Pengertian dan Arti Bunyi y

y y y y

Follow any responses to this article Subscribe to entry RSS 2.0 Subscribe to entry RSS 0.92 Subscribe to responses RSS

Posted by Smart Click on 10 December 2010 Bunyi atau suara adalah kompresi mekanikal atau gelombang longitudinal yang merambat melalui medium. Medium atau zat perantara ini dapat berupa zat cair, padat, gas. Jadi, gelombang bunyi dapat merambat misalnya di dalam air, batu bara, atau udara. Kebanyakan suara adalah merupakan gabungan berbagai sinyal, tetapi suara murni secara teoritis dapat dijelaskan dengan kecepatan osilasi atau frekuensi yang diukur dalam Hertz (Hz) dan amplitudo atau kenyaringan bunyi dengan pengukuran dalam desibel. Manusia mendengar bunyi saat gelombang bunyi, yaitu getaran di udara atau medium lain, sampai ke gendang telinga manusia. Batas frekuensi bunyi yang dapat didengar oleh telinga manusia kira-kira dari 20 Hz sampai 20 kHz pada amplitudo umum dengan berbagai variasi dalam kurva responsnya. Suara di atas 20 kHz disebut ultrasonik dan di bawah 20 Hz disebut infrasonik. Pengertian dan arti Kenyaringan serta Desibel Bunyi kereta lebih nyaring daripada bunyi bisikan, sebab bunyi kereta menghasilkan getaran lebih besar di udara. Kenyaringan bunyi juga bergantung pada jarak kita ke sumber bunyi. Kenyaringan diukur dalam satuan desibel (dB). Bunyi pesawat jet yang lepas landas mencapai sekitar 120 dB. Sedang bunyi desiran daun sekitar 33 dB. Kebanyakan suara adalah merupakan gabungan berbagai sinyal, tetapi suara murni secara teoritis dapat dijelaskan dengan kecepatan osilasi atau frekuensi yang diukur dalam Hertz (Hz) dan amplitudo atau kenyaringan bunyi dengan pengukuran dalam desibel. Manusia mendengar bunyi saat gelombang bunyi, yaitu getaran di udara atau medium lain, sampai ke gendang telinga manusia. Batas frekuensi bunyi yang dapat didengar oleh telinga manusia kira-kira dari 20 Hz sampai 20 kHz pada amplitudo umum dengan berbagai variasi dalam kurva responsnya. Suara di atas 20 kHz disebut ultrasonik dan di bawah 20 Hz disebut infrasonik. Pengertian dan arti Gema Gema terjadi jika bunyi dipantulkan oleh suatu permukaan, seperti tebing pegunungan, dan kembali kepada kita segera setelah bunyi asli dikeluarkan. Kejernihan ucapan dan musik dalam ruangan atau gedung konser tergantung pada cara bunyi bergaung di dalamnya. Bunyi atau suara adalah kompresi mekanikal atau gelombang longitudinal yang merambat melalui medium.

kecepatan bunyi 1. padat. Pengertian dan arti Kecepatan Bunyi Bunyi merambat di udara dengan kecepatan 1. atau udara jadi. Di air.org/wiki/Bunyi . Peristiwa ini dinamakan resonansi. Pengertian dan arti Gelombang Bunyi Gelombang bunyi terdiri dari molekul-molekul udara yang bergetar maju-mundur. Gelombang bunyi ini menghantarkan bunyi ke telinga manusia. Tiap saat.400 km/jam. Bunyi merambat lebih lambat jika suhu dan tekanan udara lebih rendah. Jadi. gelombang bunyi dapat merambat misalnya di dalam air. kecepatannya 5. benda itu akan bergetar. sehingga menghasilkan wilayah tekanan tinggi. sehingga menghasilkan wilayah tekanan rendah.wikipedia. misalnya gelas. Gelombang bertekanan tinggi dan rendah secara bergantian bergerak di udara. Jika kita menyanyikan nada musik berfrekuensi sama dengan suatu benda.Gelombang bunyi adalah gelombang longitudinal. gema adalah gelombang pantul/ reaksi dari gelombang yang dipancarkan bunyi.224 km/jam. Source: http://id. menyebar dari sumber bunyi.000 km/jam. jauh lebih cepat daripada di udara Rumus mencari cepat rambat bunyi adalah v=s:t Dengan s panjang Gelombang bunyi dan t waktu Pengertian dan arti Resonansi Suatu benda. gas. Di udara tipis dan dingin pada ketinggian lebih dari 11 km. molekul-molekul itu berdesakan di beberapa tempat.Medium atau zat perantara ini dapat berupa zat cair. mengeluarkan nada musik jika diketuk sebab ia memiliki frekuensi getaran alami sendiri. Bunyi yang sangat keras dapat mengakibatkan gelas beresonansi begitu kuatnya sehingga pecah. batu bara. tapi di tempat lain merenggang.

BAB II DASAR TEORI Resonansi merupakan suatu fenomena dimana sebuah sistem yang bergetar dengan amplitudo yang maksimum akibat adanya impuls gaya yang berubah ± ubah yang bekerja pada impuls tersebut. antara lain : bila berdekatan dengan sebuah gelas dan dibangkitkan suatu nada ( frekuensi ) yang besarnya sama dengan frekuensi alam gelas itu sendiri maka gelas itu akan bergetar ( berbunyi) sekeras ± kerasnya. Juga peristiwa keruntuhan pesawat terbang yang kecepatannya mendekati kecepatan menjalar bumi berdasar atas peristiwa resonansi. pesawat terbang dapat terbang dengan selamat ( Supersonic Flight ). Contoh peristiwa resonansi lainnya ialah bila suatu garpu tala ( sumber getar ) digetarkan di dekat suatu kolom udara yang salah satu ujungnya tertutup sedangkan ujung yang lain terbuka akan terjadi resonansi bila : ( lihat gambar 2. Dengan suara.2 ) L = ( 2m + 1 ) / 4f . Bila nada ( frekuensi ) tadi dibunyikan cukup keras dan secara terus ± menerus maka getar gelas akan semakin diperkeras sehingga gelas dapatpecah. Dengan kecepatan agak di atas kecepatan menjalar bumi. Kondisi seperti ini dapat terjadi bila frekuensi gaya yang bekerja tersebut berimpit atau sama dengan frekuensi getar yang tidak diredamkan dari sistem tersebut. Akibatnya ialah getar badan pesawat terbang diperkeras dengan cepat sekali sehingga pesawat terbang runtuh karena hal tersebut. orang dapat menghancurkan suatu benda. Banyak contoh dari peristiwa resonansi yang dihadapi dalam kehidupan sehari ± hari. tidak dapat dengan cepat ditinggalkan ( atau meninggalkan ) pesawat terbang karena kecepatan pesawat terbang tidak berbeda banyak dengan keepatan menjalar bumi. Getar pesawat yang disebabkan oleh gerak mesin ± mesinnya yang diteruskan pada udara sebagai bunyi.

Didapatkan bahwa intensitas bunyi adalah maksimum bila tinggi permukaan air lambat laun . Panjang kolom udara dapat diubah ± ubah dengan mengubah tinggi permukaan air. Tabung itu sebagian diisi dengan air.2 Dimana = V / f .2 Keterangan : A:Tabung baja berisi air B:Pipa baja kecil dengan kolom udara yang dapat diubah ± ubah C:Jarak tabung dengan garpu tala Konsep resonansi yang terjadi antara garpu tala ( sumber getar ) dengan kolom udara dapat dijadikan dasar untuk menentukan nilai kecepatan suara di udara secara cepat dan mudah dibandingkan dengan cara yang lainnya. maka : L = ( 2m + 1 ) / 4f Dimana : L = panjang kolom udara m = bilangan resonansi ( 0.2 memperlihatkan sebuah alat sederhana yang dapat digunakan untuk mengukur laju bunyi di udara dengan metode resonansi Sebuah garpu tala yang bergetar dengan frekuensinya f dipegang di dekat ujung terbuka dari sebuah tabung.2.) f = frekuensi garpu tala = panjang gelombang V = kecepatan suara di udara c B L A Gambar 2.«««.1.l gambar 2.3. Gambar 2.

2d = V / f atau V = 2df . Pada gelombang tegak terdiri dari sebuah titik simpul di permukaan air dan sebuah titik perut di dekat ujung terbuka. 2d.direndahkan dari puncak tabung sejarak a. = V/f Jarak d diantara kedudukan ± kedudukan resonansi yang berturutan adalah jarak diantara titik ± titik simpul yang berdekatan. Karena frekuensi dari sumber adalah tetap dan laju bunyi di dalam kolom udara mempunyai sebuah nilai yang pasti.( lihat gambar 2. intensitas mencapai lagi pada jarak ± jarak d. maka resonansi terjadi pada sebuah panjang gelombang spesifik.1 ) d = /2 atau = 2d Dengan menggabungkan persamaan ± persamaan maka kita akan mendapatkan . Intensitas bunyi mencapai maksimum bila kolom udara beresonansi dengan garpu tala tersebut. 3d dan seterusnya. Kolom udara beraksi seperti sebuah tabung yang tertutup di salah satu ujung. Setelah itu.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful