QS.AL-AN¶AM.

162

Katakanlah: sesungguhnya sembahyangku, ibadatku, hidupku dan matiku hanyalah untuk Allah, Tuhan semesta alam.

QS.AL-AN¶AM.163
‡
Tiada sekutu bagiNya; dan demikian itulah yang diperintahkan kepadaku dan aku adalah orang yang pertama-tama menyerahkan diri (kepada Allah)".

.5 ‡ Padahal mereka tidak disuruh kecuali supaya menyembah Allah dengan memurnikan keta'atan kepada-Nya dalam (menjalankan) agama yang lurus . dan supaya mereka mendirikan shalat dan menunaikan zakat. dan yang demikian itulah agama yang lurus.AL-BAYYINAH.QS.

bahkan malaikat pencatat amal maupun setan penggoda. ‡ Siapa yang beramal disertai dengan niat dan keinginan mencari tujuan selain Allah Swt maka amalnya akan gugur dan ia tidak akan mendapat balasan apapun dari Allah Yang Maha .PENGERTIAN ‡ Ikhlas adalah sebuah rahasia yang hanya diketahui oleh manusia pelaku amal dan Allah Swt saja. ‡ Tiada yang tahu selain mereka berdua. ‡ Ikhlas adalah dedikasi tulus demi mencari ridha Allah Swt. terbebas dari noda. keburukan dan niat jahat.

Barangsiapa yang melakukan suatu perbuatan dengan menyekutukan-Ku. ³Aku pernah mendengar Rasulullah Saw.HADITS ‡ Pemurah.a.. Maka Aku akan meninggalkan dia dan sekutunya. µAku paling tidak membutuhkan persekutuan. dia berkata. bersabda.Seperti dikemukakan dalam sebuah hadits qudsi: Diriwayatkan oleh Muslim dari Abu Hurairah r." . µAllah berfirman.

RIDLA ALLAH ‡ Dia Swt tidak berkenan bila ada hambaNya yang beramal dengan tujuan selain Dia Swt. . Karenanya. luruskan niatmu demi mencari keridhaanNya.

ILUSTRASI Ada sebuah ayat menarik dalam surat An Nahl yang dijadikan Allah Swt sebagai ilustrasi keikhlasan. Ayat itu berbunyi:"dan Sesungguhnya pada binatang ternak itu benarbenar terdapat pelajaran bagi kamu. yang mudah ditelan bagi orang-orang yang meminumnya." . Kami memberimu minum dari pada apa yang berada dalam perutnya (berupa) susu yang murni bersih antara tahi (kotoran) dan darah.

.REKLEKSI Silakan baca sekali lagi dan resapi maknanya! Mungkin Anda bertanya apa hubungan ayat ini dengan keikhlasan?! Hubungannya adalah bahwa Allah Swt menyebut susu atau laban dalam ayat itu digandeng dengan kata khalisan yang berarti murni/bersih/ikhlas.

Dan hal itu akan Anda sampaikan juga kepada anak dan kenalan Anda yang suka meminum susu. boleh jadi Anda akan bersumpah serapah bahwa Anda akan berhenti minum susu karena jijik. sebab insya Allah hingga saat ini proses pemerahan susu sapi maupun hewan lain tidak akan ternodai oleh kotoran maupun darah.ILUSTRASI ‡ Mengapa Allah menggunakan kata khalisan dalam urusan susu? Mungkin berikut ini jawabannya. Di sana kita diperbolehkan untuk memerah sapi. tiba-tiba keluar dari puting susu tersebut setitik kotoran sapi atau darahnya. mungkin demikian juga Allah Swt akan merasa jijik menerima ibadah yang kita lakukan untukNya.Itu hanyalah ilustrasi belaka! Jangan terlalu percaya. Suatu kesempatan Anda dan saya pergi ke sebuah peternakan sapi. Naudzubillah! . kotoran atau darah itu terjatuh pada bejana dimana susu itu dikumpulkan. Tentunya Anda merasa jijik membayangkan ilustrasi ini!Bahkan Anda tatkala mengetahui proses pemerahan susu rupanya seperti itu. Dan kita jadi mengerti karenanya bagaimana proses memerah susu sapi.Namun yang hendak saya sampaikan adalah bahwa itulah alasan Allah Swt menggunakan kata khalisan yang berarti ikhlas / murni saat memaparkan susu.Izinkan saya mengajak Anda untuk berilustrasi. Celakanya. Susu yang diperah dikumpulkan di sebuah bejana khusus. namun ada setitik niat lain yang terbersit pada hati kita.Kalau Anda merasa jijik dan tidak mau minum susu lagi bila tercampur setetes kotoran atau darah.Namun saat susu itu dikumpulkan di bejana dan kita asyik memerahnya.

tetapi lebih dari itu shalat sebagai salah satu jenis ibadah ibadah merupakan "sarana" untuk berkomunikasi dengan Tuhan. makna komunikasi ini maka kita akan mampu mencegah diri kita dari perbuatan2 keji dan munkar. Shalat bukan sekedar melaksanakan perintah raja.MAKNA SHOLAT shalat kita harus memahami apa sebenarnya "isi" dari bacaan yang kita baca ketika shalat. .

PERMASALAHAN keikhlasan dlm beribadah. takut dan was2 gitu...kynya beraaatttt bgt.tp klo sy ga beribadah rasanya tuh hati malah jd ga tenang.... pengen bgt deh mas bisa ibadah dgn ikhlas..pasti rasanya enak bgt dan damai ...

‡ hakekatnya manusia yang beribadah kepada Allah ialah manusia yang dalam menjalani hidupnya selalu berpegang teguh kepada wahyu Allah dan hadis Nabi SAW. ‡ Ibadah kepada-Nya merupakan bukti pengabdian seorang hamba kepada Tuhannya. .TUGAS MANUSIA ‡ Tugas utama manusia hidup di dunia ini adalah beribadah kepada Allah SWT.

Yang penting aktivitas yang kita lakukan harus diniatkan untuk ibadah kepada-Nya ‡ pedoman dalam mengontrol aktivitas ini adalah wahyu Allah dan sabda Rasul-Nya.PENGERTIAN IBADAH ‡ Pengertian ibadah tidak hanya terbatas kepada apa yang disebut ibadah mahdhah atau rukun Islam saja. . tetapi sangat luas seluas aspek kehidupan yang ada.

‡ Keikhlasan dalam beribadah inilah yang tegaskan oleh Allah dalam sinyalemen-Nya : ³Padahal mereka tidak disuruh kecuali supaya menyembah Allah dengan memurnikan ketaatan kepada-Nya dalam (menjalankan) agama yang lurus. ‡ Ibadah yang dilakukan tanpa keikhlasan adalah ibadah yang sia-sia.ASPEK IBADAH ‡ keikhlasan dalam menjalankannya. .´ (Al-Bayyinah : 5). ‡ Maksud dari ³memurnikan ketaatan kepadaNya´ adalah keikhlasan di dalam menjalankan semua perintah-Nya.

‡ . ‡ A¶izzah µubudiyyah (Ibadah yang dapat membawa kemuliaan).DAMPAK IBADAH ‡ Ada dua dampak dalam melaksanakan ibadah : ‡ Adzillah µubudiyyah (Ibadah yang dapat membawa kehinaan).

Inilah salah satu bentuk kesalahan dalam beribadah. Apalagi dia merasa diciptakan dari zat yang lebih mulia dari Adam yakni api. Iblis menginginkan ibadah yang dilakukannya dinilai sebagai bukti bahwa dia makhluk yang mulia. dia merasa sebagai makhluk yang paling suci dan mulia. Sebelum ingkar kepada Allah. Di sinilah terlihat ketidakikhlasan Iblis dalam beribadah kepada-Nya. apalagi merasa sebagai ³orang yang paling suci´. hal ini semakin membuat Iblis sombong dan merasa paling hebat dan mulia. Iblis adalah makhluk Allah yang paling taat beribadah kepada-Nya. Na¶udzu billahi min dzalik. Bahkan dalam beberapa hadis diriwayatkan bahwa Iblis telah menyembah Allah selama ribuan tahun. Namun karena ibadahnya itu Iblis menjadi sombong .IBADAH YANG HINA ‡ Padahal ibadah itu adalah menjalankan perintah Allah SWT. Beribadah kepada-Nya bukanlah sarana untuk menyombongkan diri dan bukan pula dengan tujuan untuk dinilai sebagai ³orang suci´. Perlu penulis jelaskan di sini satu contoh ekstrim dari ibadah yang dapat membawa kehinaan ialah ibadah yang dilakukan oleh Iblis. .

. maka kita harus selalu beribadah kepada-Nya dengan penuh keikhlasan.IBADAH YANG MULIA ‡ Ibadah yang kita laksanakan dapat membawa kemuliaan bagi kehidupan kita di dunia dan di akhirat. ‡ Orang-orang yang ikhlas inilah jenis manusia yang paling ditakuti oleh Iblis.

hanya sebatas ritual belaka yang tiada makna Sungguh berat beribadah dengan kenikmatan. padahal dengan sholat mampu menjaga dari perbuatan fasad dan mungkar. ‡ Memang banyak saat ini orang yang sholat terus namun maksiat tetap jalan. . ‡ Ya mungkin salah satu penyebabnya adalah tidak dilaksanakan ibadah sholat tadi karena kecintaan kepada ALlah.SYARAT IBADAH ‡ Namun ini salah satu diterimanya sebuah ibadah seseorang selain ibadanya itu harus sesuai dengan caranya ALlah. .

tapi ternyata ibadahnya tidak bisa memberikan "atsar" untuk dirinya. ‡ Ibadah yang dilakukan sekedar "menggugurkan" kewajiban.REFLEKSI ‡ Banyak orang yang begitu rajin ibadah. . esensi dari ibadah itu tidak mampu terrefleksikan dalam kehidupannya.

IKHLAS DALAM BERIBADAH ‡ JELASKAN PENGERTIAN IKHLAS DALAM BERIBADAH ? ‡ JELASKAN AKIBATNYA JIKA IBADAH DILAKUKAN DENGAN TIDAK IKHLAS ! ‡ TULISKASLAH AL-QURAN TENTANG IKHLAS BERIBADAH ! .

JAWABAN ‡ AMAL YANG DILAKUKAN TANPA MENGHARAP IMBALAN DARI ORANG LAIN. .MACAM : ± MAHDAH= TERIKAT DENGAN SYARAT DAN RUKUN YANG DITENTUKAN ± GHAIRU MAHDLAH = TIDAK TERIKAT DENGAN SYARAT DAN RUKUN. ‡ MENYEMBAH ADA DUA .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful