P. 1
Dampak Globalisasi Dalam Kehidupan Sehari-hari

Dampak Globalisasi Dalam Kehidupan Sehari-hari

|Views: 715|Likes:
Published by asep cahya

More info:

Published by: asep cahya on Dec 19, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/16/2013

pdf

text

original

DAMPAK GLOBALISASI TERHADAP KEHIDUPAN BERMASYARAKAT, BERBANGSA DAN BERNEGARA

ABBDURRAHIM -RIFQI RUSYDIANSYAH IX ² B - { 09 } { 23 } { 25 } { 28 } { 35 } .DISUSUN OLEH : BIMA ADI PUTRA -HARIO RISWAN -LUTFI RIZKI R -M.

PERANAN INDONESIA DALAM PERCATURAN INTERNASIONAL .

. Dan pada November tahun 2006 Indonesia mengirim Konga ke Lebanon.Peranan Indonesia dalam Percaturan Internasional Partisipasi aktif Indonesia dalam upaya mewujudkan perdamaian dunia telah ditunjukkan dengan keikutsertaan dalam setiap Operasi Pemeliharaan Perdamaian (OPP) PBB melalui pengiriman Konting kin meningkatnya jumlah OPP PBB.

Peranan Indonesia dalam Percaturan Internasional Saat ini Indonesia menjadi anggota di lebih dari 170 organisasi internasional. Dalam memberikan perlindungan dan bantuan hukum khususnya kepada TKI. selama tahun 2004 Pemerintah telah mengadakan serangkaian perundingan untuk mewujudkan MoU. .

Dalam hal ini Indonesia sudah cukup banyak pengirimkan Kontingen Garuda (KONGA) ke luar negeri. maka Indonesia memainkan sejumlah peran dalam percaturan internasional. .Peranan Indonesia dalam Percaturan Internasional Dalam rangka mewujudkan politik luar negeri yang bebas dan aktif itulah.

Peranan Indonesia dalam Percaturan Internasional Secara garis besar kontingen garuda yang telah dikirim ke luar negeri secara berturut-turut adalah : KONGA I KONGA II KONGA III KONGA IV KONGA V KONGA VI KONGA VII KONGA VIII KONGA IX KONGA X KONGA XI KONGA XII KONGA XIII KONGA XIV KONGA XV KONGA XVI KONGA XVII KONGA XVIII KONGA XIX KONGA XX KONGA XXI KONGA XXII KONGA XXIII .

Indonesia juga pernah memegang jabatan Presiden Majelis Umum PBB . juga sponsor lahirnya organisasi regional Asia Tenggara. .Peranan Indonesia dalam Percaturan Internasional Selain pengiriman Kontingen Garuda. menjadi anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB menjadi anggota Badan Tenaga Atom Internasional. Indonesia juga mempunyai sumbangan yang cukup berarti bagi penyelesaian sengketa yang terjadi di Kamboja. menjadi salah satu sponsor lahirnya Gerakan Non Blok. menjadi sponsor dan sekaligus tuan rumah diselenggarakannya Konferensi Asia Afrika di Bandung tahun l955.

BERBANGSA DAN BERNEGARA .DAMPAK GLOBALISASI TERHADAP KEHIDUPAN BERMASYARAKAT.

petani) maupun dilihat dari tempat tinggal yang berbeda (desa atau kota). suku bangsa dan bangsa.DAMPAK GLOBALISASI TERHADAP KEHIDUPAN BERMASYARAKAT. Dan kehidupan bernegara yang meliputi aspek-aspek kenegaraan (infra struktur dan supra struktur). BERBANGSA DAN BERNEGARA Dalam kehidupan bermasyarakat yaitu kehidupan yang ada dalam masyarakat dilihat dari pekerjaan seseorang (guru. Dalam kehidupan berbangsa tentu dilihat dari unsur yang paling kecil yaitu keluarga. pegawai. .

yang sering juga disebut kapitalisme pasar bebas. maka globalisasi akan mempunyai dampak yang menyenangkan. juga dapat mendorong pertumbuhan ekonomi nasional. membuka lapangan kerja bagi yang memiliki keterampilan. dapat mempermudah proses pembangunan industri. yaitu apa yang disebut liberalisme ekonomi. Jika dilihat dari kacamata yang positif. BERBANGSA DAN BERNEGARA 1. karena dengan globalisasi di bidang ekonomi.DAMPAK GLOBALISASI TERHADAP KEHIDUPAN BERMASYARAKAT. Dampak Globalisasi Ekonomi Globalisasi ekonomi ini sesungguhnya didukung oleh sebuah kekuatan yang luar biasa hebatnya. orang akan secara mudah memperoleh barang konsumtif yang dibutuhkan. .

dampak globalisasi antara lain adalah meningkatnya individualisme. terjadinya pergeseran nilai kehidupan dalam masyarakat. Namun di sisi lain globalisasi juga dapat mempercepat perubahan pola kehidupan bangsa.DAMPAK GLOBALISASI TERHADAP KEHIDUPAN BERMASYARAKAT. BERBANGSA DAN BERNEGARA 2. . Dampak Globalisasi Sosial Budaya Dalam bidang sosial dan budaya. perubahan pada pola kerja.

. Selain itu perubahan yang terjadi tidak selalu cocok jika diterapkan di Indonesia. pelaksanaan pemilihan umum yang dilaksanakan secara langsung.DAMPAK GLOBALISASI TERHADAP KEHIDUPAN BERMASYARAKAT. terjadinya perubahan sistem ketatanegaraan. dampak globalisasi antara lain adalah dengan perubahan sistem kepartaian yang dianut. BERBANGSA DAN BERNEGARA 3. Hal ini akan bisa mengganggu persatuan dan kesatuan bangsa kita. Tetapi kita harus waspada karena adanya perubahan tersebut akan menimbulkan pertentangan dalam masyarakat. karena tidak semuanya masyarakat kita berpendidikan. kesadaran akan perlunya jaminan perlindungan hak asasi manusia HAM. Dampak Globalisasi Politik Dalam bidang politik.

SEKIAN .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->