PERANAN KOPERASi

Peranan Koperasi 1. Apa peranan koperasi pada masa sekarang ? UNO (United Nations Organization) / PBB (Perserikatan Bangsa Bangsa) menyatakan koperasi memiliki peranan: 1. dapat memberantas kemiskinan, 2. dapat menanggulangi tingkat pengangguran, dan 3. dapat menciptakan integrasi social. Sedangkan menurut ICA (International Cooperatif Alliance), peranan koperasi adalah sebagai berikut. 1. Melalui koperasi, maka kelompok masyarakat golongan ekonomi lemah dapat memecahkan masalah ekonomi mereka secara demokratis. 2. Melalui koperasi, mereka dapat memecahkan masalahnya secara mandiri dan ini merupakan cara yang lebih bermartabat dan terhormat. 3. Melalui koperasi, terdapat sarat dan nilai-nilai pendidikan (mengetahui cara-cara berkoperasi dan wawasan lebih luas)

2. Program-program apa saja yang di jalankan Pemerintah untuk mengembangkan koperasi di Indonesia ? Program - Program yang direncanakan oleh pemerintah untuk koperasi: 1. Mengembangkan dan memfasilitasi peningkatan kompetensi SDM pengurus koperasi 2. Mengembangkan standar kompetensi pengurus dan pengelola koperasi berdasarkan attitude, skills, knowledge, experience, responsibilitas dan akuntabilitas. 3. Memfasilitasi sertifikasi kompetensi pengurus dan pengelola koperasi dengan mengembangkan lembaga sertifikasi kompetensi SDM pengurus dan pengelola koperasi. 4. Mengembangkan sistem magang terarah bagi siswa tamatan sekolah kejuruan dan pesantren. 5. Memfasilitasi beasiswa program D3/ S1 bagi pengelola dan kader koperasi. 6. Meningkatkan peran serta gerakan koperasi dalam melaksanakan pola pendidikan terpadu kepada anggota, calon anggota serta masyarakat di sekitarnya khususnya bagi KSP/USP. 7. Mengembangkan mekanisme layanan usaha terpadu dalam rangka menumbuhkan unit usaha baru. 8. Mengembangkan sistem belajar kewirausahaan jarak jauh seperti melalui metode-metode e-Learning. 9. Mengembangkan bengkel latihan kerja di lingkungan pondok pesantren. 10. Memfasilitasi pelaksanaan diklat bagi SDM dari 70.000 unit koperasi aktif sesuai dengan tingkat kebutuhannya.

koperasi lainnya. bersumber dari simpanan pokok anggota. 12/1967) * Simpanan Pokok * Simpanan Wajib * Simpanan Sukarela * Modal Sendiri B. 25/1992) * Modal sendiri (equity capital) . 15. 12. Meningkatkan kapasitas dan kualitas SDM Lapenkopda. Mengembangkan dan melaksanakan sistem perencanaan. . 16. Mengembangkan lembaga advokasi KUKM. dan donasi/hibah. serta mendistribusikannya kepada gerakan koperasi dan masyarakat terutama kelompok strategis. * Modal pinjaman ( debt capital). bersumber dari anggota. penerbitan obligasi dan surat hutang lainnya. 3. Jelaskan tentang permodalan koperasi ? KONSEP MODAL * Modal merupakan sejumlah dana yang akan digunakan untuk melaksanakan usaha – usaha Koperasi yaitu : * Modal jangka panjang * Modal jangka pendek * Koperasi harus mempunyai rencana pembelanjaan yang konsisten SUMBER-SUMBER MODAL KOPERASI A. Meningkatkan kualitas modul-modul dan bahan ajar kewirakoperasian dan kewirausahaan. dan lain-lain 14. pemantauan dan pengendalian pengembangan SDM koperasi di Indonesia. bank atau lembaga keuangan lainnya. simpanan wajib. 13. Pembinaan dan supervisi pada SDM Koperasi pasca diklat. fasilitasi. dana cadangan. SUMBER-SUMBER MODAL KOPERASI (UU NO. serta mendistribusikannya kepada gerakan koperasi dan masyarakat terutama kelompok strategis.11. Menyusun modul dan bahan ajar kewirakoperasian dan kewirausahaan. dan lain-lain. serta sumber lain yang sah. 17. SUMBER-SUMBER MODAL KOPERASI (UU No. Mengotimalkan kapasitas Lapenkopda dalam menyelenggarakan pendidikan kepada gerakan koperasi dan anggotanya.

Untuk koperasi di Indonesia. dengan output realisasi atau sesungguhnya (Os).Kreditur . E. laporan keuangan sekaligus dapat dijadikan sebagi salah satu alat evaluasi kemajuan koperasi.Bank . tujuan badan usaha koperasi adalah memajukan kesejahteraan anggota pada khususnya dan masyarakat umumnya. tetapi diperoleh setelah berakhirnya suatu periode atau pelaporan keuangan/pertanggung jawaban pengurus dan pengawasan yakni penerimaan SHU anggota. melainkan juga pada manfaat (Benefit Oriented).Kantor pajak Tujuan pemakai terhadap laporan keuangan koperasi adalah a. Menilai manfaat yang diberikan koperasi terhadap anggotanya d. Efisiensi Perusahaan Koperasi Efisiensi adalah Penghematan input yang diukur dengan cara membandingkan input anggaran atau seharusnya (la) dengan input realisasi atau sesungguhnya (ls).Para anggota koperasi . Tujuan perusahaan Koperasi Tujuan koperasi sebagai perusahaan atau badan usaha tidaklah semata – mata hanya pada orientasi laba (Profit Oriented). B. jika ls < la disebut (efisien) dihubungkan dengan waktu terjadinya transaksinya/diperolehnya manfaat ekonomi oleh anggota dapat dibagi dua jenis manfaat ekonomi yaitu : . . D. Menilai pertanggungan jawaban pengurus b. Menilai prestasi pengurus c. Analisis Laporan Keuangan Laporan keuangan koperasi selain merupakan bagian dari sistem laporan keuangan koperasi. Efektivitas Koperasi Efektivitas adalah pencapaian target output yang diukur dengan cara membandingkan output anggaran atau seharusnya (Oa). Dilihat dari fungsi manajemen. Produktivitas Koperasi Produktivitas adalah pencapaian taerget output (O) atas input yang digunakan (i). Menilai kondisi keuangan (Rentabilitas.Pejabat koperasi . jika (O>1) disebut produktif. C.Manfaat ekonomi tidak langsung (METL) Adalah manfaat ekonomi yang diterima oleh anggota bukan pada saat terjadinya transaksi.Calon anggota koperasi .4.Manfaat ekonomi langsung (MEL) Adalah manfaat ekonomi yang diterima oleh anggota langsung diperoleh pada saat terjadinya transaksi antara anggota dengan koperasinya. Jelaskan tentang evaluasi keberhasilan koperasi ? Dilihat dari sisi Perusahaan : A. Penggunaan utama dari laporan keuangan koperasi adalah . jika Os > Oa disebut efektif. juga merupakan bagian dari laporan pertanggung jawaban pengurus tentang tata kehidupan koperasi. Likuditas dan Solvabilitas) .

com/2010/11/peranan-koperasi. Diposkan oleh Rusandy'Harry di 20. Neraca 2.56 http://rusandyharry. Perhitungan hasil usaha (Income Statement) 3. Sebagai bahan pertimbangan untuk menentukan jumlah sumber daya dan jasa yang akan diberikan kepada koperasi. Laporan arus kas (Cash Flow) 4. Laporan keuangan koperasi pada dasarnya tidak berbeda dengan laporan keuangan yang dibuat oleh badan usaha lain.e. Laporan perubahan kekayaan bersih sebagai laporan keuangan tambahan. Catatan atau laporan keuangan 5. Secara umum laporan keuangan meliputi : 1.html .blogspot.