P. 1
SAGU

SAGU

|Views: 153|Likes:
Published by Ridho Kharisma Sidi

More info:

Published by: Ridho Kharisma Sidi on Dec 17, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/27/2015

pdf

text

original

SAGU

BY KELAS SDN

: AKBAR PURNAMA SIDI : VI C : SIDOKARE 4 SDA

Kesamaan ini menyeba bkan beberapa kebingungan dalam nama hidangan dibuat dengan mutiara. dicampur dengan air mendidih untuk membentuk pasta. Metroxylon sagu . artikel ini membahas sagu dari Metroxylon kecuali dinyatakan khusus. Karena terbuat dari tepung sagu Metroxylon adalah bentuk yang paling banyak digunakan. Sagu tampak seperti lainnya pati . seperti digulung menjadi bola. dan keduanya sagu dan tapioka yang diproduksi secara komersial dalam bentuk "mutiara". . atau sebagai kue dadar. Sagu mutiara adalah sama dalam tampilannya mutiara tapioka.SAGU Sagu adalah pati diekstrak dari empulur batang pohon sagu. Hal ini secara tradisional dimasak dan dimakan dalam berbagai bentuk. di mana itu disebut saksak dan sagu. dan keduanya dapat digunakan secara bergantian dalam beberapa hidangan. Ini adalah utama makanan pokok bagi rakyat dataran rendah Nugini dan Maluku .

dan jumlah diabaikan lemak.5 gram serat. Sagu dapat disimpan selama beberapa minggu atau bulan. 4. 5.Persiapan Metroxylon sagu dilakukan melalui proses sebagai berikut: 1. dan kekurangan nutrisi makanan yang sering dapat dikompensasi dengan makanan tersedia lainnya. Empulur ini dihancurkan dan meremas -remas untuk melepaskan pati. 1. atau mineral. karena pohon sagu yang biasanya ditemukan di daerah tidak cocok untuk bentuk lain dari pertanian. 0. Tepung sagu dari Metroxylon hampir karbohidrat murni dan memiliki protein yang sangat kecil. Satu kelapa hasil 150-300 kg pati. Empulur ini dicuci dan tegang untuk mengekstrak pati dari residu berserat. 2. Palms ditebang sebelum berbunga. 10 mg kalsium. . termasuk rata -rata 94 gram karbohidrat. Namun. budidaya sagu seringkali merupakan bentuk yang paling eko logis tepat penggunaan lahan. Telapak sagu ditebang. 0. Seratus gram sagu kering menghasilkan 355 kalori.2 mg besi.2 gram protein. dan asam askorbat. meskipun umumnya dikonsumsi segera setelah diproses. ketika batang terkaya di pati. 3. Suspensi pati mentah dikumpulkan dalam wadah pengendapan. vitamin. tiamin. karoten. Batang dibagi memanjang dan empulur akan dihapus.

dan Sumatera . digunakan untuk membuat masakan lokal yang populer disebut ambuyat . ini meninggalkan residu yang dibuang di cuci pertama. Hal ini juga digunakan secara komersial dalam pembuatan mie dan putih roti . atau biskuit) atau dicampur dengan air mendidih untuk membentuk pasta. membuatnya lebih mudah untuk mesin. Proses ini disebut ukuran dan membantu untuk mengikat serat.Penggunaan Sagu serabi Pati sagu adalah baik dipanggang (menghasilkan produk analog dengan roti. standarisasi t ingkat hidrasi serat. atau digunakan sebagai padat tepung . Maluku . . makanan tradisional "kerepok lekor" (sosis ikan) yang digunakan sagu sebagai salah satu bahan utamanya. pancake. Pati ini juga digunakan untuk mengobati serat. Secara global. Dalam pembuatan Lekor Keropok populer Losong di Terengganu setiap kilogram daging ikan dicampur dengan setengah kilogram sagu halus dengan sedikit garam ditambahkan untuk flavour. berikan slip diprediksi untuk berjalan pada logam. Di Indonesia dan Malaysia . Borneo . Sagu dapat dibuat menjadi dikukus puding seperti puding prem sagu. Di Malaysia. Kebanyakan kain dan pakaian telah berukuran.Di Brunei . penggunaan utama adalah dalam bentuk tapioka -seperti "mutiara" seperti yang sering ditemukan dalam min uman dan smoothie. ditumbuk menjadi serbuk dan digunakan sebagai pengental untuk hidangan lainnya. dan memberikan tekstil tubuh lebih. sagu merupakan pokok utama dari masyarakat tradisional banyak di New Guinea .Tons dari sagu mentah diimpor setiap tahun ke Malaysia untuk mendukung industri lekor keropok.

baik menjadi jauh lebih besar. sirup glukosa fruktosa tinggi [1] .Pati sagu tidak hanya dibatasi untuk menggunakan untuk industri makanan. sebuah produk komersial. dan di seluruh dunia. Kedua biasanya kecil (sekitar 2 mm diameter) kering. Karena masyarakat tradisional yang mengandalkan sagu sebagai makanan pokok utama mereka. dll Ketika d irendam dan dimasak. bola buram. Keduanya dapat menjadi putih (jika sangat murni) atau alami berwarna abu -abu. . lembut dan kenyal. residu biomassa juga dapat digunakan sebagai bahan baku untuk produksi daya dan panas. Bangladesh dan Srilankan masakan dalam berbagai hidangan. dan karena semua persediaan dari sagu yang tidak terbatas. dan digunakan dalam berbagai hidangan seperti makanan penutup direbus dengan susu manis pada kesempatan puasa agama. dan industri tekstil. Pati sagu dapat dikonversi lebih lanjut melalui fermentasi akan digunakan untuk memproduksi biodegradable plastik dan etanol (gasohol. tetapi juga dapat digunakan sebagai bahan masukan penting dalam berbagai industri seperti kertas. maltodekstrin . dan saggubeeyam (Telugu) di antara nama regional dan lokal lainnya. Pati sagu digunakan untuk membuat lem . kertas . di beberapa daerah komersial atau industri pemanenan tegakan sagu liar dapat konflik dengan kebutuhan pangan masyarakat setempat. hijau. diyakini bahwa bubur sagu bisa menjadi makanan yang efektif dan sederhana untuk "mendinginkan dan menyeimbangkan panas tubuh seseorang" ketika mengambil obat kuat atau antibiotik. atau artifisial pink. Sagu Sagu Pearl. biasanya dalam puding . etanol . kayu lapis. coklat atau hitam. Keduanya banyak digunakan di India . Di Inggris sagu baik dan tapioka telah lama digunakan dalam puding susu. sagu mutiara disebut javvarisi. kuning. Di India . Dalam pengobatan Ayurvedic. dan telah menjadi bingung sejauh bahwa "sagu" yang dijual di supermarket sekarang hampir selalu terbuat dari tepung tapioka. mirip mutiara tapioka . sabudana (Hindi). tembus. siklodekstrin dan monosodium glutamat .

Selain digunakan sebagai sumbe r makanan. Ada perbedaan biologis dan diet yang besar antara dua jenis sagu. M.Menariknya. Sagu pohon palem tumbuh sangat cepat. adalah penting sumber kurang dari sagu di Melanesia dan Mikronesia. Konsumsi benih cycad telah terlibat dalam pecahnya Penyakit Parkinson -seperti gangguan neurologis di Guam dan lokasi lainnya di Pasifik . daun dan seludang perbungaan dari sagu digunakan untuk bahan bangunan dan atap daun atap. hingga 1. Telapak tangan hanya akan mereproduksi sekali sebelum mati. setelah selamat setidaknya sejak awal Permian periode. ketika batang penuh pati disimpan untuk digunakan dalam reproduksi.tanaman hias . adalah tumbuh liar atau lambat. sikas juga merupakan jenis fosil hidup . yang misnomers karena sebenarnya cycad .Sikas adalah gymnosperma dari keluarga Cycadaceae . Telapak genus Metroxylon berisi beberapa spesies: dua ini. Daun menyirip . Tidak seperti Metroxylon telapak tangan (dibahas di atas). Cycas revoluta .Botani Telapak sagu. Serat yang dapat dibuat menjadi tali. "sagu" dan "Raja sagu". mereka dipanen pada usia 7 hingga 15 tahun. Ini mentolerir berbagai tanah dan dapat mencapai 30 meter tingginya. Sagu Cycad The cycad sagu. Ini adalah sumber makanan yang kurang umum untuk beberapa orang dari Pasifik dan Samudra Hindia. Batang yang tebal dan baik yang mandiri atau memiliki memanjat moderat kebiasaan . telapak tangan adalah angiosperma (tanaman berbunga) dari Arecaceae . The two taxa are completely unrelated. tidak palmate. tepat sebelum berbunga. Olahan pati sagu dikenal sebagai terbuat dari ini dan lainnya sikas. sikas sangat beracun: sebagian besar dari tanaman mengandung neurotoksin cycasin [2] dan BMAA . Kedua taksa tersebut sama sekali tidak berhubungan. amicarum. ditemukan di hutan tropis dataran rendah dan rawa air tawar di Asia Tenggara dan New Guinea dan merupakan sumber utama dari tepung sagu.5m pe rtumbuhan batang vertikal per tahun. Metroxylon sagu. nama-nama umum nya.

menghasilkan pati mirip dengan tapioka atau sagu kelapa. batang. dan benih adalah tanah ke kasar tepung dan dicuci dengan hati-hati untuk mencuci keluar racun alami.Di Sri Lanka itu dikenal sebagai Sawu atau Sau. . racun harus dikeluarkan melalui proses diperpanjang. Cycad sagu digunakan untuk banyak tujuan yang sama seperti sagu kelapa . Pertama. Hal ini kemudian dikeringkan dan dimasak. yang digunakan untuk mempersiapkan bubur terkenal. empulur dari akar. bernama Sawu Kanda.Sebelum bagian tanaman dengan aman boleh dimakan.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->