P. 1
Aqua

Aqua

|Views: 271|Likes:
Published by Agunk Arii Bawartaa
haram
haram

More info:

Published by: Agunk Arii Bawartaa on Dec 15, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/23/2013

pdf

text

original

TUGAS PERILAKU KONSUMEN

´ IKLAN 1 BOTOL AQUA UNTUK 10 LITER AIR BERSIH ´

Di Susun Oleh : I Gusti Agung Ayu Listyawati

UNIVERSITAS MAHASARASWATI DENPASAR FAKULTAS EKONOMI PROGRAM STUDI S1 MANAJEMEN 2010
1

1. Pilihlah salah satu iklan yang ada di televisi, kemudian deskripsikan iklan tesebut.

³ 1 B T L AQUA UNTUK 10 L TE AIR BERSIH´

AQUA adalah sebuah merek air minum dalam kemasan yang diproduksi oleh PT. Danone Indonesia sejak tahun 1973. AQUA merupakan salah satu merek air minum dalam kemasan yang paling terkenal di Indonesia, sehingga telah menjadi merek generik untuk air minum dalam kemasan. Namun akhir ± akhir ini bisnis air minum dalam kemasan makin menjamur di pasaran, sudah lebih dari 50 jenis air minum dalam kemasan yang menjadi saingan PT. Danone Indonesia. Oleh karena itu, PT. Danone Indonesia tidak hanya menjualkualitas, namun juga menjual kreatifitas.

Salah satu upaya kreatifitas PT. Danone Indonesia untuk mempertahankan penjualan produknya dipasaran dan menghadapi persaingan dari perusahaan lain di Indonesia adalah PT. Danone Indonesia melakukan terobosan konsumen membeli 1 botol AQUA Untuk menyumbang 10 Liter Air bersih.

PT. Danone Indonesia berusaha untuk menghadirkan nuansa kebaikan alam terbaik di tengah masyarakat dengan mempersembahkan ³1 AQUA Untuk 10 Liter Air bersih´ yang bertujuan mengajak masyarakat untuk membantu mensejahterakan kehidupansaudara ± saudara kita yang tinggal di daerah kekurangan air bersih, dengan membeli produkAQUA sama saja dengan menyumbang dana pembangunan sumber air bersih di daerah kekurangan air bersih. Mengingat Air berperan sangat penting dalam setiap aktifitas kehidupan manusia.

2

Seperti pada iklan yang berjudul ³1 AQUA Untuk 10 Liter Air bersih´. Dijelaskan PT. Danone Indonesia telah menolong pembuatan sumber air bersih di beberapadaerah, salah satunya di daerah Nusa Tenggara Timur. Dalam iklan tersebut menceritakan masyarakat sangat berterima kasih kepada PT. Danone Indonesia dan parapembeli aqua yang telah menyumbang dalam pembangunan sumber air bersih.

Iklan ini diawali dengan beberapa anak ± anak perkotaan yang sedang minum air AQUA botol, anak ± anak ini melambangkan konsumen yang telah membeli produk air minum kemasan AQUA kemudian dilanjutkan dengan kedaerah pedesaan, dimulai dengan menyalakan keran air yang melambangkan air bersih sudah dapat masuk kedaerah tersebut. Digambarkan dalam iklan tersebut, masyarakat yang sedang melakukan aktifitas sehari-hari. Mereka sangat membutuhkan air bersih. Mereka sangat tertolong dan sangat bahagia karena program dari PT. Danone Indonesia ini, seperti pengakuan seorang anak SD yang sangat merasakan manfaat dari program ini: ³ Sekarang sumber air sudekat.´ ³Beta sonde pernah terlambat lagi´ ³Lebih mudah bantu mamak ambil air untuk masak mandi adik ´ ³Karna mudah ambil air, katong bisa hidup sehat´ ³Bapak ikut bantu jeung rani bapak desa´ Masyarakat pun tidak menyia-nyiakan sumber air tersebut, dan akan menjaga agar sumber air tersebut agar tidak rusak, seperti yang dikatakan seorang bapak-bapak dalam iklan tersebut yang berkomentar : ³Bila seandainya air macet´ ³Kita mencekkan setiap hari´ Dan yang terakhir berkomentar adalah Kepala Desa : ³Merawat air, pompa´ ³Kita bentuk panitia 10 orang´

3

Dari iklan tersebut dapat diambil kesimpulan, PT. Danone Indonesia telah menyalurkan dana program 1 Aqua Untuk 10 Liter Air bersih ke daerah yang membutuhkan dan mengajak lagi masyarakat untuk membeli produk air minum dalam kemasan AQUA, agar PT. Danone Indonesia dapat menolong lebih banyak lagi saudara± saudara kita yang kekurangan sumber air bersih. Dengan terobosan ini tentun diharapkan penjualan produk ya air minum dalam kemasan AQUA terus meningkat karena masyarakat pasti akan berpikir untuk membeli AQUA dibandingkan dengan merk lainnya, karena dapat memenuhi kebutuhan, juga sekalian untuk beramal menolong saudara ± saudara kita yang kekurangan sumber air bersih. Sehingga produk air minum dalam kemasan AQUA tidak kalah saing dengan air minum dalam kemasan lainnya yang makin banyak saja dipasaran.

2. Analisis iklan tersebut dengan faktor keluarga, kelompok, status social, dan budaya?

a. Sebuah keluarga diartikan sebagai dua orang atau lebih yang hidup bersama karena memiliki hubungan darah atau perkawinan. Dan keluarga berfungsi sebagai sebuah lembaga untuk menghasilkan keturunan bagi sepasang suami istri. Keluarga juga memiliki beberapa fungsi yang relevan yang berkaitan dengan prilaku konsumen yaitu sebagai penyangga kesejahteraan ekonomi, tempat atau media untuk memperoleh dukungan emosi, dan media sosialisasi bagi anggotanya. Dilihat dari iklan 1 botol aqua untuk 10 liter air bersih ini terkandung unsure kekeluargaan dimana seorang anak kecil rela bangun pagipagi buta demi mencari air bersih untuk masak dan mandi adiknya yang baru lahir. Sehingga ia jadi sering terlambat untuk pergo ke sekolah, pengorbanannya pada keluarga diketahui oleh PT. Danone Indonesia sehinnga perusahaan akhirnya mengeluarkan program iklan1 botol aqua untuk 10 liter air bersih yang dipersembahkan bagi masyarakat yang kekurangan air bersih.

b. Sebuah kelompok diartikan sebagai dua orang atau lebih yang saling berinteraksi untuk mencapai tujuan. Kelompok juga bisa diartikan sebagai dua orang atau lebih yang saling berbagi norma, nilai, atau keyakinan dan memiliki hubungan, baik implicit maupun eksplisit, sehingga perilakunya saling tergantung.
4

Dili t kel

i i l

1 botol aqua untuk 10 lit

ai bersi

k yang sesuai dengan pengertian diatas yaitu beberapa anak kecil didaerah

perkotaan yang sedang minum air AQUA botol anak ± anak ini melambangkan konsumen yang telah membeli produk air minum kemasan AQUA. Dengan membeli produk air minum ini beberapa anak tersebut sudah ikut peduli dengan program iklan yang dipersembahkan oleh PT. Danone Indonesia.

c. Kelas social disebut juga sebagai posisi social atau social standing adalah posisi relati e seseorang terhadap orang lain pada satu dimensi atau lebih yang dipandang oleh masyarakat memiliki nilai atau penghargaan tinggi. Dimensi yang sering digunakan dan dipandang memiliki nilai atau penghargaan tinggi adalah pendidikan, pekerjaan, kepemilikan property, penghasilan, dan warisan atau pusaka. Dilihat dari iklan 1 botol aqua untuk 10 liter air bersi ini terkandung unsure kelas social dimana dalam promosi produknya PT. Danone Indonesia tidak membedakan siapapun konsumen yang akan membeli produknya. Dari yang kaya hingga yang tidak mampu sekalipun pasti membutuhkan air bersih.
£

d.

Budaya adalah seperangkat nilai, keyakinan, dan kebiasaan yang diperoleh atau dipelajari yang diterima oleh masyarakat tertentu secara turun menurun sebagai suatu kesatuan yang membantu mengarahkan perilaku anggotanya. Dilihat dari iklan 1 botol aqua untuk 10 liter air bersi
¤

budaya yang terjadi secara turun temurun dalam masyarakat Nusa Tenggara Timur yaitu budaya kerjasama yang saling membangun. Dalam iklan itu budaya kerjasama itu dilakukan pada saat pembangunan sarana sumber air bersih, mereka bekerjasama agar semua masyarakatnya bisa merasakan air bersih yang ak dikonsumsi setiap an harinya. Dan mereka pun secara bersama-sama menjaga agar sumber mata air bersih ini tidak mengalami hambatan dalam proses pengirimannya, sehingga harus selalu dilakukan pengecekan setiap harinya.

¢

¡

¡ 

i i t

unsure

ini terkandung unsure

5

3. Kaji pula dari sisi komunikasi apakah iklan tersebut mampu mempengaruhi Prilaku Konsumen?

Seperti yang kita ketahui komunikasi diartikan sebagai transmisi suatu pesan dari pihak pengirim kepada pihak penerima melalui suatu media tertentu. Karena komunikasi merupakan suatu alat unik yang digunakan oleh para pemasar untuk membujuk konsumen agar bertindak atau berprilaku sesuai dengan cara yang diinginkannya. Komunikasi merupakan jembatan antara pemasar dan konsumen , dan juga antara konsumen dan lingkungan social budayanya. Dari pengertian tentang komunikasi kita ketahui bahwa melalui iklan yang ditayangkan dalam televisi PT. Danone Indonesia berusaha untuk menyampaikan tujuannya melalui komunikasi dan menghadirkan nuansa kebaikan alam terbaik di tengah masyarakat dengan mempersembahkan ³1 AQUA Untuk 10 Liter Air bersih´ yang bertujuan mengajak masyarakat untuk membantu mensejahterakan kehidupan saudara ± saudara kita yang tinggal di daerah kekurangan air bersih, dengan membeli produk AQUA sama saja dengan menyumbang dana pembangunan sumber air bersih di daerah kekurangan air bersih. Mengingat Air berperan sangat penting dalam setiap akti itas kehidupan manusia. Disamping itu juga PT. Danone Indonesia berusaha mempengaruhi Prilaku Konsumen dengan mengajak lagi masyarakat untuk membeli produk air minum dalam kemasan AQUA, agar PT. Danone Indonesia dapat menolong lebih banyak lagi saudara ± saudara kita yang kekurangan sumber air bersih. Dengan terobosan ini tentunya diharapkan penjualan produk air minum dalam kemasan AQUA terus meningkat karena masyarakat pasti akan berpikir untuk membeli AQUA dibandingkan dengan merk lainnya, karena dapat memenuhi kebutuhan, juga sekalian untuk beramal menolong saudara ± saudara kita yang kekurangan sumber air bersih

4. Analisis bagaimana konsumen membuat keputusan untuk membeli produk tersebut?

PT. Aqua Golden Mississippi melakukan promosi baik dari segi periklanan maupun dari aspek-aspek lainnya seperti Corporate Social Responsibility (CSR) yang mampu membangun kredibilitas perusahaan tersebut. Periklanan yang dilakukan mencakup pada setiap media baik media cetak atau media elektronik. Strategi promosi yang ditetapkan oleh PT. Aqua Golden Mississippi tidak hanya berhasil dalam membangun kesadaran mereknya,

6

namun juga telah memperkuat Aqua sebagai industri air minum dalam kemasan yang besar di Indonesia. Menurut hasil penelitian terhadap 126 responden di kota Palembang diperoleh hasil bahwa media iklan televisi, iklan surat kabar, iklan majalah, iklan radio, iklan papan reklame dan iklan spanduk secara simultan berpengaruh signi ikan terhadap keputusan konsumen dalam membeli air minum dalam kemasan merek Aqua yang dinyatakan dalam bentuk persen yaitu 52,5 persen. Sedangkan sisanya sebesar 47,5 persen dipengaruhi oleh faktor lain. Secara parsial terlihat bahwa dari enam variabel bebas yang ada hanya ada tiga variabel bebas yang berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan konsumen dalam memebeli air minum dalam kemasan merek Aqua, yaitu media iklan televisi, iklan majalah dan iklan spanduk. Yang paling dominan berpengaruh dan signifikan adalah media iklan televisi. Dalam hal pengambilan keputusan membeli air minum dalam kemasan merek Aqua sangat banyak faktor yang mempengaruhi konsumen, baik itu selera, pendapatan, gaya hidup atau bahkan promosi yang dilakukan oleh perusahaan. Promosi merupakan suatu hal yang penting yang harus dilakukan oleh perusahaan untuk menarik perhatian, menimbulkan interest, menimbulkan minat untuk membeli dan akhirnya adanya tindakan dari konsumen.

7

8

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->