Islam sebagai Agama Rahmatan Lil’alamin

a. Pengertian Pengertian Islam dalam pengertian Arab disebut Dinul Islam. Kata Islam berasal dari kata kerja Aslama yang artinya menyerah, tunduk, atau patuh. Dari asal kata aslama ini didefinisikan menjadi beberapa arti yaitu salam artinya keselamatan, taslim artinya penyerahan, salam artinya memelihara, sullami artinya titian dan silm artinya perdamaian. Dinul Islam mengandung pengertian peraturan yang diwahyukan oleh Allah Swt kepada para rasul untuk ditaati dalam rangka menciptakan keselamatan, kesejahteraan dan perdamaian bagi umat manusia. Agama Islam yang dibawa oleh Nabi Muhammad Saw diperuntukkan bagi seluruh umat manusia pada umumnya dan melintas batas ruang dan waktu. Oleh sebab itu, Islam dikenal sebagai agama yang bersifat universal. Bahwa Islam ditujukan untuk semua ras manusia, tanpa terkecuali, tersurat dengan jelas dalam firman Allah berikut ini, “Dan kami tidak mengutus kamu (Muhammad) melainkan untuk rahmat bagi semesta alam” (QS al-Anbiya’ [21]: 107). Para ulama memberikan pengertian terhadap keuniversalan (rahmatan lil alamin) Islam melalui perspektif definisi Islam yang meliputi : • Pertama, Islam berarti tunduk dan menyerah kepada Allah Swt • serta mentaati-Nya yang lahir dari kesadaran. Ketundukan dengan penuh kesadaran adalah hakikat Islam. Kedua, Islam adalah kumpulan peraturan yang diturunkan Allah Swt kepada Nabi Muhammad Saw yang di dalamnya terkandung peraturan-peraturan tentang akidah, akhlak, mu’amalat, dan segala berita yang disebut di dalam al-Qur’an dan as-Sunnah adalah perintah agar disampaikan kepada manusia. 1

Sedangkan mu’amalah ialah usaha atau pola daya hubungan anatara manusia yang satu dengan manusia yang lain sekaligus dengan lingkungan sekitar (alam). karena sesama manusia bukan hanya berasal dari satu bapak satu ibu (Adam dan Hawa) tetapi karena satu sama lain saling membutuhkan. yaitu ibadah dan mu’amalah yang bersumber dari alQur’an dan sunnah Rasulullah. Makna Ukhuwah Islamiyah 2 . Itulah hakikat Islam sebagai agama rahmatan lil’alamin. Setiap orang mempunyai hak yang sama dalam kehidupan masyarakat. Islam menentang setiap bentuk diskriminasi. ekonomi dan kebudayaan. Bahkan Nabi Muhammad bersabda “Tidak beriman seorang kamu sehingga kamu mencintai saudaramu sebagaimana mencintai dirimu sendiri”. kecuali yang paling baik (bertakwa) dalam menunaikan fungsinya sebagai pemimpin (khalifah) dimuka bumi sekaligus sebagai hamba Allah Swt. Ibadah ialah seperangkat aktifitas dengan ketentuan-ketentuan syariat yang mengatur pola hubungan diantara manusia dengan Tuhannya. ada dua bentuk hubungan. maupun karena wana kulit. maka setiap orang mempunyai hak dan kewajiban yang sama. Persaudaraan manusia semakin dikembangkan. Islam tidak memberi hak-hak istimewa bagi seseorang atau golongan lainnya. Dari sinilah konsep ajaran Islam dapat diketahui dan dipelajari. Atas prinsip persamaan itu. sosial. dan masyarakat mempunyai kewajiban bersama atas kesejahteraan tiap-tiap anggotanya. Semua manusia diciptakan dari satu asal yang sama. kebangsaan. Pada akhirnya terciptalah kehidupan yang tenteram dan sejahtera. Konsep Ajaran Islam sebagai Agama Rahmatan Lil’alamin Sebagaimana kita ketahui dalam syariat Islam. Tidak ada kelebihan yang satu dari yang lainnya. saling menghargai dan saling menghormati.b. baik diskriminasi secara keturunan. maupun dalam bidang politik. kekayaan dan lain sebagainya. baik dalam bidang kerohanian. Hubungan antar sesama manusia disebut hablum minannas. kesukuan.

Tahapan Implementasi Ukhuwah dalam Islam A. Ukhuwah harus benar-benar murni karena Allah Swt 2. Ta’aruf Kata ta’aruf berarti saling mengenal sesama manusia. sahabat. Ukhuwah harus konsisten dengan ajaran Islam yang selalu merujuk pada Al Qur’an dan Sunnah serta jauh dari khurafat dan bid’ah 4. persahabatan. sesungguhnya kami menciptakan kalian dari laki-laki dan perempun dan Kami jadikan kalian berbangsa-bangsa dan bersuku-suku agar kalian saling mengenal. 3. Dalam Al – Qura’an Allah swt berfirman : “Hai sekalian manusia. 3. Kata “ukhuwah” sebagai kata jadian dan mempunyai pengertian persaudaraan. Sesungguhnya yang paling mulia diantara kalian di sisi Allah adalah yang paling taqwa diantara kalian. Ukhuwah harus didasarkan pada saling memberi nasehat di jalan Allah 5.1. hal ini bisa dilakukan dengan memilih sahabat seiman dan memilih teman yang memiliki kualitas taqwa serta serta keshalihan di samping juga memiliki akhlak yang baik. teman. Syarat – syarat ukhuwah Syarat – syarat ukhuwah itu antara lain : 1. 2. Pengertian Ukhuwah Ukhuwah” berasal dari kata dasar “akhu” yang berarti saudara. dan dapat pula berarti pergaulan.” (Al-Hujurat(49): 13) B. Ta’aluf 3 . Sesungguhnya Allah maha mengetahui lagi Maha Mengenal. Ukuwah dibangun atas dasar saling membantu dan menyokong satu sama lain baik dalam suka maupun duka. Ukhuwah harus disertai dengan iman dan taqwa.

Kata ulfah serupa dengan kata ilf memiliki makna kecintaan kepada Allah Swt. Ri’ayah dan Tafaqud Ikrar menolong agama Allah dan 4 . Berpegang kepada tali Allah yaitu Al-Qur’an c. Berupaya menghilangkan sebab-sebab kedengkian D. yang diawali dengan kesepahaman dalam prinsip-prinsip pokok ajaran Islam. Tafahum Hendaklah terjalin sifat Tafahum (saling memahami) antara seorang muslim dengan saudaranya sesam muslim. b. Adapun prinsip yang harus dipahami oleh setiap muslim adalah sebagai berikut : a. Tolong-menolong dalam menaati Allah dan Rasulullah d. kepada orang-orang beriman yang hati mereka dipersatukan oleh Allah Swt. Allah berfirman: “ingatlah akan nikmat Allah kepadamu ketika kamu dahulu (masa Jahiliyah) bermusuh-musuhan. I’talafu an-nasu artinya orang-orang yang bersatu dan bersepakat. lalu dalam masalah-masalah cabang yang perlu di pahami secara bersama. orang-orang yang bersaudara (Ali Imran (49): 13) C.Ta’aluf berarti bersatunya seorang muslim dengan muslim lainnya. maka Allah mempersatukan hatimu. Berpegang teguh hanya kepada aturan Allah. Mengadakan kebenaran e. Ta’aluf berasal dari kata ilf yang artinya persatuan. lalu menjadilah kamu karena nikmat Allah. bersatunya seseorang dengan orang lain.

Menolongnya jalan dakwah. c. Ta’awun Ta’awun berarti saling membantu. Tanashur Masih sejenis dengan ta’awun tetapi ruang lingkupnya lebih lua. Menolong saat menzhalimi yakini dengan cara perbuatan zhalim. tidak membiarkannya tatkala ia meraih mencegah kemaslahatan seorang yang tidak dan membahayakan orang lain. Tanashur dua orang yang berukhuwah dalam Islam antara lain maknanya adalah : a. jalan hidayah dan meminta.Pengertian ia bisa ri’ayah dan tafaqud adalah hendaknya sebelum seseorang muslim meperhatikan keadaan saudaranya agar bersegera memberikan karena pertolongan saudaranya E. Allah Swt melarang orang-orang beriman untuk bantu membantu dalam kebatilan dan berbuat dosa. Hendaklah saudaranya menolongnya dari setan yang membisikkan kejahatan kepadanya dan dari pikiran-pikiran buruk yang terlintas pada dirinya untuk menunda pelaksanaan orang amal yang kebaikan. sedangkan menghadapi setiap menghalanginya dari jalan kebenaran. F. Seseorang tidak menjerumuskan saudaranya kepada sesuatu yang buruk atau dibenci. Menolongnya mencegahnya baik dari saat menzhalimi maupun saat dizhalimi. b. d. pertolongan merupakan salah satu hak saudaranya yang harus ia tunaikan. lebih menggambarkan cinta dan loyalitas. Allah Swt telah memerintahkan hamba-hambanya yang beriman untuk bantu-membantu mandub (sunnah) dalam melaksanakan taqwa kebaikan dan disebut dengan kata al-birr meliputi hal-hal yang wajib dan sedangkan berarti menjaga kewajiban. 5 .

teman." Dari dalil naqli di atas. sehingga jika dipadukan antara kata “ukhuwah” dan “Islamiyah” akan berarti persaudaraan islam atau pergaulan secara / menurut islam." (Al Hujurat:10) Juga di dalam sebuah hadits dari Ibnu Umar ra yang diriwayatkan Bukhari dan Muslim.menolong 4. persahabatan. Macam – macam ukhuwah Islamiyah 6 . Pengertian Ukhuwah Islamiyah Ukhuwah” berasal dari kata dasar “akhu” yang berarti saudara. Sehingga dapat dikatakan bahwa pengertian Ukhuwah Islamiyah adalah gambaran tentang hubungan antara orangorang Islam sebagai satu ikatan persaudaran. saat dizhalimi adalah berusaha menghindarkannya dari kezhaliman yang menimpanya. kita dapat menyimpulkan bahwa sesama muslim dan juga sesama mu'min adalah bersaudara. sahabat. Sedangkan “Islamiyah” berasal dari kata “Islam” yang dalam hal ini memberi / menjadi sifat dari “ukhuwah”. Ukhuwah Islamiyah a. Rasulullah saw bersabda: Artinya: "Orang muslim itu saudara bagi orang muslim lainnya. dimana antara yang satu dengan yang lainnya seakan-akan berada dalam satu ikatan Artinya: adalah kedua "Sesungguhnya karena dan itu orang-orang damaikanlah kepada mu'min antara Allah bersaudara saudaramu bertakwalah supaya kamu mendapat rahmat. b. Kata “ukhuwah” sebagai kata jadian dan mempunyai pengertian persaudaraan. di mana tentunya kesadaran terhadap hal ini akan memberikan konsekuensi berikutnya. dan dapat pula berarti pergaulan. Dia tidak menzaliminya dan tidak pula membiarkannya dizalimi.

2) Ukhuwah Insaniyah (basyariyah) dalam arti seluruh umat manusia 3) 4) adalah bersaudara. yaitu persaudaraan dalam keturunan dan kebangsaan. Contoh – contoh ukhuwah Islamiyah yaitu : • Tolong-menolong dalam kebajikan dan ketakwaan • Bersikap sopan dan lemah lembut • Menjalin hubungan sillaturrahmi • Dilarang mencela diri sendiri dan meremehkan sesama mukmin • Dilarang menggunjing kepada sesama manusia • Menolong orang fakir miskin.Di dalam Al-Qur’an banyak sekali ayat-ayat yang menyinggung masalah ukhuwah Islamiyah dan dapat kita simpulkan bahwa di dalam kitab suci ini memperkenalkan paling tidak empat macam persaudaraan: 1) Ukhuwah ‘ubudiyah atau saudara kesemahlukan dan kesetundukan kepada Allah. ibnu sabil. ‫انتم اصحابي اخوانناالدين ياتون بعدى‬ “Kalian adalah sahabat-sahabatku. Rasulullah Saw. dan anak yatim • Menghormati / mengasihi mualaf (orang yang baru masuk Islam) 7 . c. saudara-saudara kita adalah yang datang sesudah (wafat)-ku”. persaudaraan antarsesama Muslim. Ukhuwah wathaniyah wa an-nasab. bersabda. karena mereka semua berasal dari seorang ayah dan ibu. Ukhuwah fi din Al-Islam.

agar kamu semua saling kenal mengenal (bekerja sama). Prinsip kebebasan itu menghalangi pemaksaan suatu agama oleh otoritas manusia. niscaya kamu dijadikan-Nya satu umat. Dalil naqli ukhuwah insaniyah seperti yang tercantum dalam QS. sesungguhnya kami telah menciptakan kamu terdiri (dan bersumber) dari lelaki dan wanita. tetapkan manusia sebagai satu umat. padahal Allah bisa bila mau. sebagaimana Allah jelaskan dalam QS. Makna Ukhuwah Insaniyah Konsep Persaudaraan sesame manusia. dilandasi oleh ajaran bahwa sesame umat manusia adalah makhluk Allah. Itulah fitrah manusia. tetapi kamu terhadap pemberian-Nya kepadamu. Sekalipun Allah memberikan petunjuk kebenaran melalui ajaran islam. Oleh karena itu sejak awal penciptaan. dan kami jadikan kamu sekalian berbangsa-bangsa dan bersuku-suku. sebagaimana firman Allah dalam QS. karena mereka semua berasal dari seorang ayah dan ibu. Ukhuwah Insaniyah. Allah Al-Maidah hendak (5):48 menguji yang artinya : Sekiranya Allah menghendaki. Yunus 8 . bahkan Rsulpun dilarang melakukannya. Sesungguhnya yang paling mulia di antara kamu di sisi Tuhan adalah yang bertaqwa. tetapi Allah juga memberikan kebebasan kepada setiap manusia Allah untuk tidak memilih jalan hidup berdasarkan pertimbangan rasionya. Pengertian ukhuwah Insaniyah Ukhuwah Insaniyah (basyariyah) dalam arti seluruh umat manusia adalah bersaudara. Sesungguhnya Tuhan Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal” 2.Ukhuwah Insaniyah 1. Al-Hujurat:13 yang artinya : “ Wahai seluruh manusia.

10:99 yang artinya : Dan jikalau Tuhanmu menghendaki. Sikap Umat Islam terhadap Umat Non Islam Kewajiban seorang Muslim terhadap non muslim ada beberapa bentuk. sesungguhnya telah jelas jalan yang benar dari pada jalan yang salah. Maka apakah kamu (hendak) memaksa manusia supanya mereka menjadi orang-orang yang beriman semuanya? Dalam QS. Berdakwah kepada Allah swt. Contoh ukhuwah insaniyah Contoh – contoh ukhuwah insaniyah antara lain : • • • • • • Menyantuni orang Non Muslim yang lemah Memaafkan orang Non Muslim yang berbuat Bergaul dengan sesama manusia dengan baik Mengupayakan sikap perdamaian (rekonsiliasi) Kadang-kadang harus bersikap tegas terhadap Memohonkan ampunan Allah untuk mereka di kala kesalahan jika terjadi perselisihan orang yang ingkar (kafir). di antaranya: 1. mereka masih hidup 4. tentulah beriman semua orang yang di muka bumi seluruhnya. dalam QS> alKahfi (18):29 Allah berfirman: Dan katakanlah: Kebenaran itu dating dari Tuhanmu. yaitu dengan menyerunya kepada Allah dan menjelaskan hakikat Islam kepadanya semampu yang dapat ia lakukan dan berdasarkan ilmu yang ada padanya 9 . Senada dengan makna ayat tersebut. maka barang siapa yang ingin beriman hendaklah ia beriman dan barang siapa yang ingin kafir biarlah ia kafir. 3. Al-Baqarah (2): 256 Allah juga berfirman : Tidak ada paksaan untuk memasuki agama (Islam).

Tidak ada penghalang baginya untuk bertransaksi jual beli. harta atau pun kehormatannya bila ia seorang Dzimmi (non muslim yang tinggal di negeri kaum muslimin dan tunduk kepada hukum Islam serta wajib membayar jizya).2. 3. Tidak berbuat zhalim terhadap jiwa. sewa dan sebagainya dengannya 4. atau Musta’man (non muslim yang mendapatkan jaminan keamanan) atau pun Mu’ahid (non muslim yang mempunyai perjanjian damai). Tidak memulai salam dengannya tetapi tetap membalasnya 10 .

Nabi Muhammad SAW membuat Piagam Madinah. berbeda. Bahkan dalam hadis sahih riwayat Bukhari disebutkan bahwa ketika Asma' puteri Abu Bakar menolak pemberian hadiah dari ibunya (mantan isteri Abu Bakar) karena masih musyrik. Pluralitas agama seperti ini merupakan suatu keniscayaan yang diterima bahkan dipraktekkan oleh Nabi Muhammad SAW di Madinah. maka Allah menurunkan ayat 8 surat alMumtahanah (S. Dan bahkan masyarakat yang homegen pun. Dalam rangka membangun dan memelihara kerukunan hidup antar umat beragama dan ketertiban dalam bermasyakat dan bernegara. Nasrani. maka semua penganut agama berkewajiban membela Madinah dan melawan musuh secara bersama-sama. pluaralitas agama seperti ini harus dipelihara dan dibina dalam rangka menjaga kebersamaan dan kedamaian dalam kehidupan sosial dan kemanusiaan. Dengan demikian. Pengertian Pluralitas Agama Pluralitas agama ialah realitas sosial yang terjadi di tengahtengah masyarakat berupa keragaman agama yang hidup berdampingan dengan agama-agama yang lain. dan tidak sama dengan dirinya. dan berbagai keyakinan lainnya. Piagam Madinah ini terdiri atas 37 pasal. Konsep Kebersamaan dalam Pluralitas Konsep kebersamaan dalam pluralitas agama adalah setiap manusia yang hidup bersama di masyarakat akan menyadari lingkungan yang serba plural. diantaranya memuat perjanjian bahwa apabila kota Madinah diserang musuh.60) "Allah tidak melarang kamu berbuat baik dan berlaku adil terhadap orang-orang yang tidak memerangimu karena agama dan tidak (pula) mengusir kamu dari negerimu". perbedaan 11 . b. Komunitas Madinah terdiri dari muslim. Yahudi.Kebersamaan dalam Pluralitas Agama a.

Sedang kesatuan dan dukungan ini tidak akan lahir tanpa adanya rasa saling bersaudara dan mencintai. ataupun lemahnya kekuatan kaum muslimin dewasa ini. Dari sini mungkin kita mulai dapat menarik kesimpulan penyebab aksi-aksi separatisme di tanah air. 12 .antar individu pasti ada. Namun persaudaraan inipun perlu didahului oleh suatu faktor pemersatu. Kesimpulan Dari sini kita dapat mengambil pelajaran bahwa sebuah komunitas (bisa berbentuk negara) hanya akan eksis dengan adanya kesatuan dan dukungan elemen-elemennya. Dua komunitas dengan rasa kesatuan yang nyaris hilang. karena perbedaan manusia adalah kehendak Tuhan. berupa ideologi atau aqidah.

com/magazine/read/ukhuwahislamiyah_41.com/2010/10/kerukunan-antar-umatberagama.blogspot.blogspot.html 13 .com/2008/08/ukh uwah-islamiyah.Daftar Pustaka http://tafany.html http://faris106.wordpress.html http://eddysyahrizalkumpulanmakalahku.socialgo.com/2009/12/24/kerukunan-beragama/ http://aadesanjaya.

................ Islam sebagai Agama Rahmatan Lil’alamin Pengertian ................................... ...... 1 / D-IV JALAN TOL NOVEMBER 2010 DAFTAR ISI Kata Pengantar ............................................. 2 Makna Ukhuwah Islamiyah 14 ................................................... ii a........................ .............. ........................................... 1 Konsep Ajaran Islam sebagai Agama Rahmatan Lil’alamin .................. i Daftar Isi ....Disusun Oleh : FITRIA APRILIYANI HARYO BASKARA N................. INE APRILIYANI KEMAL IFSANTIN F.............. b............................

................. Syarat-syarat Ukhuwah ................... 5 4.. Contoh Ukhuwah Insaniyah ...........10 c.........................................14 4............. ..... ....................................12 2........14 Kebersamaan dalam Pluralitas Beragama 1....... Pengertian Ukhuwah .......................................................................................... Makna Ukhuwah Insaniyah ................19 15 ...............4 3......................................... Sikap Umat Islam terhadap Umat Non Islam .................. ......................................................10 Ukhuwah Insaniyah 1.........................................................17 Kesimpulan ............. Pengertian ................ Tahapan Implementasi Ukhuwah dalam Islam .......12 3.............................18 Daftar Pustaka ................................................ Konsep Kebersamaan dalam Pluralitas .................................................................. . 8 b...1.......... Macam-macam Ukhuwah Islamiyah ........16 2................................................... Ukhuwah Islamiyah a......... 4 2...................................................... Contoh-contoh Ukhuwah Islamiyah ....... .................................................. Pengertian Ukhuwah Insaniyah .................... Pengertian Ukhuwah Islamiyah ...........

berkat rahmatNyalah kami dapat menyelesaikan tugas ini tepat pada waktunya.KATA PENGANTAR Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah swt. karena telah memberikan waktu kepada kami serta mendukung kerja kami dalam menyelesaikan makalah ini. November 2010 Penulis 16 . Tidak lupa kami mengucapkan terima kasih kepada teman-teman yang sudah mendukung serta membantu kami dalam penulisan makalah ini. Pertama-tama kami mengucapkan terima kasih kepada Orang tua kami. Makalah ini disusun untuk memenuhi nilai mata kuliah Agama Islam. Kami berharap semoga makalah ini bermanfaat bagi kita semua. Jakarta. Semoga makalah yang telah kami susun dengan penuh keyakinan ini dapat bermanfaat. Kami mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah membantu kami sehingga kami dapat menyelesaikan tugas ini.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful