P. 1
MAKALAH

MAKALAH

|Views: 3,030|Likes:
Published by sepatuusang17

More info:

Published by: sepatuusang17 on Dec 17, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/02/2013

pdf

text

original

BAB I PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Setiap hari tubuh manusia terpapar oleh Mikro-organisme yang dapat menimbulkan penyakit apabila sistem pertahanan tubuh manusia itu sendiri menjadi lemah. Tetapi, hal itu dapat dicegah dengan memperbaiki sistem pertahanan tubuh manusia. Mikro-organisme yang dapat menyebabkan terjadinya penyakit antara lain adalah bakteri, virus, jamur, dan lain-lain. Namun tidak semua mikro-organisme menyebabkan terjadinya penyakit. Ada sebagian mikro-organisme yang merupakan flora normal yang menempati tubuh manusia. Namun jika di lingkungan lain dalam artian tidak di tempatnya semula, mikro-organisme tersebut berubah menjadi patogen. Flora normal membantu agar pertahanan infeksi jamur dan invasi mikro-organisme lain pada mukosa jaringan menjadi terjaga. Akan tetapi, bakteri yang patogen ataupun ketidakseimbangan bakteri dapat memicu terjadinya infeksi. Bakteri vagina normal ditemukan oleh ahli ginekologi Jerman, Albert Doderlein pada tahun 1892. Bakteri pada vagina normal wanita terutama adalah lactobacilli dan secara umum disebut sebagai flora normal vagina. Jumlah dan jenis bakteri memiliki dampak yang signifikan untuk kesehatan wanita secara keseluruhan. Bakteri ini dan asam laktat yang dihasilkannya, dan bergabung dengan cairan yang dikeluarkan memiliki peranan dalam pertahanan dengan menghasilkan keadaan asam. Normalnya pH vagina sedikit asam, dengan pH 3,8-4,2. pH rendah yang dihasilkan pada epitel vagina ini mencegah pertumbuhan bakteri patogen dan jamur yang berpotensi pathogen Candida albican. Selama masa menstruasi, jumlah flora vagina yang dipantau menurun jumlahnya. Efek dari pemasangan tampon pada flora vagina masih kontroversial, tetapi pemasangan tampon secara steril dan aman nampaknya tidak mempengaruhi keseimbangan asam dalam flora normal tersebut. Bakteri yang dapat ditemukan pada vagina adalah Lactobacillus sp,

Staphylococcus epidermidis, diikuti oleh Staphylococcus aureus, Streptococcus mitis, Enterococcus faecalis dalam jumlah kecil. Namun Staphylococcus aurues dan Enterococcus faecalis cenderung untuk menjadi patogen.

1

1.2 Rumusan masalah Dalam makalah ini, kami akan membahas beberapa masalah mengenai mengenai flora normal, apa itu flora normal dan flora normal apa yang terdapat pada tubuh manusia terutama pada organ vagina, faktor-faktor apa saja yang dapat mempengaruhi keseimbangan flora normal, dan efek apa saja yang di timbulkn oleh flora normal.

1.3 Tujuan 1. Untuk mengetahui apa itu flora normal 2. Untuk mengetahui flora normal pada tubuh manusia terutama pada vagina 3. Untuk mengetahui factor-faktor apa yang mempengaruhi keseimbangan flora normal 4. Untuk mengetahui dampak adanya flora normal pada tubuh manusia

2

D. Hasil penelitian menunjukkan bahwa L. Setiap genus dan spesies memiliki karakteristik yang berbeda tetapi mereka umumnya cocci dirantai atau gram batang berbentuk (+). Streptococcus. 1997) Saat ini penelitian baru menunjukkan bahwa ada cara alternatif menggunakan bakteri asam laktat. terdapat beberapa jalur neonatus. yang menimbulkan sariawan oral. Carnobacterium. yang menimbulkan sariawan oral. Lactococcus. acidophilus juga dapat digunakan sebagai organisme probiotik atau hidup. 1993) L. terdapat beberapa jalur infeksi lain. pakaian dalam yang kotor atau tidak diganti secara 3 . Di samping itu. Infeksi jamur pada organ genitalia maternal merupakan salah satu sumber infeksi bagi neonatus. Genera. Enterococcus dan Sporolactobacillus kemudian dapat dibagi menjadi spesies. acidophilus bersama dengan bakteri asam laktat yang ditambahkan ke dalam susu untuk menurunkan pH. 1992). nonsporulating bakteri yang menghasilkan asam laktat sebagai produk utama atau tunggal metabolisme fermentasi (Salminen & Wright. Bifidobacterium. namun tidak semuanya dapat dipahami (Oriel. terutama L. protein dalam susu rusak dan menggumpal untuk membentuk gel (Vela. acidophilus adalah anggota dari salah satu genus delapan utama bakteri asam laktat. L. 1977). Ketika susu menjadi asam. manfaat kesehatan mengerahkan luar gizi dasar yang melekat (Wood. Lingkungan fisik memungkinkan dan memudahkan orang tertular kontak atau lebih beresiko dengan penyebab penyakit. yang pada saat menelan dalam jumlah tertentu.BAB II TINJAUAN PUSTAKA Lactobacillus acidophilus dan bakteri asam laktat yang penting dalam fermentasi banyak makanan dari produk susu untuk buah-buahan dan sayuran. J. karbon dioksida dan asam laktat (Vela. Infeksi jamur dapat disebabkan oleh air kotor yang digunakan untuk membersihkan vagina. Lactobacillus. Di samping itu. Di samping itu. 1997). acidophilus juga digunakan dalam pembuatan yogurt. Faktor utama penyebab candidosis vagina adalah masalah kebersihan. nonmotile. Fermentasi terjadi ketika bakteri memecah gula dan karbohidrat untuk menghasilkan alkohol. L.acidophilus spesies. Leuconostot. varian dan strain. subspesies.

2007) Staphylococcus epidermidis adalah cocci. Organisme ini menghasilkan glycocalyx "lendir" yang bertindak sebagai perekat mengikuti ke plastik dan sel. 1998) Organisme ini memproduksi lapisan lendir. (Nilsson. lansia.8%). Hal ini sekitar 0. patogen penyebab utama yang menyebabkan infeksi aliran darah (39. K. Karena itu.The S. terdiri dari kelompok sel yang tertanam dalam substansi lendir ekstraselular yang sampai 160 mikrometer tebal. H. 1998) Sebuah studi yang signifikan dari infeksi neonatal dilakukan di Naples antara Januari 1996 dan Desember 1998. infeksi permukaan (29.teratur juga dapat meningkatkan kerentanan terhadap infeksi. et al 1998. dan mereka kateter menggunakan atau peralatan buatan lainnya. beberapa di antaranya dapat bertahan di permukaan yang kering untuk waktu yang lama. Hasil yang ditemukan menunjukkan bahwa dari 184 total infeksi. J.8%). menciptakan penyakit seperti endokarditis. et al. (Nilsson. (Nilsson. Gen icaADBC telah ditemukan untuk kode untuk kedua kapsul polisakarida dan polisakarida intraseluler adhesin digunakan dalam formasi biofilm. 56 secara langsung dikaitkan dengan S.). dan juga menyebabkan resistensi terhadap fagositosis dan beberapa keluarga antibiotics. (Villari. lebih dari 50 sel.5 sampai 1. epidermidis S. khususnya yang berkaitan dengan infeksi benda asing. Ini adalah salah satu patogen utama infeksi nosokomial. Pakaian dalam ketat atau berbahan nilon dapat menyebabkan vagina menjadi lembap sehingga menyediakan lingkungan yang ideal bagi pertumbuhan jamur (Chu. dan meningitis (58. bayi yang baru lahir.3%). individu sehat dapat dimiliki hingga 24 strain dari spesies. 2000) 4 .4%). gram positif koagulase-negatif yang merupakan bagian dari flora normal kami. et al. Dari jumlah tersebut. epidermidis adalah anaerob fakultatif. epidermidis (30. karena membutuhkan sebuah pelanggaran besar dalam pertahanan bawaan tuan rumah.5 mikrometer diameter. Biofilm sebagai tindakan tersebut sebagai penghalang difusi terhadap antibiotik dan pertahanan tuan rumah. Sementara S. epidermidis memberikan kontribusi sekitar 65-90% dari staphylococcus semua pulih dari flora aerobik manusia . et al. Film ini perekat untuk biopolimer hidrofobik dari prosthetics. The biofilm epidermidis S. Tuan rumah untuk organisme adalah manusia dan hewan berdarah panas lainnya. Mereka yang paling rentan terhadap infeksi adalah pengguna narkoba suntikan. Persentase yang diberikan menunjukkan jumlah infeksi yang disebabkan oleh S. epidermidis dari total infeksi tipe itu. tumbuh terbaik pada kondisi aerobik. yang membentuk biofilm hidrofobik. patogen oportunistik benar.

Mikroorganisme yang secara alamiah terdapat di tubuh manusia disebut flora normal atau mikr biota. Flora normal manusia sangat kompleks dan terdiri dari lebih dari 200 jenis bakteri.B B EMB 3. Gambar Penyebaran Flora Normal Pada tubuh manusia 5 . Susunan dari flora normal dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor. akantetapi juga di tubuh manusia. termasuk genetik. o Flora normal tubuh manusia yaitu populasi jasad renik yang mendiami permukaan dalam dan luar dari tubuh manusia. jenis kelamin.1 Flo o m l / Mi obio Normal o m l Tubuh M usi 3.1. dan penerapan prinsip-prinsip kesehatan. kebersihan seseorang. usia.1 Defi i i Fl Mi roorgani me ti ak saja terdapat dan hidup di lingkungan. begitu manusia dilahirkan ia langsung berhubungan dengan mikroorganisme. nutrisi. Tubuh manusia tidaklah steril atau bebas dari mikroorganisme. kondisi hidup.

jika flora tetap berubah. Mikroorganisme sementara (transient flora) Mikroorganisme sementara yaitu mikroorganisme nonpatogen atau potensial patogen yang berada di kulit dan selaput lendir/mukosa selama kurun waktu beberapa jam. 1010 di mulut. Flora normal ini akan mendapatkan makanan dari sekresi dan produk-produk buangan tubuh manusia. dan tubuh memperoleh vitamin atau zat hasil sintesis dari flora normal. faecalis. berbiak dan menimbulkan penyakit. Flora normal yang lainnya bersifat mutualisme. dan 1014 di saluran pencernaan. Mikroorganisme ini umumnya dapat lebih bertahan pada kondisi buruk dari lingkungannya. Penanganan dan memberi makan bayi setelah lahir mengarah pada pembentukan flora normal stabil pada kulit.Dalam rahim. Mikroorganisme tetap/normal (resident flora/indigenous) Mikroorganisme tetap yaitu mikroorganisme jenis tertentu yang biasanya ditemukan pada bagian tubuh dan usia tertentu. demikian juga pada kolonisasi dari permukaan tubuh. hormone.Pityrosporum ovale. Jumlah yang terakhir ini jauh melebihi jumlah sel eukariotik pada semua jaringan dan organ dari manusia. Telah dihitung bahwa pada manusia dewasa sekitar 1012 bakteri pada kulit. saat itulah pertama kali manusia berkontak dengan flora normal yang melewati jalan lahir. Flora sementara biasanya sedikit asalkan flora tetap masih utuh. dan kesehatan umum. Flora normal/tetap yang terdapat pada tubuh merupakan organisme komensal. S. Contohnya : Streptococcus viridans.1. baik jenis ataupun jumlahnya. hari. 2.2 Jeni ikr fl ra Mikroflora pada tubuh berdasarkan bentuk dan sifat kehadirannya dapat digolongkan menjadi 2 yaitu : 1. rongga mulut dan saluran pencernaan dalam waktu sekitar 48 jam. Flora normal tidak tetap pada manusia. jika ada perubahan akan kembali seperti semula. janin steril tetapi ketika air ketuban keluar dan proses persalinan dimulai. 6 . atau minggu. 3. maka flora normal akan melakukan kolonisasi.Candida albicans. Keberadaan mikroorganismenya akan selalu tetap. usia. selalu mengalami fluktuasi yang disebabkan nutrisi.

Flora normal merangsang produksi antibodi alami. 4. - Bila terganggu dari tempatnya.3 Efek Fl ra N r al a. Ini berarti bahwa satu organisme membantu lain untuk tumbuh atau bertahan. Kompetisi untuk nutrisi Bakteri dalam saluran pencernaan harus menyerap beberapa nutrisi inang untuk kebutuhan mereka sendiri. 3. 7 .1. Flora normal dapat menjadi agen penyakit. Flora normal dapat menentang bakteri lain melalui produksi zat yang menghambat atau membunuh spesies patogen. yang dapat diserap sebagai nutrisi inangnya. 5. 2. b.Perbedaan antara Flora menetap dan tidak menetap dapat kita lihat dalam table: Fl ra enetap Fl ra Tidak enetap Komensal (penting bagi tubuh) Memegang peranan tertentu dalam mempertahankan kesehatan dan fungsi normal. 4. 3. Efek menguntungkan secara keseluruhan mikroba adalah sebagai berikut: 1. Flora normal merangsang perkembangan jaringan tertentu yaitu. Flora normal mencegah kolonisasi oleh patogen dengan bersaing untuk situs lampiran atau untuk nutrisi penting. bila flora penghuni terganggu. Efek Merugikan Flora Normal: 1. flora sementara dapat berploriferasi menimbulkan sakit. usus buntu dan jaringan limfatik tertentu di saluran pencernaan. Anggota flora normal dapat menyebabkan penyakit endogen jika mereka mencapai situs atau jaringan di mana mereka tidak dapat dibatasi atau ditoleransi oleh pertahanan hostnya. - Tidak patogen atau cenderung patogen - Hanya dalam waktu tertentu Kurang berarti selama flora penghuni normal utuh. 2. Bakteri sinergisme antara anggota flora normal dan patogen yang potensial. Flora normal mensintesis dan mengeluarkan vitamin yang melebihi kebutuhan mereka sendiri. Induksi dari jumlah Menit toksemia rendah kadar racun bakteri (endotoksin misalnya) dapat ditemukan dalam sirkulasi. maka flora akan segera tumbuh kembali 3.

beberapa patogen manusia yang menjadi anggota flora normal juga dapat berpindah ke individu lain di mana mereka dapat menghasilkan penyakit. 3. yang kemudian dapat menyebabkan sepsis neonatal dan meningitis. Setelah menopause. organisme vagina hadir pada waktu pemberian dapat menginfeksi (misalnya.5 cm dan di belakang 9. Pada masa pubertas. ragi atau berbagai meningkatkan bakteri dalam jumlah dan menyebabkan iritasi dan peradangan. dan kadang-kadang listeria atau spesies Mobiluncus. laktobasilus lagi berkurang jumlah dan flora campuran kembali. sumbunya berjalan kira-kira sejajar dengan arah pinggir bawah simfisis ke promontorium.5. vaginalis Gardnerella. anaerobik streptokokus (peptostreptococci). akan tetapi dapat mengadakan transudasi. Introitus vaginae tertutup pada himen (selaput dara). Vagina berukuran di depan 6. Hal ini tampaknya menjadi mekanisme penting dalam mencegah pembentukan lain. Transfer ke host rentan. Lendir leher rahim mempunyai aktivitas antibakteri dan mengandung lisozim. Pada beberapa wanita. corynebacteria. Jika laktobasilus ditekan oleh pemberian obat antimikroba. Prevotella spesies. Lapisan tidak mengandung kelenjar. laktobasilus aerobik dan anaerobik muncul kembali dalam jumlah besar dan memberikan kontribusi pada pemeliharaan pH asam melalui produksi asam dari karbohidrat. Ini mungkin merupakan faktor predisposisi pada infeksi saluran kemih berulang. Bentuk vagina sebelah dalam yang berlipat-lipat disebut rugae. kelompok B streptococci) baru lahir. mungkin mikroorganisme berbahaya dalam vagina. terutama glikogen. Flora vagina yang normal sering mencakup juga streptococci alfa hemolitik. Epitel vagina terdiri atas epitel skuomosa dalam beberapa lapisan. laktobasilus aerobik muncul dalam vagina dan bertahan selama pH tetap asam (beberapa minggu). introitus vagina berisi flora berat menyerupai bahwa dari perineum dan daerah perianal. Selama proses kelahiran. flora campuran cocci dan basil hadir.2 Fl ra N r al Pada Vagina Vagina menghubungkan genitalia eksterna dengan genitalia interna. Segera setelah lahir. bayi dapat memperoleh streptococci grup B.5 cm. 8 . Clostridia. Flora vagina normal termasuk grup streptokokus B sebanyak 25% dari wanita usia subur. urealyticum Ureaplasma. Ketika pH menjadi netral (tersisa sehingga sampai pubertas).

acidophilus menyeba bkan penurunan yang signifikan di tingkat amina racun dalam darah pasien dialisis dengan pertumbuhan berlebih usus kecil bakteri. acidophilus merupakan bagian dari flora vagina normal. acidophilus dalam vagina bisa membantu untuk mengendalikan pertumbuhan jamur Candida albicans. Beberapa strain L. membersihkan jalan untuk infeksi jamur mungkin. acidophilus adalah spesies homo-fermentasi. L.0) dan memiliki suhu pertumbuhan optimum 30 ° C (86 ° F). fermentasi gula menjadi asam laktat. acidophilus menurunkan kejadian diare anak.1 Lactobacillus acidophilus Klasifikasi ilmiah Kingdom: Bakteri Di isi:Firmicutes Kelas: Basil Order: Lactobacillales Keluarga: Lactobacillaceae Genus: Lactobacillus Spesies: L. thermophilus dan Lactobacillus delbrueckii ssp. Pada tingkat yang cukup makan seharihari. 9 £¢ ¦ ¥ ¤ il £¢ ¡  . dan vagina. Spermisida tertentu dan krim kontrasepsi dapat membunuh bakteri L. L. kadang-kadang bersama-sama dengan ssp S. Strain ini secara komersial digunakan dalam produk susu. Sebuah perpaduan strain probiotik yang mengandung L.2. acidophilus telah dipelajari secara ekstensif untuk efek kesehatan. Asam yang dihasilkan oleh L.lo o m l i 3.acidophilus Gambar Lact acill aci Lactobacillus acidophilus (berarti asam-mencintai-bakteri susu) adalah spesies dalam genus Lactobacillus. salivarius. L. Beberapa strain L. acidophilus terjadi secara alami di mulut manusia dan hewan saluran gastrointestinal. Efek yang menguntungkan yang sama telah diamati dalam kasuskasus infeksi Candidiasis oral atau pencernaan. L. bulgaricus dalam produksi yogurt acidophilustipe. sehingga membantu untuk mencegah infeksi jamur vagina. acidophilus dapat dianggap memiliki karakteristik probiotik. acidophilus dalam vagina.Flo . yang tumbuh mudah di agak rendah nilai pH (di bawah pH 5. L.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of American College of Nutrition melaporkan bahwa yogurt yang mengandung Lactobacillus acidophilus memiliki 10 . Manfaat lain adalah membantu sembelit DNS dan diare.. Kegagalan untuk mencerna laktosa dalam hasil ketidaknyamanan. dan penurunan mungkin kejadian penyakit tertentu. L. acidophilus. Laktase. Ada banyak jenis produk susu fermentasi yang menggunakan L. pasien kadang-kadang diperintahkan untuk mengambil pengobatan L. sementara yang lain. Hal ini juga dapat membantu mengurangi efek samping kemoterapi dan radioterapi. Zat anti mikroba seperti acidolin. Sweet susu acidophilus dikonsumsi oleh individu yang menderita intoleransi laktosa dan pencernaan yang buruk. termasuk infeksi ragi pada saluran pencernaan bagian atas (terutama yang diseba bkan oleh Candida albicans). Juga. acidophilus dapat melindungi tubuh terhadap kanker usus besar. termasuk Acidophilus L. kram dan diare. Sebuah studi University of Nebraska menemukan bahwa pakan dilengkapi dengan L. yang terjadi ketika enzim (laktase) tidak dapat memecah laktosa (gula susu) di dalam usus. Antibiotik digunakan secara langsung juga akan membunuh bakteri menguntungkan. acidophilus dan diberi makan untuk ternak menghasilkan pengurangan 61% dari Escherichia coli. Setelah terapi yang meliputi antibiotik.acidophilus dapat memfasilitasi pencernaan laktosa dalam mata pelajaran laktosaintoleran. beberapa manfaat dari Lactobacillus acidophilus adalah produksi vitamin K. acidophilus sering dijual di toko-toko kesehatan dalam bentuk pil atau bubuk sebagai suplemen gizi. acidophilus juga bermanfaat karena akan memecah molekul-molekul makanan yang rumit yang kemudian mencegah eskalasi bakteri mematikan. acidophilus dapat membantu menurunkan kadar kolesterol serum. Menunjukkan hubungan antara acidophilus L. Ketika organisme seperti lactobacillus acidophilus digunakan medicinally maka istilah "probiotik" digunakan L. dan bakteriosin. Sebuah bagian dari klaim yang mendukung pengobatan tersebut merujuk untuk mencapai berkat pencernaan yang lebih baik untuk flora usus kembali normal. gangguan pencernaan lain. acidophilus dalam rangka recolonize saluran pencernaan. dan sistem melemah kekebalan tubuh. acidlphilin. Yang paling dikenal oleh orang Amerika adalah susu manis dan yogurt acidophilus. Penelitian telah menunjukkan L. L. Untuk itu. lactocidin. pengurangan berikutnya sembelit.

orang yang sensitif laktosa juga mungkin mengalami ketidaknyamanan perut dari produk susu yang meliputi L. usus. aman.potensi untuk mengurangi risiko penyakit jantung koroner dengan 6 sampai 10% dengan mengurangi kadar kolesterol serum. acidophilus juga telah dilaporkan. E s m i a. acidophilus. Meskipun studi yang mengevaluasi dampak dari Lactob acillus acidophilus pada gejala Jepang cedar-serbuk sari mencapai hasil positif. Infeksi katup jantung dengan perbandingan L. e. Beberapa orang mengeluh ketidaknyamanan atau gas. Namun. ini masih perlu penelitian lebih lanjut. konsumsi acidophilus L. acidophilus. Juga. b. Secara umum.2. c. tetapi percaya bahwa risiko mungkin lebih besar pada orang dengan katup jantung buatan. acidophilus: kerusakan usus. Kondisi ini bisa diatasi dengan ingests individu secara kontinyu. sistem kekebalan tubuh yang lemah atau dengan pertumbuhan berlebih dari bakteri . 3. Beberapa wanita telah melaporkan pembakaran vagina setelah menggunakan tablet vagina yang mengandung L. orang dengan kondisi berikut dianjurkan mengambil L.2 Candida albicans Klasifikasi Kingdom : Fungi Phylum : Ascomycota Subphylum : Saccharomycotina Class : Saccharomycetes Ordo : Saccharomycetales Family : Saccharomycetaceae Genus : Candida Spesies : Candida al icans Gambar Candida albicans al icans Sinonim : Candida st llat idea dan Oidi 11  © ¨ § § . d.

C albicans membutuhkan membutuhkan senyawa organik sebagai sumber karbon dan sumber energi untuk pertumbuhan dan proses metabolismenya.kadang sedikit berlipat-lipat terutama pada koloni yang telah tua.5-6. di antaranya agar tepung jagung (corn-meal). agar tajin (rice-cream) atau agar dengan 0. C. Pada medium tertentu. misalnya putih telur. Pada beberapa strain blastospora berukuran besar. licin dan kadang. albicans memperbanyak diri dengan membentuk tunas yang akan terus memanjang membentuk hifa semu. Dalam medium cair seperti glucose yeast. Umur biakan mempengaruhi besar kecil koloni. albicans dilakukan 12 . halus. C. Hifa semu terbentuk dengan banyak kelompok blastospora berbentuk bulat atau lonjong di sekitar septum. umumnya berbentuk bulat dengan permukaan sedikit cembung. berbentuk bulat atau seperti botol. Sel ini dapat berkembang menjadi klamidospora yang berdinding tebal dan bergaris tengah sekitar 8-12 µ. lonjong atau bulat lonjong dengan ukuran 2-5 µ x 3-6 µ hingga 2-5. baik dalam suasana anaerob maupun aerob. dalam jumlah sedikit.Candida albicans merupakan jamur dimorfik karena kemampuannya untuk tumbuh dalam dua bentuk yang berbeda yaitu sebagai sel tunas yang akan berkembang menjadi blastospora dan menghasilkan kecambah yang akan membentuk hifa semu. Jamur ini merupakan organisme anaerob fakultatif yang mampu melakukan metabolisme sel. Sel ragi (blastospora) berbentuk bulat.5. albicans dapat tumbuh pada variasi pH yang luas.1% glukosa terbentuk klamidospora terminal berdinding tebal dalam waktu 24-36 jam. tetapi pertumbuhannya akan lebih baik pada pH antara 4. Warna koloni putih kekuningan dan berbau asam seperti aroma tape. serum atau plasma darah dalam waktu 1 jam -2 pada suhu 37oC terjadi pembentukan kecambah dari blastospora. Morfologi koloni C. albicans pada medium padat agar Sabouraud Dekstrosa. C. Perbedaan bentuk ini tergantung pada faktor eksternal yang mempengaruhinya. albicans tumbuh di dasar tabung. Proses peragian (fermentasi) pada C. Jamur ini dapat tumbuh dalam perbenihan pada suhu 28-37C. extract pepton.5 µ x 5-28 µ . Pada medium agar eosin metilen biru dengan suasana CO tinggi. dalam waktu24-48 jam terbentuk pertumbuhan khas menyerupai kaki laba-laba atau pohon cemara. Pada medium yang mengandung faktor protein. Unsur karbon ini dapat diperoleh dari karbohidrat.

albicans. Pada C. gelap smooth. serologis maupun virulensi.dalam suasana aerob dan anaerob. Dengan metode elektroforesis. Strain yang sama memiliki pola pita kromosom yang sama berdasarkan jumlah dan ukurannya. albicans tersebut dikelompokkan menjadi 6 tipe. Hal ini juga seringkali menjadi dasar perubahan sifat fisiologis. berbentuk bintang. Proses akhir fermentasi anaerob menghasilkan persediaan bahan bakar yang diperlukan untuk proses oksidasi dan pernafasan. Terjadinya mutasi dapat dikaitkan dengan perubahan fenotip. Peristiwa ini merupakan hal yang sering terjadi dan merupakan bagian dari daur hidup normal berbagai macam organisme. Perbedaan strain ini dapat dilihat pada pola pita yang dihasilkan dan metode yang digunakan. albicans dari kasus kandidosis. adisi atau variasi dari pasangan yang homolog. berbentuk seperti roda.7 Mbp. Steven dkk mempelajari 17 strain isolate C. lingkaran. Di perkirakan berkisar antara 0. Frekuensi meningkat oleh mutagenesis akibat penyinaran UV dosis rendah yang dapat membunuh populasi kurang dari 10%.95-5. berupa perubahan morfologi koloni menjadi putih smooth. 17 isolat C. Adanya variasi dalam jumlah kromosom kemungkinan besar adalah hasil dari chromosome rearrangement yang dapat terjadi akibat delesi. karbohidrat dipakai oleh C. berbulu. berbentuk seperti topi. berkerut dan bertekstur lunak. 13 . Pada proses asimilasi. albicans dapat dibedakan dari spesies lain berdasarkan kemampuannya melakukan proses fermentasi dan asimilasi. C. frekuensi terjadinya variasi morfologi koloni dilaporkan sekitar 10-2 sampai 10-4 dalam koloni abnormal. albicans sebagai sumber karbon maupun sumber energi untuk melakukan pertumbuhan sel. berkerut tidak beraturan. Beberapa metode menggunakan Alternating Field Gel Electrophoresis telah digunakan untuk membedakan strain C. Karbohidrat yang tersed dalam larutan dapat ia dimanfaatkan untuk melakukan metabolisme sel dengan cara mengubah karbohidrat menjadi CO2dan H2O dalam suasana aerob. albicans. Pada kedua proses ini dibutuhkan karbohidrat sebagai sumber karbon. Sedangkan dalam suasana anaerob hasil fermentasi berupa asam laktat atau etanol dan CO2.

Infeksi ini terjadi akibat tercemar setelah defekasi. albicans sering ditemukan di dalam mulut. C. Pada saluran pencernaan tampak nekrosis atau ulkus yang kadang kadang sangat kecil sehingga sering tidak terlihat pada pemeriksaan. Pada wanita. feses. Hal ini dapat dipergunakan untuk menilai hasil pemeriksaan bahan klinik. misalnya dahak. albicans dapat berupa peradangan. tetapi yang masih memungkinkan jamur tumbuh. Pada manusia. Kandidosis jantung berupa proliferasi pada katup-katup atau granuloma pada dinding pembuluh darah koroner atau miokardium. yaitu sebagai saproba tanpa menyebabkan kelainan atau sebagai parasit patogen yang menyebabkan kelainan dalam jaringan. dibentuk hifa yang melakukan invasi. yang dapat ditunjukkan pada suatu percobaan di luar tubuh. kulit dan di bawah kuku orang sehat. sebaliknya 14 . Pada kandidosis akut biasanya hanya terdapat blastospora. limpa dan kelenjar gondok. C. urin untuk menunjukkan stadium penyakit. pada stadium lanjut tampak hifa. Mata dan otak sangat jarang terinfeksi. albicans sering menimbulkan vaginitis dengan gejala utama fluor albus yang sering disertai rasa gatal. Alat dalam lainnya yang juga dapat terkena adalah hati. Kelainan jaringan yang disebabkan oleh C. Penyelidikan lebih lanjut membuktikan bahwa sifat patogenitas tidak berhubungan dengan ditemukannya C. baik dalam biakan maupun dalam tubuh. yang dapat hanya mengenai korteks atau korteks dan medula dengan terbentuknya abses kecil-kecil berwarna keputihan. Pada kandidosis sistemik. Rippon (1974) mengemukakan bahwa bentuk blastospora diperlukan untuk memulai suatu lesi pada jaringan. albicans dalam bentuk blastospora atau hifa di dalam jaringan. maka dibentuk hifa. Dengan proses tersebut terjadilah reaksi radang. paru -paru. Bentuk jamur di dalam tubuh dianggap dapat dihubungkan dengan sifat jamur.Pat genita dan Vir len i Bagian Tubuh yang Mungkin Terinfeksi Candida albicans. alat dalam yang terbanyak terkena adalah ginjal. sedang pada yang menahun didapatkan miselium. Pada keadaan yang menghambat pembentukan tunas dengan bebas. tercemar dari kuku atau air yang digunakan untuk membersihkan diri. C. Sesudah terjadi lesi. Manifestasi klinik infeksi C. albicans dapat membentuk blastospora dan hifa. albicans bervariasi tergantung dari organ yang diinfeksinya. Terjadinya kedua bentuk tersebut dipengaruhi oleh tersedianya nutrisi. abses kecil atau granuloma. Kandidosis di permukaan alat dalam biasanya hanya mengandung blastospora yang erjumlah besar.

perawatan bagi pria yang pasangannya menderita candidosis vagina tidak begitu penting. Dermatitis ini tampak melalui iritasi dan hiperaemia yang terjadi dalam beberapa jam atau beberapa hari setelah hubungan seksual. Di samping itu. Dilengkapi Dengan Sikl Setiap wanita memiliki satu pasangan yang aktual atau potensial. yang menimbulkan sariawan oral. bukan tidak mungkin terjadi proses sebaliknya. a a Ink a i ata Cara Pen laran. Di samping infeksi langsung. 15 . Namun demikian. manifestasi lain C.vaginitis Candida dapat menjadi sumber infeksi di kuku. Infeksi jamur pada organ genitalia maternal merupakan salah satu sumber infeksi bagi neonatus. yang menimbulkan sariawan oral. Penularan Candida albicans pada pria diperkirakan sekitar 10%. Di samping itu. terdapat beberapa jalur neonatus. albicans adalah dermatitis tingkat rendah pada penis pria yang berhubungan seksual dengan wanita yang menderita candidosis vagina. Misalnya. Faktor resiko pada pria hampir sama dengan wanita. Pertimbangan tentang natural history candidosis vagina me nyatakan bahwa bila wanita dapat menularkan penyakit ini pada pria. terdapat beberapa jalur infeksi lain. namun angka kejadiannya sangat jarang. yang biasanya tampak sebagai balanitis atau balanoposthitis. Sumber infeksi ini secara normal berasal dari pasangan seksual wanita. kulit di sekitar vulva dan bagian lain. Banyak pria mengembangkan infeksi candida pada genitalia. dan masa inkubasinya 2-3 hari. Berbagai kondisi yang menurunkan keasaman vagina dan dapat meningkatkan resiko terkena infeksi jamur vagina sebagai berikut: y Stress y Kurang tidur y Sakit y Diet yang buruk atua terlalu y Kehamilan y Menstruasi y Menggunakan pil KB y Menggunakan antibiotic y Menggunakan obat-obatan steroid banyak makan makanan mengandung gula Penyakit seperti diabetes yang tidak terkontrol atau infeksi HIV. namun tidak semuanya dapat dipahami. Infeksi dapat pula terjadi melalui hubungan seksual. diabetes melitus meningkatkan kerentanan pria terhadap infeksi jamur sama dengan wanita.

Faktor utama penyebab candidosis vagina adalah masalah kebersihan. Di samping itu. Ketahanan mental-biologik (kebugaran jasmani. Pada wanita.status gizi dan kekebalan biologic) yang memungkinkan dan genetika. Lingkungan fisik memungkinkan dan memudahkan orang tertular kontak atau lebih beresiko dengan penyebab penyakit. parapsilosis. 16 Segala sesuatu yang mengganggu . pakaian dalam yang koto r atau tidak diganti secara teratur juga dapat meningkatkan kerentanan terhadap infeksi. glabrata. Penyebab candidosis vagina ada setidaknya dua komponen. Sekitar 25-30% wanita usia reproduktif memiliki jamur pada vaginanya. Kebudayaan lebih sering berpengaruh pada wanita dengan riwayat infeksi jamur berulang dibandingkan dengan pada wanita tanpa gejala(22% vs 6%) yang akan mengindikasikan bahwa secara kuantitatif. guilliermondii. Lingkungan sosio-kultural yang memungkinkan dan memudahkan o rang tertular kontak atau lebih beresiko dengan penyebab penyakit.umumnya terjadi pada pria. C. yaitu kedatangan fungi pada vagina dan perubahan kondisi biokimia dan imun vagina yang memungkinkan fungi tumbuh pesat dan menimbulkan gejala. Candidosis vagina sangat tidak umum terjadi sebelum menstruasi dan setelah menopause karena tidak diproduksinya estrogen lagi. Dalam keadaan normal tanpa infeksi. tropicalis. Ini mungkin karena candida tidak dapat berkembang biak dengan baik pada lingkungan ini. ketahanan mental. C. C. makin banyaknya organisme jamur menyebabkan seorang wanita cenderung untuk mengalami infeksi berulang. ada 25-30% kejadian dari kolonisasi jamur vagina oleh polimerase chain reaction(PCR) dan tidak berbeda dari wanita yang mengalami infeksi jamur berulang. lactobacillus vaginal melekat pada dinding epitel vagina dan mencegah uropatogen lain menempel. Fungi yang paling umum adalah Candida albicans. status gizi dan kekebalan biologic) yang memungkinkan penyebab penyakit. infeksi lebih sering terjadi karena melemahnya sistem imun. Ada suatu angka kejadian lebih tinggi dari candidosis vagina pada pemakai pakaian dalam yang ketat. status genetika. dan lain-lain. tetapi spesies lain juga menimbulkan gejala seperti C. Bahkan dalam kejadian tanpa gejala. pada wanita usia produktif tanpa infeksi jamur yang baru. Pakaian dalam ketat atau berbahan nilon dapat menyebabkan vagina menjadi lembap sehingga menyediakan lingkungan yang ideal bagi pertumbuhan jamur. Kondisi kedua yang diperlukan untuk pertumbuhan jamur vagina adalah perubahan biokimia vagian. Infeksi jamur dapat disebabkan oleh air kotor yang digunakan untuk membersihkan vagina.

Sekunder dan Tersier) yang memungkinkan dan memudahkan orang tertular kontak atau lebih b eresiko dengan penyebab penyakit. terutama apabila pasien sedang hamil. Krim pengobatan.glabrata sebagai agen yang infeksius dibandingkan C. biasanya dengan jumlah CD4 kurang dari 200 sel/mm3. suppositoria. Asupan yogurt yang terdapat lactobacillus acidophilus 17 . Kadang seorang wanita bisa menderita iritasi vulvovaginitis yang tidak disebabkan oleh infeksi jamur. pasien harus berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.glabrata lebih resisten terhadap berbagai perlakuan. Menggunakan obat-obatan ini secara tidak tepat akan menyebabkan infeksi yang sulit untuk disembuhkan. Bila pasien memutuskan untuk menggunakan obat bebas. atau pernah terkena penyakit infeksi jamur berulang. Kontrasepsi oral hanya mencegah kehamilan. meningkatkan resiko infeksi vagina dan bila jamur yang menjadi patogen ada. namun spesies non-candida albicans sudah mengalami resistensi dan membutuhkan dosis yang lebih tinggi untuk mematikannya. seperti antibiotik. Kegiatan pelayanan kesehatan (Primer. Secara ilmiah diusahakan untuk menerapkan terapi sistemik (oral) pada pasien yang memiliki bloodborne yeast infection seperti AIDS atau berhubungan dengan kemoterapi untuk kanker lebih dibandingkan inducing resistansi organisme pada pengobatan infeksi vaginal.pertumbuhan normal lactobacillus vaginal. Fluconazole cukup efektif. Di samping itu. Salah satu penyebab dari resistansi tersebut disebabkan oleh kemunculan C. Penelitian menunjukkan bahwa 2/3 wanita yang membeli produk-produk ini tidak benar-benar terkena infeksi jamur. Kuman bisa kebal (mempunyai resistansi) terhadap obat-obatan yang biasa dipakai untuk menyembuhkan penyakit tersebut. jamur itu akan melekat di epitel dan menimbulkan gejala. tidak pernah didiagnosa dengan penyakit infeksi jamur sebelunya. Diabetes dan kondisi lain yang menekan sistem imun meningkatkan diabetes. Pasien HIV hanya mengalami peningkatan infeksi jamur bila sistem imun tertekan. baca dan ikuti petunjuknya secara hatihati. Untuk menggunakan obat bebas yang dijual di pasaran.albicans. menggunakan obat-obatan untuk infeksi jamur ketika pasien memiliki infeksi lainnya dapat memperburuk kondisinya. atau perineal pads bisa menimbulkan reaksi alergi atau iritasi yang lebih parah lagi. Beberapa krim dan suppositoria dapat melemahkan kondom dan diafragma. Pengobatan vaginal topical dengan butaconazole lebih diutamakan dibandingkan dengan oral fluconazole sebab bersifat tanpa re sep dan lebih efektif. bukan pemaparan terhadap infeksi jamur. C.

Pada pemeriksaan didapatkan vulva edema. dan sitostatika. dapat meningkatkan kerentanan. Bila hebat seringkali akan mengeluh perasaan panas dan nyeri sewaktu koitus 3. encer. dan penyakit menahun. hiperemia. yaitu bayi dan orang tua. Pada fase patogenesis. kortikosteroid. dan tidak adanya gonorrhea atau vaginosis akibat bakteri.sepertinya tidak mengurangi kejadian candidosis vagina. antara lain kegemukan. Faktor Predisposisi Fisiologis Pada kehamilan. Fa e Prepat gene i . Fa e Pat gene i . Fluor albus berwarna keputih-putihan seperti susu pecah 4. Penyakit tertentu yang diderita. oral kontrasepsi. orang mempunyai kerentanan terhadap infeksi. leukemia. serta iritasi setempat pada tubuh. gangguan gizi. Vagina hiperemia disertai discharge keputihan tebal yang bila diangkat mukosa di bawahnya mengalami erosi. Fase ini dipengaruhi oleh faktor predisposisi fisiologis dan patologis. Suatu studi menemukan bahwa faktor-faktor pembeda terbaik antara lain penggunaan kondom. dan lain-lain. terjadi perubahan hormonal. walaupun mempunyai peran untuk bacterial vaginosis. seperti diabetes melitus. terjadi interaksi antara berbagai faktor determinan penyakit sebelum agen penyakit berinteraksi dengan manusia. Pada fase prepatogenesis. usia muda. dan erosi 5. Meningkatnya produksi estrogen menyebabkan pH vagina menjadi lebih asam dan sangat baik untuk pertumbuhan candida. Pada umur tertentu. terjadi perjalanan penyakit dalam tubuh manusia sehingga muncul berbagai gejala klinis antara lain sebagai berikut: 1. Rasa terbakar pada vagina atau vulva tidak selalu merupakan faktor pembeda untuk vaginitis akibat jamur dan vaginosis akibat bakteri. air. penggunaan antibiotik dalam waktu dekat. kadang-kadang discharge sedikit. Di samping itu. Keadaan umum yang buruk antara lain prematuritas. dan keganasan. Sebagian penderita asimtomatis atau mempunyai keluhan yang sangat ringan disertai perasaan gatal 2. antibiotika. urin. atau seperti normal. PH vagina pada infeksi jamur lebih rendah daripada vaginitis tipe lain 18 . Faktor Predisposisi Patologis. kerentanan juga dipengaruhi oleh penggunaan obat obatan.

Apabila terjadi infeksi berulang.000 unit selama 14 hari. Pengecatan gram untuk menunjukkan jamur adalah metode diagnosis yang tepat seperti kulturnya tetapi ini hanya terjadi pada pasien simtomatik karena adanya latar belakang positif pada wanita tanpa problem jamur. Seorang wanita dapat menunjukkan ekskret keputihan atau kekuningan yang tidak encer atau seperti keju. Infeksi vagina yang tidak diobati dapat berlangsung bertahun-tahun. dengan atau tanpa gejala. Upaya pencega an dan peng atan Pengobatan penyakit ini menggunakan antimikotik topikal seperti nistatin 100.dan biasanya sekitar 3. mikonasol 100 mg selama 7 hari. hubungi dokter. Gatal-gatal dan rasa panas (terbakar) pada vulva tidak selalu terjadi atau bahkan kemerahan dan membengkak. Fa e C nvale cen e. Normalnya. Hal ini disebut Recurrent Vulvovaginal Candidiasis (RVVC). Pengobatan suportif dapat dilakukan dengan menghilangkan faktor-faktor prediposisi. tergantung pada jenis peradangannya. dan klotrimasol 100 mg selama 7 hari. serta antimikotik sistemik seperti ketokonazol dengan dosis 2 x 100 mg selama 10-15 hari. penyebaran infeksi ini dapat dicegah dengan cara tidak berhubungan seksual atau 19 .2.5. Pemeriksaan apusan dapat akurat apabila baik hifa dan spora terlihat tetapi degnan hasil negatif. RVVC umum terjadi pada wanita dengan diabetes atau sistem imun yang lemah. hal ini diatasi dengan obat antijamur selama sampai enam bulan. Kemungkinan hasil akhir perjalanan penyakit ini adalah sembuh total atau sembuh dengan gejala sisa. Perawatan yang tepat mapu menyembuhkan 90% dari infeksi vagina dalam dua minggu atau kurang (biasanya hanya dalam beberapa hari). Fase convalescense merupakan proses penyembuhan yang mempengaruhi kemungkinan keluaran hasil akhir dari perjalanan sakit. Sekitar 5 % wanita terkena infeksi jamur vagina empat kali atau lebih setiap tahun. Upaya Pencega an Pri er. tetapi yang paling sering di bawah 4. Upaya Pencega an a. Karena Candidosis vagina dapat ditularkan melalui hubungan seksual.8-4.

Canesten). cepat ganti pakaian yang kering daripada duduk dengan pakaian renang yang basah dalam waktu yang lama. Tujuan terapi adalah untuk mengurangi jumlah organisme jamur dan melindungi jaringan vulva sehingga menggaruk dan menggosok tidak akan merusak kulit dan menyebabkan infeksi bakteri perineal sekunder. b. hindari pakaian dalam dari nilon. dokter akan melakukan pemeriksaan ginekologi dan memeriksa organ genitalia eksterna. Topical imidazoles cocok untuk jamur vagina. dapat dilakukan d engan menjaga area sekitar genitalia bersih dan kering. tioconazole(GyneCure) and terconazole (Terazole). T. vagina. Ganti pembalut secara teratur. atau suppositoria. Obat-obatan ini termasuk butoconazole (FemStat). Mycelex ) intravaginal untuk 3 hari adalah salah satu pilihan obatnya. Seseorang akan dinyatakan suspect Candidosis Vagina bila terjadi inflamasi pada vagina. nystatin (sold under several brand names). Butoconazole dan itraconazole memiliki aktivitas terbaik dalam tes pipet melawan bermacam-macam jamur dan organisme fungi yang lain. vagina spray. Setelah pasien menjelaskan gejala-gejala yang timbul. dan cervix untuk melihat adanya inflamasi atau ekskret abnormal. Setelah berenang. Pencegahan terjangkitnya Candidosis Vagina. Di samping itu. Micozole). Oral fluconazole (Diflucan Oral) juga dapat digunakan dalam dosis ringan. Monazole. miconazole (Monistat. Gejala terbakarnya vulva karena alkohol dan produk toksik yang dimetabolis oleh jamur dari karbohidrat tubuh. penderita pria juga dapat menggunkaan kondom lateks selama hubungan seksual. Banyak spesies jamur yang tahan terhadap bermacam-macam perawatan topis dan Butoconazole lebih direkomendasikan berdasarkan beberapa pembelajaran lebih lanjut. clotrimazole (Clotrimaderm. terdapat ekskret putih dari vagina.pengobatan pada pasangan seksual biasanya tidak direkomendasikan. salep. Upaya Pencega an Sek nder. dan di sekeliling vagina.hanya berhubungan seksual dengan satu pasangan yang tidak terinfeksi. Candidosis Vagina dapat diatasi dengan obat antijamur yang bekerja secara langsung pada vagina sebagai tablet. 20 . Gunakan pakaian dalam dari katun yang longgar dan menyerap keringat. Dokter mungkin akan mengambil sampel ekskret vagina untuk diperiksa dengan mikroskop di laboratorium. Hindari sabun yang dapat menyebabkan iritasi. dan semprotan air. dengan atau tanpa spermatisida. Butoconazole (Femstat®. krim.

Kadang-kadang infeksi jamur ini hilang. Ini lebih efektif daripada fluconazole (Diflucan®) untuk banyak spesies. glabrata yang telah resisten terhadap terapi standar lainnya. Minyak pohon teh terbukti efektif melawan jamur dalam konsentrasi 0. 3. Terconazole(Terazole®) umumnya menggunakan resep terapi jika terapi awal tidak bekerja. Asam Borat vaginal suppositoria yang digunakan 600 mg/hari untuk 10 hari 80% efektif untuk C. 5. 2. tetapi hal ini selalu membutuhkan terapi singkat untuk mengurangi jumlah jamur yang ada. 21 . Tidak memakai pakaian dalam berbahan nilon yang menyebabkan daerah genitalia menjadi lembab dan meningkatkan resiko infeksi berulang. cerevisiae lebih resisten terhadap clotrimazole and ketoconazole. Upaya ini dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut: 1. dan sosial penderita setelah proses penyakitnya dihentikan. Terapi mental dan social Jamur vagina dapat bersifat lembam tanpa gejala apapun. 4. tidak ada yang mempelajari berapa lama rangkaian alami dari candidosis vagina. Ini mungkin pengaruh dari pembersihan cairan vagina. Biasanya tidak terjadi infeksi jamur sekaligus bacterial vaginosis. Melatih masyarakat yang pernah terjangkit Candidosis Vagina untuk terbiasa berperilaku hidup sehat.glabrata dan S. Menjaga kebersihan individu dan lingkungan untuk mencegah pertumbuhan jamur yang dapat menyebabkan infeksi. krusei lebih resisten terhadap nystatin and flucytosine. Pencegahan tersier bertujuan untuk mengembalikan fungsi mental. fisik. sedangkan C. Karena gejala terbakar dapat timbul sangat hebat. tetapi kadang-kadang terjadi dengan infeksi bacterial vaginosis berulang. Infeksi jamur vagina selama kehamilan tidak dikaitkan dengan preterm labor. c. Terapi minyak esensial dapat juga digunakan untuk terapi jamur vagina. Menjaga pola makan sesuai dengan standar kesehatan untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Upaya Pencega an Ter ier.5%-2%.

khususnya pada pasien yang sangat muda. Epidermidis berwarna abu-abu sampai putih pada isolasi pertama. berpasangan. menonjol. Staphylococcus tidak bergerak dan tidak membentuk spora. Pada biakan cair tampak juga kokus tunggal. sedangkan pada biakan yang lebih tua. tetapi membentuk pigmen paling baik pada suhu kamar (20 0C). Stafilokokus terbagi menjadi 2.2. Staphylococcus mudah tumbuh pada kebanyakan pembenihan bakteri dalam keadaan aerobik atau mikroaerofilik.3 Staphylococcus epidermidis Klasifikasi Kingdom : Protista Divisi : Schi ophyta Class : Schyzomycetes Ordo : Eubacteriales Famili : Enterobacteriaceae Genus : Staphylococcus Spesies : Staphyl coccus epidermidis Gambar Staphylococcus epidermidis Staphylococcus adalah sel-sel berbentuk bola dengan garis tengah sekitar 1 µm dan tersusun dalam kelompok -kelompok tak beraturan. berbentuk tetrad. Salah satu contoh dari Stafilokokus koagulase negatif adalah Staphylococcus epidermidis. Pigmen tidak dihasilkan pada biakan anaerobik atau kaldu.3. Staphylococcus koagulase negative merupakan flora normal manusia dan kadang kadang menyebabkan infeksi. seringkali berkaitan dengan alatalat yang ditanam. Koloni S. Koloni pada perbenihan padat -25 berbentuk bundar. Kokus muda bersifat gram positif kuat. banyak koloni memb entuk pigmen hanya bila dieramkan. Terdapat dalam tanah maupun dalam udara dan sebagian 22  . koagulase positif dan koagulase negatif. halus. dan dengan fungsi imun yang terganggu. dan berkilau. dan berbentuk rantai. tua. Mo olo i Merupakan suatu golongan bakteri yang menunjukkan sifat sifat yang mendekati fungi / bakteri. Bakteri ini tumbuh paling cepat pada suhu 370C. banyak sel menjadi gram negatif.

Mereka tumbuh cepat pada agar darah dan media lainnya nonselektif dan laboratorium. anak-anak yang baru lahir. Epidermidis dalam bahan klinis dapat diberhentikan sebagai kontaminasi. Spesies terakhir kini dinamai Staphylococcus epidermidis. epidermidis kecil (~1pM diameter). sekarang salah satu agen yang paling penting dari infeksi nosokomial terutama pada individu dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah. maka mereka disebut staphylococcus koagulase-negatif dibandingkan dengan Staphylococcus_aureus koagulase-positif Staphylococcus aureus. S. Koloni berwarna (tergantung substraknya). epidermidis yang menyebabkan penyakit dan strain yang hanya kontaminan. Pada miring atau budaya padat koloni bakteri sering putih atau krem. Sementara di saat-saat tertentu S. epidermidis Yang menyebabkan penyakit ketegangan dan Yang Hanya kontaminan. 23 .parasit pada tumbuhan tingkat tinggi. resisten terhadap penisilin dan streptomisin. mempunyai bau tanah. berpasangan. epidermidis tidak menghasilkan enzim (koagulase) yang mengental darah. dan orangorang dengan perangkat medis implan. sekarang salah satu agen yang paling penting dari infeksi nosokomial terutama pada individu dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah. S. Kloos dan Schleifer kemudian merancang skema di mana staphylococcus koagulase-negatif dapat dengan mudah dibedakan menjadi spesies dengan menggunakan karakteristik biokimia. Peran dala penyakit Sedangkan pada satu waktu tampilan S. S. atau dalam rantai pendek dan memiliki kecenderungan yang kuat untuk membentuk kelompok. anak-anak yang baru lahir. maka nama-Staphylococcus dari staphyl Yunani (tandan buah anggur) dan coccos (granula). seperti Staphylococcus aureus. tidak hemolitik pada pelat darah-agar. bakteri gram positif yang muncul sebagai individu (organisme bulat) cocci bawah mikroskop. Mereka terjadi sendiri sendiri. Pada tahun 1884. Rosenbach menggambarkan dua jenis koloni berpigmen dari staphylococcus dan mengusulkan tata nama yang tepat: Staphylococcus aureus (kuning) dan Staphylococcus albus (putih). Selain itu. Hal ini sering sulit bagi mikrobiologi klinik dan dokter yang merawat untuk membedakan antara strain S. dan orang-orang dengan perangkat medis implan. epidermidis dalam bahan klinis dapat diberhentikan sebagai kontaminasi. Hal ini sering sulit bagi mikrobiologi klinik dan dokter yang merawat untuk membedakan antara strain S.

epidermidis menyebabkan penyakit pada manusia. Sedikit yang diketahui tentang bagaimana S. biasanya sebagai akibat dari kateter di pembuluh darah. itu paling sering menyebabkan kondisi klinis berikut: epidermidis menyebabkan penyakit pada manusia. epidermidis dilindungi terhadap serangan dari sistem kekebalan tubuh dan melawan perlakuan antibiotik. Sebuah bakteri terkait Staphylococcus aureus menyebabkan keracunan makanan . 2. epidermidis juga bertanggung jawab atas banyak kasus akhir-onset sepsis pada bayi baru lahir. S. epidermidis infeksi sulit dihentikan. K ndi i Klini Ketika S. Membuat S. S. epidermidis menyebabkan penyakit pada manusia. Sebuah bakteri Staphylococcus aureus terkait penyebab keracunan makanan. Aliran darah infeksi 24 .Bakteri ini bertanggung jawab atas meningkatnya jumlah infeksi antara pasien rumah sakit yang sistem kekebalan tubuh melemah. S. itu paling sering menyebabkan kondisi klinis berikut: 1. Infeksi seperti ini sering terjadi karena bakteri dilakukan dari permukaan kulit untuk jaringan yang lebih dalam dan darah aliran oleh penyisipan kateter vena atau peritoneal dialysis kateter. Aliran darah infeksi pada orang dengan sistem kekebalan yang lemah (walaupun hasil infeksi tersebut mungkin tidak serius. membuat S. infeksi kulit dan sering bisa resisten terhadap antibiotik banyak. infeksi kulit dan sering bisa resisten terhadap banyak antibiotik. Infeksi seperti ini sering terjadi karena bakteri dilakukan dari permukaan kulit untuk jaringan yang lebih dalam dan aliran darah dengan penyisipan kateter vena atau kateter dialisis peritoneal. pada orang dengan sistem kekebalan tubuh yang sehat. Karakteristik dari banyak strain mikroba ini adalah produksi dari kapsul atau lendir yang dihasilkan dalam pembentukan sebuah biofilm . Dalam sebuah biofilm. Infeksi aliran darah. epidermidis dilindungi terhadap Serangan Dari sistem kekebalan tubuh dan antibiotik Melawan pengobatan. Bakteri ini bertanggung jawab untuk semakin banyak infeksi antara pasien rumah sakit yang sistem kekebalan tubuhnya melemah. epidermidis juga bertanggung jawab atas banyak kasus akhir-onset sepsis pada bayi baru lahir. Sedikit Yang diketahui Tentang bagaimana S. biasanya sebagai akibat dari kateter di pembuluh darah. epidermidis infeksi Very dihentikan. pada orang dengan sehat sistem kekebalan tubuh. Infeksi aliran darah. When S.

Cairan fluid (CSF) shunt infection.pada orang dengan sistem kekebalan yang lemah (walaupun hasil infeksi tersebut mungkin tidak serius. 11. Fluida (CSF) Cerebrospinal shunt infeksi. Endokarditis. epidermidis. 9. Kasus S. epidermidis resisten terhadap vankomisin sekarang muncul dan antibiotik lainnya seperti linezolid dan quinupristin / dalfopristin mungkin perlu digunakan. Infeksi pada persendian prostetik . dan prostetik (buatan) katup jantung dan sendi. pengobatan yang efektif biasanya memerlukan penghapusan perangkat medis implan yang terinfeksi dengan S. terutama setelah operasi mata. Endokarditis . Pencega an dan Peng batan S. Infeksi pada anak-anak baru lahir. 25 . 10. terutama dengan berdiamnya kateter kemih atau saluran kemih komplikasi. Infeksi cangkokan vaskular (tabung dimasukkan ke dalam pembuluh darah untuk melewati daerah sumbatan atau kerusakan). Mata infeksi. 5. 3. atau infeksi baik asli jantung katup (katup jantung kita dilahirkan dengan) atau palsu (buatan) katup jantung. rifampisin. Infeksi payudara. Mata infeksi. Infeksi pada anak baru lahir. 4. Infeksi implan payudara. Kateter infeksi peritoneal dialisis. Infeksi pada jantung alat pacu jantung atau atau implan cardioverterdefibrillator Infeksi pada jantung atau alat pacu jantung atau implan cardioverter-defibrillator. epidermidis biasanya bakteri resisten terhadap antibiotik banyak. Kateter dialisis peritoneal infeksi. seperti vankomisin. 6. 7. Selain itu. seperti berdiamnya kateter vena. 8. atau infeksi kedua katup jantung asli (katup jantung kita dilahirkan dengan) atau palsu (buatan) katup jantung. dan kuinolon yang lebih baru seperti gatifloksasin dan moksifloksasin. terutama dengan berdiamnya kateter kencing atau komplikasi saluran kemih. terutama setelah operasi mata. Infeksi pada sendi prostetik. Infeksi cangkokan vaskular (tabung dimasukkan ke dalam pembuluh darah untuk melewati daerah sumbatan atau kerusakan). Infeksi Saluran Kemih. Kebanyakan infeksi memerlukan pengobatan dengan antibiotik yang efektif. Infeksi Saluran Kemih .

Pada vagina kita Lact acill s acidophil s Pada keadaan normal flora normal member kontribusi pada tubuh manusia tetapi jika terjadi perubahan keseimbangan maka flora ini dapat menimbulkan penyakit. 4. kami menyadari bahwa masih banyak kekurangan dalam penyajian isi makalah. 26 % dapat menemukan flora normal diantaranya St " $#!" !    l i i i . Pada tubuh manusia banyak sekali bagian tubuh yang di diami oleh flora normal.2 Saran Dalam penyusunan makalah ini. Candida al i ans. salah satunya pada bagian vagina.BAB IV PENUTUP 4.1 Ke i p lan Flora normal tubuh manusia merupakan populasi jasad renik yang mendiami permukaan dalam dan luar dari tubuh manusia. saran yang membangun sangat kami harapkan untuk melenkapi dan menyempurnakan makalah ini. &  % . Untuk itu.

2005. Indan.Mikrobiologi Kedokteran.Mikrobiologi dan parasitologi untuk akademi keperawatan dan sekolah tenaga kesehatan yang sedarajat.com/kesehatan/kehamilan/bakteri-vaginosis.2003. dkk.Bandung:Citra Aditya Bakti F.html#ixzz18BvlUy9g 27 .Jakarta:Salemba http://keluargacemara. Brook.Daftar Pustaka Enjtang.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->