Cuci Cetak Untuk mencuci dan mencetak film/kertas foto, ada beberapa hal yang harus disediakan

, yaitu: 1.Dark room / kamar gelap (ruang kedap cahaya) 2.Lampu pengaman/safelight (merah/hijau) 3.Enlarger yaitu alat pencetak/pembesar foto 4.Timeratau pengatur waktu 5.Bahan kimia/obat foto: Larutan Pengembang (Developer), Penyetop (Stop Bath) dan penetap (Fixer) 6.Nampan plastik 4 buah untuk penampung larutan saat proses cuci 7.Pinset untuk menjepit kertas foto. Bisa juga memakai tangan, tapi sangat tidak dianjurkan

Proses cuci film/kertas foto: - Bahan kimia/obat foto yang digunakan: Developer (Minigrain, Micro MF, Borax,dll), Stop Bath (larutan asam cuka 28, yaitu cuka dapur ditambah air dengan perbandingan 1:8), Fixer (Fuji Fix, Acifix, dll). Atau langsung membeli paket obat tersebut di lab. foto - Siapkan kertas foto/film Tahap pencucian: - Siapkan Developer, Stop Bath dan Fixer pada nampan yang berbeda - Masukkan kertas foto ke larutan developer. Goyang-goyangkan kertas foto dengan menggunakan pinset selama beberapa menit, hingga imaji terlihat - Ambil kertas foto tersebut, keringkan, lalu pindahkan ke larutan Stop Bath - Goyang-goyangkan kembali kertas foto tersebut (dalam larutan). - Ambil kembali kertas foto,cuci dengan air, kemudian masukkan ke larutan Fixer agar imaji yang tercetak bisa menetap. - Bilas kertas foto tersebut (negatif) dengan air hingga bersih - Keringkan kertas foto Proses cetak: - Siapkan kertas foto yang telah dicuci dan kertas foto yang belum tercahayai (akan dicetak) - Siapkan Developer, Stop Bath dan Fixer pada baki yang berbeda - Siapkan kaca bening ukuran 20x20 Tahapan cetak: - Ambil kertas foto yang telah tercahayai (negatif) dan kertas foto kosong. - Ambil kaca bening, letakkan kedua kertas foto pada sisi yang berhadapan. - Hadapkan sisi negatif yang telah tercahayai dengan emulsi pada kertas foto kosong - Letakkan pada enlarger, lalu sinari negatif dengan enlarger selama beberapa detik (lakukan tes print agar didapat hasil yang sesuai dengan yang diinginkan). - Masukkan kertas foto kosong ke larutan developer. Goyang-goyangkan kertas foto dengan menggunakan pinset selama beberapa menit, hingga imaji terlihat - Ambil kertas foto tersebut dengan menggunakan pinset, keringkan, lalu pindahkan ke larutan Stop Bath. Goyang-goyangkan kembali kertas foto tersebut. - Ambil kembali kertas foto, kemudian masukkan ke larutan Fixer agar imaji yang tercetak bisa menetap.

tu seingetku aja Tambahan bwt proses cuci negatif dan cetak: Tambahan bwt proses cuci negatif dan cetak: . Cetak dengan printer rumahan tidak terlalu berpengaruh jika anda menggunakan RGB atau CMYK. dan penjepit satunya hanya dipakai di fixer.Bilas kertas foto tersebut (positif) dengan air hingga bersih . Selanjutnya: . . .Gunakan dua penjepit.Jika hasil foto yang di-develop sudah dimasukkan ke dalam stop bath(ingat! Stop bath.Cetak! . yang satunya digunakan untuk mengambil foto dari stop bath ke fixer. Di jaman digital sekarang. yang satu untuk dipakai di developer dan stop bath.Pokoknya jangan sampai setetespun cairan fixer tanpa sengaja langsung tercampur ke dalam developer.Scan negatif yang telah kering dengan scanner anda atau scanner siapa saja (color mode sebaiknya RGB color saja dulu. bukan fixer) dirasa belum mantap.Invert hasil scan dengan program pengolah gambar yang ada di komputer.Setelah dimasukkan ke developer. proses kamar gelap dapat dipangkas sampai proses cuci saja. tapi jangan sampai penjepit yang dipakai di developer tercelup ke dalam fixer.Ubah color mode ke CMYK jika ingin di-print dengan printer laser(printer laser semacam Canon Image Runner atau printer laser lain yang sebesar mesin fotokopi).Keringkan negatif . atau yang lebih baik gunakan satu penjepit untuk dipakai di developer dan stop bath dan untuk menjatuhkan foto dari stop bath ke fixer. baru dimasukkan ke stop bath. sebenarnya bisa langsung dimasukkan ke dalam fixer.Atur levels hingga memperoleh tone yang diinginkan . ... setelah dirasa mantap. .. ..Keringkan kertas foto Yang mo tambahin silahkannn. dapat dikembalikan ke developer lagi agar proses yang terhenti berlanjut. jangan grayscale) :P . lalu fixer. atau tetap RGB jika ingin dicetak di lab foto.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful