P. 1
Teknik_Menulis

Teknik_Menulis

|Views: 98|Likes:
Published by bockiet

More info:

Published by: bockiet on Dec 18, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/25/2013

pdf

text

original

Teknik Menulis Ilmiah

II. TEKNIK MENULIS ILMIAH
KETENTUAN UMUM TULISAN ILMIAH : Ukuran dan Macam Kertas : HVS 80 gram warna putih dengan ukuran kuarto [letter (21,59 x 27,94 cm2) atau A4 (21 x 29,7 cm2)] Huruf : Ukuran huruf standar (12 point, pika) dengan jenis huruf standar, misalnya Times New Roman, Arial, Comic Sans MS, dan lain-lain. Cara Pengetikan : Orientasi tegak (portrait), kecuali dalam kondisi tertentu dapat diketik dengan orientasi tidur (landscape). Naskah diketik dengan jarak spasi 1,5 atau 2,0. Alinea baru diketik dengan ukuran tabulasi 1,27 cm (tujuh ketukan kosong dari tepi kiri). Alinea di bawah anak-bab atau pasal yang jaraknya lebih dari 1,27 cm, maka baris pertama alinea baru diketik di bawah atau sejajar huruf pertama judul diatasnya.

R. Soedradjad/Bab II : Teknik Menulis Ilmiah

II - 1

Teknik Menulis Ilmiah

Batas Ketikan (margin) : 4,0 cm dari tepi kiri dan tepi atas dan 3,0 cm dari tapi kanan dan tepi bawah. Nomor Halaman : Halaman pendahuluan yang terdiri dari halaman judul, abstrak, kata pengantar, daftar isi, daftar tabel, daftar gambar, daftar istilah, dan daftar persembahan diberi nomor dengan angka Romawi kecil (i, ii, iii, iv, v, dan seterusnya). Halaman isi yang terdiri dari pendahuluan sampai daftar pustaka diberi nomor dengan angka Arab (1, 2, 3, 4, 5, dan seterusnya) dan ditempatkan ditengah-tengah halaman bagian bawah atau di atas atau di bawah sebelah kanan dengan jarak 1,5 cm dari batas bawah atau atas dan 3,0 cm dari tepi kanan kertas. Nomor halaman, umumnya tidak diberikan pada halaman yang berisi Judul Bab namun tetap dihitung jumlahnya. Halaman penutup yang berisi lampiran-lampiran, baik berupa data maupun foto diberikan halaman khusus, misalnya di mulai dari halaman lampiran 1.

R. Soedradjad/Bab II : Teknik Menulis Ilmiah

II - 2

Teknik Menulis Ilmiah

Halaman Judul :
Halaman judul, secara umum berisi :
(a) Judul tengah kertas dengan huruf kapital semua dengan jarak sekitar 5,0 cm dari tepi atas kertas, dan apabila judul lebih dari satu baris maka jarak antar baris judul adalah satu spasi. Ukuran huruf dari judul karya ilmiah harus lebih besar daripada ukuran huruf dari komponen lain yang terdapat dalam halaman judul, sehingga lebih menarik (b) Etiket tulisan diketik dibagian tengah kertas dengan huruf kapital semua di bawah Judul, misalnya SKRIPSI, LAPORAN PRAKTIKUM, ARTIKEL ILMIAH, PROPOSAL. (c) Ungkapan maksud ditulisnya karya tulis ilmiah diketik dibagian tengah kertas dengan jarak tiga spasi di bawah Etiket tulisan.

(d) Logo lembaga diketik dibagian tengah kertas dengan jarak yang seimbang antara ungkapan maksud ditulisnya karya tulis ilmiah dan nama penulis dan identitasnya. Ukuran logo lembaga disesuaikan dengan jarak tersebut tanpa mengurangi artinya. (e) Nama penulis dan alamatnya diketik dibagian tengah kertas dengan jarak sekitar 7,0 cm di bawah ungkapan maksud penulisan karya ilmiah. Nama penulis ditulis dengan huruf besar semua tanpa menyebut gelar yang pernah diperoleh dan alamat ditulis dengan kalimat biasa.

(f)

Nama Institusi diketik dibagian tengah kertas dengan jarak 5,0 – 7,0 cm di bawah nama penulis yang dilengkapi dengan nama tempat dan tahun tulisan diselesaikan.

R. Soedradjad/Bab II : Teknik Menulis Ilmiah

II - 3

Soedradjad/Bab II : Teknik Menulis Ilmiah II .4 . Universitas Jember R.) Merrill) TESIS MAGISTER Diajukan untuk melengkapi salah satu syarat dalam menyelesaikan Program Magister Pertanian pada Program Studi Agronomi Fakultas Pertanian. SOEDRADJAD NIM.Teknik Menulis Ilmiah TRANSPOR NITROGEN OLEH HIFA Gigaspora margarita YANG BERASOSIASI DENGAN AKAR KEDELAI (Glycine max (L.95028 PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS JEMBER JEMBER 2001 R. 253.

Teknik Menulis Ilmiah TRANSPOR NITROGEN OLEH HIFA Gigaspora margarita YANG BERASOSIASI DENGAN AKAR KEDELAI (Glycine max (L. 25 – 30 Juni 2001 R.) Merrill) MAKALAH Makalah yang disampaikan dalam Konggres ke 45 Perhimpunan Agronomi Indonesia (PERAGI) diselenggarakan oleh PERAGI dan Universitas Jember di Jember. SOEDRADJAD Ahli Ekologi Tanaman JURUSAN AGRONOMI FAKULTAS PERTANIAN – UNIVERSITAS JEMBER JEMBER 2001 R. Soedradjad/Bab II : Teknik Menulis Ilmiah II .5 .

Abstrak (bahasa Indonesia dan bahasa asing). Daftar Tabel (jika ada). Daftar Isi (kadang-kadang tidak diperlukan). Soedradjad/Bab II : Teknik Menulis Ilmiah . BAGIAN ISI.6 R. Halaman Persetujuan (apabila diperlukan). Kata Pengantar. berisi : (a) (b) (c) Ucapan Terima Kasih (apabila diperlukan) Daftar Pustaka Lampiran-lampiran II .Teknik Menulis Ilmiah SISTEMATIKA TULISAN ILMIAH : Secara garis besar sistematika tulisan ilmiah terdiri dari : BAGIAN PENDAHULUAN. Daftar Lampiran (jika ada). berisi : (a) (b) (c) (d) (e) (f) (g) (h) Halaman Judul. berisi : (a) (b) (c) (d) (e) Pendahuluan Landasan Teori atau Tinjauan Pustaka Metodologi Penelitian Pembahasan Kesimpulan dan saran BAGIAN PENUTUP. Daftar Gambar (jika ada).

Contoh : Efisiensi Kombinasi Pupuk N-organik dan N-anorganik pada Tanaman Kedelai Sayur di Lahan Kering. relevan dengan isi tulisan. dan harapan penulis kepada pembaca terhadap hasil kegiatan ilmiah yang dilakukan. Judul juga dapat mencerminkan gambaran kegiatan ilmiah yang dilakukan. ucapan terima kasih kepada yang berjasa dalam pelaksanaan kegiatan ilmiah. KATA PENGANTAR Kata pengantar.7 . umumnya berisi pernyataan penulis kepada pembaca tentang gambaran umum pelaksanaan dan hasil kegiatan ilmiah.Teknik Menulis Ilmiah JUDUL Judul tulisan ilmiah merupakan tema yang menggambarkan secara singkat tentang masalah Judul harus dirumuskan secara jelas. dimana variabel-variabel kegiatan ilmiah dan hubungan antar-variabel serta informasi lain tercantum secara eksplisit dalam judul. Soedradjad/Bab II : Teknik Menulis Ilmiah II . R. Judul dapat mencerminkan dengan tepat masalah yang dibahas dan mempunyai daya tarik yang cukup kuat bagi pembaca dan provokatif dalam arti dapat merangsang pembaca untuk membaca. singkat.

Tujuan dilakukan penelitian tersebut adalah untuk mengetahui efisiensi penggunaan pupuk N-organik dan N-anorganik maupun kombinasinya pada tanaman kedelai sayur di lahan kering. Agro Soya Industrindo. 25 Juni 2001 Penulis R. Tanaman kedelai sayur di lahan kering hanya dapat ditanam pada awal musim hujan dan musim hujan setiap tahun. DR. Jember. Dengan demikian. Ir. Jember yang telah memberikan bantuan dana maupun tenaga ahli. peranan pupuk N-organik diduga sangat besar terhadap ketersediaan unsur N didalam tanah. Ucapan terima kasih juga penulis sampaikan kepada DR. Soedradjad/Bab II : Teknik Menulis Ilmiah II . Doel Al Kabari dan Prof. Penelitian ini dapat berlangsung dengan baik berkat bantuan dari PT. sehingga saran dan kritik dari pembaca akan diterima dengan senang hati oleh penulis.8 . Jember.Teknik Menulis Ilmiah Contoh : KATA PENGANTAR Penelitian yang berjudul : Efisiensi Kombinasi Pupuk N-organik dan N-anorganik pada Tanaman Kedelai Sayur (vegetable soybean) di Lahan Kering dilakukan di Desa Garahan. Kecamatan Silo. Penulis menyadari bahwa kesempurnaan adalah bukan milik manusia. Sangat Bermanfaat atas bimbingan dan pinjaman pustakanya. Ir.

ABSTRAK ……………………………………………………………………………………………. DAFTAR LAMPIRAN ………………………………………………………………………… I. II. R. 2. LEMBAR PENGESAHAN …………………………………………………………………. 3. KESIMPULAN DAN SARAN …………………………………………………………. DAFTAR ISI ……………………………………………………………………………………….1 Tempat dan Waktu Penelitian ………………………………………………… 3.2 Bahan dan Alat penelitian ……………………………………………………….3 Pupuk Nitrogen An-organik …………………………………………………….1 Produksi Kedelai Sayur di Lahan Kering ……………………………… 2. DAFTAR TABEL …………………………………………………………………………………. 4. V. LANDASAN TEORI ………………………………………………………………………… 2.2 Pembahasan ………………………………………………………………………………. 3. HASIL DAN PEMBAHASAN ………………………………………………………….4 Cara Pelaksanaan Penelitian …………………………………………………… IV.2 Saran …………………………………………………………………………………………..2 Pupuk Nitrogen Organik ………………………………………………………….4 Hipotesis ……………………………………………………………………………………..1 Latar Belakang Masalah ………………………………………………………….2 Tujuan Penelitian ……………………………………………………………………… 1. 5.. 2...1 Hasil Penelitian ………………………………………………………………………….. 1.Teknik Menulis Ilmiah DAFTAR ISI DAFTAR ISI HALAMAN JUDUL ……………………………………………………………………………. PENDAHULUAN ……………………………………………………………………………….. 1. Soedradjad/Bab II : Teknik Menulis Ilmiah i ii iii iv v vi vii viii 1 1 3 4 5 5 10 15 20 21 21 21 22 23 24 25 30 36 36 36 37 41 II .3 Manfaat Penelitian …………………………………………………………………. 4. DAFTAR PUSTAKA ………………………………………………………………………….. DAFTAR GAMBAR ……………………………………………………………………………... 3.1 Kesimpulan ………………………………………………………………………………… 5. III.9 .. LAMPIRAN ………………………………………………………………………………………….. KATA PENGANTAR ………………………………………………………………………….3 Rancangan Penelitian ………………………………………………………………. METODOLOGI PENELITIAN ……………………………………………………….

Hasil Uji Beda dengan Metode Duncan (α = 0. Soedradjad/Bab II : Teknik Menulis Ilmiah II . Proyeksi Kebutuhan Kedelai Sayur Nasional Tahun 1995 sampai 2000 ……………………………………………………… 2. Pengaruh Sumber Pupuk Nitrogen terhadap Produksi Kedelai Sayur di Lahan Kering ………………… 3.05) untuk Seluruh Parameter …………………………………………… Contoh 2 : 2 15 23 DAFTAR TABEL Nomor Judul Tabel Halaman 1.Teknik Menulis Ilmiah DAFTAR TABEL Contoh 1 : DAFTAR TABEL Nomor Judul Tabel Halaman 1.05) untuk Seluruh Parameter …………………………………………… 2 15 23 R. Proyeksi Kebutuhan Kedelai Sayur Nasional Tahun 1995 sampai 2000 ……………………………………………………… 2. Hasil Uji Beda dengan Metode Duncan (α = 0.3.1. Pengaruh Sumber Pupuk Nitrogen terhadap Produksi Kedelai Sayur di Lahan Kering ………………… 4.10 .2.

11 .Teknik Menulis Ilmiah DAFTAR GAMBAR Contoh 1 : DAFTAR GAMBAR Nomor Judul Gambar Halaman 1. Diagram Efisiensi Pupuk Nitrogen pada Tanaman Kedelai di Lahan Kering ……………………………………………… 2 15 23 R.2. Diagram Efisiensi Pupuk Nitrogen pada Tanaman Kedelai di Lahan Kering …………………………………………… Contoh 2 : 2 15 23 DAFTAR GAMBAR Nomor Judul Gambar Halaman 1. Hubungan Dosis Pupuk Nitrogen dengan Produksi Kedelai Sayur di Lahan Kering ………………………………… 3. Hubungan Dosis Pupuk Nitrogen dengan Produksi Kedelai Sayur di Lahan Kering ………………………………… 4.3. Diagram Kebutuhan Kedelai Sayur Nasional Tahun 1995 sampai 2000 ……………………………………………………… 2. Soedradjad/Bab II : Teknik Menulis Ilmiah II .1. Diagram Kebutuhan Kedelai Sayur Nasional Tahun 1995 sampai 2000 ……………………………………………………… 2.

in the rhizosphere and in the bulk soil. pathogens. Mycorrhizal fungi also modify the interactions of plants with other soil organisms. some are clearly competitive. These interactions are probably important both in natural ecosystems. Contoh 1 : Abstrak berbahasa Inggris INTERACTION BETWEEN MYCORRHIZAL FUNGI AND OTHER SOIL ORGANISM A.H. Abstrak. notably nitrogen-fixing bacteria. dengan tekanan utama pada hasil kegiatan ilmiah. Two areas that seem like to be of particular importance to the functioning of the symbiosis are the role of bacteria in promoting mycorrhiza formation and of soil animals in grazing the external mycellium. dispersal and germination) through root colonization to external hyphal growth. Soedradjad/Bab II : Teknik Menulis Ilmiah II . FITTER and J. Effects can be seen at all stages of the mycorrhizal fungal life-cicle.Teknik Menulis Ilmiah ABSTRAK Abstrak merupakan rangkuman singkat dari isi tulisan ilmiah yang berisi masalah. metode. from spore population dynamics (predation. GARBAYE Department of Biology. where mycorrhizas may be valuable in designing integrated systems of pest control and growth stimulation. University of New York Abstract Mycorrhizal fungi interact with a wide range of other soil organism. in the root. R. both pathogens. umumnya memuat 50 – 250 kata yang disusun dalam satu paragraf. Abstrak dapat ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa asing. mycorrhizas. soil organism.12 . where pathogens are increasingly recognized as playing controlling roles. other may be mutualistic. and mutualists. Keywords : mutualism. diketik dengan jarak satu spasi. These interaction may be inhibitory or stimulatory. tujuan. namun umumnya abstrak ditulis dalam bahasa Inggris dimana naskah utama ditulis dalam bahasa apapun (selain bahasa Inggris). and in agricultural systems. such as root-inhabiting nematodes and fungi.

Contoh : (f) Jumlah Anggota Populasi (Ekor) Tahun Gambar 1. dan penomoran gambar dan tabel menggunakan angka arab. apabila gambar dan tabel lebih dari satu halaman maka disajikan pada halaman tersendiri. judul gambar ditulis di bawah presentasi gambar dan judul tabel ditulis di atas presentasi table yang keduanya diketik dengan jarak ketikan satu spasi.1.13 . Grafik Pertumbuhan Burung Rangkok dari 1935 .Teknik Menulis Ilmiah GAMBAR DAN TABEL Ketentuan umum presentasi gambar dan tabel : (a) (b) diletakkan ditengah halaman untuk judul gambar dan ditepi kiri untuk judul tabel. 1998).1965 (Sumber : Winston. gambar dan tabel diusahakan terpresentasi dalam satu halaman.1 dan Tabel 2. misalnya Gambar 1 dan Tabel 1 atau Gambar 2. penggunaan gambar dan tabel harus proporsional. R. Soedradjad/Bab II : Teknik Menulis Ilmiah II . (c) (d) (e) gambar dan tabel harus jelas dan komunikatif.

Soedradjad/Bab II : Teknik Menulis Ilmiah II . 6. Perumahan dan Pemukiman Perdagangan dan Jasa Perkantoran dan Perdagangan Ruang Terbuka Hijau Industri Pemerintahan dan Fasilitas Umum Rekreasi Khusus : . Peruntukan Kawasan : 1.Bandar Udara *) . 5.14 .Cagar Budaya 55 70 65 50 70 60 70 70 60 55 55 55 Tingkat Kebisingan [dB(A)] B. 2. 3. : 48/MENLH/II/1996 tanggal 25 – 11 – 1996 Catatan : *) disesuaikan dengan ketentuan Menteri Perhubungan R. Baku Mutu Tingkat Kebisingan di Indonesia Peruntukan Kawasan/Lingkungan Kegiatan A. Sekolah atau sejenisnya 3. Rumah Sakit atau sejenisnya 2. 8.Teknik Menulis Ilmiah Contoh : Tabel 1.Stasiun Kereta Api *) . Tempat Ibadah atau sejenisnya Sumber : SK.Pelabuhan Laut . Lingkungan Kegiatan : 1. 7. 4. MENLH No.

Teknik Menulis Ilmiah DAFTAR PUSTAKA Daftar pustaka dapat berupa buku. jurnal. Tata aturan penulisan daftar pustaka bervariasi. sehingga ilmuwan lain dapat melihat benar atau tidaknya pengutipan pernyataan di dalam bahan pustaka yang digunakan atau bahkan dapat digunakan sebagai alat untuk melihat perkembangan ilmu. (c) Untuk melihat cakupan keilmuan seluruh isi tulisan ilmiah sebagai indikator mutu isinya. ensiklopedi. Soedradjad/Bab II : Teknik Menulis Ilmiah II . internet. majalah. dengan catatan bahwa semakin terspesialisasi bahan pustaka yang digunakan maka semakin tinggi nilai tulisan ilmiah. kertas kerja. FUNGSI DAFTAR PUSTAKA : (a) Sebagai alat untuk melihat kembali sumber asli oleh ilmuwan lain. dan bahan penerbitan lain (termasuk komunikasi pribadi) Bahan pustaka yang dimasukkan ke dalam daftar pustaka adalah bahan pustaka yang benar-benar dirujuk di dalam bagian inti tulisan ilmiah. tergantung gaya selingkung yang dianut oleh bidang ilmu. media masa. R. (b) Untuk mengetahui lebih jauh tentang sumber acuan yang terdapat dalam sebuah catatan kaki. (d) Untuk mengetahui dampak ilmiah dari tulisan ilmiah.15 .

Soedradjad/Bab II : Teknik Menulis Ilmiah . tahun terbit. (c) Setelah nama pengarang. (f) Bagian terakhir adalah nama kota dari alamat penerbit untuk bahan pustaka berupa buku. dari A Z. selanjutnya ditulis (1) nama penerbit untuk bahan pustaka berupa buku. berikutnya ditulis judul bahan pustaka yang diketik miring diakhiri dengan tanda titik (. adalah kata kedua dianggap sebagai nama keluarga dengan disertai tanda-baca koma (. (Catatan : apabila suatu bahan pustaka tidak terinformasi penulisnya. (d) Setelah tahun terbit bahan pustaka.) diikuti singkatan kata pertama dan diakhiri dengan tanda titik (.). (g) Apabila nama penulis dari bahan pustaka yang dirujuk lebih dari satu.). dan (2) nama jurnal beserta volume. dan halaman bahan pustaka yang dibaca untuk artikel ilmiah yang diterbitkan dalam bentuk jurnal. (e) Setelah nama bahan pustaka. maka nama penulis tidak boleh ditulis dengan Anonim).Teknik Menulis Ilmiah PATOKAN UMUM PENULISAN DAFTAR PUSTAKA : (a) Penulisan daftar pustaka disusun secara alfabetis. dengan patokan pada huruf pertama dari nama keluarga atau marga penulis.16 R. maka penulis ke-2 dan ke-3 urutan kata namanya tetap seperti nama aslinya hanya kata pertama dan/atau kedua disingkat. berikutnya ditulis tahun penerbitan bahan pustaka dan diakhiri dengan tanda titik. (b) Penulisan nama orang Indonesia yang lebih dari satu kata. II . nomor.

. Jakarta. 2001. 1999) .. 1996). New York. (Canter. Ditulis dalam daftar pustaka sebagai berikut : Soedradjad. R.. McGrawHill... Inc. L... R.. Ditulis dalam daftar pustaka sebagai berikut : Canter.... Ditulis oleh R..W.. Soedradjad dan diterbitkan oleh Badan Penerbit Universitas Jember. UI Press.. R. Teknik Menulis Ilmiah. 2001).. Jakarta pada tahun 1999.. Ditulis oleh Larry W. Sitasi dalam tinjauan pustaka : . 1996. Canter dan diterbitkan oleh McGraw-Hill. (Soedradjad. Ditulis oleh R... Contoh 12 : Bahan pustaka dari dua buku yang ditulis oleh satu penulis dengan tahun terbit yang berbeda Judul Buku : Lingkungan Hidup :Suatu Pengantar. Lingkungan Hidup : Suatu Pengantar.. New York pada tahun 1996.. Inc.. Badan Penerbit Universitas Jember. dan Judul Buku : Teknik Menulis Ilmiah........ Environmental Impact Assessment..Teknik Menulis Ilmiah Contoh 11 : Bahan pustaka dari buku yang ditulis oleh satu Penulis Judul Buku : Environmental Impact Assessment...... Jember. Soedradjad dan diterbitkan oleh UI Press.. Soedradjad.. (Soedradjad. Second Edition.17 .... 1999. Sitasi dalam tinjauan pustaka : . Jember pada tahun 2001.. Soedradjad/Bab II : Teknik Menulis Ilmiah II ..

dan Judul Buku : Ekologi Tanaman. Lingkungan Hidup : Suatu Pengantar....... Ditulis oleh John W....18 .. 1994. Soedradjad. Soedradjad dan diterbitkan oleh Badan Penerbit Universitas Jember.. 1999a dan 1999b).. Weir yang diterbitkan oleh Chapman & Hall. R. Renewable Energy Resources. UI Press. Chapman & Hall. Soedradjad dan diterbitkan oleh UI Press.. Ditulis dalam daftar pustaka sebagai berikut : Twidell.Teknik Menulis Ilmiah Contoh 13 : Bahan pustaka dari dua buku yang ditulis oleh satu penulis dengan tahun terbit yang sama Judul Buku : Lingkungan Hidup :Suatu Pengantar. Ditulis oleh R. 1999a. New York pada tahun 1994. and A. Sitasi dalam tinjauan pustaka : ..D. (Soedradjad... Sitasi dalam tinjauan pustaka : . Twidell dan Anthony D. Jember pada tahun 1999. Badan Penerbit Universitas Jember. R.. 1999b. J.. Jakarta pada tahun 1999. (Twidell and Weir..W... New York. Ditulis dalam daftar pustaka sebagai berikut : Soedradjad. Contoh 14 : Bahan pustaka dari buku yang ditulis oleh dua Penulis Judul Buku : Renewable Energy Resources. R. Ditulis oleh R. Jember. Ekologi Tanaman. 1994).. Weir.... Soedradjad/Bab II : Teknik Menulis Ilmiah II . Jakarta..

J.. Pudjoarinto.. Gilliam. Ditulis oleh Michael G.19 . Suharni. Terrestrial Plant Ecology. R. J.. Frank S.. Ditulis dalam daftar pustaka sebagai berikut : Barbour.. Addison Wesley Longman. Third Edition.G. Sidemen. Gilliam.W. 1999).. Jusup Subagja.Teknik Menulis Ilmiah Contoh 15 : Bahan pustaka dari buku yang ditulis oleh lebih dua Penulis Asing Judul Buku : Terrestrial Plant Ecology.. Burk. (Hardjosuwarno.. Inc.. Sitasi dalam tinjauan pustaka : . Inc. 1999. Ditulis dalam daftar pustaka sebagai berikut : Hardjosuwarno. Agus Pudjoarinto. S. Subagja.H...T. yang diterbitkan oleh Fakultas Biologi Universitas Gadjah Mada. (Barbour. Contoh 16 : Bahan pustaka dari buku yang ditulis oleh lebih dua Penulis Indonesia Judul Buku : Pemantauan Lingkungan Perairan Sungai Donan Sekitar Kilang Minyak Unit Pengolahan IV Cilacap. B... dan Theresia Tri Suharni.. Soedradjad/Bab II : Teknik Menulis Ilmiah II . 1999). et. 1988.. Ditulis oleh Sunarto Hardjosuwarno..... Sukahar.. Yogyakarta. I. New York pada tahun 1999.. Barbour. and Mark W..D.. Pitts. Pemantauan Lingkungan Perairan Sungai Donan Sekitar Kilang Minyak Unit Pengolahan IV Cilacap.P. W. Burk..G. A. Yogyakarta pada tahun 1988. and M...S. New York. Fakultas Biologi Universitas Gadjah Mada. I... A. al. Badjra Sidemen. Wanna D.G. dkk. Pitts.. Sitasi dalam tinjauan pustaka : ...P. dan T. Schwartz yang diterbitkan oleh Addison Wesley Longman. Jack H. Anthon Sukahar. F. Schwartz.. M.

Disunting oleh N. R..C. Malang. New York pada tahun 1987. Bland. Sitasi dalam tinjauan pustaka : ..G.. 1987). J. Advances in Agronomy..... Inc... didalamnya ada tulisan yang akan dikutip berjudul : Genotypic Variation in Crop Plant Root Systems.. N.A. Sitasi dalam tinjauan pustaka : .. Penerbit Universitas Negeri Malang. Bland. (Ed). Contoh 18 : Bahan pustaka dari buku yang berisi kumpulan artikel dengan dua editor Judul Buku : Menerbitkan Jurnal Ilmiah. and W. Ditulis dalam daftar pustaka sebagai berikut : Ibnu. 1987. M... Malang pada tahun 2000... 2000... Volume 41. Academic Press. Ditulis oleh Suhadi Ibnu. Genotypic Variation in Crop Plant Root Systems in Brady.. Disunting oleh Mulyadi Guntur Waseso dan H. New York. didalamnya ada tulisan yang akan dikutip berjudul : Format dan Isi Jurnal Ilmiah.C. 2000. Volume 41. Inc... Ali Saukah yang diterbitkan oleh Penerbit Universitas Negeri Malang. O’Tolle and W.. Ditulis dalam daftar pustaka sebagai berikut : O’Tolle. S. 2000). Ditulis oleh J. (Ibnu.. Format dan Isi Jurnal Ilmiah dalam Waseso.20 .L..Teknik Menulis Ilmiah Contoh 17 : Bahan pustaka dari artikel dalam buku dengan satu editor Judul Buku : Advances in Agronomy. Saukah (Eds). Menerbitkan Jurnal Ilmiah.C... dan H.L.C... Soedradjad/Bab II : Teknik Menulis Ilmiah II . 1987.. (O’Tolle and Bland. Brady yang diterbitkan oleh Academic Press.

.. Biological Nitrogen Fixation : An Efficient Source of Nitrogen for Sustainable Agriculture Production. et. Plant and Soil Vol..B..... Ladha.. Agri Jurnal 2 (1) : 29 – 33..K.. Herridge and J. M..... Ditulis oleh R. al.. Peoples.B.F... (Soedradjad. and J..B. R..F. D.. 1995. Biological Nitrogen Fixation : An Efficient Source of Nitrogen for Sustainable Agriculture Production. 1993). Sitasi dalam tinjauan pustaka : . Soedradjad yang dimuat pada Agri Jurnal Volume 2 No.. Kajian Dimensi Serat dan Komponen Kimia Limbah Hasil Pertanian untuk Bahan Baku Industri Pulp dan Kertas. Contoh 20 : Bahan pustaka dari artikel dalam jurnal nasional Judul artikel : Kajian Dimensi Serat dan Komponen Kimia Limbah Hasil Pertanian untuk Bahan Baku Industri Pulp dan Kertas. Herridge. Herridge.. 1 halaman 29 – 33.. Sitasi dalam tinjauan pustaka : . 1-2 : 3 – 28.K. 174 Nos.K. D. 1 – 2 July 1995 pada halaman 3 – 28.. Ladha... Ditulis dalam daftar pustaka sebagai berikut : Peoples.. 1995. Plant and Soil 174 (12) : 3 – 28.F. Ditulis dalam daftar pustaka sebagai berikut : Soedradjad. Ditulis oleh M. R. 1993.. 1993). atau Peoples. Ladha dan dipublikasikan di Jurnal Plant and Soil Volume 174 Nos. (Peoples. D.. and J. Soedradjad/Bab II : Teknik Menulis Ilmiah II .21 . M.Teknik Menulis Ilmiah Contoh 19 : Bahan pustaka dari artikel dalam jurnal internasional Judul artikel : Biological Nitrogen Fixation : An Efficient Source of Nitrogen for Sustainable Agriculture Production.

. U.. Cilacap) dalam Soemodihardjo.. K..... dan Suhardjono (Eds).18 September 1998. 1999).22 . S.. Tulisan R.. (Soedradjad.. Prosiding Seminar Nasional VI : Ekosistem Mangrove di Pekanbaru.. Ditulis oleh Ujang Jaya yang dimuat pada Majalah Trubus nomor 340 Tahun XXIX.. Maret 1998 : 15 – 21. Sitasi dalam tinjauan pustaka : . edisi Maret 1998 pada halaman 15 – 21. Soedradjad/Bab II : Teknik Menulis Ilmiah II . Jakarta di Pekanbaru. Cilacap) dikutip sebagai pustaka dalam suatu tulisan ilmiah.. Ditulis dalam daftar pustaka sebagai berikut : Soedradjad.. Ditulis dalam daftar pustaka sebagai berikut : Jaya..Teknik Menulis Ilmiah Contoh 21 : Bahan pustaka dari artikel dalam prosiding seminar Judul prosiding : Seminar Nasional VI : Ekosistem Mangrove... yang disunting oleh Subagjo Soemodihardjo.. Sitasi dalam tinjauan pustaka : .. Soedradjad berjudul : Fungsi Model Hidrodinamika Estuari dalam Pengelolaan Ekosistem Mangrove (Studi Kasus Pencemaran Minyak di Estuari Sungai Donan.. 1998. Riau pada 15 – 18 September 1998 dan diterbitkan pada tahun 1999. LIPI. Jakarta... Kini Saatnya Bertanam Kedelai. Fungsi Model Hidrodinamika Estuari dalam Pengelolaan Ekosistem Mangrove (Studi Kasus Pencemaran Minyak di Estuari Sungai Donan... 1999. Trubus No. Romimohtarto. 15 . 1998). (Jaya... dan Suhardjono merupakan prosiding seminar nasional yang diselenggarakan oleh LIPI. R. 1999. Contoh 22 : Bahan pustaka dari artikel dalam Majalah Judul artikel : Kini Saatnya Bertanam Kedelai. R.. Kasijan Romimohtarto. 340..

.... Contoh 24 : Bahan pustaka dari artikel dalam Koran tanpa penulis Judul artikel : Dekrit dan Maklumat yang Pernah Ada. Efek Sinergi Gen dan Lingkungan menuju Pertanian Tangguh. Dr.. R. tanggal 27 Juni 2001 pada halaman 28 – 29. (Tjiptoherijanto... Sitasi dalam tinjauan pustaka : .. Sitasi dalam tinjauan pustaka : ... Kompas No. 27 Juni 2001 : 28 – 29. Pemberdayaan Masyarakat menuju Pembangunan yang Demokratis. 2002). Ditulis dalam daftar pustaka sebagai berikut : Tjiptoherijanto.... 353 Tahun ke 36... 2001). 27 Juni 2001 : 8.Teknik Menulis Ilmiah Contoh 23 : Bahan pustaka dari artikel dalam Koran Judul artikel : Pemberdayaan Masyarakat menuju Pembangunan yang Demokratis. 2001.. 2001. Kompas No.... P.. 2001).. Ditulis dalam daftar pustaka sebagai berikut : Kompas... 2002. yang dimuat pada Koran Kompas nomor 353 Tahun ke 36... atau Judul artikel : Efek Sinergi Gen dan Lingkungan menuju Pertanian Tangguh. Kompas tanggal 19 Agustus 2002 : 30. Ditulis oleh Prof.. (Soepardi.. Ditulis dalam daftar pustaka sebagai berikut : Soepardi.... G. Soedradjad/Bab II : Teknik Menulis Ilmiah II .23 . (Kompas.. Ditulis oleh Prijono Tjiptoherijanto yang dimuat pada Koran Kompas nomor 353 Tahun ke 36...... 353 Tahun ke 36. tanggal 27 Juni 2001 pada halaman 8.. Sitasi dalam tinjauan pustaka : .. Goeswono Soepardi yang dimuat pada Koran Kompas tanggal 19 Agustus 2002 pada halaman 30.. Dekrit dan Maklumat yang Pernah Ada.

Sitasi dalam tinjauan pustaka : ... Sinar Grafika. Jakarta.... 2000..Teknik Menulis Ilmiah Contoh 25 : Bahan pustaka yang berupa dokumen resmi pemerintah yang diterbitkan oleh suatu penerbit Judul Dokumen : Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 1999 tentang Pemerintahan Daerah.. Jakarta Tahun 2000. Contoh 26 : Bahan pustaka dari lembaga yang ditulis atas nama lembaga tersebut Judul Pustaka : Pedoman Pelaksanaan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat oleh Perguruan Tinggi. 2000). yang ditulis dan diterbitkan oleh Direktorat Pembinaan Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat pada Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.. Jakarta.. (Sinar Grafika. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.24 . Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 1999 tentang Pemerintahan Daerah. PT.. Edisi VI Tahun 2002.... Edisi VI. 2002. (Direktorat Pembinaan Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat. yang diterbitkan oleh PT.. R.. Sitasi dalam tinjauan pustaka : .. Ditulis dalam daftar pustaka sebagai berikut : Sinar Grafika.. Jakarta... Ditulis dalam daftar pustaka sebagai berikut : Direktorat Pembinaan Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat.. Sinar Grafika. Pedoman Pelaksanaan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat oleh Perguruan Tinggi. Soedradjad/Bab II : Teknik Menulis Ilmiah II ... Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi... 2002)..

. New York pada tahun 1992...... Soedradjad/Bab II : Teknik Menulis Ilmiah II . 1999). (Sukoco. R... Jogjakarta pada tahun 1999. 1999). Kanisius. terbitan The Macmillan Press Ltd.. Pertanian Masa Depan : Pengantar Untuk Pertanian Berkelanjutan dengan Input Luar Rendah.. Jogjakarta pada tahun 1999.... Bertus and Ann Waters-Bayer dengan judul : Farming for the Future : An Introduction to Low-External-Input and Sustainable Agriculture. Diterjemahkan oleh Yohannes Sukoco dan disunting oleh Drs... Edisi Bahasa Indonesia.. Bertus and Ann Waters-Bayer dengan judul : Farming for the Future : An Introduction to Low-External-Input and Sustainable Agriculture... Pertanian Masa Depan : Pengantar Untuk Pertanian Berkelanjutan dengan Input Luar Rendah. Diterjemahkan oleh Yohannes Sukoco dari buku yang ditulis oleh Coen Reijntjes. Ditulis dalam daftar pustaka sebagai berikut : De-Fliert dan Hidayat (Eds).A.25 . Bernadus Hidayat.. terbitan The Macmillan Press Ltd. dari buku yang ditulis oleh Coen Reijntjes. 1999. Jogjakarta. Sitasi dalam tinjauan pustaka : . Kanisius. M.... New York pada tahun 1992. Sitasi dalam tinjauan pustaka : .. Y.. 1999. Jogjakarta. Edisi terjemahan diterbitkan oleh Penerbit Kanisius. Edisi terjemahan diterbitkan oleh Penerbit Kanisius.Teknik Menulis Ilmiah Contoh 27 : Bahan pustaka yang berupa karya terjemahan tanpa editor Judul Buku : Pertanian Masa Depan : Pengantar Untuk Pertanian Berkelanjutan dengan Input Luar Rendah.. Elske van de Fliert dan Drs.. Ditulis dalam daftar pustaka sebagai berikut : Sukoco.. (De-Fliert dan Hidayat.. Edisi Bahasa Indonesia. Contoh 28 : Bahan pustaka yang berupa karya terjemahan dengan editor Judul Buku : Pertanian Masa Depan : Pengantar Untuk Pertanian Berkelanjutan dengan Input Luar Rendah.

di Hotel Tunjungan. Soedradjad/Bab II : Teknik Menulis Ilmiah II . R. Transpor Nitrogen oleh Hifa Gigaspora margarita yang berasosiasi dengan Akar Kedelai (Glycine max (L.Teknik Menulis Ilmiah Contoh 29 : Bahan pustaka dari tugas akhir tidak dipublikasikan Judul Tesis : Transpor Nitrogen oleh Hifa Gigaspora margarita yang berasosiasi dengan Akar Kedelai (Glycine max (L. 1997). R. Ditulis oleh Ir.. Tidak diterbitkan. R... Surabaya : 5 Agustus 2000. Surabaya pada tanggal 5 Agustus 2000.. Bandung. ITB. R.. Soedradjad saat menyelesaikan studi Pascasarjana di Institut Teknologi Bandung. Pertanian Organik : Sistem Agroekoteknologi yang Menjanjikan ?...... Program Pascasarjana..) Merrill). (Soedradjad... di Hotel Tunjungan..... Makalah yang disajikan dalam Seminar Nasional Pertanian Organik dan Peluangnya di Pasar Dunia yang diselenggarakan oleh Mingguan AGROBIS. (Soedradjad. Bandung pada tahun 1997. 1997. R.. Sitasi dalam tinjauan pustaka : .. Soedradjad. Sitasi dalam tinjauan pustaka : . 2000)..26 .. Tesis.. Ditulis dalam daftar pustaka sebagai berikut : Soedradjad.. Contoh 30 : Bahan pustaka yang berupa makalah yang disajikan dalam Seminar Judul Makalah : Pertanian Organik : Sistem Agroekoteknologi yang Menjanjikan ?.) Merrill)... Ditulis oleh Ir. MT atas permintaan Panitia Seminar Nasional Pertanian Organik dan Peluangnya di Pasar Dunia yang diselenggarakan oleh Mingguan AGROBIS. Ditulis dalam daftar pustaka sebagai berikut : Soedradjad.. 2000.

1990..Teknik Menulis Ilmiah Contoh 31 : Bahan pustaka yang berupa makalah yang disajikan dalam Penataran atau Lokakarya Judul Makalah : Optimalisasi Potensi Lahan Hutan melalui Kemitraan Budidaya Kedelai (antara Petani – Pelaku Ekonomi – Peneliti).G. Soedradjad.. R. MT atas permintaan Panitia Lokakarya Forum Konsultasi Pengembangan Tanaman Kedelai di Lahan Hutan yang diselenggarakan oleh Perum... R. (Soedradjad. Perhutani di Hotel Riyadi. El Nino.. Philander pada tahun 2001 di situs http://www. Contoh 32 : Bahan pustaka dari internet berupa karya individual Judul artikel : El Nino.. 2001).gov/ toga-toa/el-nino-story. 2000).27 .noaa. yang diakses pada tanggal 5 Juni 2001.. Kertas kerja yang disampaikan dalam Lokakarya Forum Konsultasi Pengembangan Tanaman Kedelai di Lahan Hutan yang diselenggarakan oleh Perum.pmel.. La Nina and the Southern Oscilation.. di-akses pada 5 Juni 2001.. Ditulis oleh S. Sitasi dalam tinjauan pustaka : .. S. 2000. Optimalisasi Potensi Lahan Hutan melalui Kemitraan Budidaya Kedelai (antara Petani – Pelaku Ekonomi – Peneliti).gov/toga-toa/elnino-story. http://www. La Nina and the Southern Oscilation (online)..H.html..noaa. Soedradjad/Bab II : Teknik Menulis Ilmiah II ..H...html..pmel. Solo pada tanggal 18 Juli 2000.. Ditulis dalam daftar pustaka sebagai berikut : Philander.. Sitasi dalam tinjauan pustaka : .. R.... Ditulis dalam daftar pustaka sebagai berikut : Soedradjad... (Philander. Perhutani di Solo : 18 Juli 2000.G.. Ditulis oleh Ir.

. 2001). Sitasi dalam tinjauan pustaka : . (Mercier.Teknik Menulis Ilmiah Contoh 33 : Bahan pustaka dari internet berupa artikel dari jurnal Judul artikel : Oceanographic Events during El Nino...... Oceanographic Events during El Nino...A.net pada tanggal 18 Juli 2001. M. M. Ditulis dalam daftar pustaka sebagai berikut : Cane. 1983. 1983).au).28 ....edu/Public/People/Kamaral/thesis/Elnino. Ditulis oleh M.umassd. Ditulis dalam daftar pustaka sebagai berikut : Mercier.net) tanggal 18 Juli 2001. (Cane. Soedradjad. http://www. umassd. P.... Science.A. (mercier@uwts. html. Soedradjad/Bab II : Teknik Menulis Ilmiah II . Desember 1983 : 1189 – 1194 (online).. Sitasi dalam tinjauan pustaka : . Cane dalam Jurnal Science edisi Desember 1983 halaman 1189 – 1194 dan diakses pada 5 Juni 2001 melalui situs http://www. Ditulis oleh Dr.. Phillipe Mercier. Innovative Uses of Compost : Bioremediation and Pollution Prevention.. 2001. diakses pada 5 Juni 2001.edu/Public/People/Kamaral/thesis/Elnino.. E-mail kepada Soedradjad (lpm_unej@telkom.. R..Sc dan dikirimkan secara pribadi kepada Ir....html.... Contoh 34 : Bahan pustaka dari internet berupa e-mail pribadi Judul artikel : Innovative Uses of Compost : Bioremediation and Pollution Prevention. MT melalui alamat e-mail : lpm_unej@telkom. R.edu.

Teknik Menulis Ilmiah LAMPIRAN Bahan tulisan yang dianggap akan mengganggu bagian isi tulisan ilmiah. Contoh 35 : Judul Lampiran Lampiran 1.. table-tabel yang tidak tercantum dalam bagian isi. misalnya program komputer. Soedradjad/Bab II : Teknik Menulis Ilmiah II . 3. R. List Program Model Transpor Pencemar Minyak dan Fenol di Estuari. Contoh 36 : Daftar Lampiran DAFTAR LAMPIRAN Nomor Judul Lampiran Halaman 64 73 77 1. Hasil simulasi Konsentrasi Minyak dan fenol Selama 14. List Program Model Transpor Pencemar Minyak dan Fenol di Estuari ……………………………… 2. lebih baik diletakkan di dalam lampiran.29 . perincian perhitungan yang tidak terjabarkan dalam perhitungan statistik. Lampiran 3.400 detik. Hasil simulasi Konsentrasi Minyak dan fenol Selama 14. Lampiran 2. dan personalia peneliti berikut kualifikasinya. Perhitungan Parameter Estuari. Perhitungan Parameter Estuari ……………………….400 detik ………………………………………….

34 Alkana. nama-nama pengarang. 360 Adesi. Soedradjad/Bab II : Teknik Menulis Ilmiah II . Indeks berfungsi sebagai alat bantu pembaca dalam mencari keterangan-keterangan mengenai pokok bahasan.Teknik Menulis Ilmiah INDEKS Indeks memuat daftar istilah-istilah. terbitan Gadjah Mada University Press.Aliran massa. 315. 343.817 Alkohol polivinil. 132 807. Huang dan M. 359 tanah 609-612 Alga. Schnitzer (1997). 300. 382. 756 A Alanin. maupun arti istilah asing dalam tulisan ilmiah. 692-696 Air Agregat mantap. Contoh 37 : Indeks Subyek INDEKS SUBYEK Alabandit. 128. konsep. 94. 730-731 810 dan kehidupan 467-472 Catatan : Istilah ADESI dapat diketemukan di halaman 691-693 dan halaman 702 dari buku : Interaksi Mineral Tanah dengan Organik Alami dan Mikroba. Editor : P. 119. 798.30 . namanama tempat.M. Indeks harus disusun secara alfabetis dan di belakang setiap istilah atau nama dituliskan pula nomor halaman tempat istilah atau nama tersebut dituliskan. mikroba. dan lain-lain yang disebut dalam tulisan ilmiah yang telah disusun. 362 makro-. R. Alofan. 691-693. 806. Jogjakarta. 702 dan ekologi mikroba dalam Albit. 356. 810-812 mikro-. 806-807. 764 Alfisol. 34. 122. 378.

(1) Tipografi Angka-Huruf Tulisan ilmiah dengan tipe tipografi angka-huruf. A. umumnya disusun berdasarkan suatu tata urutan yang baik yang disebut dengan Organisasi Tulisan.. a. yaitu tipografi angka-huruf dan tipografi kesatuan desimal.3 Organisasi Tulisan Ilmiah Tulisan ilmiah. Organisasi tulisan dalam penulisan ilmiah dibedakan menjadi dua tipe. ……………………………………………………………. dan seterusnya. 2. ………………………………………………………………………. subbab ditulis dengan huruf kapital. Organisasi tulisan berfungsi untuk memudahkan pembaca mendalami apa yang ditulis oleh penulis. apabila masih mempunyai bagian penting maka digunakan angka Arab berkurung tutup dan diikuti dengan huruf kecil berkurung tutup. sub-subbab ditulis dengan angka Arab. 1. ……………………………………………………………. ………………………………………………………………….31 . Contoh 38 : Tipografi Angka Huruf Bab I.. perincian yang lebih kecil lagi ditulis dengan huruf kecil.Teknik Menulis Ilmiah 2. b. ……………………………………………………….. ………………………………………………………… 1) …………………………………………………… 2) …………………………………………………… a) ……………………………………………… b) ……………………………………………… (1) ………………………………………… (2) ………………………………………… (a) ………………………………… (b) ………………………………… R.. Soedradjad/Bab II : Teknik Menulis Ilmiah II .. disusun sebagai berikut : judul bab diberi nomor dengan angka Romawi.

contoh organisasi di atas hanya dapat digunakan sebagai patokan.2 ………………………………………………………… 1.1 …………………………………………………………… 1.3.2.1.2.2. 1.1.3. Soedradjad/Bab II : Teknik Menulis Ilmiah II .3 ………………………………………………………… 1. Contoh 39 : Tipografi Kesatuan Desimal Bab I. kecuali pada judul bab menggunakan angka Romawi.1 ………………………………………………………… 1.2 …………………………………………………………………………………. ………………………………………………………………………………………….2.32 . Tipografi ini akan memudahkan pembaca memahami apa yang ditulis oleh peneliti. sehingga apabila memungkinkan dapat menggunakan kombinasi dari kedua tipe organisasi penulisan di atas. disusun sebagai berikut : semua perincian bab menggunakan angka Arab. (2) R. 1.1 ………………………………………………………………………………….1 ………………………………………………………………………… 1.. Rincian terkecil diharapkan tidak lebih dari 3 desimal.3. Oleh karena itu.1 ………………………………………………………………………… 1..1. 1.3 …………………………………………………………… dan seterusnya Catatan : (1) Tulisan ilmiah selain isinya bersifat ilmiah maka tulisan harus terlihat indah dalam organisasinya.3..2 …………………………………………………………… 1. 1.2.2.2 ………………………………………………………………………… 1.2.2.Teknik Menulis Ilmiah (2) Tipografi Kesatuan Desimal Tulisan ilmiah dengan tipe tipografi kesatuan desimal.3 ………………………………………………………………………………….

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->