P. 1
STudi Kelayakan

STudi Kelayakan

|Views: 1,128|Likes:
Published by dwi_indriyani_1

More info:

Published by: dwi_indriyani_1 on Dec 16, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/15/2014

pdf

text

original

Apa manfaat studi Kelayakan Bisnis bagi Anda jika Anda bekerja sebagai: a) Manajer Perusahaan b) Investor c) Eksekutif

Perbankan d) Pemerintah JAWAB: a) Jika saya bekerja sebagai manajer di suatu perusahaan, maka Studi Kelayakan Bisnis berfungsi untuk pengorganisasian. Di dalam pengorganisasian, manajer memutuskan posisi-posisi yang perlu diisi serta tugas-tugas dan tanggung jawab yang melekat pada setiap posisi tersebut. Dari analisa tenaga kerja dalam studi kebutuhan dan kelayakan teknis suatu studi kelayakan serta analisa aspek manjemen, dapat diketahui: Jumlah yang seharusnya tenaga kerja yang dibutuhkan sesuai dengan rencana kapasitas bisnis, mesin dan kondisi tenaga kerja yang tersedia. Kualifikasi tenaga kerja yang seharusnya. Tugas, wewenang dan tanggungjawab tiap-tiap tenaga kerja sesuai dengan bagan organisasi yang dibutuhkan proyek. Diharapkan manajer bisa memutuskan siapa saja yang sebaiknya menduduki posisi-posisi dalam organisasinya. Dalam melakukan pengawasan, manejer membutuhkan sejauh mana pekerjaan telah dilaksanakan dan sejauh mana kemajuan telah dilaksanakan untuk mencapai tujuan. Studi kelayakan merupakan suatu bentuk anggaran. Sejauh mana penyimpangan pelaksanaan dari rencana yang telah disusun dalam studi kelayakan dapat segera diketahui. Begitu pula sejauh mana kemajuan yang telah dicapai dapat dibandingkan dengan target yang telah digariskan dalam studi kelayakan.

jadi calon penanam modal tidak perlu ragu untuk menanamkan dananya di dalam proyek tersebut. c) Jika saya bekerja sebagai eksekutif perbankan. Dengan mempelajari studi kelayakan suatu proyek yang telah dilakukan dengan sebaik -baiknya.Dengan adanya studi kelayakan. manajer dapat mengetahui semua aspek yang terkait dan dapat mengambil tindakan yang tepat dalam menentukan kemajuan perusahaan. maka Studi Kelayakan berfungsi untuk menentukan akan memberikan pinjaman pembiayaan atau tidak. Selain itu sebagai investor. Studi kelayakan atau dalam lingkungan perbankan disebut dengan penilaian proyek atau penilaian kredit. calon investor akan mengetahui kekuatan dan kelemahan proyek. kalau perlu sumber dana apa saja yang paling efektif bagi proyek. b) Jika saya bekerja sebagai investor. Berapakah perkiraan keseluruhan biaya proyek dan berapa yang bisa dipenuhi dengan modal sendiri. untuk menilai proyek yang mengajukan . Sejauh mana proyek bisa bertahan jika terjadi hal yang tidak dikehendaki semuanya bisa dilihat dari aspek finansial Studi Kelayakan. Dari studi kelayakan. guna memutuskan pemberian pinjaman atau tidak. perlu mengadakan penilaian proyek yang diajukan untuk mendapatkan bantuan keuangan. misalnya Bank Dunia. maka Studi Kelayakan Bisnis dapat dipakai untuk meyakinkan diri sendiri bahwa keputusan investasi yang akan kita lakukan adalah keputusan yang telah diperhitungkan dengan matang dan proyeknya akan menghasilkan keuntungan yang lain. Studi Kelayakan juga berfungsi untuk menarik minat penanam modal-penanam modal lain terhadap proyek dan meyakinkan para calon penanam modal tersebut bahwa proyek memiliki prospek keuntungan yang baik. investor akan memutuskan menanamkan dananya atau tidak dalam proyek tersebut. Kreditor asing.

Kreditor akan lebih memperhatikan segi keaman an dana yang dipinjamkan kepada pemilik proyek. adalah konsultan yang direkomendasi oleh bank atau lembaga keuangan non bank yang bersangkutan. subsidi. Misalnya pemberian keringanan pembebanan pajak.permohonan pinjaman kepada kreditor. maka Studi Kelayakan Bisnis dibutuhkan dalam membantu pengambilan keputusan pemberian kemudahan fasilitas-fasilitas terhadap proyek. d) Jika sebagai pemerintah. Tentu saja hal tersebut tidak berarti para kreditor tidak memperhatikan prospek usaha tersebut melainkan mereka lebih memperhatikan periode pengembalian pinjaman. Karena itu para kreditor sangat memperhatikan pola aliran kas selama jangka waktu pinjaman tersebut. jaminan dan insentif lain. biasanya dilakukan sendiri oleh bank atau lembaga keuangan bukan bank atau juga dilakukan oleh pihak ketiga yaitu konsultan. . Dari segi lingkungan. sangat dibutuhkan Studi Kelayakan Bisnis dari segi aspek finansial. Oleh karena itu. menambah devisa atau memperluas kesempatan kerja. Dari segi finansial apakah proyek membantu menghemat devisa. Dengan demikian mereka mengharapkan agar pembayaran bunga dan angsuran pokok pinjaman bisa dilakukan oleh pemilik proyek tepat pada waktunya. Studi Kelayakan berguna untuk membantu pemerintah dalam memantau kegiatan dari perusahaan apakah sesuai prosedur AMDAL yang seharusnya atau tidak.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->