RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP

)

Satuan Pendidikan Kelas / Semester Tema Alokasi Waktu Pertemuan ke-

: SDN TANJUNGSARI 97 Surabaya : I / I ( satu ) : Diri Sendiri : 3 x 35 Menit : 3 (tiga)

I.

Standar Kompotensi : a) Matematika : 1. Melakukan penjumlahan dan pengurangan sampai 20 b) IPA : 1. Mengenal anggota tubuh dan kegunaannya, serta cara perawatannya

II. Kompotensi Dasar : a) Matematika : 1.1 Membilang banyak benda b) IPA : 1.1 Mengenal bagian-bagian Tubuh dan kegunaannya serta perawatannya

III. 1.

Indikator : Kognitif

Matematika Menyebutkan banyak benda yang ada di sekitar kelas IPA menyebutkan nama bagian-bagian tubuh pada bagian kepala 2. Afektif

Matematika a) Menunjukkan kerapian dalam menulis lambang bilangan b) Membantu teman kelompok dalam bermain kartu buah c) Melatih siswa berhitung sambil bermain kartu buah

Tujuan Pembelajaran 1) Kognitif a) Melalui pengamatan siswa kelas 1a dapat menhitung secara urut bendabenda yang ada disekitar kelas dengan benar. siswa kelas 1a dapat menyebutkan jumlah bagian-bagian tubuh dengan benar. Psikomotor Matematika a) Menulis lambang bilangan b) Membaca lambang-lambang bilangan 1-20 c) Menempel kartu buah sesuai dengan bilangan yang ditentukan d) Mengumpulkan kartu-kartu buah melalui permainan d) Melaporkan hasil permainan kartu buah e) Membuktikan hasil permainan kartu buah yang ditulis dengan jumlah IPA Menunjukkan bagian-bagian tubuh pada bagian kepala IV. (IPA) 3) Psikomotor a) Dengan disediakan buku kotak-kotak siswa dapat menulis lambang bilangan sesuai dengan bentuk dan ukuran yang sebenarnya(Matematika) . siswa kelas 1 dapat berlatih menghitung dengan menggunakan bermain kartu buah dengan benar.(Matematika) c) Dengan disediakan gambar bagian-bagian tubuh bagian kepala.(Matematika) b) Melalui pengamatan langsung siswa kelas 1a dapat menyebutkan banyaknya benda yang ada di sekitar kelas. siswa dapat mengklasifikasikan bagian-bagian kepala manusia.IPA Mengklasifikasikan bagian-bagian kepala manusia 3. siswa kelas 1 dapat menempelkan kartu buah sesuai dengan bilangan yang ditentukan.(Matematika) b) Dengan menyediakan buku kotak-kotak. siswa dapat menunjukkan kerapian dalam menulis lambang bilangan dengan benar. c) Melalui media kartu buah.(IPA) 2) Afektif a) Dengan disediakan kartu buah. (Matematika) d) Dengan disediakan gambar bagian-bagian kepala manusia.

Langakah-langkah Pembelajaran 1. (Matematika) f) Dengan mengamati langsung terhadap temannya. (Matematika) e) Dengan bermainan kartu buah. Matematika 2. Permainan. Tanya jawab dengan siswa sesuai dengan lagu yang telah dinyanyikan 5. (IPA) V. Mengajak siswa menyanyikan lagu “ Dua Mata Saya “ 4. Kegiatan Inti (80 menit) 1. Mengajak siswa menghitung kursi dan meja yang ada di dalam kelas secar berurut dan menyebutkan jumlah kursi yang ada di dalam kelas. Metode 3.ada berapa buku dan pensil yang kalian bawa hari ini? Siapa yang punya kakak?ada berapakah kakak kalian? 3. Kegiatan Awal (10 menit) 1. siswa kelas 1 dapat melaporkan hasil permainan kartu buah dengan kalimat yang sederhana. Model. 3. (Matematika) c) Dengan disediakan kartu buah. Pedekatan : Kooperatif tipe STAD : Tanya Jawab. Metode dan Pendekatan Pembelajaran 1.b) Melalui permainan kartu buah. Materi Ajar 1. Ceramah. siswa dapat menunjukkan jumlah bagian-bagian tubuh manusia pada bagian kepala. Memberikan salam. Menyampaikan tujuan pembelajaran. mengecek kehadiran siswa 2. Demonstrasi. siswa kelas 1 dapat membantu teman sekelompoknya dalam menghitung jumlah kartu buah dengan benar. (Matematika) d) Melalui permainan kartu buah. IPA :Bilangan cacah 0 sampai dengan 20 :Bagian-bagian Tubuh Kita VI. Guru menjelaskan materi bagian tubuh secar umum . Apersepsi : meminta siswa untuk berdiri sambil melihat disekitarnya. Model 2. siswa kelas 1 dapat menjawab hasil permainan kartu buah dengan tepat. siswa kelas 1 dapat membuktikan hasil permainan kartu buah yang ditulis dengan jumlah kartu buah yang ada di dalam kotak masing-masing kelompok. 2.diskusi : Tematik dan Terpadu VII. Mengajak siswa berdiri 2.

Jakarta: Yudhistira . tepuk bahu dan jempol. Alat dan Sumber belajar         Diri Siswa Kartu buah dan lambang bilangannya Gambar anggota tbuh bagian kepala Buku kotak-kotak LKS dan Kunci jawaban Lembar Penilaian dan Kunci jawaban Hidayat. Guru meminta siswa menutup mata. 16. 2006. Guru membagikan setiap kelompok belajar LKS berupa gambar bagian tubuh dan meminta siswa untuk menentukan nama bagian tubuh dan banyaknya serta kegunaannya. 9. Guru memberikan lembar penilaian 3. Siswa diajak berhadapan dengan temannya dan menunjukan bagian tubuh bagian secara bergantian. Kegiatan Akhir (15 menit) 1. 10. Taufik. Alat dan Sumber Belajar 1. Jakarta: Visindo Media Persada Kamala. 17. 13. 2004. Siswa diminta membilang kartu buah yang tertulis lambang bilangannya.6. Guru dan siswa menyimpulkan materi ajar yaitu mengenal bilangan 1-10 dan bagian-bagian tubuh manusia 2. 18. Membentuk siswa dalam kelompok belajar yang heterogen dan terdiri dari 4-5 orang. Guru membimbing setiap kelompok belajar dalam mengerjakan LKS 1. Guru memita kelompok belajar terpilih untuk mempresentasi hasil kerja kelompoknya dan siswa dari kelompok lain memberikan tanggapan 20. Siswa dapat menulis lambang bilangan pada kotak yang disediakan 14. Guru memberikan penghargaan berupa pujian : applause. Guru memberikan pekerjaan rumah kepada siswa yaitu berupa kegunaan dari bagian-bagian tubuh. Rosa. Siswa diminta mengamati kartu buah yang sudah tertulis lambang bilangannya 12. Siswa dapat menghitung jumlah anggota tubuh dengan disediakan gambar bagian-bagian kepala 8. Guru memajangkan media gambar bagian kepala 7. Tanya jawab bagian-bagian kepala serta kegunaannya 11. VIII. Siswa diajak bermain kartu buah bersama teman-temannya 15. Titian Mahir Matematika.hidung dan telinga secara bergantian lalu menanyakan apa yang terjadi jika mata hidung dan telinga ditutup. Tanya jawab tentang materi pembelajaran yaitu bagian-bagian tubuh dan bilangan 1-10 19. 21. Jelajah IPA.

Hasil   Hasil karya siswa berupa LKS menentukan banyak dan kegunaaan gambar bagian-bagian tubuh manusia.IX. Radimin. Penilaian 1. Proses  Lembar penilaian proses yang menunjukkan aspek-aspek yang diamati guru selama proses pembelajaran 2. Pd . Tes tertulis berupa instrumen soal Mengetahui. S. MM NIP 19560703 198201 1 006 Susilowati. Kepala SDN TANJUNGSARI 97 Guru Kelas Drs.

Jakarta : Depdiknas Hidayat. Jelajah IPA. Jakarta BSNP. Matematika 1. 2006. 2006. Jakarta : Depdikbud Trianto. Jakarta: Kencana. Aris. 2007. Jakarta: Kencana. 2004. Mendesain Model pembelajaran Inovatif Progresif. 2006. Jakarata Djaelani. Jakarta: Visindo Media Persada Kamala.Daftar Pustaka BSNP. 2008. Haryono. Model Pembelajran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Titian Mahir Matematika. Trianto. 2009. Standar Isi 2006 Mata Pelajaran IPA. Jakarta: Yudhistira Rositawaty. . 2008. Muharam.S. Taufik. Senang Belajar Ilmu Pengetahuan Alam. Standar Isi 2006 Mata Pelajaran Matematika. Jakarta BSNP. Model Silabus Tematik Kelas 1. 2008. Rosa.

Jakarta: Yudhistira Rositawaty.S. Senang Belajar Ilmu Pengetahuan Alam. Rosa. Aris. siswa kelas 1a dapat menyebutkan jumlah bagian-bagian tubuh dengan benar. banyaknya dan kegunaannya sesuai dengan gambar yang kamu amati ! No 1 gambar nama banyaknya kegunaannya 2 3 4 Daftar Pustaka Kamala. Jakarta : Depdikbud .(Menentukan banyak dan kegunaan bagian-bagian tubuh manusia) Tujuan : Dengan disediakan gambar bagian-bagian tubuh bagian kepala. Muharam. Jelajah IPA. 2008. Lenkapila tabel di bawah ini ! Isilah nama. 2006.

S. Muharam. Jakarta : Depdikbud . 2008. Aris.Hitunglah banyaknya jarimu mulai dari dua sesuai gambar di bawah ini dan isilah pada kolom banyaknya Gambar Banyaknya Gambar Banyaknya Daftar Pustaka Rositawaty. Senang Belajar Ilmu Pengetahuan Alam.

Lenkapila tabel di bawah ini ! Isilah nama. banyaknya dan kegunaannya sesuai dengan gambar yang kamu amati ! No 1 gambar nama banyaknya kegunaannya mata 2 melihat 2 hidung 1 mencium bau 3 mulut 1 makan. berbicara 4 telinga 2 mendengar .

Hitunglah banyaknya jarimu mulai dari dua sesuai gambar di bawah ini dan isilah pada kolom banyaknya Gambar Banyaknya Gambar Banyaknya 1 6 2 7 3 8 4 9 5 10 .

Skenario Media Pembelajaran Gambar media pembelajaran IPA\ Alat dan Bahan      Kertas Duplek 1 buah Klip (penggantung) 1 buah Plat bingkai 4 buah Gunting 1 buah Lem 1 buah .