P. 1
artikel bensin

artikel bensin

|Views: 1,112|Likes:
Published by Hari Revolutionz

More info:

Published by: Hari Revolutionz on Dec 21, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/19/2013

pdf

text

original

Bensin dan Bahayanya

Bensin merupakan salah satu bahan bakar utama di Indonesia terutama untuk transportasi. Bensin didistribusikan melalui pipa transmisi ke stasiun transmisi berikutnya untuk kemudian dibawa ke SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum) menggunakan mobil tanki. Dalam pendistribusian melalui pipa ini rentan sekali terjadi kebocoran sehingga bensin dapat tumpah, akibatnya terbentuklah kolam bensin dan berpotensi menyebabkan pool fire. Semakin besar lubang kebocoran dan tekanan operasi, maka jumlah bensin yang tumpah juga semakin banyak. Kemudian persentase kematian dari seseorang yang berjarak tertentu dari pool fire sangat tergantung dari lamanya waktu, semakin lama waktu seseorang terpapar panas, maka persentase kematiannya semakin besar. Elemen pokok untuk pembakaran adalah bahan bakar, pengoksidasi dan sumber api. Mengacu kepada segitiga api, maka ketika bahan bakar, pengoksidasi dan sumber api tersedia dalam tingkat yang dibutuhkan, pembakaran akan terjadi. Hal ini berarti bahwa pembakaran tidak akan terjadi apabila:

1. bahan bakar tidak ada atau tidak tersedia dalam jumlah yang cukup 2. pengoksidasi tidak ada atau tidak tersedia dalam jumlah yang cukup 3. sumber api tidak cukup kuat untuk menimbulkan pembakaran atau menyalakan api

Bensin atau petrol adalah cairan campuran yang berasal dari minyak bumi dan sebagian besar tersusun dari hidrokarbon serta digunakan sebagai bahan bakar pada mesin pembakaran dalam. Karena merupakan campuran berbagai bahan, daya bakar bensin berbeda-beda menurut komposisinya. Ukuran daya bakar ini dapat dilihat dari bilangan oktan setiap campuran. Bilangan oktan adalah angka yang menunjukkan seberapa besar tekanan yang bisa diberikan sebelum bensin terbakar secara spontan.Di dalam mesin, campuran udara dan bensin (dalam bentuk gas) ditekan oleh piston sampai dengan volume yang sangat kecil dan kemudian dibakar oleh percikan api yang dihasilkan busi.

sehingga hanya diperuntukkan untuk mesin kendaraan yang memiliki ratio kompresi yang tidak melebihi angka tersebut. Jika campuran gas ini terbakar karena tekanan yang tinggi (dan bukan karena percikan api dari busi). berarti bensin tersebut terdiri dari 87% oktana dan 13% heptana (atau campuran molekul lainnya). campuran udara dan bensin juga bisa terbakar secara spontan sebelum percikan api dari busi keluar.Karena besarnya tekanan ini. . Knocking ini akan menyebabkan mesin cepat rusak. Bensin dengan bilangan oktan 87. maka akan terjadi knocking atau ketukan di dalam mesin. Bensin ini akan terbakar secara spontan pada angka tingkat kompresi tertentu yang diberikan. sehingga sebisa mungkin harus kita hindari.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->