GARIS-GARIS BESAR PROGRAM PENGAJARAN

JUDUL MATA KULIAH NOMOR KODE / SKS DESKRIPSI SINGKAT : : : FISIKA DASAR FIS 101 / 3(2-3) Mata kuliah Fisika Dasar ini diberikan di TPB untuk membekali seluruh mahasiswa dengan kompetensi umum lulusan IPB. Materi mata kuliah ini adalah Mekanika, Gelombang, Termodinamika, Listrik Magnet dan Fisika Modern. Penyajian mata kuliah ini tidak membutuhkan latar belakang matematika yang kuat sehingga diharapkan dapat dicerna dengan baik oleh seluruh mahasiswa dari berbagai jurusan. Dalam penyajiannya akan dijelaskan tentang konsep-konsep dasar fisika dalam bentuk sederhana diikuti dengan contoh-contoh soal dan aplikasinya dalam berbagai bidang, sehingga diharapkan dapat menyiapkan mahasiswa untuk mampu menggunakan fisika dalam profesi dan kehidupan sehari- harinya. Setelah mengikuti perkuliahan ini, diharapkan mahasiswa memakai berbagai formulasi fisika untuk memecahkan masalah fisika sederha na dan menerapkan dalam berbagai bidang lain. Sub Pokok Bahasan Est. Waktu
100

TUJUAN INSTRUKSIONAL UMUM

:

No.

Tujuan Instruksional Khusus
Setelah mengikuti tatap muka, mahasiswa dapat - menjelaskan peranan ilmu fisika dalam kehidupan

Pokok Bahasan

Daftar Kepustakaan
1: 1-11

1.

Peranan Ilmu Fisika dalam Kehidupan

2.

- menentukan besaran-besaran kinematika (posisi, kecepatan dan percepatan) dalam satu dimensi untuk fungsi-fungsi yang sederhana

Kinematika

-

Sain dan kreativitas Fisika dan relasinya dengan bidang lain Model, teori dan hukum Pengukuran dan satuan Posisi, kecepatan dan percepatan sebagai fungsi dari waktu - Kecepatan dan Perubahan posisi - Percepatan dan Perubahan kecepatan - Aplikasi Model Kinematika pada Bidang Lain

100

1: 18-46 2: 21-52

. momen gaya. kecepatan sudut) dan besaran-besaran gelombang (amplituda. Gaya Normal dan Gaya Gesekan Aplikasi Model Hukum II pada Bidang Lain Kerja Energi Kinetik dan Energi Potensial Kekekalan Energi Mekanik Momentum Kekekalan Momentum Kekekalan Energi dan Momentum pada Tumbukan Aplikasi Konsep Energi dan Momentum pada Bidang Lain Densitas dan tekanan Prinsip Pascal dan Prinsip Archimedes Persamaan Bernoulli Besaran-besaran Angular Analogi gerak rotasi dengan gerak translasi Aplikasi pada Bidang Lain Gerak Harmonik Sederhana Gerak Harmonik Teredam Resonansi Gerak Gelombang Tipe-tipe Gelombang Refleksi dan Interferensi Gelombang Gelombang Berdiri Karakteristik Bunyi Intensitas Bunyi Efek Doppler Aplikasi dalam Berbagai Bidang 100 1: 74-106 2: 87-154 100 1: 137-192 2: 155-260 100 1: 193-294 2: 210-339 2: 383-424 100 1: 295-354 2: 425-559 . perioda. perioda.menentukan besaran-besaran fluida (kecepatan aliran.3. . . kekentalan) dan besaran-mesaran benda tegar (momen inersia. ketinggian. Gelombang dan Bunyi Vektor Gaya dan Penjumlahan Gaya Hukum I Newton Massa Hukum II Newton Hukum III Newton Gaya Gravitasi. kecepatan dan waktu) dengan menggunakan konsep energi dan momentum Energi dan Momentum - 5. panjang gelombang) Fluida dan Benda Tegar Getaran.menentukan besaran-besaran vibrasi (amplituda frekuensi. 6. kecepatan sudut. tekanan.menentukan besaran-besaran mekanika (massa. massa dan percepatan) untuk persoalan dinamika dengan gaya tetap Dinamika 4.menentukan besaran-besaran dinamika (gaya. frekuensi. titik berat) .

7. . kerja dan transfer kalor dengan menggunakan hukum-hukum termodinamika . kalor jenis.menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan lingkar arus searah Arus Listrik dan Lingkar Arus Searah 11 .menyelelesaikan masalah yang berkaitan dengan medan dan gaya magnetik Medan dan Gaya Magnetik Suhu dan Pemuaian Tegangan Termal Hukum-hukum Gas dan Suhu Mutlak Teori Ekipartisi Kalor dan Panas Jenis Kalorimetri Transfer Kalor (Konduksi. kalor.menyelesaikan persoalan yang berkaitan dengan energi dalam. medan dan potensial listrik Hukum-hukum Termodinamika 9. .menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan muatan. Medan dan Potensial Listrik - 10 . Muatan.menentukan besaran-besaran termodinamika (suhu. konduktivitas) Suhu dan Kalor 8. Radiasi dan Konveksi) Aplikasi dalam Berbagai Bidang Hukum Pertama Termodinamika Hukum Kedua Termodinamika Mesin Kalor dan Mesin Pendingin Entropi dan Hukum Kedua Ketersediaan Energi dan Hukum Kedua Aplikasi dalam Berbagai Bidang Muatan Listrik dan Hukum Coulomb Medan Listrik Potensial Listrik dan Hubungannya dengan Medan Listrik Kapasitor dan Dielektrik Aplikasi dalam Berbagai Bidang Arus Listrik Hukum Ohm Resistivitas Daya Listrik Rangkaian Hambatan (Seri dan Paralel) Hukum-hukum Kirchhoff Penyelesaian Masalah Lingkar Arus Searah Aplikasi dalam Berbagai Bidang Medan Magnet Medan Magnet dan Muatan Bergerak Medan Magnet dan Arus Listrik Aplikasi dalam Berbagai Bidang 100 1: 365-423 2: 560-650 100 1: 424-454 2: 597-688 100 1: 455-502 3: 3-34 3: 73-136 100 1: 503-557 3: 137-208 100 1: 558-588 3: 209-278 .

Jilid 1.menyelesaikan masalah optika sederhana berkaitan dengan lensa dan cermin Optika 14 .menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan induksi elektromagnetik dan arus bolak balik Induksi Elektromagnetik dan Arus Bolak Balik 13 . Erlangga. Tipler. Giancoli. Edisi Ketiga. Edisi Ketiga.12 . P. New Jersey 2. Jilid 2. Prentice Hall. Principles with application. 1991. Erlangga. Fisika untuk Sains dan Teknik.A.menentukan besaran-besaran fisis dalam fenomena yang berkaitan dengan kecepatan yang sangat tinggi dan/atau dimensi ruang yang sangat kecil Fisika Modern - GGL Terinduksi Hukum Faraday Generator Listrik Transformator Rangkaian RLC seri Aplikasi dalam Berbagai Bidang Cahaya Pembiasan dan Pemantulan Cermin dan Lensa Kamera Mata Manusia dan Lensa-lensa Pengoreksi Kaca Pembesar Teleskop Mikroskop Aplikasi dalam Berbagai Bidang Teori Relativitas dan Aplikasinya Teori Kuantum Pendahuluan dan Model Atom Mekanika Kuantum dari Atom Molekul dan Zat Padat Fisika Nuklir dan Radioaktivitas Energi Nuklir Aplikasi dalam Berbagai Bidang 100 1: 589-624 3: 279-322 3: 347-430 100 1: 644-678 1: 710-742 3: 431-536 100 1: 742-909 3: 580-664 Referensi: 1. Fisika untuk Sains dan Teknik. Physics. Jakarta 3.A.C. P. 1991. Tipler. Jakarta . 1995. Fourth Edition. D.

GARIS-GARIS BESAR PROGRAM PENGAJARAN JUDUL MATA KULIAH NOMOR KODE / SKS DESKRIPSI SINGKAT : : : PRAKTIKUM FISIKA DASAR FIS 101 / 3(2-3) Praktikum Fisika Dasar ini diberikan di TPB untuk melengkapi perkuliahan Fisika Dasar sehingga fenomena fisis yang sedang dipelajari dalam perkuliahan dapat langsung diamati dalam praktikum ini. Waktu 180 TUJUAN INSTRUKSIONAL UMUM : No. mahasiswa dapat .mengolah data pengamatan sesuai dengan kaidah-kaidah ilmiah yang ada dan memberikan uraian tentang hasil yang didapatkannya tersebut. Praktikum Pendahuluan 3.menyebutkan alat-alat praktikum yang akan digunakan dalam satu semester .Menentukan besaran-besaran kinematika dan dinamika dengan menggunakan mesin Atwood Pokok Bahasan Daftar Kepustakaan Buku pedoman praktikum Fisika idem 1. Pengukuran dan Kesalahan 2.menggunakan berbagai alat ukur dasar dengan lancar dalam setiap praktikum .menunjukkan sikap jujur. disiplin dan kerja keras dalam setiap praktikum . Sub Pokok Bahasan Est. Selain itu dengan praktikum ini diharapkan mahasiswa dapat meningkatkan ketrampilan afektif dan psikomotoriknya sebagai calon sarjana. Tujuan Instruksional Khusus Setelah mengikuti praktikum ini.menentukan hasil pengukuran beserta kesalahannya .menggunakan alat-alat ukur dasar . Setelah mengikuti praktikum ini diharapkan mahasiswa dapat . Mesin Atwood - Pengukuran tunggal dan kesalahannya Pengukuran berulang dan kesalahannya Penjalaran kesalahan Alat-alat ukur dasar Perangkat praktikum mekanika Perangkat praktikum termodinámika Perangkat praktikum getaran dan gelombang Perangkat praktikum listrik-magnet Gerak Lurus Beraturan pada Mesin Atwood Gerak Lurus Berubah Beraturan pada Mesin Atwood 180 180 idem .

Fisika untuk Sains dan Teknik.Menentukan hambatan dengan menggunakan hukum Ohm . Dept. 2004. 1991. D. Buku Pedoman Praktikum Fisika Umum – B. Edisi Ketiga. Fourth Edition. Bogor 2.Menentukan besaran-besaran kinematika dan dinamika dengan menggunakan bidang miring . 1991.4. Fisika untuk Sains dan Teknik. Physics. 1995. 5.A. Edisi Ketiga. Tim Dosen Fisika.Koefisien gesekan kinetik Penentuan konstanta pegas dengan cara statik Penentuan konstanta pegas dengan cara statik Zat padat dalam zat cair dengan ρ padat > ρ cair Zat padat dalam zat cair dengan ρ padat < ρ cair Rangkaian dengan R paralel dengan Voltmeter Rangkaian dengan R seri dengan Amperemeter Besi Alumunium Tembaga Indeks bias zat cair Indeks bias zat padat Spektra Hidrogen Spektra Air Raksa Spektra Argon 180 idem Pegas dan Getaran Selaras Hukum Archimedes 180 180 idem idem Hukum Ohm Muai Panjang Logam 180 180 idem idem 9 10 Indeks Bias Karakteristik Spektra 180 180 idem idem Referensi: 1. Erlangga. Jakarta .A. Fisika FMIPA IPB. Jilid 2. Erlangga.Menentukan massa jenis zat dengan menggunakan hukum Archimedes . Prentice Hall.Menentukan besaran-besaran gerak selaras pada pegas .Menetukan koefisien muai panjang logam . 6.C.Menentukan panjang gelombang spektra emisi suatu gas Bidang Miring . P. P. Jilid 1. Jakarta 4 Tipler.Koefisien gesekan statik .Menentukan indeks bias zat . Giancoli. 7 8 . New Jersey 3 Tipler. Principles with application.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful