JOB SHEET

MEMANDIKAN BAYI

Memandikan bayi merupakan upaya yang dilakukan untuk menjaga agar tubuh bayi bersih, terasa segar dan mencegah kemungkinan adanya infeksi. Prinsip dalam memandikan bayi yang harus di perhatikan adalah menjaga jangan sampai bayi kedinginan serta kemasukan air ke hidung, mulut atau telinga yang dapat mengakibatkan aspirasi. Dan merupakan salah satu bagian dari perawatan bayi khususnya

Tujuan memandikan bayi: 1. Merangsang reflek fisiologis bayi terutama reflek menangis, untuk menilai apakah bayi mempunyai paru-paru sehat atau tidak 2. Memperlancar sirkulasi darah 3. Member rasa nyaman 4. Mengamati apakah ada kelainan pada bayi seperti warna kulit kebiru-biruan 5. Menambah erat hubungan kasih sayang antara ibu dan bayi.

Hal yang perlu diperhatikan dalam memandikan bayi: 1. Sebaiknya memandikan bayi oleh ibunya sendiri agar menambah ikatan kasih sayang antara ibu dan bayi 2. Dimandikan setelah 6 jam atau sampai suhu bayi stabil 3. Pastikan bayi dalam keadaan sehat dan tidak tidur 4. Air jangan sampai masuk telinga bayi 5. Sewaktu memandikan sampo kekepala bayi secara lembut 6. Jangan sampai bayi mengaalami hipotermi 7. Atur suhu air yaitu lebih kurang ± 37ºC, dirasakan dengan siku, air hangat dan tidak panas 8. Untuk bayi yang sangat kecil atau usia kurang dari 3 bulan, dimandikan diruangan yang bertemperatur 26-29ºC, tidak ber AC, tidak ada kipas angin dan tidak kotor.

lamanya ±5-10 menit . Handuk 2 buah j. Air hangat pada tempatnya n. baju bayi. Pilih waktu yang suhu udaranya paling tinggi (jam 10 pagi sampai jam 2 siang). Sisir l. y Persiapaan alat a.9. Cotton bud k. Ember tempat tempat kain kotor 1 buah e. Pasikan bayi dalam keadaan sehat b. Pakaian bayi (popok bayi. Pastikan bayi dalam keadaan tidak tidur . Sabun bayi f. Washlap 3 buah h. Gunting kuku m. Kaapaas pada tempatnya / kom p. Handscond y Persiapan pasien a. Sampo bayi g. Ember 2 buah b. Waktu yang baik untuk memandikan adalah ½ jam sebelum makan atau 1 jam sesudah makan guna menghindari bayi muntah susu. Celemek q. Kain besar 1 buah i. Tempat sampah (neirbeken) 1 buah d. Bak tempat memandikan bayi 1 buah c. sarung tangan. bedong bayi) o.

Siapkan alat dan bahan Key point: Pastikan bahan dan alat dalam keadaan baik dan disusun secara ergonomis . GAMBAR 2.NO 1. LANGKAH Beri tahu ibu bahwa bayi akan di mandikan Key point : Pastikan bayi tidak baru selesai makan dan motivasi ibu untuk melihat cara memandikan bayi.

Cuci Tangan Key point: Lakukan cuci tangan secara efektif dengan prinsip tujuh langkah pencegahan infeksi . Pasikan suhu ruangan tetap hangat Key point: Suhu harus 20º-25ºC. AC dan kipas angin tidak boleh dihidupkan 4.3.

Tuangkan air ke dalam bak mandi bayi Key point: pastikan air dingin yang di tambah dengan air panas benar-benar terasa hangat dan ditest dengan cara memasukan siku atau pergelangan tangan bagian dalam kedalam air 6. keringkan kepala bayi lalu buka pakaiaannya Key point: Bayi jangan terlalu lama dalam keadaan telanjang .5. Letakan bayi di atas handuk. Beri sampo atau sabun kepada bayi. lalu bilas dengan air hangat Key point: Gosokan sampo ketangan usapkan ke kepala bayi 7.

8. Sabuni seluruh tubuh .