P. 1
KLASIFIKASI FILOGENETIK

KLASIFIKASI FILOGENETIK

|Views: 3,256|Likes:
Published by 'Maulana Hawary'

More info:

Published by: 'Maulana Hawary' on Dec 19, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/04/2013

pdf

text

original

KLASIFIKASI FILOGENETIK

-Diciptakan oleh charles darwin 1859,menerbitkan buku tentang teori revolusi - Ia menyatakan bahwa kesamaan struktur tubuh menunjukkan hubungan kekerabatan yang lebih dekat -Didasarkan urutan perkembangan makhluk hidup (Filogeni) serta mengetahui hubungan kekerabatan antara satu dengan yang lainnya Sistem klasifikasi filogenetik disusun berdasarkan kekerabatan antara taksonomi yang satu dengan yang lainnya dan berdasarkan persamaan fenotifnya Contoh sederhana yang dapat kita lihat adalah dikebun binatang. Disitu kita akan menemukan kelompok hewan reptilia, amphibia, unggas, mamalia, dan sebagainya Didalam kehidupan kita, penamaan makhluk mungkin sering kita temukan berbeda-beda. Agar nama-nama tersebut dimengerti semua orang, maka setiap makhluk hidup diberi nama ilmiah menggunakan nama latin.

Tingkatan Taksonomi
1.Regnum/Kingdom(dunia/Kerajaan) 2.Divisio/Phylum (Tumbuhan/Hewan) 3.Classis(kelas) 4.Ordo (Bangsa) 5.Familia (Suku) 6.Genus (Marga) 7.Spesies(jenis)

Cara pemberian nama ³kelas´ 1.Nama kelas :nama genus + nae contoh : equesetum + nae menjadi equesetumnae

Cara pemberian nama suku(Famili) 3.Nama Famili:Genus +aceae /idea contoh : canna + aceae menjadi cannacea aceae untuk Tumbuhan idea untuk hewan Cara pemberian nama marga (genus) Pemberian nama Genus merupakan kata benda berbentuk tunggal (mufrad).Huruf pertamanya ditulis dengan huruf besar. Contoh : marga tumbuhan Solanum (terong-terongan) marga hewan Felis (kucing)

Cara Pemberian Nama Jenis Sistem nama yang digunakan µ¶binominal nomenclatur´ misalnya : padi (oryza sativa) Kata depan : nama marga (genus) Kata belakang: nama jenis (spesies) Dipopulerkan oleh carolus linnaeus.

KINGDOM ( Kerajaan )
Menurut Whitaker (1969)makhluk hidup dikelompokkanmenjadi 5 kingdom yaitu : 1. Kingdom animalia (Hewan) Organisme bersel banyak,yang sel-selnya tidak berdinding sel tidak berklorofil sehingga disebut heterotrof.

2.Kingdom plantae (Tumbuhan) Organisme yang banyak sel (multiseluler) dan memepunyai dinding sel. Hampir seluruh anggota berklorofil sehingga disebut autotrof. 3.Kingdom Fungi (jamur) Fungi merupakan organisme bersel satu (uniseluler) dan ber sel banyak yang tidak berklorofil. Fungi bersifat heterotrof. 4.Kingdom Protista Protista merupakan organisme yang bersifat eukariotik (Inti selnya sudah memiliki selaput inti). Ditemukan oleh Ernst Haeckel atas pertimbangannya organisme-organisme yang memiliki ciri tumbuhan (berklorofil) dan memiliki ciri hewan (dapat bergerak). 5.Kingdom Monera Monera merupakan golongan organismeyang bersifat prokariotik (inti selnya tidak memiliki selaput inti)

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->