Dampak Pemanasan Global

I. Background

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini sangat berguna bagi manusia. Namun ternyata di balik segala manfaatnya, terdapat akibat yang harus ditanggung oleh seluruh manusia. Berkurangnya lahan hijau, Banyaknya asap kendaraan dan industry sampai dengan efek rumah kaca yang semuannya itu adalah penyebab terjadinya pemanasan global yang saat ini sedang terjadi. Apa itu pemanasan global? Pemanasan global adalah proses peningkatan suhu rata-rata atmosfer, laut, dan darat(. Pemanasan global disebabkan oleh meningkatnya emisi gas-gas seperti karbondioksida (CO2), metana (CH4), dinitrooksida (N2O) dan CFC sehingga energi matahari terperangkap dalam atmosfer bumi. Beberapa tahun ini kita merasakan perubahan cuaca dan musim yang cukup signifikan. Misalnya, pada hari ini , cuaca di siang hari bisa sangat panas, tetapi malam harinya terjadi hujan yang sangat deras. Itu adalah salah satu dampak dari pemanasan global yang dapat kita rasakan secara langsung. Dari penjelasan diatas, membuat saya ingin mengetahui dampak-dampak dari pemanasan global, sehingga saya bisa melakukan tindakan –tindakan yang dapat megurangi dampak pemanasan global.

dampak pemnasan global bagi lingkungan a. Mencairnya es di kutub utara dan selatan . b. Discussion II. hairspray. NASA yang menyatakan bahwa pemanasan global berimbas pada semakin ekstrimnya perubahan cuaca dan iklim bumi.Misalnya di Indonesia. kita merasakan perubahan cuaca yang ekstrim. tetapi kadang-kadang masih terjadi hujan di beberapa daerah dan wilayah yang seharusnya sedang terjadi musim hujan malah jarang terjadi hujan Hal ini diperkuat dengan pernyataan. seperti bulan ini yang seharusnya musim kemarau. dll. Perubahan cuaca yang sangat ekstrim Beberapa tahun ini.II. sering terjadi badai dan topan yang bisa mengganggu kegiatan pelayaran. Dan juga beberapa tahun ini. terjadi curah hujan yang tidak stabil. sebagian besar peningkatan suhu rata-rata global sejak pertengahan abad ke-20 kemungkinan besar disebabkan oleh meningkatnya konsentrasi gas-gas rumah kaca akibat aktivitas manusia melalui efek rumah kaca Efek rumah kaca adalah masuknya sinar matahari yang berbahaya karena rusaknya lapisan ozon akibat polusi udara. II. Menurut Intergovernmental Panel on Climate Change (IPCC) menyimpulkan bahwa. tetapi kekeringan di tempat yang lain.1Penyebab Pemanasan global disebabkan oleh emisi gas yang ditimbulkan oleh asap – asap kendaraan dan industri. parfum. Pola curah hujan berubahubah tanpa dapat diprediksi sehingga menyebabkan banjir di satu tempat. kebutuhan sehari-hari yang kita pakai misalnya.2 Dampak.

H. cairnya es di kedua kutub bumi. e. hingga meningkatnya level air laut merupakan bukti-bukti bahwa planet bumi sedang terus memanas. Namun. J. d. Berlubangnya lapisan ozon disebabkan oleh gas chlorofluoromethane (atau dikenal juga dengan nama chlorofluorocarbon = . sebuah bongkahan es yang berbentuk lempengan seluas 414 kilometer persegi (hampir 1. Gelombang panas tersebut juga mengakibatkan kekeringan parah dan kegagalan panen di daerah Eropa. Pada tanggal 6 Maret 2008. Pada tahun 2003. Habisnya gletser. f.Kita pasti pernah mendengar berita tentang mencairnya es di kutub utara dan kutub selatan yang mencair sampai saat ini. Dan itu adalah salah satu fenomena gelombang panas. Gelombang panas yang semakin ganas Kita merasakan semakin panasnya Surabaya beberapa tahun terakhir. Baru-baru ini ada sebuah fenomena alam yang menunjukkan betapa seriusnya kondisi ini. meningkatnya temperatur bumi secara global. gelombang panas di Surabaya tidak separah yang ada di Eropa. Zwally. Eropa mengalami gelombang panas yang dahsyat. Tak heran jika fenomena mencairnya es di benua yang hampir 90% di seluruh dunia itu mendapat perhatian serius peneliti. Lubangnya lapisan ozon Lapisan ozon berguna untuk melindungi bumi dari sinar ultraviolet B dan C yang berbahaya.000 meter kubik! Para ilmuwan NASA kini telah menyadari bahwa cairnya gletser. ahli iklim NASA. Meningkatnya permukaan air Meningkatnya permukaan air disebabkan oleh mencairnya es di kutub utara dan selatan. yang mengakibatkan 35.000 orang meninggal dunia.5 kali luas kota Surabaya) di Antartika runtuh. c. sumber air bersih di dunia Gletser-gletser di dunia saat ini mencair pada titik yang sangat mengkhawatirkan dan itu akan mengancam ketersediaan air bersih dan juga meningkatnya level permukaan air di bumi. Dan dipastikan bahwa umat manusialah yang bertanggung jawab untuk hal ini. Menurut Dr. Para ahli memperkirakan apabila seluruh es di Greenland mencair level permukaan air laut akan naik sampai 7 meter dan itu cukup untuk menenggelamkan seluruh dataran rendah yang ada di seluruh dunia. Tetapi data es taunan yang tercatat hingga tahun 2007 membuat mereka berpikir ulang. bahwa HAMPIR SEMUA ES DI KUTUB UTARA AKAN LENYAP ANTARA TAHUN 2008-2012. Beberapa model prediksi awal yang diciptakan oleh para ilmuwan yang memperkirakan bahwa es kutub akan mencair pada tahun 2040-2100. NASA mencatat bahwa sejak tahun 1960-2005 saja. jumlah gletser-gletser di berbagai belahan dunia yang hilang tidak kurang dari 8.

Mulai dari menghemat energy.CFC). pengguna CFC terbesar adalah pada sektor refrigerasi. Conclusion Jadi. CFC pada umumnya digunakan di sektor pendingin (refrigerasi). Pada tahun 2004. . NASA melaporkan bahwa lubang ozon di atas kutub selatan telah mencapai 28 juta km2. kita sudah tahu dampak dari pemanasan global yang nantinya bisa membahayakan kehidupan seluruh makhluk di bumi ini. pelarut/pembersih (solvent). Saat ini. III. Oleh karena itu. kita harus melakukan tindakan-tindakan yang bisa mengurangi dampak pemanasan global dan itu kita mulai dari sekitar kita. dan zat pendorong (propellant) seperti pada parfum. yang berarti lebih dari dua kali lipat luas antartika itu sendiri (atau lebih besar dari daratan Amerika Utara). busa.

coba pisahkan sampah-sampah yang bisa di daur ulang. Lalu mengurangi penggunaan kantong plastic. apalagi semua orang melakukannya. So. menghemat penggunaan lampu. Kemudian jangan membakar sampah. karena plastik itu sulit untuk diurai. lets take action now! .contohnya mengurangi penggunaan AC / menggunakan AC seperlunya saja. dapat mengurangi pemanasan global. Menanam satu pohon untuk satu orang.