P. 1
lap PPl

lap PPl

|Views: 253|Likes:
Published by Sri Suyanti

More info:

Published by: Sri Suyanti on Dec 20, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/05/2014

pdf

text

original

LAPORAN PROGRAM PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS DI SMP N 1 KUTA UTARA

Penyusun: Sri Suyanti NPM: 07.8.03.51.31.2.5.2424

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIDIKAN UNIVERSITAS MAHASARASWATI DENPASAR 2010

LAPORAN PROGRAM PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS DI SMP N 1 KUTA UTARA

Penyusun: Sri Suyanti NPM: 07.8.03.51.31.2.5.2424

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIDIKAN UNIVERSITAS MAHASARASWATI DENPASAR 2010

karena berkat rahmat-Nya penulis dapat melaksanakan kegiatan Praktek Pengalaman Lapangan dengan baik dan menyelesaikan laporan PPL ini tepat waktu. Bapak Drs. 3. Ibu Sri Yolandawati.Pd selaku guru pamong SMP Negeri 1 Kuta Utara yang memberikan kesempatan. Kegiatan PPL ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Kuta Utara pada bulan Juli sampai dengan bulan Agustus 2010 sebagai syarat wajib bagi penulis untuk memenuhi ketentuan-ketentuan yang berlaku di Universitas Mahasaraswati Denpasar. I Wayan Mudjung selaku dosen pembimbing yang memberikan motivasi.KATA PENGANTAR Puji syukur penyusun ucapkan kepada Allah SWT. 7. Bapak Drs. I Made Gita selaku kepala SMP Negeri 1 Kuta Utara. 4. Seluruh guru dan staff sekolah yang memberikan informasi dan motivasi selama pelaksanaan kegiatan PPL. 5. Untuk itu penulis mengucapkan terima kasih kepada: 1. penulis mendapat banyak masukan dan pemikiran dari berbagai pihak yang bersangkutan. instruksi serta saran yang berguna demi kelancaran proses belajar mengajar. 6. Ibu Rektor Universitas Mahasaraswati Denpasar 2. Rekan-rekan mahasiswa serta seluruh pihak yang telah membantu dan mendukung proses kegiatan dan penyusunan laporan kegiatan PPL dari awal sampai akhir. Dalam pelaksanaan kegiatan maupun penyusunan laporan PPL ini. . Siswa siswi kelas VII terutama kelas VII K yang sangat aktif dan rajin mengikuti proses belajar mengajar selama kegiatan PPL berlangsung. S.

Penyusun menyadari bahwa laporan ini jauh dari sempurna. untuk itu kritik dan saran yang bersifat membangun penulis harapkan untuk dapat menyempurnakan laporan ini. 5 Oktober 2010 Penyusun (Sri Suyanti) . Denpasar.

4..1 Pengertian ……………………………………………………………………… 1. 1.. 1.1 Proses Belajar dan Pembelajaran ……………………………………….2 Pokok Bahasan yang Diajarkan ………………………………………………. 2.2 Tujuan …………………………………………………………………………. i LEMBAR PENGESAHAN ……………………………………………………………… ii KATA PENGANTAR …………………………………………………………………… iii DAFTAR ISI ……………………………………………………………………………. 2.3.DAFTAR ISI HALAMAN KULIT JUDUL …………………………………………………………….1 Hambatan ………………………………………………………………… 2. 2. 2.1 Penyusunan Program …………………………………………………………. 2.5 Kegunaan ……………………………………………………………………… Bab II PELAKSANAAN PROGRAM PPL …………………………………………….3 Bidang Studi yang diajarkan …………………………………………………. .3.. 2.. 1.3 Program Ekstra Kurikuler ………………………………………………. 2.3 Hasil Observasi ……………………………………………………………….2 Faktor Pendukung ……………………………………………………….4 Tempat Pelaksanaan PPL …………………………………………………….2 Persiapan Memberikan Pelajaran ……………………………………….4..Hambatan dan Faktor Pendukung ………………………………… 2. 2..3.4 Keadaan Fisik Sekolah ………………………………………………….4 Hambatan. iv Bab I PENDAHULUAN ………………………………………………………………… 1.3...

1 Simpulan ……………………………………………………………………… 3. Lampiran …………………………………………………………………………………… . 3. Daftar Pustaka …………………………………………………………………………..Bab III SIMPULAN DAN SARAN ……………………………………………………..2 Saran ………………………………………………………………………….

antara lain : 1. khususnya pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mahasaraswati Denpasar. Bisa mendapatkan pengalaman langsung tentang proses belajar mengajar didalam kelas. 1.BAB I PENDAHULUAN 1. Mampu memahami dan mengetehui tentang sistem pendidikan yang ada di sekolah bersangkutan.1 Pengertian Kegiatan PPL ini dilaksanakan untuk memenuhi program yang berlaku di lingkungan Universitas. dimana fakultas tersebut merupakan salah satu fakultas yang membentuk mahasiswa serta memberi kesempatan mahasiswa untuk mempraktekan ilmu yang didapat di universitas dan melatih dirinya untuk menjadi seorang guru dan mencari pengalaman dalam proses belajar mengajar sehingga mereka tahu segala bentuk permasalahan yang dihadapi dalam proses belajar mengajar serta mendapatkan tambahan pengetahuan untuk menjadi seorang guru yang profesional sesuai dengan kriteria yang diharapkan. Kegiatan PPL ini sangat bermanfaat bagi seluruh mahasiswa khususnya dari Program FKIP. Mampu menerapkan berbagai macam teori pembelajaran yang didapat di bangku kuliah. . 2.2 Tujuan Adapun tujuan yang ingin dicapai oleh calon guru. 3. Kegiatan PPL ini juga melatih mental mahasiswa dan mahasiswi untuk berani tampil dihadapan orang banyak khususnya siswa. dalam hal ini khususnya pada mata pelajaran Bahasa Inggris.

sehingga guru mampu memberikan motivasi yang bisa membangkitkan semangat mereka untuk belajar.3 Bidang studi yang diajarkan Penyusun mengajarkan mata pelajaran Bahasa Inggris dalam kegiatan PPL karena mata pelajaran ini sesuai dengan program studi yang penyusun tempuh di bangku kuliah. Badung. 4 Kerobokan. para mahasiswa juga dilatih untuk bisa menyelesaikan masalah yang dihadapi siswa di kelas dengan menggunakan kreativitas guru dan kualitas dalam mengajar. Untuk itu.4 Tempat pelaksanaan PPL Adapun tempat yang dipilih oleh penulis dalam melaksanakan Praktek Pengalaman Lapangan adalah di Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama.4. Mampu melaksanakan tugas professionalisme guru. dimana sekolah ini terletak di Jalan Raya Kesambi No. 1. 1. sangatlah penting bagi seorang guru untuk mengetahui karakter dari para peserta didik agar dapat memahami sifat mereka. Kuta Utara. dimana selain menjadi tenaga pengajar bidang studi tertentu juga menjadi tenaga pendidik para pelajar yang dibina. 1. Selain itu. . yaitu program studi Pendidikan Bahasa dan Seni Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Bahasa Inggris.5 Kegunaan Melalui program kegiatan PPL ini diharapkan kepada para mahasiswa dan mahasiswi yang akan menjadi calon guru mampu menerapkan kemampuan dan pengetahuan yang didapat di bangku kuliah dalam mendidik dan membina peserta didik serta sebagai pengalaman dalam proses belajar mengajar. yaitu di SMP Negeri 1 Kuta Utara.

BAB II PELAKSANAAN PROGRAM PPL 2.1 Penyusunan Program Penyusunan program yang tepat sangat diperlukan bagi mahasiswa sebelum melaksanakan PPL. Adapun susunan program yang dilakukan sebelum mengadakan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) sebagai berikut : .

Mencari informasi tentang Jadwal Pelajaran Kelas VII K dan Kalender Akademik Sekolah.1. Berkoordinasi dengan guru pamong tentang materi pelajaran yang akan diajarkan selama kegiatan PPL. 5. 2. 3. Materi dan tema yang diajarkan sesuai dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)dan buku pelajaran yang dipakai di SMP Negeri 1 Kuta Utara. Melaksanakan kegiatan PPL. 9. Mengadakan observasi terhadap keadaan fisik dan non fisik sekolah serta observasi terhadap guru bidang studi Bahasa Inggris pada waktu mengajar di kelas. 4. Mempersiapkan media pembelajaran yang akan digunakan. 8. 11. Menjajagi dan menentukan sekolah untuk mengadakan PPL. 10. 6. Mengadakan pertemuan dengan Kepala Sekolah beserta staff pengajar bidang studi Bahasa Inggris untuk menentukan guru pamong. penulis mengajar mata pelajaran bahasa inggris kepada peserta didik kelas VII K. Menyiapkan bahan yang akan diajarkan.2 Pokok bahasan yang diajarkan Dalam pelaksanaan PPL. Menyiapkan diri dan mental serta sikap dan penampilan untuk melakukan praktek mengajar di kelas. Mengadakan pendekatan kepada pihak sekolah dan mencari ijin untuk melaksanakan PPL kepada kepala sekolah. Menyiapkan rencana pelaksanaan pembelajaran. 7. Menyusun strategi dalam proses pembelajaran Bahasa Inggris. 2. . 12.

3.1 Proses belajar dan pembelajaran Pada saat penulis melaksanakan program PPL. dan writing yang disertai dengan tanya jawab sesuai dengan tujuan KTSP yaitu menitikberatkan pada kemampuan berbicara (communicative competence) dan memberikan tugas sehingga proses pembelajaran tidak hanya berpusat pada guru tetapi siswa juga aktif dalam mengikuti proses belajar pembelajaran. reading. Dari hasil pelaksanan proses belajar mengajar diatas siswa SMP Negeri 1 Kuta Utara termotivasi untuk belajar dengan metode seperti ini dan minat belajar mereka saat pelajaran bahasa Inggris menjadi meningkat.Penjelasan lebih lengkap tentang pelaksanaan dan penerapan bahan yang diajarkan terlampir pada RPP. 2.3. selain siswa mendengarkan mereka juga menulis hal – hal penting selama pelajaran berlangsung sehingga mereka dapat mengerjakan latihan – latihan yang diberikan dan juga tugas – tugas atau pekerjaan rumah. 2. 2.2 Persiapan Memberikan Pelajaran Agar proses kegiatan belajar dan pembelajaran terarah. proses belajar mengajar (PBM) menggunakan pola interaksi dua arah dengan metode yang sesuai dengan skills yang diajarkan seperti listening. Membaca sillabus. maka sebelum mengajar perlu melakukan persiapan sebagai berikut : 1.3 Hasil observasi 2. . speaking. Dalam hal ini. penulis secara langsung melakukan observasi terhadap proses belajar mengajar di SMP Negeri 1 Kuta Utara. Melihat jadwal pelajaran.

Melukis . Mading 14. KSAPN 12. Desain Grafis 9.3. Mempersiapkan bahan ajar yang akan diberikan kepada siswa.3 Program Ekstra Kurikuler Sekolah yang digunakan sebagai tempat pelaksanaan PPL juga memiliki program ekstra kurikuler sebagai tempat untuk mengembangkan bakat siswa. Karate 13. Mengajar sesuai dengan jadwal pelajaran. 6. 5.3. Bulu Tangkis 3. Club Biologi 6. 4. Kidung 10. 2. Club Matematika 8. Atletik 2. Adapun ekstrakurikuler yang dimiliki oleh SMP Negeri 1 Kuta Utara adalah sebagai berikut : 1. Club Bahasa Inggris 5. Membuat alat peraga atau media pembelajaran. Club Fisika 7. Membuat RPP sebelum mengajar siswa. KIR 11. Semua kegiatan ekstrakurikuler dilaksanakan pada hari Sabtu. Catur 4.

Pramuka 23. Silat 29.15. PMR 22. Tari 31. Olah Vokal 20. Upakara/ Mejejahitan 37. Tenis Meja 35. Bola Voli . Nyastra Bali 19. Menulis Indah 18. Tata Rias dan Tata Busana 33. Tenis Lapangan 34. Rindik 26. Tata Boga dan Tata Hidangan 32. Puisi 24. Merangkai Bunga 17. Sepak Takraw 28. Teater 36. Musik 16. Paduan Suara 21. Sepak Bola 27. Renang 25. Tabuh 30.

5. Melaksanakan pembinaan olah raga secara berkesinambungan Melaksanakan pembinaan bidang seni secara berkesinambungan Melaksanakan pembinaan disiplin Melaksanakan aktivitas keagamaan secara berkala dan berkesinambungan 2. NO. Melaksanakan kurikulum secara optimal dan efektif Melaksanakan kegiatan belajar mengajar yang efektif.3. NSS/ NPSN III. Keadaan Fisik Sekolah : SMP Negeri 1 Kuta Utara : 201220101001/ 50101653 : Jalan Kesambi No. . 4 Kerobokan Kecamatan Kuta Utara Kabupaten Badung Propinsi Bali Tlp. Visi Unggul dalam prestasi. 6.4 I. bertakwa dan berbudaya b. (0361) 7442275/ 8448398 Fax (0361) 8448398 Kode Pos 80361 NAMA SEKOLAH II. inovatif dan interaktif Membentuk kelompok belajar 4. Panjat Tebing 2. ALAMAT IV. VISI DAN MISI SEKOLAH a.38. 7. beriman. Misi 1. 3.

Tempat Tgl Lahir 5. Mulai menjadi Kesek ( di sekolah ini) : Drs. DATA SISWA Tahun Pelajaran : 2010/2011 Kelas VII VIII IX Jumlah Siswa 587 413 405 Jumlah Rombel 14 9 9 Jumlah Siswa 1405 Rombel 32 VI. Pangkat/ Golongan 4. Alamat Rumah 6. Canggu. PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN Kepala Sekolah 1. Nama 2. NIP 3. Jenis Kelamin. Pendidikan Terakhir 7.V. Badung : S1 : 16 April 2009 Guru Kualifikasi Pendidikan. I Made Gita : 19591231 198703 1 182 : Pembina/ Via : Canggu. Status. dan Jumlah NO 1 2 3 4 5 6 Tingkat Pendidikan S3/ S2 S1 D-4 D3/ Sarmud D1/ D2 Lainnya (SMA/SMK) Jumlah dan Status GT/ PNS GTT/ Guru Kontrak L P L P 3 21 34 2 6 1 1 Jumlah 3 63 1 . 31-12-1959 : Br Padang Linjong. Kuta Utara.

65 % Rusak total > 45 % b. Lab Bahasa 3. a. Lab Komputer c.45 % Ruak berat 45 % .Jumlah Tenaga Kependidikan : Tenaga Pendukung Tenaga No Pendukung Jumlah tenaga 25 34 2 7 68 pendukung dan Jumlah pendukung berdasarkan tenaga Jumlah kualifikasi pendidikannya status ≤ 1 2 3 4 5 SMA D1 D2 D3 S1 3 dan jenis kelamin PNS Honorer L P L P 4 1 2 5 2 1 4 2 14 12 2 1 4 2 21 SMP Tata Usaha 9 Perpustakaan 1 Petugas Lab Satpam 1 3 Petugas 2 4 12 1 1 Kebersihan Jumlah 1 1 3 4 1 2 VII. Data Ruang Kantor Jenis Ruangan Jumlah (buah) Ukuran Kondisi Jumlah (buah) 1 1 1 Ukuran 80 M2 80 M2 80 M2 Kondisi Baik Baik Baik . Perpustakaan 2. Data Ruang Belajar (Kelas) Kondisi Baik Rusak Ringan Rusak Sedang Rusak Berat Rusak Total Jumlah Jumlah 8 8 2 Keterangan Kondisi Baik Kerusakan < 55% Rusak ringan 15 % . Data Ruang Belajar Lainnya Jenis Ruangan 1.30 % Rusak sedang 30 % .

Dapur 3. Koperasi 9. Pos Jaga Fasilitas Penunjang Perpustakaan Jenis 1. Gudang 2. BK 6. Tata Usaha 4.1. Guru 3.1 Hambatan Penulis mengajarkan mata pelajaran Bahasa Inggris kepada siswa kelas VII K yang .4 Hambatan – Hambatan dan Faktor Pendukung 2. Tamu 1 1 1 1 12 M2 96 M2 96 M2 8 M2 Baik Baik Baik Baik d. UKS 7. Komputer 2. TV Kepemilikan Tanah Status Tanah Luas Lahan/ Tanah Luas Tanah Terbangun : Pemerintah : Hak Pakai : 3535 M2 : 2528 M2 Jumlah/ Ukuran/ Spesifikasi 6 unit 1 Jumlah (buah) 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 Ukuran 69 M2 8 M2 9 M2 10 M2 11 M2 12 M2 20 M2 10 M2 10 M2 4 M2 Kondisi Baik Baik Baik Baik Baik Baik Baik Baik Baik Baik 2. Kantin 10. KM/ WC Siswa 5. Data Ruang Penunjang Jenis Ruangan 1.4. Kepala Sekolah 2. Ibadah 8. KM/ WC Guru 4.

Siswa sudah membawa kamus sebagai alat penunjang. Adanya lab Bahasa di sekolah sehingga pada saat pelajaran listening konsentrasi siswa dapat terfokus dalam pelajaran. oleh sebab itu penulis menemukan beberapa hambatan-hambatan. Siswa sangat disiplin. yaitu sebagai berikut : 1. Tingkat pengetahuan dasar dan daya serap siswa yang sangat beragam. 2. Kesulitan dalam mengajarkan writing kepada siswa karena mereka menganggap tulisan sama seperti ucapannya. Alokasi waktu yang diberikan untuk melakukan proses belajar mengajar terlalu singkat. 2. 3. Adanya LCD di sekolah sehingga memudahkan guru dalam melaksanakan proses belajar mengajar karena waktu pelajaran tidak terbuang untuk mencatat di papan tulis. . 4. 2. 4. Siswa yang aktif sangat antusias dalam menjawab pertanyaan yang diberikan.4. 5. jadi memudahkan dalam proses pembelajaran.2 Faktor Pendukung Selain menemukan hambatan-hambatan dalam melaksanakan PPL penulis juga menemukan faktor pendukung sebagai acuan untuk memotivasi diri dalam proses kegiatan belajar. 3.berjumlah 44 siswa dan mempunyai beraneka ragam karakter. Ada beberapa siswa yang pasif saat mengikuti proses belajar mengajar (PBM). antara lain : 1.

agar mahasiswa mendapatkan pengalaman langsung dan bisa mengimplementasikan ilmu yang didapatkan di bangku kuliah. maka penting kiranya dalam hal ini.BAB III SIMPULAN DAN SARAN 3. sehingga bisa dijadikan modal dasar dalam mengembangkan profesionalitas sebagai seorang calon guru.1 Simpulan Berdasarkan uraian diatas dapat disimpulkan bahwa pelaksanan program praktik pengalaman lapangan sangat perlu diberikan kepada mahasiswa atau calon guru. disampaikan beberapa saran yang dapat dijadikan sebagai gambaran . Selain itu. 3.2 Saran Mengingat PPL merupakan salah satu kegiatan yang memberikan kesempatan bagi para mahasiswa untuk mempraktekan diri mengajar di lingkungan sekolah. progran ini juga sangat membantu untuk melatih mental mahasiswa untuk menghadapi hambatan-hambatan selama proses belajar mengajar.

2. 4. sebagai seorang guru diharuskan untuk menyusun RPP terlebih dahulu supaya tidak terjadi kesalahan dalam mengajar. Guru harus mampu menggunakan dan mengoperasikan peralatan yang ada di lab Bahasa . antara lain: 1. Adapun saran – saran yang bisa disampaikan dalam kesempatan ini. Guru harus mengikuti perkembangan teknologi yang ada. Guru diharapkan menguasai dan memahami materi dengan baik sebelum diberikan kepada murid-muridnya sehingga guru dapat tampil secara maksimal di depan kelas. 8. sehingga tidak gaptek. 6. 3. Sebelum melakukan proses belajar mengajar di dalam kelas. Guru harus mampu menciptakan teknik – teknik mengajar yang menarik dan beragam agar siswa juga tertarik untuk belajar.para peserta PPL selanjutnya. Guru harus mampu mengontrol situasi didalam kelas serta memahami karakter setiap siswa didalam kelas sehingga proses belajar mengajar dapat berlangsung dengan baik. Guru harus mampu memberikan motivasi kepada para siswa agar rajin dan tekun belajar. 7. Guru harus mampu mengontrol emosi jika menghadapi siswa yang agak nakal dikelas. 5.

2008.DAFTAR PUSTAKA Wardiman. . English in Focus for Grade VII dan VIII. Jakarta: Pusat Perbukuan. Artono.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->