Motif dan Fungsi dari suatu Bisnis

BAB 1

12/21/2010

Prepared and Presented by Febriana Wurjaningrum, SE, MT

1

Tujuan Bisnis  Menghasilkan barang dan atau jasa  Melayani kebutuhan pelanggan  Menghasilkan laba  Mencapai value of firm 12/21/2010 Prepared and Presented by Febriana Wurjaningrum. SE. MT 2 .

Sumber daya ( faktor produksi )  Sumber daya alam  Sumber daya manusia  Modal  Entrepreneurship 12/21/2010 Prepared and Presented by Febriana Wurjaningrum. SE. MT 3 .

Pemegang Kepentingan Utama Dalam Bisnis  Pemegang Kepentingan (stake holder) adalah orang-orang yang mempunyai orangkepentingan dalam bisnis: bisnis: 1. SE. pemasok 5. kreditor 3. pemilik perusahaan 2. karyawan 4. pelanggan. MT 4 12/21/2010 . Prepared and Presented by Febriana Wurjaningrum. pelanggan.

jasa. SE. 12/21/2010 Prepared and Presented by Febriana Wurjaningrum. mengorganisasikan.  Pemegang saham adalah investor yang ingin menjadi pemilik sebagian dari perusahaan. yang disebut wiraswasta (entrepreneurs). MT 5 . perusahaan.Pemilik  Setiap bisnis dimulai sebagai hasil ide dari seorang atau lebih mengenai barang atau jasa. bisnis. yang mengorganisasikan. entrepreneurs). mengelola dan menanggung risiko yang dihadapi untuk memulai bisnis.

SE. MT 6 .Kreditor  Institusi keuangan atau individu yang memberikan pinjaman  Ditentukan dari kinerja perusahaan yang baik cukup menguntungkan untuk membayar bunga dan pokok pinjamannya 12/21/2010 Prepared and Presented by Febriana Wurjaningrum.

SE. MT 7 12/21/2010 .Karyawan ‡ Kuantitas karyawan tergantung kebijakan manajemen perusahaan perusahaan karena karyawannya ‡ Keberhasilan ‡ Manajer adalah karyawan yang mempunyai tanggung jawab mengelola pekerjaan yang ditugaskan kepada karyawan lain dan membuat keputusan penting perusahaan Prepared and Presented by Febriana Wurjaningrum.

Semua yang kita kerjakan didesain untuk membangun nilai pemegang saham melalui hasil jangka panjang. The CocaCoca-Cola Company 12/21/2010 Prepared and Presented by Febriana Wurjaningrum. MT 8 . Amazon. Com. WalKami menciptakan nilai bagi para pemegang saham dan itu tetap menjadi tujuan kami yang tulus . tetapi hanya keajaiban. SE. panjang. Kami percaya bahwa ukuran dasar dari kesuksesan kita adalah nilai pemegang saham yang kita ciptakan melalui waktu panjang. saham. kerja keras dengan secara total memfokuskan pada mengapa kita mematuhi bisnis. Zenith Electronics.Pernyataan laporan tahunan perusahaan yang berhubungan dengan memaksimalkan nilai pemegang saham Kami tidak menjanjikan keajaiban. Wal-Mart panjang.mendorong nilai pemegang saham.

Pemasok  Menyediakan bahan baku yang dibutuhkan dalam proses produksi  Kinerja perusahaan akan bergantung pada kemampuan pemasok unttuk menghantarkan bahan baku sesuai jadwalnya 12/21/2010 Prepared and Presented by Febriana Wurjaningrum. SE. MT 9 .

Pelanggan  Perusahaan menyediakan produk atau jasa yang diinginkan pelanggan pada harga yang wajar  Kualitas produk atau jasa harus sesuai keinginan pelanggan  Distribusi produk atau jasa tepat waktu 12/21/2010 Prepared and Presented by Febriana Wurjaningrum. MT 10 . SE.

SE.Pemilik Perusahaan Perusahaan dijalankan karyawan Pelanggan Kreditor Pemasok 12/21/2010 Prepared and Presented by Febriana Wurjaningrum. MT 11 .

MT 12 .Lingkungan Bisnis sosial  Lingkungan industri  Lingkungan ekonomi  Lingkungan global  Lingkungan 12/21/2010 Prepared and Presented by Febriana Wurjaningrum. SE.

86% dari siwa menilai bahwa 86% pengetahuan bisnis mereka sangat rendah atau sedang-sedang saja.   12/21/2010 Surey yang dilakukan oleh Center for Entrepreneurial Leaderships menemukan bahwa 69% dari siswa Sekolah Menengah 69% Atas di Amerika berminat memulai bisnis sendiri. suatu perusahaan harus mempunyai suatu keunggulan kompetitif atau sifat unik yang dapat membuat produknya lebih diminati daripada produk pesaingnya. Prepared and Presented by Febriana Wurjaningrum. Supaya berhasil. Walaupun. MT 13 . pesaingnya. sedangsaja. SE. sendiri.

MT 14 12/21/2010 . Tom meminjam $ 500 yang dibutuhkan untuk menanamkan modalnya dalam perusahaan.Apakah bisnis yang sukses selalu mengandalkan teknologi tinggi dan dana yang besar? Tidak  Domino s Pizza ( di ann Arbor. Michigan) adalah contoh klasik bisnis dimulai dari dana yang kecil. SE. Prepared and Presented by Febriana Wurjaningrum. Sekarang bisnis Domino s Pizza menghasilkan penjualan sekitar $ 1 Miliar per tahun. Didirikan saat Tom Monaghan (seorang mahasiswa yang tidak selesai kuliah) dan kakaknya membeli rumah pizza yang bangkrut di tahun 1960.

ini. Bisnis elektronik (e-commerce) adalah penggunaan (ekomunikasi elektronik untuk menghasilkan atau menjual barang dan jasa. Prepared and Presented by Febriana Wurjaningrum. jasa.2 juta lowongan kerja. kerja. SE. America jasa. MT 15 12/21/2010 . Contoh: Amazon. Teknologi adalah pengetahuan atau alat ang dipergunakan untuk menghasilkan barang dan jasa. eBay. Online.com. eBay. jasa. Contoh: Amazon.Pengaruh Teknologi Dalam Menciptakan Bisnis      Teknologi telah memberikan kontribusi dalam keberhasilan banyak bisnis dalam tahun terakhir ini. Yahoo. Teknologi informasi adalah teknologi yang bisa mendapatkan informasi yang dipergunakan untuk menghasilkan barang atau jasa. Suatu penelitian oleh University of Texas memperkirakan bahwa e-business dapat menghasilkan laba $ 301 miliar dalam tahun 1998 dan menciptakan 1.

diberi harga. Keuangan Cara bagaimana perusahaan mendapatkan dana dan menggunakannya untuk keperluan bisnis perusahaan Akuntansi Ringkasan dan analisis dari kondisi keuangan perusahaan Sistem informasi Meliputi teknologi informasi dan prosedur yang bekerjasama untuk memberikan informasi yang cocok kepada karyawan perusahaan sehingga mereka dapat membuat keputusan. MT 16 . didistribusikan. harga.Fungsi Utama Bisnis      Pemasaran Cara bagaimana produk (jasa) dikembangkan. 12/21/2010 Prepared and Presented by Febriana Wurjaningrum. pelanggan. Manajemen Cara bagaimana karyawan dan sumber-sumber lain (seperti sumber(seperti mesin) mesin)digunakan oleh perusahaan. didistribusikan. SE. keputusan. jasa) dikembangkan. dan dipromosikan kepada pelanggan. perusahaan.