Alat Ukur Linier Langsung

3 Jenis alat ukur linier langsung 1. Mistar Ukur 2. Mistar Ingsut 3. Mikrometer

Terbuat dari plat baja atau kuningan yang pada kedua sisi dari salah satu permukaannya diberi skala satuan. Jenis mistar ukur a. Meteran lipat d. Mistar ukur c. Mistar ukur berkait b.Mistar Ukur Merupakan alat ukur linier yang paling sederhana. Meteran gulung .

Mistar Ingsut a. Mistar ingsut nonius ( Venier Caliper) Mistar ingsut jam (dial caliper ) Mistar ingsut batas ( dial snap caliper) Mistar ingsut ketinggian ( height gauge) . d. b. c.

Mistar Ingsut .

Height Gauge .

bila garis indeks diperkirakan belum sampai pertengahan jarak antara dua garis skala. rounding down). atau harga skala disebelah kanan garis indeks ( membulatkan keatas.Skala Nonius Pembacaan skala Garis indeks tidak selalu persis segaris dengan garis skala Cara pembacaan skala ( Nilai yang membesar ke kanan  Memenggal (truncating) harga skala di sebelah kiri garis indeks. rounding up) jika garis indeks terletak dipertengahan atau melewatinya  Menginterpolasikan (interpolating) harga skala di sebelah kiri garis indeks dan menambahkan fraksi (bagian) yang merupakan perkiraan posisi garis indeks diantara dua garis skala . bila garis indeks belum sampai pada garis skala disebelah kanan  Membulatkan (rounding) harga skala di sebelah kiri garis indeks (membulatkan ke bawah.

.

.

. ‡ Tempatkan mistar ingsut tegak lurus dengan benda yang di ukur.Menggunakan Mistar Ingsut ‡ Sebelum di ukur bersihkan benda yang di ukur ‡ Sebelum dipergunakan periksalah bahwa skala mistar ingsut bergeser dengan bebas dan angka 0 pada kedua skala bertemu dengan tepat ‡ Sewaktu mengukur usahakan benda yang diukur sedekat mungkin dengan skala utama.

0.Mikrometer Mikrometer merupakan alat ukur linier yang mempunyai kecermatan yang tinggi Umumnya kecermatan 0. namun ada yang 0.01 mm.005. .002 dan 0.001 mm.