bekas (usahakan boto lberwarna putih bening) sampai penuh 3.

. 2 Terjadi perpindahan kalor yang menjadikan larutan Air ±90 °C dalam botol memanas. 3 Larutan dalam botol memuai.Hasil Penelitian Titik Puncak 13 menit = 143 mm 5 menit = 57 mm 4 menit = 36 mm 3 menit = 23 mm 2 menit = 13 mm 1 menit = naik 5 mm 1 Larutan 18 °C Botol dimasukan dalam air panas. panas. memanas. memuai.

Ketika suhu larutan air dalam botol dan suhu air dalam ember mencapai kesetimbangan saat itulah pemuaian tidak terjadi lagi atau mencapai titik pucak (56 ºC) . Larutan air (18 ºC) dalam botol memuai ketika menyerap kalor dari air dalam ember yang bersuhu lebih tinggi (90 ºC) 2.Hasil Penelitian 1.

2. 4. Botol minuman bekas Llilin Sedotan minuman Baskom/ember Lilin mainan/malam 1 buah 1 buah 1 uah 1 buah 1 buah . 5. 3.PERCOBAAN 3 : PEMUAIAN PADA GAS Tujuan : Menguji pemuaian Volume dan perubahan tekanan benda gas Alat dan Bahan 1.

Dengan cara yang sama pada percobaan pemuaian zat cair. 2. Perhatikan Gambar . Perbedaan pada percobaan ini tidak perlu menggunakan larutan warna yang dimasukan pada botol 3.Tahapan Kegiatan 1. rakitlah alat dan bahan yang telah disiapkan. Siapkan air dingin (bukan air es) dalam ember atau baskom 4.

.Percobaan cara 1 Pipa Air dingin Lilin 1 2 Botol kosong dipanasi Udara dalam botol memuai ditandai dengan munculnya gelembung udara.

4 sekon . Pengamatan Sebelum botol dipanaskan apa yang terjadi dalam air Setelah botol di panaskan apa yang terjadi dalam air Kira-kira berapa lama setelah pemanasan timbul gelembung air Keterangan Tidak ada gelembung gas 2. 1. 2. Muncul gelembung gas 3.Tabel Penamatan No.

. 3 Balon membesar karena tekanan dalam botol membesar. 2 Volume udara dalam botol memuai.Percobaan cara 2 Balon BOTOL KOSONG Air Panas 1 Botol dimasukan ke dalam air panas.

tertekan oleh gas yang memuai 6 menit 90 ºC 2.Tabel Penamatan No. 3. Suhu maksimum air saat botol dimasukan dalam ember. Lama pemuaian gas dalam botol diperkirakan. Cara kedua 1. Setelah botol dimasukan ke dalam air panas possisi balon. Sebelum botol dimasukan kedalam air panas keadaan balon. 4. . keterangan Tidak ada gas Membesar.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful