P. 1
Tata Tertib Santri

Tata Tertib Santri

|Views: 67|Likes:
Published by awy kailany

More info:

Published by: awy kailany on Dec 17, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/13/2012

pdf

text

original

TATA TERTIB SANTRI PONDOK PESANTREN ROUDLOTUL HIKMAH Pasal I Kewajiban-kewajiban 1.

Mengikuti semua kegiatan ubudiah, ma¶hadiah dan madrosiyah yang telah ditetapkan oleh pengurus. 2. Mengenakan pakaian rapid an sopan serta berkopiah secara islami diwaktu dan tempat yang seharusnya. 3. Selalu berbudi luhur dan menjaga akhlaqul karimah sebagi santri dimana saja. 4. Menjaga kebersihan tempat tinggal dan lingkungan pondok pesantren. 5. Menjaga ketertiban, keamanan dan stabilitas pondok pesantren. 6. Meminta izin kepada yang berwenang bila akan keluar dari batas pondok pesantren atau meninggalkan kegiatan pondok pesantren sesuai dengan tata cara yang telah ditentukan oleh pengurus. 7. Kembali pada batas waktu yang telah ditentukan oleh pengurus. 8. Melunasi pembayaran I¶anah maslahah pondok pesantren yang telah ditetapkan. 9. Memiliki kartu tanda santri yang di terbitkan secara resmi oleh pondok pesantren. 10. Memperingati dan menegur teman santri yang melakukan pelanggaran serta melaporkannya kepada pengurus sesuai dengan pelanggaran yang dilakukan. 11. Mentaati semua ketentuan dan tata tertib yang telah di tetapkan oleh pengurus dan di setujui oleh pengasuh dan majlis keluarga.

Pasal II Larangan-larangan 1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10. 11. 12. 13. 14. 15. 16. 17. 18. 19. 20. Melakukan hal-hal yang di larang oleh syariat islam. Mengambil dan/atau menggunakan apapun tanpa seizin pemiliknya Keluar dari batas waktu dan/atau area pondok pesantren yang telah ditetapkan oleh pengurus. Berhubungan dengan wanita yang bukan mahromnya secara langsung atau dengan cara apapun. Bertengkar atau berkelahi dengan siapapun. Membawa, menyimpan atau menitipkan senjata tajam atau alat-alat yang membahayakan. Ramai atau mengeluarkan suara keras dan berbicara (mengobrol) yang tidak ada manfaatnya. Berambut panjang melebihi batas ukuran rambut santri dan/atau mewarnai rambut dengan pewarna apapun. Menggunakan pakaian atau assesories yang tidak pantas dikenakan oleh santri. Membawa, menyimpan atau menitipkan handpone (HP) dan/atau eletronik lainnya. Menonton segala macam tontonan dan/atau memainkan segala macam permainan yang dilarang oleh pengurus. Berolahraga bukan pada tempat dan waktunya. Mengganggu atau menggunakan aliran listrik diluar ketentuan yang berlaku. Berada di daerah atau kamar santri lain pada jam 10.00 malam ke atas. Pergi ke pasar selain hari yang telah ditentukan. Merokok pada waktu kegiatan ma¶hadiah dan madrosiah. Melawan atau menentang pengurus / atau petugas pondok pesantren yang sedang melaksanakan tugas Merusak dan/atau mengotori sarana dan prasarana pondok pesantren. Bermain dan/ atau duduk-duduk di rumah-rumah tetangga pondok. \ Melakukan hal-hal yang mencemarkan martabat dan nama baik pondok pesantren.

Didenda Rp5000. (pasal II No.-perbulan bagi santri yang : a) Tidak melunasi pembayaran I¶anah maslahah pesantren.8) 5..7) b) Kembali tidak tepat waktu jika pergi bermalam. Membaca al-qur¶an selama 6 jam bagi santri yang : a) Bertengkar dan berkelahi (pasal II No. 10. Membersihkan jading masjid bagi santri yang : a) Menonton segala macam tontonan dan/atau memainkan segala macam permainan yang dilarang oleh pengurus.7) 3.11) 12.9) c) Membawa.5) 8.000.(pasal I No. Membaca al-qur¶an diarea pondok putri bagi santri yang : a) Berhubungan dengan wanita bukan mahromnya (pasal II No. 50.15) 13.bagi santri yang : a) Membawa.2) 4. menyimpan atau menitipkan handphone (HP) dan/atau alat eletronik lainnya. (pasal II No.(pasal II No. (pasal I No. Dikenakan denda bagi santri yang a) Keluar dari batas atau pergi tidak bermalam tanpa izin sebesar Rp. Membaca al-qur¶an ditengah lapangan pada hari jum¶at bagi santri yang: a) Tidak mengikuti kegiatan berjemaah di masjid (termasuk ubudiyah dalam pasal I No. 25. Didenda bagi santri yang : a) Kembali tidak tepat waktu jika pergi bermalam.000. menyimpan dan menitipkan senjata tajam (pasal II No. 17) 14.2) 6.10) 11. (pasal II No.10) 10. (pasal II No. (pasal II No. Dibawa ke kantor pengurus bagi santri yang : a) Melawan atau menentang pengurus / petugas pondok pesantren.Pasal III Hukuman atas larangan 1. Dicukur masal bagi santri yang: a) Berambut panjang melebihi batas ukuran rambut santri dan/atau mewarnai rambut. (pasal II No.5000. Didenda Rp.8) b) Mengenakan pakaian dan assesories yang tidak pantas dikenakan oleh santri. (pasal II No. I 2. Mengganti rugi bagi santri yang : a) Merusak dan/atau mengotori sarana dan prasarana pondok pesantren. I b) Tidak mengikuti kegiatan mengaji/sorogan (termasuk ma¶hadiyah dalam pasal I No. sebesar Rp. (pasal II No.4) 7.perhari (pasal I No. Disita dan membaca al-qur¶an selama 6 jam bagi santri yang : a) Membawa. menyimpan atau menitipkan handpone (HP) dan/atau alat eletronik lainnya. 5000.000. Disita dan diserahkan ahir tahun dengan Rp. sebesar Rp..6) 9.-bagi santri yang : a) Pergi kepasar selain hari yang telah ditentukan. Dita¶zir sesuai dengan pelanggaran dan kebijakan pengurus bagi santri yang : a) Mengambil dan/atau menggunakan apapun tanpa seizin pemiliknya. (pasal II No. 18) ± ± .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->