Oleh : Afif indrawan (08330069

)

TABEL (DISTRIBUSI FREKUENSI)

yang didalamnya dimuat angka yang dapat melukiskan atau menggambarkan pencaran atau pembagian frekuensi dari variabel yang sedang menjadi objek penelitian.2010 : 66) Tabel distribusi frekuensi adalah alat penyajian data statistik yang berbentuk kolom dan lajur. . Distribusi Frekuensi adalah penyusunan suatu data mulai dari terkecil sampai terbesar yang membagi banyaknya data ke dalam beberapa kelas (Riduwan.TABEL (DISTRIBUSI FREKUENSI) Tabel adalah alat penyajian data statistik yang berbentuk(dituangkan dalam bentuk)kolom dan lajur.

2.MACAM ± MACAM DISTRIBUSI FREKUENSI 1. Distribusi frekuensi kategorik ialah distribusi frekuensi yang pengelompokan datanya disusun berbentuk kata-kata atau distribusi frekuensi yang penyatuan kelasnya didasarkan pada data kategori (kualitatif) Distribusi Numerik adalah distribusi frekuensi yang penyatuan kelasnya didasarkan pada angka-angka (kualitatif) .

Dalam suatu tabel distribusi frekuensi akan didapatkan : variabel frekuensi Jumlah frekuensi .

distribusi frekuensi nilai hasil THB dalam (x) (f) bidang studi pendidikan moral pancasila dari 40 orang siswa 8 6 MTsN 7 9 6 19 5 6 total 40=N .1.MACAM-MACAM TABEL DISTRIBUSI FREKUENSI 1. Nilai Frekuensi Contoh : tabel II. angka yang ada itu tidak dikelompok-kelompokkan (=ungrouped data). Tabel distribusi frekuensi data tunggal : salah satu jenis tabel statistik yang didalamnya disajikan frekuensi dari data angka.

Tabel distribusi frekuensi data kelompokan : salah satu jenis tabel statistik yang didalamnya disajikan pencran frekuensi dari data angka. dimana angka-angka tersebut dikelompok-kelompokkan Contoh distribusi frekuensi tentang usia dari sejumlah 50 orang guru kimia yang bertugas pada sekolah dasar negeri Usia 50-54 45-49 40-44 35-39 30-34 25-29 total Frekuensi (f) 6 7 10 12 8 7 50=N .2.

Contoh distribusi frekuensi kumulatif nilai-nilai hasil THB bidang studi PMP dari 40 orang siswa MTsN Nilai (x) 8 7 6 5 total f 6 9 19 6 40=N fk (b) 40=N 34 25 6 - fk (a) 6 15 34 40=N - . Tabel Distribusi Frekuensi Kumulatif Tabel Distribusi Frekuensi Kumulatif adalah salah satu jenis tabel statistik yang didalamnya disajikan frekuensi yang dihitung terus meningkat.3. baik dari bawah ke atas maupun dari atas ke bawah.

akan tetapi setiap kelasnya dinyatakan dalam bentuk angka presentase (%) atau angka relatif. I I I I I Distribusi frekuensi relatif ialah distribusi frekuensi yang nilai frekuensinya tidak dinyatakan dalam bentuk angka mutlak atau nilai mutlak.4. Teknik perhitungan distribusi frekuensi relatif yaitu dengan cara membagi angka distribusi frekuensi mutlak dengan jumlah keseluruhan distribusi frekuensi ( n) dikalikan 100% atau dengan rumus : f relatifkelas-i = f ( mutlak ) kelas ±i x100 .

5. TABEL PERSENTASE KUMULATIF Distribusi frekuensi kumulatif relatif ( fkum (%) ) ialah distribusi frekuensi yang mana nilai frekuensi kumulatif diubah menjadi nilai frekuensi relatif atau dalam bentuk persentase ( % ) atau dengan rumus : fkum ( % )kelas ±i =f(kelas)-i x100% n .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful