Tutorial Membuat Efek Grunge pada Foto

Posted by Sigit eko on May 6th, 2010 in Belajar Photoshop, Photoshop Menengah | 115 comments

Sebenernya membuat efek grunge ini gampang banget.. intinya cuman gabung-gabungin gambar aja« gak percaya ?? Ini nih bukti nya : sebelumnya« saya pake gambar-gambar ini untuk membantu pembuatan efek

Klik untuk download gambar-gambar diatas. Sekarang ke inti nya yah.. Buka gambar yang mau diedit

duplikat layer dengan menekan ctrl + J

Klik Image > adjustment > desaturate atau ketan eh tekan di keyboard CTRL + Shift + U untuk membuat foto jadi hitam putih. Opacity nya kurangi jadi 50%

sekarang tekan ctrl +J lagi di layer background untuk menduplikat layer background. pindahin hasil duplikat ke paling atas

Klik Filter > Other > Highpass

.. buka gambar oldpaper.Ubah layer style menjadi Vivid light edit foto dasar udah selesai.jpg . sekarang kita main-main dengan gambar yang lain.

atau di pas. sekarang ubah layer style menjadi menjadi COlor burn ..in aja setiap ujung nya..drag ke foto yang tadi diedit atur sedemikian rupa.

lalu klik brush tool (warna hitam) warnai bagian muka nya. biar nanti keliatan jelas..sekarang buka juga batu. ubah layer style menjadi multiply ... drag gambar texture batu ke dalam foto yang lagi diedit Klik add vector mask..jpg .

hasilnya kayak gini .

. warnai dengan brush tool seperti gambar.. gambar tembok.jpg. Drag ke dalam foto dan atur seperti gambar dibawah Ubah Opacity nya jadi 50% Klik add vector mask .. .sekarang buka lagi gambar bantuan terakhir.

Hasil akhir nya : Gampang kan ya ? selamat mencoba! .

Photoshop Menengah | 102 comments Ini adalah postingan saya di Tahun 2010 .. Saya akan buat tutorial membuat Ucapan Ulang Tahun yang Unik. dan Hari ini bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Istri Saya tercinta.. 2010 in Belajar Photoshop.Membuat Ucapan Happy Birthday Posted by Sigit eko on Jan 4th. Image yang dibutuhkan : Klik untuk memperbesar lalu save« Buat dokumen baru ..

. tulis ´ Happy´ warna gak jadi soal . Klik Type tool untuk membuat Huruf... Gunakan cara yang sama . Klik ditengah Path tadi... buat bentuk seperti ini . nanti akan diseting belakangan. nanti format nya PATH ya.Sekarang gunakan Pen Tool untuk membuat bentuk seperti ini.. gunanya untuk REL huruf.

klik kanan juga layer birthday > rasterize layer .. Klik kanan layer happy > rasterize layer.Gunakan Type tool lagi untuk membuat kata birthday.

gabungkan keduanya dengan menekan CTRL + E. kursor harus berada di paling atas ( layer birthday) .

atau klik 2x. ikuti setting nya seperti dibawah duplikat layer Happy dengan menekan tombol CTRL +J. Klik kanan di layer hasl duplikat > Clear layer style untuk menghilangkan efek blending buat layer baru dibawah layer Happy .Klik kanan layer hasil penggabungan tadi > Blending Options..

. lalu drag ke dalam dokumen yang baru saja dibuat.gabungkan layer Happy dengan layer dibawahnya dengan menekan CTRL + E Buka file gambar kayu..

Simpan diantara layer huruf dan layer 1 .

Klik Select > Inverse . Klik layer kayu lalu tekan DELETE .tekan CTRL + Klik di layer 1 untuk menyeleksi..

sekarang kita setting stroke . Klik kanan > Blending Options .Pilih layer 1 .. setting color overlay nya jangan dulu OK...

Kita akan setting Drop shadow. dan Stroke berturut-turut seperti ini Drop Shadow .Sekarang kita setting Kayunya supaya keliatan 3D Klik kanan layer kayu > Blending Options . Bevel & Emboss.

Bevel & Emboss Stroke .

atur sehingga menutupi kata-kata happy birthday. klik Select > inverse . CTRL + KLIK di layer huruf. Klik layer rumput. . lalu tekan DELETE..Beres deh Kayu nya. Drag ke dokumen tadi. Sekarang kita ubah hurufnya menjadi beraroma Rerumputan buka file rumput.

Ayo kita kasih efek hurufnya dengan blending Option Klik kanan di layer rumput yang udah jadi huruf tadi > Blending Options atau klik 2x « Ikutin setting nya seperti dibawah DRop shadow .

Bevel & Emboss .

banting . sehingga hasilnya seperti ini Selamat Mencoba« . putar. injek.Supaya keliatan Lucu (kayak Jojon) kita kasih warna merah.. Kecilin. supaya gambarnya lebih hidup. dan perbanyak dengan menekan CTRL + J.. buka gambar serangga lalu drag ke dalam dokumen Atur gambar serangga nya sedemikian rupa. tapi pake gambar serangga.

Warnai dengan warna Hitam . Insya Alloh semua akan berjalan dengan lancar dan mudah« dan mudah-mudahan hukum ini berlaku juga buat temen-temen. sesuai judulnya ´ membuat bola kristal dengan Mudah ´ . kalo kita yakin suatu pekerjaan itu mudah dan yakin kita bisa ngerjakannya. artinya kita harus niat belajar dan yakin kita bisa. 2009 in Belajar Photoshop. Lanjut Gan !.Membuat Efek Bola Kristal dengan Mudah Posted by Sigit eko on Oct 22nd. Photoshop Menengah | 126 comments Sesuai janji saya kmaren di Facebook. dan bukan karena over confidence... . height nya jadi 768 px. sekarang saya buat postingan tentang efek Bola Kristal. pasti pada nanya.. ganti aja width nya jadi 1024 px . Sebenernya bikinnya gampang banget... Buka file foto atau gambar . Buat dokumen baru Kalo nanti niatnya buat wallpaper. itu hanya sebagai sugesti aja. kenapa sih kebanyakan judul postingan di ilmuphotoshop ini selalu pake dengan mudah ? Sok pinter banget!! « bukannya saya ngerasa paling bisa.

kata temen saya ´ lebih baik narsis daripada minder ´ :p... di kira-kira aja.. .. hehehe. gak apa-apa. Kalo menurut saya.Idih.. Rajin menampakan diri. narsis.. orang yang narsis itu orang yang rajin. :p Crop foto dengan Crop tool biar semua sisi nya sama .

Drag foto yang udah di Crop ke dalam dukumen baru tadi. .

Klik Edit >Transform > Warp .

hasilnya gini : .Pilih warp Option jadi Inflate. Tarik Point Editor ke atas... sampe gambar keliatan bulet. Tekan enter kalo udah.

Sambil tekan SHIFT biar jadinya gak lonjong.Belum bulet banget kan ? sekarang Bikin bulatan pake Rectangle marquee tool. .

set ke Soft Round . CTRL + Klik di layer 1 . lalu tekan Delete Ctrl + D untuk menghilangkan seleksi. Buat layer baru. dengan warna putih .Klik Select > Inverse . sehingga bulatannya terseleksi lagi.. Gunakan Brush tool yang agak besar . ( di tutorial sebelumnya udah saya jelaskan tentang soft round ) Poles perlahan pinggir buletan nya..

.Beri sedikit Noda brush di tengah biar keliatan lebih real.

Klik Layer > Layer Mask > Reveal All ..Tekan Ctrl + E untuk menggabungkan layer Atas ke layer bawahnya Duplikat layer 1 dengan menekan CTRL + J Balikan gambar hasil duplikat dengan menarik Point editor paling atas ke bawah.

warna dari Hitam ke Putih ( teknik Layer mask ini Udah saya jelaskan di tutorial sebelum ini kalo gak salah ) Tarik gradient dari atas ke bawah gambar hasil duplikat tadi. Kurangi Opacity nya Hasinya setelah diberi kreasi dikit atau dibuat duplikat nya untuk ukuran kecil .Klik Gradient Tool .

Atau saya beri kreasi yang lain .

.. tapi kalo mau coba silahkan aja. Teknik yang dipake banyak alias campur aduk. Klik gambar tumbnail untuk memperbesar lalu Klik kanan > Save file ya udah sekarang kita mulai aja. Efek Dream maksudnya kita harus bisa menghayal sesuatu yang kira-kira enggak mungkin menjadi mungkin...Selamat mencoba.dan diaplikasikan menjadi sebuah foto yang unik.. 2009 in Belajar Photoshop. Photoshop Menengah | 289 comments Tutorial Photoshop ini untuk yang udah ngerti tool-tool di photoshop.. gak ada yang ngelarang kok. Kalo yang belum ngerti silahkan baca-baca dulu teori dasarnya dan praktekin dulu tutorial tingkat dasar. Semua gambar pendukung bisa download. Coba kreasiin dengan tutorial membuat wallpaper dian sastro Efek Dream Photoshop Posted by Sigit eko on Dec 7th. makanya tadi saya bilang harus ngerti dulu tool-tool photoshop. sediakan gambar hutan seperti ini : .

Perbesar canvas nya. klik Image > Canvas size hasil perbesarannya kayak gini ..

sekarang buka gambar danau. lalu drag ke gambar hutan .

Seleksi bagian yang di tandai merah .

Lalu tekan DELETE .

duplikat layer background dengan menekan ctrl + J. simpan layer hasil duplikasi di paling atas.Sekarang kita buat bayangan pohon. Klik Edit > Transform > Flip Vertical ..

lalu ubah opacity nya Seleksi bagian foto yang ditandai merah .

Tekan DELETE dan hasilnya .

sampe segini bisa kan ? udah mulai keliatan keren tuh... Klik Filter > Distrort > Ripple . sekarang buat bayangan seolah-olah beriak.

. nanti juga tersamarkan ... bayangan gunung masih keliatan. gpp.Gabungkan semua layer dengan menekan CTRL + E dari mulai layer paling atas.

Klik Filter > distort > diffuse Glow.. Tekan CTRL + J untuk menduplikat layer background . menggukana diffuse glow. Sekarang pake teknik clone untuk menghilangkan bayangan gunung..kita buat efek dream .. Cara Clone sudah saya posting disini ..

Hasil setelah di Clone .

Sampe disini udah keliatan keren kan ? hehehe.. ayo kita terusin.. klik Image > Adjustment > Brightness/contrast

klik Image > Adjustment > Hue/Saturation

Buka file Butterfly girl lalu seleksi dengan penTool

Cara buat Butterfly Girl sudah saya posting disini yang belum bisa silahkan buat dulu.. klik kanan yang sudah terseleksi > make selection

Klik Select > Modify > Feather Drag foto yang udah terseleksi ke dalam gambar hutan .

Klik Image > Adjustment > Hue/Saturation .

Klik Image > Adjustment > Brighness /Contrast Klik kanan layer butterfly girl atau layer 5 > Blending Option atau klik 2 kali di layer 5 .

lalu hapus bagian pinggirnya supaya gak keliatan kotak..Kita buat orang nya sedikit bercahaya. .. jadi musti ada riakan dong« nah buka gambar air lalu drag ke foto hasil edit tadi atur sedemikian rupa . Sekarang buat seolah-olah kakinya nyelup ke aer.

. .Klik Image > Adjustment > Hue/saturation buat air .

. .Buat Opacity nya menjadi 50 % sekarang Hapus sebagian kaki biar keliatan nyelup.

. .Duplikat riakan air dan tempatin di kaki sebelahnya hapus bagian kaki biar keliatan nyelup.

lalu perbesar. Hapus bagian tengah riakan yang besar dengan eraser tool .Duplikat lagi riakan air tadi.... dengan menekan CTRL + J.

dan Hasilnya . cara bikinnya sama kok sama waktu buat bayangan pohon. ...Buat bayangan orang nya..

Gimana ? bingung ya ? Coba terus sampe Bisa !! Selamat mencoba. Membuat Header Website / Blog yang lebih Artistik dengan Mudah Posted by Sigit eko on Oct 20th. 2009 in Belajar Photoshop.. Photoshop Menengah | 47 comments .

gambar tentunya yang berhubungan dengan fotografi. karena saya cuman ngasih tips dan syarat-syarat membuat header aja. Drag salah satu gambar ke dalam dokumen baru tadi.masih inget kan? Sekarang buat dokumen baru : Buka gambar yang udah disediain buat ngisi sesuai tema blog. . tema saya misal photography.Kalo postingan membuat header website yang kemaren kayaknya kurang pada minat deh.. Sekarang saya coba membuat header website atau header blog yang lebih artistik dari postingan membuat header website yang kmaren... hehehe.. contoh webnya : Online Photography School Syarat-syarat yang kemaren masih berlaku ya..

rotate. Kita masking gambarnya biar keliatan bergradasi ³dari gak ada menjadi ada´ . silahkan berkreasi sendiri.Simpan gambar ditempat yang aman sesuai selera aja.. Klik Layer > layer Mask > Reveal All .. dll. resize..

dan pilih linear gradient Tarik gradient dari kanan ke kiri sampe warna yang kiri memudar. . setting warna dari hitam ke Putih.Klik gradient tool.

Bisa kan? Sekarang buka gambar kedua. lakukan seperti tadi. Drag ke dokumen baru yang tadi dan simpen di atas gambar pertama.. cuman bedanya gunakan Reflected Gradient supaya nanti yang nge blend atau ngeblur di bagian kanan kiri nya tarik gradient dari tengah ke kiri atau kanan . Klik Layer > layer Mask > Reveal all Setting gradient nya masih seperti tadi.

Sama seperti tadi : Klik Layer > Layer Mask > Reveal All . Apply gradient dari tengah ke sisi kiri/kanan. .buka gambar ke ± 3 . Drag dan simpen di atas gambar kedua.

pilih softround yang ukuran agak besar ya.. di set Soft round ( klik eraser tool > klik kanan di layar ± nanti ada pilihan hard round dan softround.Hapusin bagian yang kurang rapi atau masih keliatan batas dengan Eraser Tool yang agak besar. .

biar keliatan lebih Ok aja sih sebenernya. tempatin di sebelah yang berlawanan ( biar keliatan seimbang -red) .Kalo udah buka gambar terakhir dan drag ke dokumen baru. karena ngadep nya ke sebelah kiri. maka saya harus FLIP atau membalikan gambar ke arah yang berlawanan. GUnakan cara yang sama dengan sebelumnya : Klik Layer > Layer mask > reveal All Apply gradient dari kiri ke kanan .

beri warna dengan paint bucket tool . klik background layer. hasilnya : Ubah warna background sesuai dengan keinginan.Hapus bagian yang kurang rapi dan masih keliatan batas gambar nya dengan eraser tool . Soft Round dan agak besar.

Hasilnya : Teknik ini layer mask dan erase atau mengapus dengan soft round. nah ini sama kok hasilnya. bisa juga diaplikasikan untuk mengedit foto-foto pribadi. Ini contoh gambar nya : Foto-Foto Telanjang yang di Manual Blend ( caranya masking dan erasing aja ) . bedanya ini manual. saya kan pernah bikin tutorial cara autoblend keren.

Photoshop Menengah | 172 comments Sebelumnya saya minta maaf kepada Mba Dian Sastro karena fotonya saya pinjem buat diedit. . hehehe... hasilnya liat aja nanti deh ya.. hehehe... 2009 in Belajar Photoshop. Pede amat ya web ini dikunjungin Dian Sastrowardoyo. di akhir acara.. Saya akan buat wallpaper Dian Sastro dengan efek futuristik. gpp kan mba Dian ? kali aja Mba Dian Sastro lagi mampir disini.Foto Telanjang / Foto Porno Selamat Mencoba« Membuat Wallpaper Dian Sastro pake Efek Futuristik Posted by Sigit eko on Oct 6th..

.. karena untuk wallpaper maka minimum ukurannya adalah 800×600 px dengan resolusi 300 pake 1024×768 px. Buka gambar Dian Sastro lalu seleksi..Pertama buka dokumen baru. Saya pake yang minim aja karena komputer saya lambat . pake Magic Wand Tool ajah. selebihnya pake polygonal lasso tool.. karena warna background nya putih. . Warnai Background dengan warna Hitam.

Gunakan eraser tool untuk merapihkan bagian pinggir gambar yang mungkin kurang rapi.Drag foto yang udah diseleksi ke dokumen baru tadi. . Klik eraser tool. klik kanan di layar pilih soft round.

Buat garis Path seperti gambar di bawah dengan Pen Tool .

klik kanan di layar. . ini untuk membuat garis sesuai Path tadi. pilih brush size 3.Klik Brush Tool ( atau tekan tombol B).

Buat Layer baru ( Layer > New > layer ), Klik Direct Selection Tool, klik kanan di garis path > Stroke path

Delete path . Posisi tool masih di Direct Selection tool, Klik kanan padi garis path > Delete Path. Tekan CTRL + J untuk mengcopy layer garis path tadi sebanyak 4 kali..

Klik Move Tool, geser satu persatu layer hasil duplikat tadi ke kiri atau kanan, dengan menggunakan Panah (kiri/kanan) di Keyboard.

Klik Layer paling atas, tekan CTRL + E untuk menggabungkan layer atas ke bawahnya, sebanyak 4 kali.

Tekan CTRL + J lagi untuk menduplikat layer gabungan tadi (layer 2), Klik Edit > transform > flip horizontal.. untuk membalikan gambar di layer copy tadi. ke bawah atau atas.

Klik layer paling atas. Gabungkan lagi dengan menekan CTRL + E. Sekarang hapus bagian yang kurang penting di layer 2 dengan menggunakan eraser tool ..

..Buat layer baru di paling atas. sesuai selera. Warnai atas garis dengan aneka warna..

..Ubah layer efek menjadi COLOR. .

gunakan Soft Round supaya keliatan bergradasi. hapus bagian bawahnya dengan eraser tool. tulis kata kunci RENDER PACK .dan perhatikan hasilnya. atau bisa download render pack yang dibawah . gambar-gambar render pack tinggal cari aja di google image. Sekarang Buka gambar RENDER PACK..

di rotate (puter). hapus pinggirpinggir nya dengan Eraser tool ( Soft Round) dan yang paling penting. Atur-atur letak nya.. simpen di bawah layer foto.( Klik untuk memperbesar .. resize ( perkecil/perbesar). lalu DRAG ke dokumen Foto editan tadi.! Buat juga untuk bagian sisi yang laen dan bagian bawah.. . seleksi sebagian . untuk bagian bawah spesial berada di atas layer foto. kalo udah besar disayang pacar klik kanan save image as ) Setelah file render pack kebuka di photoshop.

Hasilnya kayak gini : .

Dengan cara yang sama buat 2 lagi di atas nya Hasil final nya: . buat bentuk seperti dibawah dengan polygonal lasso tool.warnai dengan brush yang gede ( soft Round ) berwarna Putih dikit aja di bagian atas nya. Kecilkan Opacity nya. Hapus bagian yang agak mengganggu dengan eraser tool (Soft Round ).Untuk membuat efek bening. buat layer baru.

2009 in Belajar Photoshop. Membuat Efek Perangko Posted by Sigit eko on Aug 10th...Dian Sastrowardoyo Wallpaper Selamat mencoba. Pake photoshop bisa kok. Photoshop Menengah | 77 comments Mau ada gambar kita di Perangko atau mau moment special kita ada di perangko Indonesia? Gampang caranya. MAU ??? .

buat kotak dengan rectangle marquee tool dan warnai dengan warna putih.Buka dokumen baru : warnai background dengan warna Abu-abu. Buat layer baru. ..

Tekan ctrl + D untuk menghilangkan seleksi Buat kotak baru di dalam kotak pertama dengan Rectangle tool . Di Option bar aktifkan Paths. .

Setting seperti dibawah . Klik Windows > Brushes untuk menseting brush .Klik Eraser Tool.

Klik path selection tool, Klik kanan di kotak Paths klik stroke path

Settingan Stroke Path pilih Eraser .. Klik OK

Hasilnya :

* Dengan bantuan Kotak Path dan settingan Eraser tool terbentuk sisi bolong-bolong.

Buat bayangan supaya keliatan real Klik kanan layer 1 > blending Option atau Klik 2x di layer 1

Sekarang buka File Foto yang mau dimasukan ke dalam perangko. saya pake foto Adik saya sedang Menikah.

Hapus gunakan rectangle marquee tool.Drag foto ke dalam Template Perangko yang udah dibuat. Hapus bagian bawah foto supaya kita bisa nambahin Subtitle. Atur-atur sizenya supaya pas masuk kedalam perangko. .

Buat garis tepi di foto dengan memberikan efek Stroke. Beri tulisan di perangko tadi.. Hasilnya seperti ini : . Klik kanan layer foto > Blending Options atau Klik 2x layer foto. Sekarang Gunakan Kreasi sendiri yaa.

.. 2009 in Belajar Photoshop.. hehehe. mengatur strategi gimana cara nya dengan kata kunci ´ Stop Dreaming Start Action´ . selama otak masih jalan.Mohon dukungannya ya. tapi gpp . ilmuphotoshop bisa dapet peringkat minimal di Halaman 1 Google.Selamat mencoba.co.id... Tapi saya gak ngelupain posting tutorial photoshop kok.. Sekarang kita Edit foto/edit photo membuat Efek Taped (isolasi) pada foto. Buka dokumen baru : . Emang berat banget.. Stop dreaming start action!! Edit Foto | Edit Photo | Membuat Effect Taped ( Solasi Bening) Posted by Sigit eko on Jul 14th.. bener ga? sekarang ilmuphotosop masih berkisar di halaman 2 dan 3 dengan kata kunci ³Stop Dreaming Start Action ´ ini. Tutorial tetep jalan. Sebelumnya siapkan dulu foto yang mau diberi Effect.. soalnya jawara-jawara SEO Indonesia pada turun gunung. kenapa enggak dicoba. Photoshop Menengah | 56 comments Kontes SEO dari Joko Susilo emang sangat melelahkan otak ...

Saya pake foto anak saya waktu mau berangkat Pertama kali masuk SD hari senin 13 Juli 2009 kmaren.. yang penting muda.. . lalu drag Ke dalam dokumen baru....Warnai dengan warna Biru Brondong ( muda-red ) hehehe. Buka File Foto/Photo yang mau diedit. atau terserah aja . sesuaikan ukurannya. .

.Putar sedikit dengan menggunakan move tool. jangan lupa Show Transform tool atau show bounching box nya dicentang biar keliatan Kotak Edit nya.

beri bayangan. klik kanan layer > Blending Options Atur Drop Shadow nya ..Supaya keliatan realistik atau beneran.

Buat kotak dengan rectangle marquee tool. dengan polygonal lasso tool lalu DELETE.Buat Layer baru. warnai dengan warna putih. Buat efek sama pada sisi lain nya. ... dan kurangi opacity nya menjadi 50% Zoom Kotak tadi« buat efek compang camping di ujung kotak.

Klik kanan Layer 2 > Blending Options ( atau Klik 2 kali pada layer 2).. Setting seperti dibawah .Supaya keliatan kayak beneran (realistik).

itu bukan karena gak mau ngasih tau.NOTE : Kemaren ada yang usul supaya dijelasin kenapa dikasih efek ini atau efek itu. karena akan lebih mudah nginget nya. Kembali ke bahasan . Kalo udah dikasih Stroke . jadi kalo saya gak ngasih tau kenapa dibuat shadow kenapa dibuat blending. Duplikat dengan menekan CTRL +J lalu pindahkan dan putar kotak solasi tadi ke tiap pojok foto..... pindahkan kotak tadi ke pojok foto lalu putar ... lebih enak memahami sendiri kenapa diberi suatu effect tertentu. hasil nya kayak gini : . Mohon bisa difahami. tapi bisa-bisa pembahasannya melebar dan malah gak fokus nanti nya....

2009 in Belajar Photoshop. Memperbaiki Foto yang Rusak Posted by Sigit eko on Apr 20th. hasilnya bagus ternyata... saya terinspirasi waktu abis scan foto lama Mantan Pacar saya ( Sekarang udah jadi Istri -red ). hasil scan nya jelek banget. dan Selamat mencoba. karena emang foto nya juga udah rusak. saya share deh skarang cara-cara nya : Buka foto yang mau dibenerin : ... saya coba-coba benerin foto nya pake photoshop..Semoga Bermanfaat... Photoshop Menengah | 92 comments Foto Jadul bisa dibikin bagus lagi lho..

Duplikat layer background dengan tekan ctrl + J Kita kerja di layer 1 nya.. . disini.. Cara kerja Clone stamp tool sudah saya posting . biarin aja background nya tetep gambar original nya buat perbandingan before dan after nanti« Sekarang kita gunakan Clone Stamp Tool .. ..Lumayan parah juga rusaknya.

. minimal mendekati . dibagian ini butuh kesabaran tingkat tinggi hehehe« untuk hasil yang bagus. ... kenapa tidak?? tul gak? Lalu Klik di bagian yang cacat. Tekan tombol ALT lalu klik di bagian yang bersih ( artinya : kita meng kloning atau duplikat bagian yang bersih ke bagian yang cacat ) syaratnya warna nya harus sama .Sekarang Zoom di bagian-bagian yang ada cacatnya..

Lakukan cara ini ke semua bagian yang cacat.saya kasih contoh satu lagi.. .. hasilnya gini nih kira-kira..

. Klik FILTER > NOISE > REDUCE NOISE Ikuti settingan dibawah : .Kira-kira begitu. sekarang kita haluskan fotonya dengan mengurangi NOISE nya.

sekarang Duplikat layer 1 ... warnai bagian muka dengan dogde tool . Sekarang gunakan DODGE TOOL untuk mencerahkan bagian muka.

. Hasilnya : .Ubah Layer Effect nya menjadi Overlay dan Opacity 70% .

atur di bagian Brightness and Contrass ..Kalo warna kurang bagus. Image > adjustment > brightness/contrass Sekarang lihat perbandingan sebelum dan sesudah nya : .

..Selamat mencoba ! Harus sabar yaa . Photoshop Menengah | 119 comments Pertama buka gambar kain atau download aja. Membuat Bendera Kusut Posted by Sigit eko on Jan 29th.. . klik gambarnya untuk memperbesar . hehehe.. lalu klik kanan kainnya trus save image as .. 2009 in Belajar Photoshop.

buat seperti bendera kita. .... nanti gambar kainnya dipake. jadi kain.psd gambar kain nya gak usah ditutup..buka di photoshop terus di save ke psd file . biar aja kebuka. Buka dokumen baru bikin kotak pake rectangle marque tool terus warnain dengan warna merah.

. Klik Filter > distort > Displace tekan Ok..psd .Tekan CTRL + D untuk menghilangkan seleksi. lalu pilih file Kain.

. Tekan CTRL + SHIFT + U atau klik Image > Adjustment > desaturate untuk membuat warna kain jadi hitam putih.pas in deh gambar kain nya sehingga sama dengan gambar bendera .. .Drag ( tarik sambil tekan mouse -red ) gambar kain ke gambar bendera di pas.

.Untuk Finishing .. . kusut-kusut gitu deh. setting di layer palette kayak gini : Hasil nya. gambar bendera tadi jadi seperti kain beneran .

. atau gambar kain batik seperti dibawah : .Cobain ke gambar-gambar atau foto.

. Membuat kayak foto beneran ( 3d Realistic photo) Posted by Sigit eko on Oct 21st. 2008 in Belajar Photoshop. Photoshop Menengah | 113 comments .Selamat mencoba.

Kita otak atik foto lagi yu« sekarang kita mau buat foto realistic dalam foto... bingung kan? ya udah langsung aja di santap. . lalu di layer background tekan ctrl+ backspace untuk merubah background jadi putih... pertama buka gambar yang mau dijadiin foto realistic.. kecilin gambar nya kira-kira kayak gambar dibawah deh. Duplikat layer background dengan menekan ctrl + J.

setting seperti dibawah lalu klik OK . Kemudian klik Image > Rotate canvas > 90 cw Klik Filter >distort > Shear . ( untuk mewarnain tekan ctrl + klik di layer yang mau diwarnain terus tekan ALT + backspace ) klik di layer gambar atau layer paling atas....copy layer gambar dengan menekan ctrl + J dan layer dibawah duplikat dikasih warna hitam.

Klik layer warna hitam terus klik Filter > blur > gaussian blur .gini hasilnya : Selarang klik Image>rotate canvas > 90 ccw.

gunakan polygonal lasso tool gambar seperti dibawah : klik Select > Feather ( Photoshop CS2 kebawah) atau Select > modify> feather (PhotoShop CS3) . .. Buat layer baru di paling atas..Sekarang kita buat semacam pantulan cahaya dari tengah karena ngelipetnya ke atas. Jangan lupa.

hasilnya : ..Klik edit > fill kasih Opacity 50% untuk layer baru.

hasil lain :

satu lagi nih contohnya :

SElamat mencoba

Cara Mudah Membuat Sketsa Pensil dari Foto

Posted by Sigit eko on Oct 15th, 2008 in Belajar Photoshop, Photoshop Menengah | 46 comments

Gambar sketsa itu bagus banget kalo dilihat secara detail. coba deh.. sekarang kita coba bikin gambar sketsa dengan menggunakan foto, pake adobe photoshop tentunya.. karena kalo sengaja bikin pake pensil kemungkinan ngelantur nya jauh banget.. hehehe.. pertama buka gambar yang mau kita bikin sketsa :

Tekan CTRL + SHIFT + U ( image > adjusment > desaturate ) untuk desaturate atau membuat gambar menjadi hitam putih atau bahasa jawanya Black en White.. setelah itu tekan CTRL + J untuk menduplikasi gambar tadi.

di Layer yang baru dibuat atau di gambar duplikat , Klik Image > adjustment > Invert atau tekan CTRL + I

Ganti layer Efek dari normal ke Color dodge gambar akan berubah jadi putih atau ada bercak-bercak hitam dikit. Setelah itu klik Filter > Blur > Gaussian Blur ..

klik OK.setelah di set. hasilnya : contoh lain : sebelum: .

. hasilnya kayak gini . Photoshop Menengah | 35 comments Free design atau design bebas biasanya agak susah karena idenya itu yang suka gak keluar. Design dengan PEN tool Posted by Sigit eko on Sep 11th. saya coba-coba design pake pen tool untuk membuat design bebas.Sesudah : Selamat mencoba aja deh.. 2008 in Belajar Photoshop..

kalo udah. baru deh bikin document baru .Mau tau cara bikinnya ? Sebelum membuat file baru tekan D dan X untuk membuat settingan background color hitam dan foreground color putih.

Sekarang gunakan pen tool buat Gambar seperti dibawah : .

lalu klik add new layer untuk membauat layer baru.Klik kanan klik make selection. warnai dengan warna putih dengan menggunakan brush tool. .

kira-kira 30 derajat. ) jadinya seperti ini : Sekarang Copy dan putar. sorry yaa. putar gambar nya.. lupa ketulis . hhehehe. lalu tekan Delete ( maaf langkah ini sebelumnya gak ada.. sambil tekan tombol ALT .Klik Select > feather untuk Photoshop CS2 ke bawah atau Select > Modify > feather untuk photoshop CS3.. .. Setting feather menjadi 5. caranya.

copy lagi dan putar. setelah gabung. pilih layer paling atas terus tekan CTRL + E untuk menggabungkan.terus atur letaknya. sehingga jadinya kayak gini : . dan atur letaknya .

lalu Klik Filter > blur > motion blur..Sekarang tekan Ctrl + J untuk menduplikat layer. Duplikat sekali lagi. Terus Tekan CTRL+ E untuk menggabungkan layer. dan putar. Sekarang kita duplikat layer 1 dengan menekan CTRL +J lalu putar hasil duplikatnya sebesar kira2 60 derajat. jadinya seperti ini : .

lalu klik gradient Settingan warnanya sesuai selera aja. . klik add new layer untuk membuat layer baru.Sekarang kita warnain. Saya gunain warna ini : Tarik gradient dari pojok kanan atas ke pojok kiri bawah.

.Ubah settingan layer menjadi OVERLAY Hasilnya jadi gini : Selamat mencoba. dan Selamat Berpuasa Membuat Pasfoto Sendiri .

buka foto nya di Adobe Photoshop.Posted by Sigit eko on May 7th. buat yang blon tau : kalo background nya warna putih doang atau 1 warna saja kita langsung pake MAGIC WAND TOOL aja atau ketik di keyboard huruf ³W´ buat seleksinya. Sekarang kita buat pasfoto yang berbackground beraneka warna dan bau . dan malah banyak banget caranya. terus crop 4×6 seperti yang sudah saya jelaskan di SINI : . Oia. 2008 in Belajar Photoshop. Photoshop Menengah | 41 comments Merubah atau menghilangkan background di sebuah foto itu gampang banget kalo backgroundnya cuman 1 warna.. sekarang gimana kalo ternyata kita punya foto paling keren untuk dijadiin pasfoto tapi background nya pemandangan? Cara Cropping nya gimana yaaa????? gampang juga kok..

.. tapi gak usah stress gitu dong.. punya kamu pasti lebih rapi. ini butuh ketelitian. . Zoom fotonya biar hasilnya bagus...Gunakan Polygonal Lasso tool untuk seleksi foto yang mau diambil. minum dulu sono ! hasinya musti gini yaa« yang saya malah blepotan« ayo kalahkan saya« ! hehehe.

Duplikasi background layer dengan mendrag ke bawah (tombol create new layer). Terus hapus Background layer nya. ..Setelah seleksi selesai.

hasilnya seperti ini« .. jadi sekarang yang ke seleksi background nya bukan orang nya. terus perhalus pinggirnya dengan feather.Sekarang kita Inverse selection . Select > Feather kasih radius 1. Klik Select > Inverse. Delete deh background nya.

.seperti gambar. Sekarang tinggal buat background nya« klik Create new layer lalu pindahkan layer baru ke bawah background copy.Tekan ctrl + D untuk menghilangkan seleksi.

hehehe.Abis gitu Klik gradient setting warna nya... kalo gak salah warna pasfoto kan biasanya merah ati gitu kan. . kalo kurang oke.. bukan di background copy. yaa tinggal UNDO aja. coba-coba aja yaa... biar keliatan ada bias cahaya dikit dari belakang. salah.. (posisi kursor ada di layer 1. tarik gradient dari tengah mata ke atas. jadi deh..

.tapi kayaknya kurang halus yaa gambarnya. trus hapus pinggirnya dikit-dikit... pake Erase tool settingannya dirubah ke ³Airbrush Soft Round´. trus Pindahkan kursor ke Layer Backround copy.. yang rapi yaa.

. atur-atur disana sampe kira-kira cahaya nya pas.. bisa Klik Image > Adjusment > Brigthness & Contras. atau cahayanya kurang pas.. kira -kira jadinya nanti seperti ini nih« .kalo masih kurang puas.

ukuran nya bisa macem-macem pula ? . 1500 / lembar nya.. Membuat Pas foto Murah dengan Photoshop! Posted by Sigit eko on Apr 29th. 2008 in Belajar Photoshop. Photoshop Menengah | 77 comments Suka melamar kerja ? butuh banyak pasfoto tapi kantong lagi cekak? Photoshop bisa membuat pasfoto murah lho« cetak pasfoto ukuran 4×6 dan ukuran 2×3 harga nya sama kan? Rp.. kalo cetak 10 lembar 4×6 aja udah 15. buset dah.atau psd buat cadangannya.000. hehehe« Gimana cara bikin pasfoto murah..save as deh di format JPG. SELAMat Mencoba«.

gimana cara cropping biar ukurannya persis sesuai dengan pasfoto yang pengen kamu buat ? gampang aja kok.. ukuran nya pasti sembarangan. yang bagus yaa« atau kalo kamu difoto di studio jangan lupa minta save di flashdisk atau CD. Moga-moga bermanfaat deh ya.. Buka foto kamu yang sudah dipersiapkan tadi. tau kan ukurannya ? saya sudah posting di sini. Jangan lupa.. Mulai yu« pertama bikin dokumen ukuran 4R. sebelumnya persiapkan foto kamu dalam bentuk file gambar.Saya kasih tutorialnya deh« bisa-bisa fuji film bangkrut neh« hehehe. jadi kamu punya back up foto nya... .

yaitu 300 pixel/inch. pertama : ubah panjang dan lebar nya : saya kasih contoh : buat foto ukuran 4 x 6 . lalu ubah parameternya sesuai keinginan kamu. height = 6 cm.Klik Crop tool.. samain dengan waktu pas buat dokumen baru tadi. resolusi nya jangan lupa set. jadi ukuran width = 4cm. .

lalu tekan enter. lalu masukan pas foto 4×6 tadi ke dokumen baru. sekarang tinggal select dengan cara drag di area yang mau di crop. dengan cara men DRAG.. seleksi deh« lalu enter. dengan pencet tombol CTRL + ALT + Z. sekarang balik lagi ke foto 4 x 6 tadi. gimana biar muat banyak. Sekarang kita punya perpaduan 3 ukuran pas foto. caranya sama dengan diatas..ya udah. di Undo dulu foto 2×3 nya. jadi foto 4×6 lagi kan ? tujuannya supaya foto 3×4 nya bagus... setelah jadi pasfoto 4×6 lagi. sekarang tugas kita tinggal mengatur peletakan pas foto tadi di lembar 4R.. jadi deh ukuran 4x 6 nya. kalo dibuat dari 2×3 dikhawatirkan hasil cetaknya jelek. setting deh Crop tool nya jadi 3 cm dan 4 cm. jadiin foto itu 2x 3.. abis gitu masukin ke dokumen baru 4R. . Setelah proses pindah dari foto 2×3 ke dokumen baru. Buat pasfoto 3×4.

. cara duplikasi ada digambar. lalu Klik transform trus klik rotate 90 CW atau sebaliknya.. Klik gambar yang mau di rotate. 3×4 dan 2×3 secukupnya.Duplikasi foto 4×6. Kalo mau diputer caranya.

biar muat banyak fotonya.atur..( Irit banget yak« hehehe).. Biar banyak setting nya musti gini nih : .

. ´ BANG. langsung save aja deh. taro di disket atau flashdisk atau Burn di CD.. 1500 Foto 4×6 : 2 x 5 lembar 4R = 10 lembar foto ukuran 4×6 foto 3×4 : 5 x 5 lembar 4R = 25 lembar foto ukuran 3×4 foto 2×3 : 5 x 5 lembar 4R = 25 lembar foto ukuran 2×3. terus bawa ke FUJI FILM atau tempat cetakan DIGITAL. Gungtingin ! JANGAN PERNAH NGELAMAR KERJA PAKE FOTO YANG BELOM DIGUNTING! hehehe..´ Kalo udah selese cetak.. bilang deh ke penjaganya. 5 lembar.. .kalo udah. Perkiraan harga : 4R = Rp. MAU CETAK 4R.

000.yang jelas itu bisa hemat puluhan kali lipat.semuanya 60 lembar pasfoto... untuk estimasi harga kalo salah maafkan yaa. harga cara konfensional = 60 x 1500 = Rp.. hehehe « silahkan coba yaa« moga-moga bermanfaat dan bisa berhemat..wek.. Nambah : Kalo mau buat 4×6 nya yang banyak setting nya gini : .. Dengan hasil edit Photoshop cuman 5×1500 = 7.500 perak sajah« waahh.wew. hemat puluhan kali lipat.. 90.. soalnya udah lupa harga-harga cetak..

SELAMat BerHemAt! .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful