I.

A Amarilia Dewi Murni (C14090003) Susanti Alfriani Maitimu (E14090074) Tristiana Dwi Nurdhita Sari (E24090005)

OBSERVASI LAPANG PABRIK BIOLA .

leher biola. Biola dibagi menjadi beberapa bagian. badan biola. dan beberapa macam perangkat pembantu. jembatan biola. Hal ini yang melatarbelakangi kelompok kami memilih pabrik biola sebagai objek wawancara. papan jari. senar.Pendahuluan Biola adalah sebuah alat musik dawai yang dimainkan dengan cara digesek. . Biola memiliki empat senar (G-DA-E) yang disetel berbeda satu sama laindengan interval sempurna kelima. Padahal peminat biola cukup banyak. Selain itu Indonesia juga merupakan salah satu penghasil kayu terbesar di Asia. Saat ini pabrik biola di Indonesia jarang ditemukan.

kreativitas. . sehingga setelah mereka lulus nanti.TUJUAN OBSERVASI LAPANGAN Memotivasi mahasiswa agar tertarik dalam kegiatan berwirausaha Mendorong mahasiswa agar dapat mengembangkan ide. mereka mampu menciptakan lapangan pekerjaan yang dapat memberdayakan masyarakat sekitar. dan juga potensi yang ada di diri mereka.

Beliau bernama Muhammad Nuramin Idrus Sobah S. .HASIL PENGAMATAN € Pada tanggal 24 Maret 2010 kami melakukan wawancara dengan salah satu pemilik usaha pabrik biola MADANI.Pi yang akrab di sapa Mas Muh.

Usaha pembuatan biola di mulai pada tahun 2007 Ini berawal dari : 1. Mengetahui lebih banyak tentang biola. 2. Hobi di bidang musik khususnya biola. Menciptakan biola di Indonesia dengan harga yang terjangkau 4. . Indonesia memiliki potensi kayu yang luar biasa yang sangat bagus untuk di buat menjadi biola. 3.

: Kayu agatis untuk bagian bawah (back plate) € Kayu Sungkai untuk bagian atas biola ( top € plate) € € Rose wood untuk finger bold dan chinres Kayu mahoni untuk neck (bagian untuk sandaran leher ) € Kayu Eboni ( sound pose). .Untuk satu unit biola menggunakan beragam jenis kayu.

€ . € Umumnya digunakan untuk alat peraga pendidikan (education toys).Hasil sampingan atau limbah kayu produksi biola dimanfaatkan untuk membuat kerajinan tangan yang berbahan dasar kayu (wood craft) yang memiliki nilai ekonomis.

lokasinya ada 2 1. Kompleks Good Year Sindang Barang 2. . Gunung Walat Cibadak. Sukabumi. Dengan jumlah karyawan hanya 11 orang. pabrik ini dapat menghasilkan 30 hingga 50 unit biola setiap bulannya dengan omset 100 juta setiap bulannya.Pabrik biola MADANI.

pengembangan pasar. . BE THE FIRST. kualitas. BE THE DIFFERENT.Jadilah yang pertama.3 prinsip yang di terapkan yaitu : BE THE BEST. Jadilah yang paling beda dan paling spesial. pelayanan. paling unik dan kreatif. Jadilah yang terbaik dalam segala hal baik dari segi produksi.

Kayu. Susah menentukan selera dari peminat biola. .KENDALA YANG DIHADAPI : 1. 2.

.Solusinya ???? € Menjalin kerja sama dengan ipb khususnya departemen kehutanan yang dipercaya untuk mengelola kawasan hutan pendidikan gunung walat.

y Tetap menjaga kualitas biola yang dihasilkan tau bahkan lebih di tingkatkan.Penutup Beberapa ide untuk mengembangkan pabrik biola Madani diantaranya : y Menambah jumlah karyawan yang bekerja di pabrik. y Pemasaran dari biola agar lebih di kembangkan tidak hanya terbatas di Indonesia tetapi harus berani merambah pasar Internasional. . Lebih kreatif dan inovatif.

Lampiran-Lampiran .

.

Nothing is Imposibble .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful