Cara Setting Wifi dengan Access Point Wireless Router Linksys Menggunakan Koneksi Telkom Speedy

Posted on October 5, 2010 by dewi_black Beberapa waktu lalu saya memasang speedy untuk koneksi internet di kost dikarenakan SMART sedang mengalami “gangguan”. Saya belikan Wireless Router menggunakan LinkSys WRT54G seharga 600rb (info : sekarang harganya sudah turun di Malang Jawa Timur jadi 565rb). Wireless Router LinkSys seri ini memang banyak diminati karena harganya yang murah dan cukup bisa diandalkan. Meskipun ada juga yang lebih suka dengan merek enGenius dlsb. Setelah ADSL aktif, saya coba untuk hubungkan antara modem ADSL dan Linksys, tapi rupanya koneksi internet ga bisa tersambung. Saya ubek-ubek nyari tutorial di google, tapi rupanya banyak yang hasil copas. Masih belum nemu solusinya, saya urungkan niat untuk memasang wifi. Lagian koneksi SMART juga sudah diperbaiki dan lancir banget… Lalu saya pulang ke rumah di Blitar. Saya reset setingan di linksys. Lalu saya masukkan CD programnya, saya hubungkan speedy > Modem ADSL > LinkSys > Laptop via LAN. Saya ikuti petunjuk di CD. Dan saat tes koneksi internet rupanya tidak berhasil. Lalu saya setting web base saja. Dan ternyata internetnya sudah bisa diakses secara LAN maupun Wifi… sip dah. Nah, langkah-langkah setting AP Linksys adalah sebagai berikut : Konfigurasi Software 1. Setting modem TP-LINK Colok kabel ke port LAN modem. Ketik http://192.168.1.1 pada web browser. (Kalau Anda menginstal XAMPP ataupun Appserver, silahkan dinonaktifkan terlebih dahulu) Login dengan admin, password: admin Settingan dari speedy tidak perlu di ubah, hanya saja matikan DHCP server. DNS sudah diisikan lebih dulu oleh teknisi speedy. Biasanya : 202.134.1.10 dan 202.134.0.155 Catat 2 alamat DNS tersebut. DNS ini akan digunakan pada router nantinya. 2. Settingan di router linksys Colok kabel ke salah satu dari empat port LAN. Ketik http://192.168.1.1 pada web browser

10 (Ini adalah IP Linksys yang dikenali oleh si modem) Subnet Mask: 255.134. port perantara yang terhubung ke jalur speedy) Static DNS 1: 202.168.0 Tekan apply. key akan di generate.1. kemudian continue Keterangan tambahan: Jika mengetikkan http://192. DHCP Server: Enable Starting IP Address: 192.255.1 (Ini adalah gateway dari si modem.0 Tekan apply. kemudian continue SECURITY Jika ingin menggunakan password untuk koneksi: Wireless -> Wireless Security -> Enabled Pilih WEP.255. Maximum Number of DHCP Users: 10 (isi dengan jumlah client yang di inginkan) Client Lease Time : 0 minutes (0 means one day) WINS : 0. yang dikenali oleh computer client) Subnet Mask: 255.168. pilih saja Key 1.1.168.168.0 Gateway: 192.1 (ini adalah IP Wireless-LAN dari si router Linksys.255.Default.1.134. WPA.10 hasilnya akan sama dengan 192. semisal laptop anda yang akan diberikan IP ketika terdeteksi oleh router Linksys).2.2. Pada WEP.10 (Sesuai setingan dari speedy) Static DNS 2: 202.1.0.1. dst Isi passphrase.0. kemudian continue.2.155 (Sesuai setingan dari speedy) Local IP Address: 192.255. untuk konfigurasi.168. karena kedua nya adalah alamat IP dari si router. Jika setting username belum di ubah… Username : kosongkan saja Password : admin Di menu BASIC SETUP Pilih static IP Internet IP Address: 192. Di menu WIRELESS >>>Basic Wireless Settings Network Mode: Mixed Network Name (SSID): ADAbisnis Hotspot (sesuai keinginan anda) Radio Band: auto Wide Channel: auto Standard Channel: auto Wireless SSID Broadcast: Enable Tekan apply. Kemudian gunakanlah key .100 (IP device.168.0.

secara wireless.2.1.1 Jika ada reply. kabel jaringan LAN). Tekan apply. speedy sudah bisa diakses dari jarak bermeter-meter secara nirkabel! Untuk memastikan ketik : google.tersebut pada computer client.1 Jika ada reply. 4.10 Atau Ping 192.1.168. 3. Hubungkan Semua Devicenya Konfigurasi Hardware Alur koneksi: KONEKSI SPEEDY –> MODEM TP-LINK –> Wireless Router LINKSYS –> WIRELESS DEVICE (Computer Client) Keterangan: Koneksi speedy ke modem menggunakan kabel telpon melalui splitter. Testing Dari command prompt Ping 192. berarti wireless router bisa dikonfigurasi secara wireless. kemudian continue. berarti modem bisa diconfigurasi secara wireless Ping 192.com Jika ada reply berarti anda sudah siap nyebur ke dunia maya! 5.168. Ping www. Koneksi linksys ke laptop. tidak perlu kabel.google. Koneksi sudah siap pakai. Kokeksi modem ke linksys menggunakan kabel biru standard (RJ-45. Ini digunakan untuk memproteksi internet anda dari pencolong koneksi.168.com pada web browser . Saatnya Browsing….

kayaknya stok akses poin ini habis. 2. lampu led juga udah nyala. dan beberapa klik pada menu wizardnya ternyata hasilnya wizard tidak menemukan akses poin yang udah aku pasang.:D paman Google menyarankan beberapa langkah yang di manualnya sepertinya ga ada. biar kita yakin settingannya kembali ke default. Setelah memasukkan CD bawaan akses poin. cuman kita ga bisa menemukan alamat IP dari akses poin ini. Keluar dari Ambasador jam 4 kurang dikit. Pertama kita coba untuk survey di beberapa toko komputer di Dusit Mangga Dua. Dari dua toko yang kita survey kita dapat harga 520ribuan. So berhubung hari dah semakin gelap. Langsung aq coba oprek itu akses poin. . Reset Akses Poin(AP). Selain akses poin si friend juga ngambil USB wirelles client merk DLink. Ya udah akhirnya kita coba deh saran paman Google. akhirnya kita ambil di toko terakhir dengan harga tadi (520rb). Habis upacara di kantor pagi itu (maklum lagi ulang tahun kantornya. Senin pagi setelah nyampe di kantor. Laptop/Notebook/PC kita kasih ip statis dengan alamat 192. Berikut langkah-langkahnya : 1. jadi sebagai karyawan yang baik harus ikut upacara ) dimulailah acara mengoprek Linksys WAP54G biar bisa di setting. Test koneksi pake laptop juga cukup bagus sinyalnya. Akhirnya kita tanyalah pada paman Google . Ternyata dari beberapa toko yang sempat kita datangi. Padahal kabel UTP dan adaptornya udah dicolokin. Reset dulu itu APnya dengan memencet tombol reset di bagian belakang akses poin selama 10 detik pake paper clip.* (bintang bisa diisi apa aja asal bukan 245 dan di bawah 255).168.1.Cara Setting Awal Wireless Access Point WAP54G Posted on 8 January 2007 by admin Sabtu siang kemarin aq keliling di Mall Ambasador buat nyari akses poin Linksys WAP54G. Salah satu toko (B&C) menyarankan untuk kembali lagi hari Senin. Berdasarkan survey di toko-toko di sana range harga WAP54G ini sekitar 575ribu rupiah. selanjutnya kita menuju halte busway Karet. Empat puluh lima menit kemudian kita udah nyape di M2M (Mall Mangga Dua). Kasih IP statis pada Laptop/Notebook/PC. Perburuan akses poin ini akhirnya kita putuskan untuk kita lanjutkan ke Mangga Dua.

trus sambungan ke jaringan anda. Cek koneksi ke AP. Seharusnya anda sudah bisa untuk mengakses web-based control panel akses poin ini dari jaringan anda. Setalah selesai menentukan IP dari WAP54G ini cabut kabel UTP dari Laptop/PC. authentikasinya maupun mengganti password default.*) ubah IP statisnya ke segmen yang sesuai. Selamat mencoba… . misalnya Mode. Buka browser trus ketikkan alamat diatas (192. Kalau keluar kotak dialog user password isikan “admin” (ini adalah default password AP) pada kotak password. Buka web administrator AP.1.1. kalau ada reply lanjutkan langkah berikutnya.3.168.245) di address bar. atau bisa juga pilih DHCP kalau anda tidak ingin memberikan IP Statis. sedangkan username biarkan kosong. Klik OK dan anda akan menemukan halaman setting berbasis web dari akses poin ini.1. Pada web based control panel dari akses poin ini anda bisa mengatur berbagai settingan yang disediakan oleh WAP54G.168. Sambungkan Laptop dengan AP pake kabel UTPKalau sudah sambungkan kabel UTP dari Laptop/PC ini ke akses poin secara langsung. 5.245. Cek kualitas koneksi ke AP dengan menggunakan perintah Ping ke alamat 192. 4.168. Cuman yang terakhir mungkin anda akan kesulitan untuk menemukan IP akses poin ini nantinya. Jika anda berencana menghubungkan akses poin ini di jaringan anda yang mempunyai segmen yang berbeda (misalnya selain 192.

cari cara untuk melakukan reset ke default factory setting di google. Langsung saja cari firmware terbaru untuk AP di website vendor. satu buah jenis wireless Access Point (AP) dan sebuah lagi Wireless Cable/DSL Router. tidak perlu bertanya ke konfigurator sebelumnya. dapat beberapa informasi dari forum/milis. dalam waktu kurang dari satu menit proses upgrade selesai dan firmware baru langsung terpasang.. Kedua perangkat ini sudah lama tidak difungsikan secara optimal. AP tidak memberikan IP sesuai dengan alokasi yang ditentukan. bahkan dengan upgrade firmware akan ada fungsi tambahan atau baru. kemudian klik sumbit. Firmware yang di download berbentuk file executable. dsb Beberapa konfigurasi yang dibuat tidak bekerja dengan baik. setelah dicoba akhirnya konfigurasi AP kembali ke setting awal.. Upgade Firmware Biasanya perangkat yang mempunyai firmware semacam AP akan menyediakan upgrade firmware untuk melakukan perbaikan. misalnya meski DHCP server telah diatur. masukkan file firmware update. beberapa konfigurasi dilakukan. Konfigurasi pertama dilakukan terhadap AP. yaitu langsung dilakukan melalui browser. diantaranya dengan: 1. karena tidak dapat fee dari vendor dan memungkinkan exploitasi menjadi lebih mudah oleh pengakses ilegal yang ada di area sekitar kantor he. langsung saja timbul rasa penasaran untuk melakukan konfigurasi AP. Reset ke default factory setting dilakukan sesuai rekomendasi Vendor yang ada di file README. 2006 Ada dua buah perangkat wireless. download firmware versi terakhir. . Proses upgrade dapat dilakukan secara mudah. Interface untuk mengatur setting AP dilakukan dengan memasukkan alamat IP perangkat AP melalui browser. Model dan merk perangkat wireless tidak disebutkan. he. password default telah berganti.Konfigurasi Wireless Access Point June 1.com. jalankan file tersebut akan melakukan decompress dan menghasilkan file README dan firmware update. Ternyata sudah ada beberapa release terhadap firmware lama yang ada di AP. Mengatur akses berdasarkan MAC Address device pengakses 4. Mengatur supaya AP dapat berfungsi sebagai DHCP server 2. Mencoba fitur Wired Equivalent Privacy (WEP) dan Wi-Fi Protected Access (WPA) 3. ada passwordnya.

Client Bridge Mode 3. selanjutnya ada keinginan untuk menyiapkan sebuah komputer untuk dijadikan sebuah server yang akan menyediakan fungsi untuk: 1. 2. 6. Repeater Mode AP dan Komputer Server Saat ini AP telah berfungsi dengan baik dan benar. Pengelolaan user Pengelolaan akses Proxy dan Firewall Pengelolaan authentifikasi Mencatat log/history akses Menyediakan fitur billing Adakah pembaca yang telah melakukan/memasang aplikasi terpadu open source untuk Linux untuk kebutuhan seperti ini? jika ada. 5.Upgrade firmware memberikan hasil yang sangat memuaskan. 3. ditunggu komentarnya. yaitu DHCP server dapat berfungsi dengan baik dan tersedianya fasilitas tambahan/baru yaitu perangkat wireless sekarang fungsinya menjadi tiga jenis: 1. . 4. Access Point (fungsi default) 2.

168.168.*) ubah IP statisnya ke segmen yang sesuai. Selanjutnya laptop/PC kita kasih ip statis dengan alamat 192. Selamat mencoba… .1.1. Klik OK dan anda akan menemukan halaman setting berbasis web dari akses poin ini. kalau ada reply lanjutkan dengan buka browser trus ketikkan alamat diatas (192. Ping ke alamat 192. Pada web based control panel dari akses poin ini anda bisa mengatur berbagai settingan yang disediakan oleh WAP54G. Setalah selesai menentukan IP dari WAP54G ini cabut kabel UTP dari Laptop/PC. Kalau sudah sambungkan kabel UTP dari Laptop/PC ini ke akses poin secara langsung. misalnya Mode. authentikasinya maupun mengganti password default.245.1.245) di address bar.168. atau bisa juga pilih DHCP kalau anda tidak ingin memberikan IP Statis. biar kita yakin settingannya kembali ke default.1. Cuman yang terakhir mungkin anda akan kesulitan untuk menemukan IP akses poin ini nantinya. Kalau keluar kotak dialog user password isikan “admin” pada kota password.* (bintang bisa diisi apa aja asal bukan 245 dan di bawah 255).168. Seharusnya anda sudah bisa untuk mengakses web-based control panel akses poin ini dari jaringan anda. Jika anda berencana menghubungkan akses poin ini di jaringan anda yang mempunyai segmen yang berbeda (misalnya selain 192. trus sambungan ke jaringan anda.Cara Setting Awal Wireless Access Point WAP54G Langkah pertama kita reset dulu itu akses poin dengan memencet tombol reset di bagian belakang akses poin selama 10 detik pake paper clip. sedangkan username biarkan kosong.

1.168. Kalau sudah sambungkan kabel UTP dari Laptop/PC ini ke akses poin secara langsung. untuk IP Default Linksys WRT54GL yaitu 192.. tapi saya sering men-setting nya menggunakan web browser karena lebih praktis… langkah pertama kita reset dulu itu akses poin dengan memencet tombol reset di bagian belakang akses poin selama 10 detik pake paper clip.1. Langkah ketiga Kemudian kita browsing pakai Firefox.168.Cara Setting Accesspoint LinkSys LinkSys WRT54GL Broadband Router merupakan perangkat wirelles yang bisa digunakan sebagai Acces Point dan Router. biar kita yakin settingannya kembali ke default.1. Langkah kedua Selanjutnya setting IP laptop/PC anda dengan IP Default bawaan si LinkSys.245 Langkah keempat maka akan muncul login : kemudian isikan seperti di bawah ini username : (dikosongkan) password : admin .168.. untuk men setting wirelless broadband router ini bisa menggunakan Software yang sudah tersedia dari sananya atau bisa menggunakan web Browser.IE atau yang lainnya..1 ( soalnya ada 2 versi IP).1 atau 192.168.1. Trus Ping ke alamat IP defaulnya ex : 192.254 atau kalau ga bisa 192..

bila sudah selesai klik Save Setting. . Dan Wireless Mode adalah type gelombang yang digunakan. Dalam Menu Wireless kita hanya menentukan mode wireless dan SSID.. authentikasinya maupun mengganti password default. Dan wireless mode. Setalah selesai menentukan IP dari WAP54G ini cabut kabel UTP dari Laptop/PC. itu sudah bisa di bilang Sebuah Access Point (Hostpot). misalnya Mode. Note : Jika anda berencana menghubungkan akses poin ini di jaringan anda yang mempunyai segmen yang berbeda (misalnya selain 192.*) ubah IP statisnya ke segmen yang sesuai. trus sambungan ke jaringan anda.1.Klik OK dan anda akan menemukan halaman setting berbasis web dari akses poin sub menu Linksys. Yah demikian penjelasan tentang men setting access point LinkSys WRT54GL mudah-mudahan dapat memberikan informasi yang bermanfaat buat kalian semua.. untuk awal instalasi kita masuk ke Menu Wireless. Seharusnya anda sudah bisa untuk mengakses web-based control panel akses poin ini dari jaringan anda. dalam Wireless biasa nya kita mengenal SSID dan Wireless Mode. anda bisa lihat sendiri detailnya… Sebaiknya untuk mengganti IP Address dilakukan di akhir konfigurasi. atau bisa juga pilih DHCP kalau anda tidak ingin memberikan IP Statis. Pada web based control panel dari akses poin ini anda bisa mengatur berbagai settingan yang disediakan oleh WAP54G.168. Langkah kelima Dalam Sub Menu adalah mensetting IP address Linksys dan teman-temannya. SSID adalah nama Wireless network yang biasa dikenal oleh orang awam Nama Hostpotnya. Cannel. Cuman yang terakhir mungkin anda akan kesulitan untuk menemukan IP akses poin ini nantinya. pada intinya bila kita akan men-setting semua Access Point hal yang terpenting adalah men-setting SSID.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful