BAB I UANG DAN BANK

BAB I PENDAHULUAN

Definisi Uang
Uang adalah sesuatu yang dijadikan sebagai alat untuk melakukan transaksi pembayaran ekonomi di mana sesuatu yang dijadikan sebagai uang diterima, dipercaya dan disukai oleh masyarakat atau orang-orang yang melakukan transaksi ekonomi. Apa itu uang? Uang adalah sesuatu yang dapat berfungsi secara umum sebagai sarana pertukaran barang dan jasa , asset , dan pembayaran terhadap utang-utang.

Sejarah Uang
Uang pada jaman sekarang berbeda dengan zaman dulu. Sebelum uang ditemukan manusia menggunakan sistem barter atau sistem pertukaran antara barang atau jasa dengan barang atau jasa lainnya. Karena makin majunya suatu perekonomian, pertukaran dengan cara barter sulit dilaksanakan ,hal ini disebabkan oleh beberapa hal lain seperti ; sulitnya menemukan barang yang sesuai dengan kebutuhan, sulitnya menemukan nilai tukar barang, hingga sulitnya menyimpan barang yang akan ditukarkan. Karena adanya berbagai kesulitan-kesulitan tersebut akhirnya manusia membuat cara penukaran yang baru yaitu denagn menggunakan suatu barang yang telah di sepakati sebagai perantara dalam pertukaran dalam masyarakat. Tapi ternyata pertukaran dengan uang barang masih memunculkan beberapa kesulitan . Diantaranya adalah : a. tidak tahan lama, b. sulit untuk dipindah-pindahkan, c. nilainya tidak tetap, d. sulit disimpan, dan e. sulit dibagi dalam satuan yang lebih kecil tanpa mengurangi nilainya, Dan muncullah jaman uang logam. Logam dipilih karena memiliki nilai yang tinggi, tahan lama , tidak mudah rusak , mudah dipecah tanpa mengurngi nilainya. Jenis logam yang digunakan adalah emas dan perak. Uang logam emas dan perak disebut juga uang penuh ( full godied money ) artinya nilai intrisik (nilai bahan) uang sama dengan nilai nominalnya (nilai yang tercantum pada mata uang tersebut). Sejalan dengan perkembangan perekonomian , timbul kesulitan karena jumlah uang logam emas dan perak sangat terbatas. Oleh karena itu, diciptakanlah uang kertas. Pada mulanya, uang kertas yang beredar adalah bukti kepemilikan emas dan perak sebagai alat perantara untuk melakukan transaksi. Pada perkembangan selanjutnya manusia tidak lagi menggunakan emas secara langsung sebagai alat pertukaran. Sebagai gantinya kertas , bukti tersebut dijadikan sebagai alat tukar.

Sebagai contoh.000 . Kedua fungsi ini dinamakan sebagai fungsi asli karena pada awalnya uang memang hanya berfungsi sebagai satuan pengukur nilai dan sebagai alat pertukaran. Fungsi yang seperti inilah yang dinamakan deengan fungsi uang sebagai alat pertuakaran. dan akan mendapatan keuntungan berupa bunga .00 Ima dapat membeli sebuah kaos kaki. Dasar pengukur nilai barang atau jasa di Indonesia adalah Rupiah. 10.0000 dan nilai sebuah kaos kaki dalam satuan hitung adalah Rp.00. kekayaan tidak akan rusak dalam waktu yang lama. Inilah yang disebut berfungsi sebagai alat penghimpun kekayaan. Uang sebagai Alat Pertukaran Fungsi asli uang yang kedua adalah sebagai alat pertukaran. denda atau tagihan lainnya. 2. sedang pembeli menyerahkan uang sebagai penukarnya. sedangkan penjual akan menerima sejumlah uang dari pembeli produk yang dijualnya sesuai dengan kesepakatan yang telah dibuat sebelumnya. kita menggunakan uang .50. Misalnya sebuah sepatu dapat dibayar dengan uang sebesar Rp. Dengan menggunakan uang. fungsi uang tidak terbatas hanya dalam pertukaran jual beli.Fungsi Uang Secara umum. seperti uang tabungan . 10. penjual menyerahkan barangnya. sedangkan sebuah kaos kaki dapat dibeli dengan uang sebesar Rp. 50. deposito berjangka . Berdasarkan contoh di atas dapat dikatakan bahwa setiap barang dan jasa yang diperdagangkan mempunyai nilai tertentu. Pada saat membayar pajak. 2. Pembeli akan menyerahkan sejumlah uang kepada penjual atas produk yang ia terima. Uang dapat berfungsi sebagai alat tukar untuk mendapatkan suatu produk barang atau jasa dengan catatan harus diterima dengan tulus ikhlas dan dijamin oleh pemerintah serta dijaga keamanannya dari tindak pemalsuan uang. nilai sebuah sepatu dalam satuan hitung adalah Rp. dengan uang sebesar Rp.000. a. Fungsi Turunan Uang 1. nilai suatu barang atau jasa dapat diukur atau diperbandingkan dengan nilai barang atau jasa yang lain.00. 10. Uang sebagai Alat Penghimpun Kekayaan Jika seseorang memiliki kelebihan uang yang tidak ingin dibelanjakan atau dihabiskan pada saat itu maka ia dapat menyimpannya di bank.000. Walaupun orang itu tidak memegang uang tadi tetapi ia nilai uang tersebut tetap ia miliki sampai saatnya ia ambil untuk dibelanjakan. dan surat-surat berharga. fungsi uang dapat dibedakan menjadi dua yaitu fungsi asli dan fungsi turunan. Dengan demikian. tidak memerlukan ruang yang luas.000. b. Dengan disimpan dalam bentuk uang . Fungsi Asli Uang 1. Namun. Uang sebagai Alat Pembayaran Setiap terjadi jual-beli. Uang sebagai Satuan Pengukur Nilai ( Unit of Account ) Nilai suatu barang atau jasa dapat diukur atau diperbandingkan dengan nilai barang atau jasa yang lain.

Dalam menjalankan kegiatannya perusahaan memerlukan faktor produksi.sebagai alat pembayarannya. Uang sebagai Alat Pencipta Kesempatan Kerja Dengan uang . Contohnya seperti pegawai yang mendapat gaji sebulan sekali setelah satu bulan penuh bekerja. 4. Salah satu faktor produksi yang sangat penting adalah tenaga kerja. orang dapat membuka suatu usaha atau mendirikan sebuah perusahaan. Dengan demikian. Uang sebagai Pendorong Kegiatan Ekonomi Setiap orang bekerja karena ingin mendapatkan uang. d. pembukaan sebuah perusahaan baru dapat menciptakan kesempatan kerja bagi masyarakat. • • • Sebagai Sarana Pertukaran ( Medium of Exchage ) Di antaranya : Dapat diterima (Acceptable) Mudah dibawa ( Portable ) Terbagi-bagi ( Divisible) Tidak mudah dipalsukan ( Cannot easiliy counterfied ) Penimbun Nilai ( A Store of Value ) Sebagai Satuan Hitung ( A Unit of Account ) Sebagai Standar Pembayaran Uang ( A Standard Deffered of Payment ) . tetapi balas jasa tersebut dapat dibayarkan di masa depan dengan diukur dengan daya beli. 3. 5. Misalkan setiap pagi. b. c. Oleh sebab itu mereka un berharap agar penghasilannya juga turut meningkat. Selain itu seseorang yang meminjam uang harus membayarkan hutangnya di masa depan. Mengapa Orang Memakai Uang? • a. Uang sebagai Standar Pembayaran Masa Depan Suatu transaksi tidak harus dibayar dengan alat pembayaran di saat itu juga. para buruh pergi ke pabrik dan selalu berusaha untuk menghasillkan barang yang banyak dengan kualitas yang baik. Mereka rela memeras keringat dan membanting tulang agar dapat menghasilkan uang yang banyak.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful

Master Your Semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master Your Semester with a Special Offer from Scribd & The New York Times

Cancel anytime.