P. 1
makalah metode pembelajaran

makalah metode pembelajaran

|Views: 1,106|Likes:
Published by Tatak Adi Naluri

More info:

Published by: Tatak Adi Naluri on Dec 17, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/12/2013

pdf

text

original

BAB I PENDAHULUAN

A.

Latar Belakang Ilmu pengetahuan dalam dunia pendidikan terus berkembang seiring berjalannya waktu. Kita harus bisa mengimbangi perkembangan tersebut. Sebagai mahasiswa kependidikan dan khususnya sebagai calon guru kita hendaknya memiliki banyak pengetahuan. Bukan hanya memiliki banyak pengetahuan yang dibutuhkan, tetapi cara penyampaian juga sangat mempengaruhi. Percuma jika memiliki pengetahuan luas tetapi ilmu tersebut tidak dapat disalurkan kepada orang lain. Oleh karena itu kita membutuhkan metode yang tepat untuk menyampaikan pengetahuan yang kita miliki. Penggunaan metode pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik pengajaran yang baik menjadi suatu keharusan bagi setiap guru. Dalam suatu pembelajaran pastilah diperlukan suatu metode. Metode adalah cara yang digunakan oleh guru dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar IPA di kelas sebagai upaya untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Karena dengan penggunaan metode yang tepat dapat menentukan keberhasilan pemahaman peserta didik. Berdasarkan latar belakang tersebut maka saya mencoba menyusun sebuah makalah dengan judul “Metode Pembelajaran IPA SMP Kelas VII Tentang Gerak Tumbuhan” dengan harapan agar mahasiswa didik lebih mengerti mengenai metode-metode yang digunakan dalam pembelajarannya.

karena penggunaan metode yang tepat mempengaruhi keberhasilan pemahaman peserta didik dalam proses belajar mengajar. maka diharapkan nantinya mahasiswa kependidikan mampu menggunakan metode pembelajaran yang tepat dengan bahan ajar yang hendak diajarkan. Tujuan Penulisan Tujuan dari pembuatan makalah ini adalah agar mahasiswa mampu memahami tentang berbagai metode pembelajaran yang dapat digunakan dalam proses belajar mengajar. Manfaat Makalah ini diharapkan dapat menambah pengtahuan pada mahasiswa kependidikan sebagai calon guru untuk dapat memilih metode yang paling tepat untuk membantu penyampaian bahan ajar.B. Dengan mengetahui metode pembelajaran yang digunakan. . C.

Tanggapan ini dapat beraupa gerak berpindah tempat maupun berupa gerakan dari bagianbagian tubuh tumbuhan itu sendiri. Namun demikian. gerakan sulur membelit. gerakan akar menembus tanah.BAB II PEMBAHASAN Gerak Pada Tumbuhan Tumbuhan tidak memiliki sistem saraf dan indra seperti pada hewan dan manusia. gaya tarik bumi. Gerakan yang mendekati arah rangsangan merupakan gerak positif. Ada pula tumbuhan yanga peka terhadap sentuhan dan zat kimia. tidak berarti tumbuhan tidak peka terhadap rangsangan dari luar. Pecahnya buah polongpolongan yang sudah kering. Setiap rangsangan yang mengenai tumbuhan akan ditanggapi oleh tumbuhan. AUTONOM/ENDONOM . Gerak pada tumbuhan terbatas pada bagian tertentu dari tubuh tumbuhan. Sedangkan gerak yang menjauhi rangsangan merupakan gerakan negatif. Adanya impuls yang dating dari luar dan dalam tumbuhan yang masuk melalui desmodesmata. Tumbuhan memiliki kepekaan tertentu untuk menanggapi rangsang yang diterimanya. Gerak tumbuhan terjadi karena : • • • Adanya iritabilita tumbuhan yaitu kemampuan tumbuhan untuk menanggapi impuls. Terjadi pada bagian organ tumbuhan atau seluruh tubuh tumbuhan. dan gerakan karena sentuhan. gerakan ujung tunas ke arah cahaya. Tumbuhan memberi tanggapan terhadap rangsangan yang berasal dari cahaya. HIGROSKOPIS/HIGROSKOPIK yaitu gerak pada tumbuhan yang diakibatkan oleh adanya pengaruh kelembaban atau perubahan kadar air. dan air. 2. Klasifikasi gerak tumbuhan 1. Proses tersebut disebut iritabilitas. Misalnya. Contohnya : Membuka dan menutupnya sporangium pada Bryophyta dan Pterydophyta akibat berkerutnya sel-sel anulus .

Dapat bersifat negative dan positif. Gerak mengalirnya sitoplasma dalam sel. yaitu gerak pada tumbuhan yang diakibatkan oleh adanya impuls (rangsangan) dari luar tubuh tumbuhan. 3. Tigmotropisme/Haptotropisme dengan impuls berupa sentuhan. NASTI . tropis dibedakan sebagai berikut : • • • • • • Fototropisme dengan impuls berupa cahaya. dan bunga. bersifat negative dan positif. di tepi aliran sungai. c. Terjadi pada Geotropisme dengan impuls berupa gaya gravitasi. TROPISME/TROPIS yaitu gerak bagian tumbuhan yang sesuai dengan dengan arah datangnya implus. Terjadi pada buluh serbuk sari Reotroopisme dengan impuls berupa arus air. Fototropisme negative terjadi pada Hidrotropisme dengan impuls berupa air. Dapat Kemotropisme dengan impuls berupa zat kimia. seperti tumbuhnya akar. Contoh gerak autonom sebagai berikut : a. Berdasarkan macam rangsang. menuju bakal buah pada proses fertilisasi.yaitu gerak pada tumbuhan yang diakibatkan oleh proses dalam tubuh tumbuhan sehingga dapat terjadi dengan sendirinya. yaitu : 1. Gerak melengkungnya kuncup daun karena perbedaan kecepatan tumbuh. 2. daun. Terjadi pada gerak akar tumbuhan air. Gerak yang diperlihatkan tumbuhan ketika tumbuh. Terjadi pada tumbuha yang tinggal akar dan fototropisme positif terjadi pada batang. Terjadi pada akar. ESIONOM/ETIONOM batang. b. sulur labu dan anggur. Macam Gerak Esionom Gerak esionom dibedakan menjadi tiga macam gerak.

Terjadi pada menutup daan membukanya stomata pada daun. Gerak nasti dibedakan menjadi 5 macam. pada tumbuhan Bryophyta dan Pterydophyta. Dapat bersifat negative dan positif. pada musim tertentu pada saat cahaya dan suhu tertentu. Fotonasti dengan impuls berupa cahaya. Chlamydomonas sp yang bergerak mencari cahaya untuk fotosintesis Serta gerak organel kloroplas yang mencari cahaya. Terjadi pada daun Belimbing. Terjadi pada gerak spermatozoid Fototaksis dengan impuls berupa cahaya. suhu. • Thermotaksis dengan impuls berupa suhu. TAKSIS yaitu gerak seluruh tubuh tumbuhan yang berpindah tempat pada tumbuhan tingkat rendah atau berpindahnya kedudukan bagian organ/seluruh tubuh tumbuahan. Terjadi pada mekarnya bunga Mirabilis Thermonasti dengan impuls berupa suhu. Terjadi pada bunga Tulip yang mekar air. yang daunnya kan mengatup apabila disentuh dan daun Venus akanmengatup apabila ada insecta yang masuk menyentuh daunnya. • • Kemotaksis dengan impuls berupa zat kimia. • • • Nasti komlpeks dengan impuls yang lebih dari satu yaitu meliputi cahaya. . Lamtoro. yaitu : • Seismonasti dengan impuls berupa sentuhan. Dikenal denga gerakan tidur pada daun. Terjadi pada golongan Algae yang bergerak ke daerah yang memiliki suhu yang lebih tinggi. zat kimia. Terjadi pada gerak Euglena sp. 3. Reaksi yang diperlihatkan tiddak tergantungdari arah datangnya impuls. jalapa pada pukul empat sore.yaitu gerak bagian tumbuhan atau seluruh tubuh tumbuhan yang merupakan akibat respon dari impuls yang ada. Petai Cina yang sel-sel pulvinus akan kekurangan air sehingga daun menutup atau kelihatan kayu pada sore hari. Terjadi pada Mimmosa pudica. • Niktinasti dengan perubahan gelap dan terang yang impulsnya meliputi cahaya dan suhu.

bukan siswa. Metode Eksperimen Metode eksperimen adalah suatu cara pengelolaan pembelajaran di mana peserta didik melakukan aktivitas percobaan dengan mengalami dan membuktikan sendiri suatu yang dipelajarinya. dalam penyampaian materi ini diperlukan penugasan. c. Dalam hal ini guru memiliki kontrol yang sangat besar dalam proses bejajar mengajar. Dalam metode ini peserta didik diberi kesempatan untuk membuktikan kebenaran akan penjelasan dari guru. metode eksperimen dan metode diskusi. metode Karena selain memerlukan pemberian tugas. karena sejak dulu metode ini telah dipergunakan sebagai alat komunikasi lisan antara guru dengan peserta didik dalam proses belajar dan pembelajaran. praktek atau eksperimen a. peserta didik diberi tugas oleh guru. Penugasan dapat berupa pertanyaan maupun tugas mengidentifikasi. Berdasarkan materi yang telah dijelaskan di atas. Ketepatan pemilihan metode dengan materi yang hendak diajarkan sangat berpengaruh pada keberhasilan proses belajar mengajar. Metode Ceramah Yaitu suatu metode yang disampaikan dengan cara ceramah ( konvensional ) yaitu. Pemberian tugas dapat secara individual atau kelompok. pastinya tugas yang berkaitan dengan apa yang sebelumnya telah disampaikan oleh guru. maka metode yang sesuai digunakan untuk penyampaian materi tersebut adalah metode ceramah. Metode ini menuntut guru untuk memberikan penjelasan dan memaparkan materi tersebut di atas secara lisan. Metode Pemberian Tugas Metode Metode pemberian tugas adalah cara mengajar atau penyajian materi melalui penugasan peserta didik untuk melakukan suatu pekerjaan. penjelasan. Jadi setelah materi tersebut dijelaskan. b.Metode Pembelajaran Dalam penyampaian bahan ajar sangat dibutuhkan metode penyampaian yang tepat agar materi tersebut dapat ditangkap dan dipahami oleh peserta didik secara maksimal. supaya peserta didik bisa lebih paham tentang materi ini. Sehingga keberhasilan tergantung pada guru. Tetapi metode ini juga merupakan metode yang paling ekonomis dalam penyampaian informasi dan paling efektif dalam menghadapi kelangkaan literature. Peserta didik dapat melakukan pengamatan dan . suatu metode pembelajaran tradisional.

dapat memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk melakukan suatu proses atau percobaan.percobaan mengenai sistem gerak tumbuhan yang sebelumnya telah dijelaskan. aturan dan urutan melakukan sesuatu kegiatan. karena tidak semua hasil eksperimen antar kelompok itu memiliki hasil yang sama. e. Sebagai contoh. dengan demikian peserta didik akan lebih paham dibanding hanya memeroleh penjelasan secara lisan. lalu bisa didiskusikan bersama. Guru tersebut dapat memutarkan video yang menggambarkan daun putri malu yang mengatup setelah jari seseorang menyentuh daun putri malu tersebut. untuk menjelaskan gerak tumbuhan seorang guru dapat menggunakan gambar gerak (animasi) atau video sebagai media penyampaian metri tersebut. Jadi setelah dilakukan percobaan atau eksperimen. Misalnya guru ingin memperagakan gerak tumbuhan yang disebabkan oleh sentuhan. Jadi. mereka terhindar dari keadaan abstrak tentang gerak tumbuhan yang dimaksud. Metode Diskusi Metode diskusi adalah suatu cara mengelola pembelajaran dengan penyajian materi melalui pemecahan masalah. Suatu diskusi dinilai menunjang keaktifan peserta didik bila diskusi itu melibatkan semua anggota diskusi dan menghasilkan suatu pemecahan masalah. . maka kelompok tersebut harus menuliskan hasil percobaannya. Dengan mengadakan pengamatan terhadap tumbuhan tersebut. baik secara langsung maupun melalui penggunaan media pengajaran yang relevan dengan pokok bahasan atau materi yang sedang disajikan. d. Metode Demonstrasi Metode demonstrasi yaitu metode mengajar dengan cara memperagakan barang. pengamatan tersebut dapat dilakukan secara individu maupun kelompok. kegiatan. Dengan metode ini. atau analisis yang pemecahannya sangat terbuka. Dengan begitu memungkinkan semua kelompok untuk bisa saling berdiskusi dan mempresentasikan hasil percobaannya kepada kelompok lain untuk ditanggapi. Peserta didik dapat mengamati tumbuhan-tumbuhan yang dicontohkan sesuai dengan jenis gerak tumbuhan tersebut. maka peserta didik akan lebih percaya karena mereka telah melihat secara nyata apa yang dimaksudkan dalam penjelasan guru.

Dan pemilihan metode yang tepat dan sesuai dengan materi yang hendak disampaikan juga sangat berpengaruh terhadap pemahaman peserta didik dan keberhasilan proses belajar mengajar. Dengan penggunaan metode yang tepat maka materi dapat tersampaikan dengan baik dan dapat diterima peserta didik secara maksimal. metode diskusi serta metode demonstrasi. Metodemetode saling mendukung dalam upaya menjelaskan setiap jenis gerak pada tumbuhan. metode pemberian tugas. Seperti materi yang telah dijelaskan di atas.BAB III PENUTUP Simpulan Bahwa dalam suatu pembelajaran kita sangat memerlukan metode untuk membantu kita menyampaikan sebuah materi. seperti metode ceramah. Jadi peserta didik juga tidak bosan dan tidak pasif jika hanya menggunakan satu metode saja. Dalam penyampaian materi tersebut kita dapat menggunakan beberapa metode. . metode eksperimen. Kita tidak hanya membutuhkan satu metode saja. tetapi kita butuh beberapa metode untuk menunjang dan memperjelas materi yang kita sampaikan.

Tugas Individu METODE PEMBELAJARAN IPA SMP KELAS VII Tentang Gerak pada Tumbuhan Disusun Unuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Desain dan Strategi Pembelajaran Oleh : Faiqotur Roudloh 1102409009 KURIKULUM DAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG 2010 .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->