PenganTar Pemasaran

Pemasaran (Marketing) adalah proses penyusunan komunikasi terpadu yang bertujuan untuk memberikan informasi mengenai barang atau jasa dalam kaitannya dengan memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia. Pemasaran dimulai dengan pemenuhan kebutuhan manusia yang kemudian bertumbuh menjadi keinginan manusia. Contohnya, seorang manusia membutuhkan air dalam memenuhi kebutuhan dahaganya. Jika ada segelas air maka kebutuhan dahaganya akan terpenuhi. Namun manusia tidak hanya ingin memenuhi kebutuhannya namun juga ingin memenuhi keinginannya yaitu misalnya segelas air merek Aqua yang bersih dan mudah dibawa. Maka manusia ini memilih Aqua botol yang sesuai dengan kebutuhan dalam dahaga dan sesuai dengan keinginannya yang juga mudah dibawa. Proses dalam pemenuhan kebutuhan dan keinginan manusia inilah yang menjadi konsep pemasaran. Mulai dari pemenuhan produk (product), penetapan harga (price), pengiriman barang (place), dan mempromosikan barang (promotion). Seseorang yang bekerja dibidang pemasaran disebut pemasar. Pemasar ini sebaiknya memiliki pengetahuan dalam konsep dan prinsip pemasaran agar kegiatan pemasaran dapat tercapai sesuai dengan kebutuhan dan keinginan manusia terutama pihak konsumen yang dituju.

Marketing Mix / Bauran Pemasaran Marketing mix adalah empat komponen dalam pemasaran yang terdiri dari 4P
y y y y

Product (produk) Price (harga) Place (tempat, termasuk juga distribusi) Promotion (promosi)

Karena pemasaran bukanlah ilmu pasti seperti keuangan (finance), teori Marketing mix juga terus berkembang. Dalam perkembangannya, dikenal juga istilah 7P dimana 3P yang selanjutnya adalah People (Orang), Physical Evidence (Bukti Fisik), Process (Proses). Penulis buku Seth Godin, misalnya, juga menawarkan teori P baru yaitu Purple Cow. Pemasaran lebih dipandang sebagai seni daripada ilmu, maka seorang ahli pemasaran tergantung lebih banyak pada ketrampilan pertimbangan dalam membuat kebijakan daripada berorientasi pada ilmu tertentu. Pandangan ahli ekonomi terhadap pemasaran adalah dalam menciptakan waktu, tempat dimana produk diperlukan atau diinginkan lalu menyerahkan produk tersebut untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan konsumen (konsep pemasaran). Metode pemasaran klasik seperti 4P di atas berlaku juga untuk pemasaran internet, meskipun di internet pemasaran dilakukan dengan banyak metode lain yang sangat sulit diimplementasikan diluar dunia internet.

Keinginan dan Permintaan Pemasaran Ada perbedaan antara kebutuhan. Untuk kelancaran dari transaksi. 4.Konsep 1. pelayanan dan harga yang wajar secara kesinambungan. 2. Transaksi merupakan pertukaran nilai antara dua pihak. Kebutuhan . Masing -masing pihak disebut berada dalam suatu pertukaran bila mereka berunding dan mengarah pada suatu persetujuan. menarik. keinginan adalah hasrat akan pemuas tertentu dari kebutuhan tersebut. Kebutuhan manusia adalah keadaan dimana manusia merasa tidak memiliki kepuasan dasar. Oleh karena itu dalam membuat produk harus memperhatikan produk fisik dan jasa yang diberikan produk tersebut. Pertukaran merupakan proses dan bukan kejadian sesaat. 3. Produk Produk adalah sesuatu yang dapat ditawarkan untuk memenuhi kebutuhan atau keinginan pelanggan. Pasar . Pemasar mempengaruhi keinginan dan permintaan dengan membuat suatu produk yang cocok. Pemasaran timbul saat orang memutuskan untuk memenuhi kebutuhan serta keinginannya dengan pertukaran. Pentingnya suatu produk fisik bukan terletak pada kepelikannya tetapi pada jasa yang dapat diberikannya. maka hubungan yang baik dan saling percaya antara pelanggan. distributor. Nilai setiap produk sebenarnya tergantung dari seberapa jauh produk tersebut dapat mendekati produk ideal. dalam ini termasuk harga. Jika persetujuan tercapai maka disebut transaksi. tetapi sudah menjadi hal yang rutin. penyalur dan pemasok akan membangun suatu ikan ekonomi. terjangkau dan mudah didapatkan oleh pelanggan yang dituju. Biaya dan Kepuasan Nilai adalah perkiraan pelanggan tentang kemampuan total suatu produk untuk memenuhi kebutuhannya. Nilai. namun sudah ada dan terukir dalam hayati kondisi manusia. kebutuhan sudah ada sebelumnya. tetapi pelanggan akan memilih produk mana yang akan memberi kepuasan total paling tinggi. Setiap produk memiliki kemampuan berbeda untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Keinginan menjadi permintaan bila didukung dengan daya beli. keinginan dan permintaan. Perbedaan ini bisa menjelaskan bahwa pemasar tidak menciptakan kebutuhan. Sedangkan Permintaan adalah keinginan akan sesuatu yang didukung dengan kemampuan serta kesediaan membelinya. Pertukaran adalah salah satu cara mendapatkan suatu produk yang diinginkan dari seseorang dengan menawarkan sesuatu sebagai gantinya. Sehingga transaksi tidak perlu dinegosiasikan setiap kali. 5. Transaksi dan Hubungan Kebutuhan dan keinginan manusia serta nilai suatu produk bagi manusia tidak cukup untuk menjelaskan pemasaran. Hal ini dapat dicapai dengan menjanjikan serta menyerahkan mutu produk. Keinginan manusia dibentuk oleh kekuatan dan institusi sosial. Kebutuhan tidak diciptakan oleh masyarakat atau pemasar. Pertukaran. teknis dan sosial yang kuat dengan mitranya.

Konsep ini sering digunakan pada ³ Produk yang tidak dicari´ atau tidak terpikir untuk dibeli serta pada industri yang mengalami kelebihan kapasitas produksi. Konsep Pemasaran Berwawasan Produk Konsep ini berpendapat bahwa pelanggan akan memilih produk yang menawarkan mutu. pasar sasaran. Konsep Pemasaran Berwawasan Menjual Konsep ini berpendapat bahwa kalau pelanggan dibiarkan saja. Kalau satu pihak lebih aktif mencari pertukaran daripada pihak lain. sehingga divisi pemasaran akan mengalami kesulitan dalam pemasaran. Konsep berwawasan pemasaran bersandar pada empat pilar utama. Kelemahan konsep pemasaran ini adalah pelayanan tidak ramah dan buruk. Konsep ini dapat dijalankan apabila permintaan produk melebihi penawarannya dan dimana biaya produk tersebut sangat tingi. pelanggan tidak akan membeli produk industri dalam jumlah cukup sehingga harus melakukan usaha penjualan dan promosi yang agresif. Dari konsep inti pemasaran maka. . pemasaran maksudnya bekerja dengan pasar untuk mewujudkan transaksi yang mungkin terjadi dalam memenuhi kebutuhan dan keinginan manusia. kinerja terbaik dan inovatif dalam hal ini memuaskan perhatian untuk membuat produk yang lebih baik dan terus menyempurnakannya. maka pihak pertama adalah pemasar dan pihak kedua adalah calon pembeli. ada lima konsep pemasaran yang mendasari cara organisasi melakukan kegiatan pemasarannya Konsep Pemasaran Berwawasan Produksi Konsep ini adalah salah satu konsep tertua. yaitu akan memilih produk yang mudah didapat dan murah harganya. Pemasar adalah orang yang mencari sumberdaya dari orang lain dan mau menawarkan sesuatu yang bernilai untuk itu. Konsep Pemasaran Berwawasan Pemasaran Konsep ini berpendapat bahwa kunci untuk mencapai tujuan industri terdiri dari penentuan kebutuhan dan keinginan pasar sasaran serta memberikan kepuasan yang diinginkan secara lebih efektif dan efisien daripada saingannya. Dalam hal ini memusatkan perhatiannya untuk mencapai efisiensi produksi yang tinggi serta cakupan distribusi yang luas. Pemasaran dan Pemasar Pemasaran adalah keinginan manusia dalam hubungannya dengan pasar. Industri yang berwawasan ini cenderung tidak memperhatikan keinginan dan kebutuhan dari pelanggan. Konsep ini beranggapan bahwa pelanggan enggan membeli dan harus didorong supaya membeli. yaitu 1.Pasar terdiri dari semua pelanggan potensial yang memiliki kebutuhan atau keinginan tertentu serta mau dan mampu turut dalam pertukaran untuk memenuhi kebutuhan atau keinginan itu. 6. Istilah pasar untuk menunjukan pada sejumlah pembeli dan penjual melakukan transaksi pada suatu produk.

Konsep ini telah dinyatakan dalam banyak cara : y y y y y Memenuhi kebutuhan dengan menguntungkan Temukan keinginan dan penuhilah Cintailah pelanggan bukan produknya Dapatkanlah sesuai kesukaan anda Berusaha sekuat tenaga memberikan nilai. pemasaran yang terkoordinir serta 4. yaitu 1. kebutuhan pelanggan. Konsep Pemasaran Berwawasan Bermasyarakat Konsep ini beranggapan bahwa tugas industri adalah menentukan kebutuhkan. keuntungan. keinginan serta kepentingan pasar sasaran dan memenuhi dengan lebih efektif serta lebih efisien daripada saingannya dengan cara mempertahankan atau meningkatkan kesejahteraan pelanggan dan masyarakat. y Pemasaran : Pasar ² Kebutuhan Pelanggan ² Pemasaran Terpadu ² Laba diperoleh melalui Kepuasan Pelanggan. y Penjualan : Pabrik ² Produk yang sudah ada ² Penjualan dan Promosi ² Laba diperoleh melalui Volume Penjualan. Konsep pemasaran bermasyarakat meminta pemasar untuk menyeimbangkan tiga faktor dalam menentukan kebijaksanaan pemasaran.2. mutu dan kepuasan tertinggi bagi uang pelanggan. kepuasan pelanggan jangka panjang dan 3. 2. Perbedaan antara Pemasaran berwawasan penjualan dengan pemasaran berwawasan pemasaran adalah penjualan mempunyai prespektif dari dalam ke luar. . kepentingan umum dalam pengambilan keputusan. sedangkan pemasaran mempunyai prespektif luar ke dalam. keuntungan industri jangka pendek. 3.

Oleh karena itu pemasaran sangat penting bagi semua perusahaan baik profit oriented ataupun non profit oriented. Tujuanya mengetahui dan mengerti konsumennyadengan baik. pernah dikemukakan oleh Peter Drucker di tahun 1954. Ide bahwa profit bukan sebagai tujuan utama. 1977. (lihat Drucker. People and Performance . Peter Drucker mengatakan baha wa .PeterDrucker mengatakan pemasaran sebagai ³tujuan dari pemasaran adalah untukmenjual dengan cepat.tiap kali kita membeli sebuah produk. Harper college Press. "Karena pemasaran berfungsi untuk menciptakan custumer. Marketing bertanggung jawab terhadap kepuasan konsumen. 90). Peter F. sehingga profit akan mengikuti. maka bisnis/perusahaan memiliki dua fungsi yaitu : pemasaran dan inovasi Pemasaran dan inovasi akan menciptakan value. atau dalamkata lain biaya. Fungsi Pemasaran Lingkungan ekonomi yang semakin kompetitif membuat fokus terhadap kepuasan konsumen menjadi hal yang sangat penting bagi perusahaan. Globalisasi berarti perusahaanhgarus bersaing dengan perusahaanlain diseluruh dunia. Profit adalah hasil yang bisa dilihat sebagai hasil dari ³suksesnya sebuah bisnis´. p. dalam bukunya The Practice of Management . Dengankata lain memuaskan konsumennya. Pemasaran adalah salah satu fungsi bisnis yang berusaha mmenuhi keinginan dan kebutuhan kosumen melalui pertukaran. Banyak orang berangggapan bahwa pemasaran hanya terdiri dari penjualandan iklan saja.PENGANTAR PEMASARAN Pemasaran bisa kita temui dalam kehidupansehari hari. biaya pemasaran. Kita membayar. sehingga produk yang . Semua perusahaan berpendapat bahwa pro fit hanya dapat diperoleh melalui pemasaran. yang akan meninkatkan standar dan kualitas hidup.. Dimana perusahaan harus memproduksi barang atau jasa yang diinginkan oleh konsumen dengan harga yang kompetitif. Setiap hari kita mengkonsumsi produk yang disediakan oleh marketer.

price. ada keinginan dan permintaan. maka akan timbul berbagai pengertian-pengertian tertentu yang tiap orang sering kali mempunyai perbedaan. ada biaya yang dikeluarkan yang dilakukan melalui pertukaran. Wants and Demands Products Value.product. sebagian lagi pemasaran adalah usaha untuk menjual produk melalui tenaga salesman ! Menurut Philip Kotler pemasaran didefinisikan sbb : suatu proses sosial dan manajerial dimana individu dan kelompok mendapatkan kebutuhan dan keinginan mereka dengan menciptakan. Jerome McCarthy menyebutkan bahwa marketing mix terdiri dari 4 P marketing mix adalah (product. menawarkan dan bertukar sesuatu yang bernilai satu sama lain Konsep ini mengandung pengertian ada kebutuhan. tetapi lebih dari itu. ada produk untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan tersebut. Ada yang mengatakan bahwa pemasaran itu ada yang mengatakan bahwa merupakan penjualan sebuah produk tertentu. price. transaksi serta adanya pasar. Berarti kombiansi dari keempa t strategi tersebut -. Hal ini dapat digambarkan sbb : Needs. place atau distribusi. cost & Satisfaction . promotion. pemasaran itu merupakan usaha untuk menjual produk melalui periklanan. dan promosi atau komunikasi pemasaran -.yang diciptakan untuk memuaskan konsumen. Akibatnya produk bisa terjual dengan sendirinya. keduanya merupakan bag ian dari marketing mix. Pentingnya Pemasaran Jika sebagian kita ditanya tentang pengertian pemasaran. Perbedaan -perbedaan yang timbul umumnya akibat perbedaan cara pandang mereka yang berbeda. and place).ada sesuai dengan kemauan konsumennya. Hal ini bukan berarti bahwa penjualan dan iklan tidak penting.

Orang indonesia menginginkan beras sedang kan orang amerika barangkali lebih menyukai burger. Keinginan dan Permintaan menganalisa kebutuhan dan keinginan Seorang pemasar memulai sesuatu dengan manusia. promosi. kebutuhan akan pakaian dan lain lain untuk kelangsungan hidupnya. the American Marketing  Kebutuhan. Bennett. Oleh karena itu orang indonesia memiliki keinginan yang berbeda terhadap makanan jika dibandingkan dengan orang amerika. Keinginan manusia ini tidak sama tergantung tempat. Termuat juga dalam Dictionary of Marketing Terms . 1995. kondisi dan budaya yang membentuknya. Kebutuhan ini ada dengan sendirinya sejak manusia iu lahir. Kepuasan diperoleh melslui kesesuain antara yang diharpkan dengan yang diterima nilai manfaat yang diterimakan sehingga kepuasan dapat diusahakan melalui peningkatan pada costumer. Oleh karena itu kebutuhan adalah keadaan merasa tidak memerlukan kepuasan dasar. 2d edition. dan mendistribusikan ide. . edi ted by Peter D. barang atau jasa untuk menciptakan pertukaeran dan memuaskan konsumen indiviu serta mencapai tujuan organisasi. Definisi ini muncul pertama kali dalam Marketing News Maret 1. 1986. Manusia memiliki kebutuhan akan makanan. Keinginan akan menjadi permintaan jika didukung oleh kemampuan beli. dan melaksanakan konsep.Exchange transactions & relationships Markets Marketing & Marketer The American Marketing Association ( AMA) mendefinisikan Pemasaran sebagai proses untuk merencanakan. harga. tidak diciptakan oleh pemasar atupun dibentuk oleh lingkungan. Keinginan adalah hasrat akan pemuas tertentu dari kebutuhan itu. yang diterbitkan oleh Association. Permintaan adalah keinginan terhadap suatu produk yang didukung oleh kemampuan dan kesediaan beli.

. Permintaa datang dari konsumen baru atau konsumen lama.Keinginan terhadap suatu produk yang disertai dengan kemampuan membayar disebut dengan permintaan. Produk Manusia memenuhi kebutuhan dan keingina nnya dengan barang dan jasa. Pemasaar harus bisa menemukan demand ini. memaksa. Lebih spesifik lagi berarti banyaknya barang yang terjual selama waktu tertentu pada harga tertentu. . mengemis dan pertukaran. Cara yang lain adalah : memproduksi sendiri. keduanya disebut produk. Transaksi dan Hubungan Pertukaran merupakan salah satu cara untuk mendapatkan produk. Demarketing adalah berfungsi untuk mengurangi permintaan. Biaya dan Kepuasan Nilai : perkiraan konsumen tentang kemampuan suatu produk untuk memenuhi kebutuhannya Pertukaran. Sesuatu yang ditawarkan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginannya tugas marketing yang Nilai.

barang atau jasa. Pemasar menggunakan istilah produk tidak hanya berujud fisik saja tetapi dapat berupa orang. salah satu cara untuk memuaskan konsumen. oleh pemasar dapat berupa ide. akan membentuk pasar. Sesuatu yang bernilai. yang dipertukarkan. Konsumen adalah individu atau organisasi yang melakukan pertukaran atau pembelian. Pasar adalah sekumpulan konsumen yang memiliki kebutuhan. Konsumer adalah orang atau organisasi yang melakukan konsumsi produk. Nilai adalah harga dari sebuah produk. Kumpulan konsumen. atau akti viatas atau yang lain yang visa ditawarkan untuk memenuhi kebutuhan dan keingunan konsumen. Pemasar adalah orang yang mencari sumberdaya dari orang lain dan menawarkan sesuatu yang bernilai untuk itu. Pertukaran adalah Fokus dari Pemasaran Basis dari pemasaran adalah pertukaran. Secara alamiah. organisasi . tempat. atau timin g produksi. perbedaan informasi. sering kali antara pembeli dan penjual terpisah secara geografis.Pasar Terdiri dari semua pelanggan potensial yang memiliki kebutuhan atau keinginan tertentu serta mau dan mampu turut dalam pertukaran untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan Pemasaran dan Pemasar Pemasaran adalah kegiatan manusia dalam hubungannya dengan pasar. biasan ya dinyatakan dalam satuan mata uang. yang berarti pemasaran bekerja dengan pasar untuk mewujudkan transaksi yang mungkin terjadi dalam memenuhi kebutuhan dan keinginan. Pemasar berusaha . Pertukaran adalah memberi atau menerima sesuatu yang bernilai dengan sesuatu yang lain. kemampuan beli dan otoritas untuk membeli produk.

Dimensi Kualitas .menghilangkan/mengatasi masalah ini dengan cara menyediakan logistik (tranportasi dan pertokoan). memberi fasilitas (financing. penyediaan informasi. muncul ketika kepemilikan produk berpindah dari seller ke buyer. Memang hal itu merupakan bag ian dari fungsi produksi. membuat sebuah produk tersedia kapa saja dibutuhkan. Oleh karena itu untuk memenuhi kualitas. tetapi kualitas adalah memenuhi kriteria pelanggan. serta designnya. tetantunya kita harus tahu terebih dahulu siapa pelanggan kita dan apa yang mereka butuhkan. Karena apalah artinya produk itu µberkualitas¶ tetapi tidak laku dijual. Kegunaan waktu. Kegunaan kepemilikan. Kegunaan tempat membuat sebuah produk dapat diperoleh dimanapun konsumen butuh. Definisi Kualitas adalah sebagai µkesesuaian dengan spesifikasi pelanggan¶. ukurannya. Kegunaan bentuk. Hal ini didasarkan pada kualitas tidaklah memenuhi sejumlah kriteria yang diterapkan perusahaan. standarisasi). Namun sekarang dimensi kualitas sesungguhnya cukup dilihat dari kacamata µuser¶ pelanggannya. risk taking. Utilitas merupakan atribut dalam sebuah produk kebutuhan dan yang memiliki kemampuan untuk memuaskan konsumen. Marketing menciptakan kegunaan (utility/nilai). pelanggan µmengemohinya¶. merupakan keinginan perubahan fisik pada sebuah produk sehingga produk itu menjadi lebih bernilai. tetapi pemasaran mengarahkan bagaimana seharusnya produk itu berbentuk. Kualitas dalam Pemasaran Banyak orang beranggapan bahwa kualitas dilihat dari sisi produsen.

Features Adalah atribut yang menjadi pelengkap tambahan Misalnya : Powersteering dll. Termasuk disini adalah layanan purna jual g. ada delapan dimensi kualitas untuk produk : a. c. tidak mudah rusak. Daya tahan (durability) Adalah ukuran umur produk bisa digunakan f. tetapi ditentukan oleh beberapa atribut. e. Produk yang mudah diperbaiki menambah nilai produk. pemilihan suatu produk h. Kesesuaian (Conformance) Adalah kesesuain produk dengan standar yang ditetapkan. Keindahan (Aesthetics) Sering kali menjadi faktor utama. Waktu pakai sebelum produk tersebut rusak. Kemudahan Perbaikan Produk yang digunakan untuk jangkawaktu lama sering membutuhkan perbaikan dan pemeliharaan. b. Keandalan (Reliability) Adalah ketahanan produk tersebut slama digunakan. Kinerja (performance) Adalah seberapa baik suatu produk melakukan pekerjaannya. Menurut David Garvin. ecepatan. Contohnya kinerja mobil dinyatakan dalam akselarasi. Dalam produk komputer dikenal istilah MTBF. tenaga kuda dll. d. Persepsi kualitas .Kualitas tidakk hanya ditentukan oleh satu atribut atau dimensi saja.

Responsif Pelanggan tidak ingin harus menggunggu untu k dilayani d. Selain mahal. Pada umumnya orang akan membeli produk yang me miliki kualitas terbaik. Berwujud Adalah hal-hal yang dilihat pelanggan pada saat jasa dikerjakan. Parasuraman dan Zeithmal telah melakukan identifikasi dimensi kualitas jasa : a. Jika tidak konsumen akan mau saja membeli produk yang kualitasnya rendah. Oleh karena itu perusahaan bisa memilih alternatif terbaik sesuai dengan segmen yang dilayani. pegawai. fasilitas. Keandalan Personil yang melakukan pekerjaan harus bisa diandalkan. terlalu bergengsi atau aspek negatif lain. Sehingga tidak semua orang yang mampu membeli barang kualitas terbaik membelinya.Dimensi inbi tidak didasarkan pada produk itu sendiri tetapi terhadap persepsi yang timbul terhadap produk. Tidak bisa atau sangat jarang sebah produk yang memiliki keunggulan disemua dimensi tadi. peraltan dll. trampil . c. b. Kepastian Pelanggan mengharapkan personil yang melayani sopan. Sedangkan Leonard Berry. yang ti mbul di benak user. tetapi tentu saja hal berlaku jika harga dan karakteristik lainnya sesuai dengan harapannya. barang berkualitas terbaik juga dianggap terlal u jauh.

dengan produk yang berkualitas buruk perusahaan akan beresiko dituntut pelanggan atas kerusakan atau kecelakaan 3. Kehilangan bisnis. Kerugian kualitas buruk : 1. Perencanaan proses kontrol kualitas b. Mendidik pemasok . mesin yang out of date maka produktivitas akan turun. dengan material ya ng tidak berkualitas. pelanggan kan switching ke perusahaan lain 2. Kehilangan produktivitas. biaya ini muncul karena ingin mencoba untuk mengurangi kerusakan atau cacat produksi. Pada umumnya ada empat katagori biaya yang timbul : 1. Empathy Personil jasa harus menunjukkan pehatian yang tulus pada pelanggan KUALITAS DAN KEUNGGULAN KOMPETITIF Perusahaan bisa mencapai keunggulan kompetitif melalui kualitas. karena tidak memenuhi standar kua litas dari pelanggan. seperti : a. Tuntutan hukum.e. 4. Perusahaan mengikuti manajemen kualitas dengan kesadaran adanya biaya yang timbul. Prevention costs. Biaya-Biaya.Perusahaan melakukan investasi yang besar pada kualitas dengan harapan manfaat yang diperoleh lebih besar dari biaya yang dikeluarkan.

Mendesign proses produksi 2. Appraisal costs.c. sebelum barang dikirim ke konsumen. Internal cost of defect. Bekerja kembali untuk memperbaiki c. Pelaporan 3. Menganggur. Test laborat c. Penyesuaian untuk memperbaiki b. Pendapatan hilang d. Mengukur atau test material b. Kehilangan kepercayaan c. Garansi. biaya yang timbul ketika memperbaiki barang yang cacat. setelah baarng diterima konsumen. a. a. Membeli peralatan test d. Mendesign produk d. Tenaga kerja atau material terbuang percuma b. Keterlambatan waktu kirim 4. biaya yang timbul ket ika cacat produksi ditemukan. asuransi dan masalah hukum . Internal cost of defect. perbaikan mesin e. biaya-biaya yang timbul karena ingin memperoleh proses produk yang berkualitas a.

Menurut Phill Crosby. Asumsi yang digunakan para penganut faham ini adalah konsumen akan membeli produk yang menawarkan kualitas yang baik. Produk berkualitas juga akan berpengaruh pada proses produksi. American Society and Qu ality control juga menemukan bahwa perusahaan Amerika menghabiskan 15 s/d 35 sent setiap dollar penjualan karena kualitas yang buruk. dibanding menunggu produk yang benar -benar diinginkannya. perusahaan kehilangan 25 % lebih dari total salesnya karena kualitas yang buruk. Artinya bahwa pasar/konsumen lebih tertarik bagaimana memperoleh sebuah produk tertentu dibanding dengan atribut-atribut yang ditawarkan. maka hal ini kan meningkatkan semangat pekerja.Keuntungan kualitas yang baik . Jika kualitas dibangun di proses produksi. Sehingga perusahaan bisa bertahan dalam bisnis. kinerja terbaik dan atribut-atribut yang lain yang lebih baik dibanding produk pesai ngnya atau hal -hal yang inovatif lainnya. seorang konsultan kualitas.d 10 sent. adalah penjualan yangmeningkat sehingga profitabilotas juga meningkat. Dengan baarng/jasa yang berkualitas tinggi produsennya bisa menetapkan harga premium. Konsumen merasa lebih µnyaman¶ dengan barang yang berkualitas. mengurangi produk yang cacat. Konsep produk menuntun perusahaan untuk secara terus menerus memperbaiki dan meningkatkan kualitas . terutama jika dibandinkan dengan produk sejenis yang berharga murah (= low margin). pemasar menemukan bahwa ternyata mereka dapat menjual semua barang dan jasa yang diproduksinya. Berdasarkan studi yang dilakukan oleh Strategic Planning Institute ditemukan bahwa produk yang berkualitas akan lebih menguntungkan tetapi juga memeiliki market share terbesar. Tujuan dari konsep produksi ini adalah untuk memproduksi barang yang murah dengan cara pencapaian effisiensi produ ksi yang tinggi dan distribusi yang tersebar luas. Konsep-Konsep Pemasaran Ketika perang dunia 2 berakhir. Konsep ini dapat dipakai jika permintaan pasar lebih besar dari penawaran perusahaan. Kualitas terbaik juga akan meningkatkan daya saing perusahaan . Konsumen akan membeli apa saja yang tersedia dip pasar. Sedangkan perusahaan Jepang hanya menghabiskan 5 s. Konsep ini disebut dengan konsep produksi. dan juga mengurangi berbagai biaya. banyak pemasar yang memakai konsep produk. pada saat produk-produk mulai banyak tersedia di pasar. Di akhir tahun 1940 -an. dan tingkat persaingan men gingkat.

Oleh karena itu perusahaan memfokuskan pada kebutuhan dan keinganan pasar. maka pembelian ulang tidak akan terjadi. Dus hal ini membuat perusahaan terjangkiti penyakit marketing myopia (perusahaan lebih memfokuskan pada produk itu sendiri dibandingkan dengan usaha untuk memuaskan keinginan konsumen) . perusahaan harus melakukan usaha penjualan dan promosi yang agresif. Jika konsumen membeli sebuah produk yang sesungguhnya mereka tidak butuh/ingin maka konsumen akan merasa tidak senang. Mereka juga memiliki beranggapan bahwa konsumen enggan membeli sehingga harus didorong untuk membeli. Konsep ini disebut konsep pemasaran dan diperkealkan pertama kali oleh General Electric. sebagian pemasar lain mengikutinya dan menganut konsep penjualan. Pada saat ini perusahaan melakukan usaha-usaha pemasaran yang intensif untuk mendorong konsumen agar mau membeli produk yang dibuatnya. Perbedaannya dengan konsep penjualan adalah konsep penjual memfokuskan pada kebutuhan penjual/perusahaan sedangkan konsep pemasaran memfoku skan pada kebutuhan pembelinya. pemasaran yang terkoodinir serta keuntungan. hal ini akan diberitahukan kepada konsumen lain melalui word of mouth (getok tular) yang barangkali akan mempengaruhi konsumen potensial lainnya. kebutuhan pelanggan. Mereka berpendapat bahwa : kalau konsumen dibiarkan saja. Konsep Pemasaran ini bers andar pada empat pilar utama. Pada awal 1950 -an. yaitu pasar sasaran. maka . banyak perusahaan yang menawarkan produk yang sejenis. banyak pemasar mulai merubah orientasi jalan pikirnya. konsumen tidak akan membeli produk perusahaan dalam jumlah yang cukup. Sehingga jika produk yang ditawarkan tidak dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen.produknya. Meraka berfikir bahwa mereka dapat menjual barang atau jasa lebih banyak dengan cara lebih mudah jika mereka hanya memproduksi barang/jasa yang sesuai dengan kebutuhan pasar. Masalah yang muncul adalah kepuasan konsumen tidak menjadi prioritas utama. tidak Perusahaan yang menganut konsep penjualan memfokuskan usahanya untuk menjual produk. Untuk membedakan produk perusahaan satu dengan yang lain. Asumsi yang dipakai adalah untuk sukses perusahaan harus menentu kan kebutuhan dan keinginan pasar sasaran serta memberikan kepuasan yang diinginkan secara lebih effektif dan effisien dibanding pesaingnya . Ketika sebagian pemasar menganut konsep produk. Dari pada mencoba mempengaruhi konsumen untuk membel i barang yang telah diproduksinya lebih baik mereka mencoba untuk memproduksi barang/jasa apa yang dibutuhkan pasar. Sehingga berdasar konsep ini.

maka pada tahun 1970 -an muncul suatu konsep baru yang disebut pemasaran sosietal. menggunakan atlet atau artis muda untuk mengiklankan rokok karena mereka merupakan idola/panutan bagi sebagian besar anak muda. atau meningkatkan kesejahteraan konsumen dan serta kesejahteraan berusaha memenuhi kebutuhan dan keinginan Jadi sini disamping perusahaan harus memperhatikan kepentingan dan tanggung jawab sosial. Konsep ini berpendapat bahwa kunci untuk mencapai tujuan perusahaan adalah menentukan kebutuhan. Pemasar juga tidak boleh melakukan promosi produk minuman berakhohol kepada anak muda. Dengan cara menyesuaikan semua program pemasarannya. keinginan serta kepentingan pasar sasaran dan memenuhinya dengan lebih effektif dan effisien dibanding pesaingnya dengan cara mempertahankan masyarakat. maka rumah makan fast food seharusnya tidak menjual hamburger atau makanan yang tinggi lemak dan kolesterolnya serta rendah gisinya. Faktor faktor budaya. differensiasi produ k. .masalah AIDS. walaupun banyak juga konsumen lain yang menginginkan produk ini. konsumen. lingkungan. ekologi. Sejalan dengan perubahan kondisi lingkungan ekonomi. Oleh karena itu ingin berhasil maka jika perusahaan perusahaan harus proaktif terahadap perubahan -perubahan yang terjadi di masyarakat. penyalahgunaan obat -obatan dsb akan sangat mempengaruhi program pemasaran perusahaan.perusahaan yang menganut konsep pemasaran akan melakukan dengan menawarkan produk yang dimaui konsumen. Berdasar konsep pemasaran sosietal.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful