P. 1
NASKAH KERJASAMA

NASKAH KERJASAMA

|Views: 167|Likes:
Published by Martinus Mart

More info:

Published by: Martinus Mart on Dec 20, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/22/2013

pdf

text

original

NASKAH KERJASAMA ANTARA DINAS KEHUTANAN PROPINSI LAMPUNG DENGAN YAYASAN SAHABAT ALAM BANDAR LAMPUNG Tentang Pengelolaan

Taman Hutan Konservasi di Taman Hutan Raya Wan Abdul Rachman Berbasis Masyarakat Nomor : 031/YSA/V/2008 Pada hari ini Jum’at tanggal tiga puluh bulan Mei tahun dua ribu delapan, bertempat di Bandar Lampung, kami para pihak yang bertanda tangan di bawah ini: 1. Ir. Arinal Djunaidi, Kepala Dinas Kehutanan Propinsi Lampung yang bertindak untuk dan atas nama Pemerintah Propinsi Lampung. Berkedudukan di Jalan Zainal Abidin Rajabasa Bandar Lampung. Selanjutnya dalam Naskah Kerjasama ini disebut PIHAK PERTAMA. 2. Dr. Herawati Soekardi, M.Si., Ketua Yayasan Sahabat Alam dalam hal ini bertindak untuk dan atas Yayasan Sahabat Alam Jl. Griya Utama Blok IIB/19 Bandar Lampung 35135 Indonesia, e-mail: gitapersadapark@gmail.com Telp: 0721-703993 Fax: 0721-702831. Selanjutnya dalam Naskah Kerjasama ini disebut PIHAK KEDUA Berdasarkan nota kesepahaman sebagaimana tertuang dalam nota kesepahaman nomor 415.4/ 531/111.16/2008 dan nomor 021/YSA/IV/2008 tertanggal duapuluh lima bulan April tahun dua ribu delapan, kedua belah pihak sepakat untuk menjalin kerjasama di bidang pengelolaan Taman Hutan Konservasi di Taman Hutan Raya Wan Abdul Rachman berbasis masyarakat. Rincian perjanjian sebagai berikut : DASAR DAN TUJUAN Pasal 1 (1) Kerjasama ini diselenggarakan atas semangat pelestarian tumbuhan, satwa dan ekosistemnya di Taman Hutan Raya Wan Abdul Rachman sesuai Peraturan Menteri Kehutanan No. P.19 tahun 2004. (2) Kerjasama ini bertujuan untuk a) Pengembangan pelestarian dan pemanfaatan tumbuhan dan satwa. b) Pemberdayaan masyarakat sekitar Tahura Wan Abdul Rachman dalam upaya pelestarian tumbuhan dan satwa serta ekosistyemnya. c) Pengembangan manfaat jasa lingkungan dan wisata alam. d) Meningkatkan fungsi dan manfaat hutan secara berkelanjutan

c. e) Pelestarian dan pemanfaatan potensi jasa lingkungan dan wisata alam. PIHAK KEDUA akan bertindak sebagai pengelola pada areal hutan di Tahura WAR yang disediakan oleh pihak pertama. f. dengan kata lain hutan tersebut tetap merupakan aset Pemerintah Propinsi Lampung. Kerjasama pengelolaan ini meliputi : a) Pengembangan pendidikan dan penelitian konservasi b) Konservasi berbagai jenis pelestarian tumbuhan dan satwa serta ekosistemnya. Pelestarian dan pengkayaan aneka jenis tumbuhan. d. g. dan lain-lain). Pengelolaan Hutan Konservasi di areal hutan Tahura WAR oleh PIHAK KEDUA tidak merubah status kepemilikan. Penyusunan dan penerapan Model Kelembagaan pengelolaan hutan (laboratorium alam. c) Penangkaran pelestarian tumbuhan dan satwa. Pendidikan dan penelitian konservasi. e. LINGKUP KEGIATAN Pasal 3 Penyusunan program kegiatan dilaksanakan bersama antara PIHAK PERTAMA dan PIHAK KEDUA meliputi : a. Pemberdayaan masyarakat sekitar hutan dalam rangka pengamanan. jangka menengah. d. c. b. h. PIHAK KEDUA dapat mengikutsertakan pihak-pihak lain dalam menjalankan program kerja yang sudah disepakati dengan pihak pertama. Pelestarian dan penangkaran aneka jenis satwa. Identifikasi potensi di dalam kawasan yang dikelola. jangka panjang.LINGKUP KERJASAMA Pasal 2 Bahwa PIHAK PERTAMA dan PIHAK KEDUA telah sepakat untuk secara bersamasama mengadakan pengelolaan Taman Hutan Konservasi di Taman Hutan Raya Wan Abdul Rachman (Tahura WAR) berbasis masyarakat dengan rincian pembagaian tugas anatara lain : a. d) Meningkatkan kapasitas dan kelembagaan masyarakat sehingga dapat berpartisipasi dalam pelestarian tumbuhan dan satwa serta ekosistemnya. rehabilitasi dan pemanfaatan. b. PIHAK PERTAMA menyediakan areal hutan seluas ±150 hektar yang berada pada blok penelitian dan pendidikan Tahura WAR. Penyusunan program kegiatan jangka pendek. Pengelolaan yang dilaksanakan bersifat kolaborasi antara PIHAK PERTAMA dan PIHAK KEDUA sesuai dengan rencana program kerja yang telah disepakati bersama. pelestarian tumbuhan dan satwa. Penetapan batas dan penataan wilayah pengelolaan. . i. e. (Peta lokasi kegiatan menjadi lampiran yang tidak terpisahkan dari naskah kerjasama ini). Sosialisasi kepada masyarakat sekitar kawasan hutan dan pihak-pihak terkait lainnya.

Setiap perubahan dan penambahan yang telah disetujui oleh kedua belah pihak dapat dilaksanakan dan merupakan bagian yang tidak dipisahkan dengan naskah perjanjian kerjasama ini. k. (2) PIHAK KEDUA dapat memperoleh dukungan partisipasi dalam pembiayaan dari pihak-pihak lain untuk menjalankan program kerjanya. PEMBIAYAAN Pasal 5 (1) Pembiayaan yang timbul dalam kerjasama ini diupayakan dan dipenuhi oleh kedua belah pihak. (3) Bila terjadi pembatalan maka pengelolaan areal yang dikerjasamakan berikut aset-aset yang ada didalamnya kembali pada PIHAK PERTAMA. (2) Jangka waktu kerjasama dimaksudkan untuk dapat melaksanakan program jangka pendek (satu sampai lima tahun). Peningkatan pemanfaatan wisata alam. Pelestarian dan pemanfaatan potensi jasa lingkungan.j. program jangka menengah (lima sampai lima belas tahun) dan program jangka panjang (lima belas sampai dengan tiga puluh lima tahun). apabila kedua belah pihak menyetujuinya. (2) Masing-masing pihak sewaktu-waktu dapat membatalkan naskah perjanjian kerjasama ini apabila terjadi pelanggaran kerjasama setelah dilakukan peringatan oleh pihak yang dirugikan. (4) Pemberitahuan pembatalan kerjasama selambat-lambatnya 1 (satu) bulan sebelum pembatalan. JANGKA WAKTU Pasal 4 (1) Kerjasama ini berlaku sejak ditandatanganinya naskah kerjasama ini. (3) Perjanjian kerjasama ini dapat diperpanjang setelah jangka waktu perjanjian kerjasama berakhir. PERUBAHAN DAN PEMBATALAN PASAL 6 (1) Masing-masing pihak dapat meminta perubahan atau penambahan atas naskah perjanjian kerjasama ini secara tertulis. . jangka waktu kerjasama ditentukan berdasarkan kesepakatan kedua belah pihak yaitu 35 (tiga puluh lima) tahun.

M.PENUTUP Pasal 7 Naskah kerjasama ini dibuat dalam rangkap 2 (dua) asli. masing-masing bermaterai cukup dan mempunyai kekuatan hukum yang sama. HERAWATI SOEKARDI. PIHAK PERTAMA Kepala Dinas Kehutanan Propinsi Lampung. 460016730 DR. Ir. ARINAL DJUNAIDI NIP. . bulan dan tahun sebagaimana tersebut di atas.Si. PIHAK KEDUA Ketua Yayasan Sahabat Alam. ditandatangani oleh kedua belah pihak pada tanggal.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->