P. 1
SENI RUPA TERAPAN

SENI RUPA TERAPAN

|Views: 6,388|Likes:
Published by aganismefama

More info:

Published by: aganismefama on Dec 22, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/18/2013

pdf

text

original

BY: CLY MONTINE SHALMA S. (08) FARAH ZARANI (13) FIORENTINE ALFI Q .S.

(14)

tetapi dari sifat struktur itu sendiri. (26) Seni Rupa adalah sebuah konsep atau nama untuk salah satu cabang seni yang bentuknya terdiri atas unsur-unsur rupa yaitu: garis. yaitu seni murni (fine art) dan seni pakai / terapan (applied art). bidang. Makna bentuk karya seni rupa tidak ditentukan oleh banyak atau sedikitnya unsur-unsur yang membentuknya. Yang tergolong dalam seni murni yaitu: seni lukis. bentuk. PENGERTIAN SENI RUPA TERAPAN RIZA ALIF ALFILAH R. seni patung. Unsur-unsur rupa tersebut bukan sekedar kumpulan atau akumulasi bagian-bagian yang tidak bermakna. akan tetapi dibuat sesuai dengan prinsip tertentu. Dengan kata lain kualitas keseluruhan sebuah karya seni lebih penting dari jumlah bagian-bagiannya. seni grafis dan sebagian seni kerajinan. Bentuk karya seni rupa merupakan keseluruhan unsur-unsur rupa yang tersusun dalam sebuah struktur atau komposisi yang bermakna. tekstur. .MACAM – MACAM SENI RUPA TERAPAN Seni Rupa jika dilihat dari segi fungsinya dapat dikelompokkan menjadi dua. Seni murni adalah karya seni rupa yang dibuat semata-mata untuk memenuhi kebutuhan artistik.A. Unsur-unsur rupa tersebut tersusun menjadi satu dalam sebuah pola tertentu. Orang mencipta karya seni murni umumnya berfungsi sebagai sarana untuk mengekspresikan cita rasa estetik. B. ruang dan warna. Kebebasan berekspresi dalam seni murni sangat diutamakan.

Membuat karya seni terapan tampak lebih sulit dibandingkan karya seni murni. 1. Sebuah unsur budaya akan tetap terpelihara keberadaannya jika unsur budaya tersebut masih berfungsi dalam kehidupan sosial. poster. seni hadir atau diciptakan untuk memenuhi kebutuhan manusia baik lahir maupun batin. Salah satu unsur psikis adalah emosi. melukis bisa lebih sulit daripada membuat rumah tinggal. C. Hal itu mungkin karena membuat karya seni murni terasa lebih bebas dibanding membuat karya seni terapan karena tidak memperhitungkan fungsi. keramik. Fungsi Individual Manusia terdiri dari unsur fisik dan psikis. Dalam kehidupan sehari-hari kita dapat merasakan betapa kita sangat membutuhkan sarana berekspresi dalam menikmati keindahan bentuk. Akan tetapi sering pula terjadi sebaliknya. baju. Contoh seni terapan yaitu:arsitektur. Maka fungsi individual ini dibagi menjadi fungsi fisik dan fungsi emosi. seni dipilah menjadi beberapa kelompok. dan lain-lain. sepatu.Seni Terapan atau seni pakai (applied art) adalah karya seni rupa yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan praktis. Dalam pembuatan seni pakai biasanya faktor kegunaan lebih diutamakan daripada faktor keindahan atau artistiknya.FUNGSI SENI RUPA TERAPAN Sebagai unsur budaya. . Berdasarkan fungsinya dalam memenuhi kebutuhan manusia.

a. dan lain-lain. Contoh: iklan. gagasan. 2. kritik. b. kebijakan.a. . Rekreasi / hiburan Seni dapat digunakan sebagai sarana untuk melepas kejenuhan atau mengurangi kesedihan. seperti. rumah alat transportasi dan sebagainya. Fisik Fungsi ini banyak dipenuhi melalui seni pakai yang berhubungan dengan fisik. komedi. patung. Contoh: lukisan. poster. Fungsi Sosial Fungsi sosial artinya dapat dinikmati dan bermanfaat bagi kepentingan orang banyak dalam waktu relative bersamaan. Fungsi ini dikelompokkan dalam beberapa bidang. film dan sebagainya. tempat rekreasi dan sebagainya. Emosional Fungsi ini dipenuhi melalui seni murni. dan produk kepada orang banyak. baik dari senimannya maupun dari pengamat atau konsumennya. spanduk. b. perabot. Komunikasi Seni dapat digunakan untuk mengkomunikan sesuatu seperti pesan. busana. Contoh: film.

poster ilmiah. contoh.c. Contohnya. Masyarakat Nusantara membuat bangunan dalam berbagai fungsi. lumbung padi. d. Edukasi / Pendidikan Pendidikan juga memanfaatkan seni sebagai sarana penunjangnya. gambar ilustrasi pada buku pelajaran. yaitu tempat tinggal. dan tempat beribadah. kaligrafi. foto dan sebagainya. Di Jawa Tengah terdapat rumah Joglo yang berfungsi sebagai tempat tinggal dan sekaligus menjadi ciri khas budaya masyarakatnya. arsitektur tempat ibadah. D. Seni Bangun / Arsitektur Seni bangun merupakan salah satu hasil budaya masyarakat. . busana keagamaan dan sebagainya.CONTOH SENI RUPA TERAPAN DI DAERAH SETEMPAT 1. Religi / Keagamaan Karya seni dapat dijadikan ciri atau pesan keagamaan.

Wayang Pertunjukan wayang di Indonesia bukan saja sebuah kesenian. melainkan juga sumber nilai. nenek moyang dan para dewa-dewi. Pada masa sekarang busana adat Jawa Tengah sering kita lihat pada upacara-upacara perkawinan Di Jawa Tengah pakaian adat menjadi pakaian resmi yang terpengaruh dari kalangan istana yang biasa digunakan untuk upacara kerajaan atau upacara-upacara Keraton. kepemimpinan dan kepahlawanan. 3. Wayang dalam perkembangannya sebagai sumber nilai.Selain itu penghormatan semacam itu dilakukan sebagai .2. Pakaian Adat Pengaruh budaya setempat juga sangat terlihat pada pakaian adat. menyerap berbagai ajaran tentang penghormatan kepada alam. Penghormatan itu dilakukan oleh manusia sebagai keinginan dasar untuk berhubungan dengan kekuatan adikodrati (supranatural).

Ia mengajari orang Jawa menenun. Batik Seperti halnya kesenian wayang. Lembu Ami Luhur. Namun catatan tertulis tentang batik baru muncul pada tahun 1518. permaisuri dan keluarga istana pada masa kerajaan Hindu. dan juga hubungan manusia dengan manusia lain. batik telah menjadi bagian dari kekayaan seni rupa tradisional di Nusantara. jauh sebelum masuknya Islam. Mitos awal tentang batik sudah ada sejak sekitar taun 700 Masehi. membatik dan mewarnai kain. 4. Sejak itu kain batik dengan berbagai motif tertentu menjadi bagian dari identitas busana dan budaya raja. Dia seorang putrid dari Coromandel. di wilayah Galuh di wilayah Barat laut Jawa.bentuk hubungan manusia dengan Tuhan. . Mitos tersebut bercerita tentang istri Pangeran Jenggala.

Kita lihat jaman semakin berubah serta budaya semakin maju sehingga kita menjadi lupa diri karena tertutupi oleh westernisasi dari negara lain.MEMBUDAYAKAN SENI Dapat kita ketahui dalam mencermati tentang bagaimana budaya jaman dulu berkembang dimasa sekarang ini. Yang menjadi pertanyaan kita.E. kita memang dalam merealisasikan secara menyeluruh bahwa budaya kita yang paling ampuh dan kuat untuk menghadapi persaingan global diseluruh dunia. Volume dari budaya itu sendiri kalau kita cermati dapat menghipnotis dengan mempelajari akar dari budaya itu sendiri. Dari situlah kita . Misalnya saja Jepang di Jepang punya apa yang jelas punya budaya yang mengakar dari bawah hingga atas. kenapa Negara Jepang kok gampang untuk memajukan budayanya keluar negara dengan disertai oleh ilmu pengetahuannya? Hasilnya negara Jepanglah yang mampu mengalahkan negara lain. Maka dari situlah rakyat Indonesia harus menyadari betapa kuatnya budaya yang membudayakan masyarakatnya mulai dari Sumatra hingga sampai Irian Jaya. Menurut filosofinya bahwa kemunculan budaya lama yang mengakar di masyarakat sebenarnya secara garis besarnya di pengaruhi oleh tradisi kuno mulai dari jaman sebelum jaman sebelum Majapahit berdiri hingga sampai sekarang.

harus mencontoh negara Jepang. Nah presiden inilah yang justru harus bisa mengatasi kemerosotan yang sudah dialami oleh rakyat. Kita ini bukan negara lain yang bisanya dijajah oleh bangsa lain. Bagaimana caranya mengembalikan semuanya ini untuk bisa bangkit kembali. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmad kebijaksanaan dalam permusyawarakatan perwakilan. Kenapa kita menjadi rusak negara tercinta ini mulai dari tingkat pemerintahannya hingga sampai budayanya juga ketilep atau hilang begitu saja. karena pertama kita punya lambang negara yaitu burung garuda pancasila yang artinya sebagai pemersatu bangsa dan menyejahterakan rakyat diseluruh nusantara. agar kita bisa menyelesaikan misi dan visi dari pemerintahannya yang dipegang dari MPR.DPR sampai menteri. ekonominya. . Kenapa demikian. sehingga kita menjadi lupa daratan. dan kalau kita lihat sekarang ini kita ini justru dijajah pertama budayanya. Jadi kita harus tetap menjaga budaya yang ada di negeri tercinta ini agar budaya kita dapat di kenal di seluruh dunia . dan lain sebagainya sampai dalam pemerintahannya juga ikut-ikutan hancur. jika kita lihat sekarang rakyat justru merasa dikhianati dan ditindas oleh bangsanya sendiri.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->