MAKALAH KONSEP DASAR MATEMATIKA “PELUANG” Dosen Pengampu : Titin Faridatun Nisa.

Spd

OLEH SONY CAHYO TRIANTO 108620600128

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SIDOARJO FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR

Spd OLEH JONI IKA MINARNO 108620600132 UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SIDOARJO FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR .MAKALAH KONSEP DASAR MATEMATIKA “PELUANG” Dosen Pengampu : Titin Faridatun Nisa.

Makalah ini dibuat sebagai wujud rasa peduli kami pada dunia pendidikan dan sekaligus melakukan apa yang menjadi tugas mahasiswa yang mengikuti mata kuliah “konsep dasar matematika” Dalam proses pendalaman materi peluang ini. 12 Desember 2010 Penyusun . arahan dan saran.Dosen pembimbing ibu Titin Faridatun Nisa.KATA PENGANTAR Puji syukur kehadirat Allah SWt yang telah melimpahkan rahmat-NYA kepada kami sehingga makalah ini selesai tanpa ada halangan sesuatu apapun.Teman-teman di kampus UMSIDA terimakasih atas saran dan diskusinya Penulis sadar bahwa makalah ini masih jauh dari sempurna. tentunya kami mendapatkan bimbingan. sungguh segala darma baktiku tidak layak disejajarkan dengan ketulusan mereka berdua 2. 3. Oleh karena itu kritik konstruktif dari semua pihak sangat kami harapkan. untuk itu rasa terima kasih yang dalam-dalamnya kami sampaikan kepada : 1.Ayah bunda tercinta yang telah mencurahkan kasih sayangnya kepada anak anaknya. Sidoarjo. Spd. Demikian makalah ini saya buat semoga bermanfaat.

. Namun dari hasil tes penguasaan guru selama ini (SMP dan SMA) ternyata untuk peluang masih sangat kurang. Mungkin guru kurang minat mempelajari atau mungkin kesulitan mendapatkan buku-buku rujukan atau mungkin buku-buku rujukan yang dipelajarinya selama ini belum cukup memberikan benang merah yang memadahi untuk menghayati materi itu (materi yang seharusnya dikuasai guru) sepenuhnya. Melalui kesempatan ini penyusun berupaya memberikan tuntunan pemahaman materi peluang yang perlu dikuasai guru SD berupa konsep dasar peluang atas dasar paradigma pemberian kecakapan hidup (life skill) yang bersifat akademik menggunakan prinsip learning to know. 1991:3). Materi peluang secara sederhana mulai dikenalkan di SD lebih diperdalam di SMP dan SMA dan ditingkatkan lagi di perguruan tinggi. learning to do. learning to live together dan learning to cooperate (Depdiknas. 2001:11).BAB I PENDAHULUAN A. Memang banyak peristiwa yang tidak dapat dipastikan terjadi atau tidak terjadi di kemudian waktu/kemudian hari. Latar Belakang Peluang merupakan bagian matematika yang membahas tentang ukuran ketidakpastian terjadinya suatu peristiwa yang ada dalam kehidupan (Smith. Namun dengan mengetahui ukuran berhasil dan tidaknya suatu peristiwa yang diharapkan akan terjadi maka orang akan lebih dapat mengambil keputusan terbaik dan bijaksana tentang apa yang seharusnya ia lakukan. learning to be.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful