P. 1
Mirza Ghulam Ahmad - Tajaliyyât-i-Ilahiyyah (Penampakan Kebesaran Tuhan)

Mirza Ghulam Ahmad - Tajaliyyât-i-Ilahiyyah (Penampakan Kebesaran Tuhan)

|Views: 179|Likes:
Published by Rahmat Ali

More info:

Published by: Rahmat Ali on Dec 22, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/16/2013

pdf

text

original

PENAMPAKAN KEBESARANTUHAN

Oleh:

HAZRAT MIR7A GHULAM AHMAD

IMAM MAHDI a.s.

i~~ tpt)O ~~I

YAYASAN WISMA DANAI 1992 JL. Raya Parung no. 27 P.O. Box 33/Pru Beger 16330 Phone 082-120879

Judul Aseli :

TAJALLIY A'l'IILAHIYYAH

Ali" basa

R. Ahmad Anwar Sayyid Shah Muhammad a/Joe/ani

Cetakan ke-l 1976 Cetukan ke-2 1985 Cetukan ke-3 1987 Cetakan ke-4-: 1992

SP. No. : 061/K/IX/75 tanggal23-11-1976

PRAKATA

BllaltUa yang aselinya berjudu! "TajaliYYati

"'"y"ah" ini dicetak di masa hidupnya Peruliri Je_ht Ahmadiyah. Hazrat Mirza Ghulam Ahmad 0.8., ..",. IJ4tapi oleh karena belum setesai, jadi Udall .. mptlt diBiDrhali di masa hidutt beliau. Pada lallur. IlJJ dengall seizin lIazrat Klla~iralul Masila JJ r.u, IUI'U" pertanlo kalillya rlsalah. itu disiarlwlI sebaga;. mlJl1ll adQII)'a ,ete/a/J diberi berjilid. Setelah penerbUan y"ng perroma ltu disusul de"gall penerbitanpenerbltGl' berihutnya.

Dalllm cetakan yang ke-4 ini, tidak ada perubahan dart ceta"an yang he-3.

&moga risafal. illi bermanfaat bag; para pencahGrl hebenaran cUlII lebth-tebth. bag; mereka yallg .uka menggali hebenaran dan mendapat I~eterallgallketerangan dari orang pertama.

Kepada Dapah R, Ahmad Anwar selahu penterJemah dan Bapal: Sayyid Shah Mulrammad al-Jaelant yang turut melle/ill Ilashalmya. humi mengucankan banyak terima hasill.

Parung; 01 Sulh 1371 Hs 01 Januari 1992 M.

Wassalam yang am at lemah,

Penerbit.

Seorang Jur~.Peringat sudahdotang Ile dUllia. namun dUllia tidalz rnenerimanya. ailOll tetap! 1'wuan allan menerimanya dOli dengan serongafl dollsyot akan menarnpahhou hebellarannya.

Mengenni datangnya lima gempa bumi Allah Ta'ala memberi khabar yang perkataannya demikilln :

ttKEPADA KALIAN 'AKAN KUPERLIHATKAN DENGAN TERANG TANDA INI LiMA KALln,

Wahyu Ilahi ini berarti bahwa Allah '1'11'. ber-

firman bahwa hanya untuk membc.rl kesuksiwl atoa kebenaran harnba yo.ng lernah inl, dan hanya unLuk maksud agar manusia mengerti bahwa aku dat.anl dad Dial maka lima kali gempa bumi dahsyat akan dalanK berturut.turut dengan ~dikit jarak.8ldarn 8UllUya memberi kesaksian atas kebenaranku. Dan tiap·Liap di antarnnya itu begilu cemerlangnYII aehlngga dcuKEUl

5

.MIlY. Ucwlg-orang ukun ingaL kelluda 'l\lhlUl ICJnl)8-gcmpa itu akan meninggalkan bekas keIIIU1 pada II... kekuatunnya, kehebatannya .. daya-bin •• U pili a~n sangat luar biasa, yang densan meliha.tn~ QI1IfI.g-orang akan kehilangan akat, Scmuanya i .... JliMbuJ karena ghairat (kegusaran) 1'uhwl, sebab OJ'aMg-orang tidak kenal kepada (nasa dan Allah Ta'~a bcrftmlDJl. bahwn

"Aku dahflh oorsembunyi; allan tetapi Ahu seilarang akall m.enampahhall Wujud-Ku dan Alw ahan mempcrtilzut'kau kecemeriangan Ku dati akan. menyelamaUlill1 hamba-hambaKu scperti Nabt MUla daR ummatt.tya diseiamathan dar; tangan Fir'aun. Dan mu 'jiZaf-I11U 'iisot itu allan nampat; "yolo seperti teiah Nabi Musa perlihathau di multo Fir'aun: Dan Tuhan berfirm«; "Ahu ahqn memperlihathan perliedaan aldara yang beuar dan s; bohong dan Aim ahan menotong dia yang dalallg dar; pacla[(u. Dan Ahu ahan menjadi musul: baC; orang yallg meniad! m usul: dia. 1 )

Maka. hai orang-orang yang mau mendengar!

I) lhllum kcad8anukulicdikitmcilgonLuk AJlah Ta'ala memo pt!rlihalkoll kepaduku secarlk kerlall bcrlulisan kala-kala :

J! ~('~~I ~y'\~

Yu'ui bahwa ini akau rnenjadi Lallda-lAnda IIlus kobenaran

AI-Qur'ull Sud. (l)cuy,). -

6

IngaUnh oleh knmu sekalian bnhwa al'abiJa khabargaib-khabar - gaib· Itu terjadi hnnya secara biasa saja, maka boleh kamu anggap ahu bukan dari Tu/lan. Akan tetapi khabar gaib-khabar gaib itu pada wakLu penyempumaannya di permukaan bumi ini menimbulkan kegoncangnn dan orang-orang karena kegclisahan yang hebat, dibuatnya seperti gila dan di kcbanyakan tempat gedung-gedung binasa dan banyak jiwa rnelayang, maka taku tlah kamu kepada iLu Tuhan yang telah memperlihatkan sernua (kejadian) itu bagi diriku.

Kemanakah rnanusia dapat melnrikan diri elari Dia, Tuhan yang menguasai zarrah-zarrah it.u? Uia berfinnan, bahwa "Ahu ahan datan, secara dunndiam bagaihan seorang pencuri"; ya'ni, tidak akan dikhabarkan kepada seorang pun ahli nujum alau mulham") atau pelihat mimpi, berkenoan dcnJ(Bn waktu itu, kecuali yang telah Din sampniknn sekadarnya kepada Masih Mau 'ud-Nyaatau kclnk akan menrunbah lagi sesuatu. Sesudah Landa-Landa itu nknn timbul satu perobahan di dunlo ini dan kebanyaknn hati ukan tertarik kepada Tuhnn, dan kebanyakan orang yang berhati balk akan dlngin terhadap dunia dan tuai kelalo.ian akan ternngkat dari tcngah-lcn~.lhnya dan kepada me.reka akan dirninuml sarbat ajaran

2) mulhan artlnya yang dikarunlai IIharn-ilham (reny. ~

7

.tts:.·MI!Jb,*, dauri k/uurowi aglraz kardand muslaman _nuulamtln baz kardJJnd •• J )

lJaurl K/lusrowi (masa Khusro) maksudnya ialah uman do 'wah hamba yang Iernah ini, nkan tctapl di Bini bukan maksudnya kerajaan dunia, melainkan yang dimaksud ialah kerajaan rohani yang telah dianugerahkan kepadaku.

Keringkasan arli Ilharn ini ialah, bahwa apabila zaman Khusro"), ya'ni, masa Masihi yang pada pemandangan 'l'uhan disebut kerajaan rohani, diawali pada akhir tahun kcenam rlbu, seperti te~ah dikhabargaibkan oJc~ para Nabi Allah, maka akibatnya ialah orang-orang yang tadinya hanya Muslim dalarn keadaan Jahirnya saja, mereka mulai mcnjadi orangorang Islam yang sejati, seperti haJnya sarnpai sekaran" sudah ada hampir mendekati jumlah empat ratus ribu orang.

Dan seyogianya aku bersyukur bahwa di tanganku sudah ada hampir empat ratus ribu orang yang Lelah bertaubat dari kema'sietan-kema'statan, dosadosa dan syirik, dan satu golongan orang-orang Hindu

:I) MrLinya:

i\p.lhill1 xamnn Khusro mulnl bcrtaku, Maka ornng·orang -ifillim uJ!:," kembal] menjudi orang-ornng Isisin. (Peny.).

") Kh ~ro dikot.akan kepfldu rnja'raja .Parsi (reny.)

8

9

dan Inggeris juga telah memeluk agama Islam. ~ saja hari kemaren ada seorung orang yang berapma Hindu telah bai 'at di tanganku dan masuk Islam, yang telah diberi nama Muhammad Iqbal. Dan kemaren aku telah beberapa kali membaca "bain ilu. Ialu dengan serta-merta tatkala itu dit.iupkan ke dalam ruhku kalimat yang menyusul llham yang pertama, seperti berikut :

Maqami au mabin azrah-i ta/lqir bodorallosy Rasula naz hardands).

Begitulah Allah Ta'ala telah memberi khabarsuka tentang penyebaran agama Islam di tanganku dalam wahyu-Nya, seperti berikut :

~\~ r:/\'''' /./..\ ,./:.,/J/-:\/

~U:.J·~/G ~~~y.

Ya'ni : Hoi, bulan' dan hoi, mataharil Eng/lou dari padaKu dan Ah~ dari pado eriC/lou.

Dalam wahyu llahi lnl Allah Ta'ala scknli wakLu menyebut daku bulan dan menyebut nama-Nya sendiri matahnri. Maksudnya ialah, bahwa seperU halnya sinar bulan memperoleh karunia dan Iaedah dari matahari, begitu pula sinarku memperoleh knrunia

6) Bltinya : d 'r -meh

Mllrtubal diu jUlll:lIl1lllh dll'Iludang ell,,"" cara me e

kan, para Ilallul pun I11cnyal1jun~lIya. (Pcny.)

daii"'.edah dari 'Juhan.

Humudian pada kali lainnya Allah 'fa 'ala menye_

but hanJ8-Nya sendir] bulan dan rnemanggilku sebagai .... bllufri. Dengan demikian berarti. bahwa Sinar ~ngan-Nya akan Dia nampakkan melalul diriku. Vahulu Dia bersembunyi, sekarang Diu akan menwn_ pakkan Wujud-Nya dengan perantaraan tanganku. Van dahulu dunia tidak mengenal Keccmerlangan_ Nyu. alum tctapi sekarang dengan perantaraanku kilau Kebesaran-Nya itu akan terpencar ke segala penjuru dunia. Dan seperti kamu Iihat kilat berkelebat dati satu aeah dan sekaligus menerangi seluruh bentangan iangiL, begitulah kiranya ill dalarn zaman ini pun akan Lerjadi.

Allah Ta'ala berfirrnan kepadaku,

"Aku telalt turun he bum; untuu enghau dan untuh enghau nama-Ku telali menyola; dan Allu lela" memilih engkau dari arltaro seluruli {isi} Junia. t.

Dan Dla berfirman,

Ya'ni : Tuhon enghau berhala ball wa m u 'lizatIIIU ~jzat yang sedemihian dahyatllya akan turun tlari lallgit sehillgga enghau ahan senang.

10

11

Maka di antara (mu 'jizat.-mu 'jizat.) it.u di negeri Inl (India) sudah datang wabah taun dan dua kali gempa bumi kerns yang sebclumnya sudah kubcritahukan tenlang ilu sesudah kuterlma Ilham dad Tuhan. Akan letapt,sekarang Allah Ta'ala bcrflIman bahwa lima kali lagi gernpa bumi akan dalang dun dunia akan melihat kehebal:annya yang Iuar biaaa dan akan dibuktikun kepada rnereka bahwa itu adalah Tanda-tanda Allah Ta'alu, yang nampak untuk hamba-Nya, Masih Mau'ud. Sayang sekali ahli-ahli nujum dan peramal-peramal bintang zaman ini menamlingiku dalam nubuwalan ini sepertl halnya ahli-uhli sihir dahulu yang lelah rnenandlngi Nabi Musa. l>un beberapa mulhim yang kurnng waras, yang diam di iembnh kcgelupan, mcreka seperti ~d'I1'" Il\cnin~.alkan kebenaran unluk mclawanku dan mcmban .. u orang-orang yang sesat, I Aknn tetapi, Allah 'l'a'l11o

berlirman,

"Ahu ahan membuat rnerelm itu semuonYG nlO'" dan Ahu tidall chon memberihan hehorrnGlon htf hepada seseoraJlg yang lain. It

Bagi mereka itu semuanya sekarang ada wak~u untuk mclawnnku dongan nujum atau ilham mcrcka~ dan apabila mereka sekarang mcngkcnuurkan serangannya, itu berartl mcrcka ilu benar. Uan Allah

1'a'nlll berfim an,

uAlw akan mengaiahhan mere/za (tu semuallYo.

,..,Juuia-nrJlluiDKu dir! _ ... A __ ." ....• rIG bumi dan langif

... ~r. _pert. beserta-Ku; dan

• ,.." ,. A.m.,,-Ku" .

• If, .... It&I daI.m Al-Qu_r'an ada. ay.at yang keilUmewun ptlra Rasul Icbih dari bagtli berikut :

'G"I jedlU IlanYQ dib rillan h pada _rpilUi dan Udal hapada orallg lain

:.7-UJ.

ur

Allah

(penghonnatan) itu diberikan kepada 1\ahan llaaul-Ny ? Dan Dia menUal apakah mere'" Ii11Idf1If t.egull di ata. kebeua.ran yanl t.elah d kepada mereka.tau Lid.k.

Dan ingatJah bahwa pabUa gUma bum! itu terjacli dan aeberap. bany d'kehend ki 'l'dum it.u IUdah tellakllma lalu

II""

13

: Lalli, do'a orang-orang akan dlkabulkun pada waktunya akan turuiliah hujan dan ludwIg akan berbuah dengan melirupah-

• 'dan akan datang masa gembira dan malapetaka

tuar biasa akanhtlang-sirna, ' supaya orang-

e jiingan mengira bahwa 'l\thWl hWlya memiliki

ural 'Qahllar(Bcngis) saja, dan tidak bersifat Raliirn (biih-aayang), dan Masih-Nya ~paya [angan diang-

gap pembawa nasib sial'). .

JngaUah bahwa ":di masa Mum Mau'ud perlu tcrjadi banyak kematian; dan tlbanya gcmpa-gempa bumi Berta berjangkitnya wabah ta'un merupakan satu sura tan takdir. ItuJah arti Hadits yang menyatakan bahwa orang-orang akan mati karena tiupan n "lOJ Masih Mau 'ud dan sejauh mata Masih memandang tiupan .mautnya akan meninggalkan bekas.

7) Sudah ditakdll'un Hmenjak mula untdk Pitaslh MIIU'ud, bahwa mula·mula I. akan menampakkan dirl dalam .Irat keben,.an. .chlnua keman. lIaj. la melayallllkMn pundlilluannya otlllll'oranl' akan terkap.r mati karena Uupan' nYI; Y.'1I1,Zlmln Itu bukllnlah akan berupa jihad dan petan, dentall pedang, meltrinkan hanyu ltekuabt.n rohani Ma.lh Mau'ud Itu akIn nam(lsk day.ny. bagaiklln seuilah vedollK dan Lundll·lll.mJ. rnaJaJlelaki akan turun dari LaIlKit, aeperli ta 'un, gempu-gempi buml dan lain-lain malapl!taka. Maka aeaudah Itu Mulh Tuhan Itu aka.n mc:nllllldanil dengan kasth- ... yang kepat.ll ummal manuaia dan akan nampaklah pe,lgqruh IQnLuhuJl II.I.lSlh·.ayang dllri lall~it dan kebarkatan akan turun pada umur umlnsl mllnu.ia aerta darl dalam humi akan thnbul b han-bahan rezekl dl1l1lian l.JeI'Jimpah.Jimpah.

14

.. ya'ni,ftIlBbila Mililih MBU'ud dntang, maka pe~ranR.n Jlhad (d£'lIgan kckerassn, PeIlY.) akl\n diU.dabn. Hikmllh yanK lcrknlldung dnillm hal itu Iwnh, ftpahilo Landn ken, .. rahan (Hahl) narnpak karenn larikan kekua~n rohanlny. Masih Itu dan puluhan ribu nvanuaia mati oleh "R'un. IIcrnpa.gemjlB bumi, dan IAin·loin. maka membunuh Ieseonmg dcngan (ledan~ itu think aknn dillcrlukan. nan karona Knsih·SaY8hllNyo Tuhnn lidnk sampai hRli kRlllu du a macam 8:&I\lJ ynn~ kl!rn.~ horull Din turunkan Ilaela u\u walttu ynnK hersamaan kepllda Iunl\l bum lrrl .. nlu; Y~'ni, YAnR satu merupakan tanda kellUlaran (I~Mhil dan yang Inlnny. denglln pcmnlarftfln langan manulla. he~u, .. Azol! pedlillg. Dan All!1.h II.W,t. !Ii dolam AI·Qur Rn )CIlia Incnl!Illak81l bllhwl\ duo mBeRIn Bub itu lidnk dapat be ... sama-sama p do 10\U waktu,

Tetapi, handaknya jangan diartikon bahwa MaIIl Mau 'ud daJam lludits Itu dianggap aebapi eeo .... tukang tenung yang pandanganuya mcndat.anPan bala musibat kcpada setiap orang. melainkan allB yang dimaksudkan oleh Hadits itu ialah bahwa nala sucinya, ya 'ni perkataannya, akan t.ersiar di alas permukaan bumi ini; dan oleh karena orang.orao~ akan mengingkari, akan menduslakannya, (lan akan mencaci-mak1nya, maka keingkaran mereka itou jusuu akan menjadi sebab untuk turunnya azaba).

8) DI\TI Hadils itu pun lerbukll bahwa di masa Mu\h f"!rl,,· tah jihad akan diliedakan sell~rli lc::rcanLum dalam Shahih Bukhari mengenal dri·khBs MlIIih Mau'ud yai\u:

'I ,.,..

~~,~ .

15

........ bn bat",. Muih Mau'ud ~ 01.... karena itu ill nt!gt ri ,. ... ta ...... bn berjall Idt dan bencal1n ........ banal "an, dahay .• l .bn h'lelan~ aman-&enLcram .kan hilan".lrnn . ..... JUan haln"a, ",au j nsgaJ r&.&any .. ,..tillklun·flUlc;aJm nab yang dllh.yat yang am kiamat hUUJ 111 nimpa ornn '-0 n it~.' .1Ib.. dan bcrtingkah.Jaku 001 Ol yan

oran -Gran )'In

16

~,.uI kepada mereha untuh membuu. 'Ulan kebeoomn diutwmya rasul i tu .. (1 7: 15 J .

• JIHI' ... • .. U,· bcrpikirJah dan t.engokIah sendiri, apakah ~ m_bab .. musibah yang scmcnjak bertahun. ......... lam.ny. kamu dcrita dan sedang kamu saksi.. tentang rnusibah-musibah mana bahkan neneknaqyangmu pUll tidak pernah mendengar namanya d¥a AI11pai ribuan: tahun Jamanya tidak terdapat bandingannya di negeri ini, dan tentang wa.bah tau'un aePa gernpa bumi yang kamu saksikan itu, dun yang di ~ alarn ka.o;yaf dua-puluh llma tahun yang lalu telab kulihat itu, bukankah itu azab yang luar biasa?

Jika 'l'uhan tidak memberi khabar kepadaku berkenaan dengan semua berita itu, maka sesungguhnya aku ini benar-benar seorang' pendusta, Akan tetapi, jib khahar-khabar ltu sernenjak dua-puluh-lirna lataun yang lalu telah tercantum dalam kitab-kitabku dan telah kubcrilahukan sebelum waktunya seeara berturut-Lurut, maka kamu hcndalmya merasa .takut janpn-jangan karnu rnenjadi sasaran tuntutan dari Allah 'Ca'aJo. Ramu Lelah mendengar bahwa gempa bumi yang telah terjadi tanggaI 4 April 1905 telah kusinrlean nubuwntan mengcnal itu setahun sebelurnnya daJam suratkhabar-suratknbar. Di dalam nubuwaLan itu litlak hD.11yal..erkllndlln kuta-kata H~ib:ilah lea Dhakka'" (art.iny : Pahlt Getirnya GcmpnJ) saja, lmhkan demiklan ;

18

J ' .I

~~;~X~\~

.. ,. ""

Ya 'ni ; ''Tempat.le''llxd iillggal sementam a/UJIl hancur-lululi dan begitu pula tempaf-tempo' yanll permanen pun allan binasa" (PellY.)lO)·

Gedung-gedung di beberapa bagian negeri Punjab akan hancur-luluh. Maka aku tak poilu lagi menulia mengenai hal itu, sebab aJangkah jelasnya nubuwalan itu sudah jam sempuma, Kemudian, dalam bulan API~ itu juga aku telah menyinrkan nubuwat&n lainnyu, menurut wahyu llahi, bahwa gempa buani inl datang dalam musim semi pada bulan April. aeperU gempa bumi yang Lelah terjadi padu t.anggal .. AprU 1905 pada musim semi, begitu pula gCllllln buml lainnyn akan datang pula dalam musim semi. Dan seme:Jtinyasainpai tanggal 25 Pebruarl 190'7 gempa bumi itu tldak terjadi. Jadi sclam sobelas bulan lama· nya tidak terjadi sesuatu bencana gernpn bu i, Uan ketlka tanggal 25 l'ebrunri lU06 berlalu lalu llllda hari tanggru 27 Pebruari 1906 tcpat pada llertenphan musim semi, .ketikn waktu mcnunjukklll\ jam satu tepat ter] dilah gelH(lu bumi9.) yanG dcmlklan dahsyatnya sehmggll s 1 t khabar berbnhiLIll Ing&uria

"Civil" dan Ialn-lainnya terpaksa mengabakan. bahwn gempa bumi Itu keadnannya sarna dengan gernpa bood pada tanggal 4 April 1905. Dan di kola Rampur (&edetak di daerah Shimla) dan eli sejumlah banyak iempat lagi terdapat kcrugian jiwa yang bnnyak blJangannya serta gedung-gedung rata dcngan tanah, JLuJab gempa bumi yang mengenai itu sebelas bulan sebcJumnya wahyu Ilahi mernberitahukan demikian =

''Phir ballar ai Khuda hi bat purl hui"

"Lalu musim semi datalfK, hemutlian firma" TuIum jadi sempurna, ,,12)

12) Sayang sekaJi bahwa bebcrupa alirn-ulama yang fallatik dengan bcrsikepnla batu hendak menaburkan debu (mencemari) ,)ad. nubuwatan yang terarlg dan jeliu itu seraya mengelalJui orang-orang dcugan rnengatakan bahwa "berkenaan deugan gempa bumi yang kelak akau terjadl itu, dahulu disebutkan bahwa itu akan memperllbntkun gambaran kiamat, akan tetapi (kanyataannya} tidak

demikiun." '

Sebaglli jawaballnYB. apa yang henduk dikuta kecuali mcnyebut "LA'NATULLAIII 'ALAL KADZlDIN"-, Aku berkali-kali menyiarka» nubuwatan itu dalam risalahrisalah dan aelebarall-&clcbaran bahwa beberapa malapelaka gempa bumi akan terjadi dan akan memperlihlltlmn pmbaran yang mcnycrupai pemalldangankial1\al.Ya.ni. di daJam malaj>ct8ka itu akan jaluh banynk korban jiwa. Akan tetapi, sebuuh gempa bumi akan terjadi di muslm semi SErER'!'1 HALNYA GEMJ'A nUMI YANG 'I'En. JADl PADA I-IAItHIAIU DI M,US1M,SEMI 'I'ANOGAL 4

.APnIL 1905.

nan menllctlai itu Jlhamnya herbunyi: "Phir bahar ai KJluda ki bat purl hui",

20

Maka sesuai dcngan itu gempa bumi ini Lelah terjadi dalam musi.m semi. Sekarang, rcnungkan dan perhatikan bahwa selain dari Allah siapaknh yang berkuasa untuk daput memberi nubuwutan-nubuwatan yang sejelas ini, Tanganku tidak menggenggam unsurunsur bumi yang dapat menahannya sampai sebelas bulan lamanyu, Kernudian sesudah langgal 25 Pebruari 1906 dengan sekall hunjam bumi digoyangkan.

Makajwahai kalian yang kucinlai! Apabila kamu sudah menyaksikan dengan mata kepalamu sendiri kedua gempa bumi itu, lalu kamu akan dengan mudah mernahaminya, bnhwa khabar tentang kelima gernpa bumi yang kelak akan terjadi itu bukanlah suutu omong kosong. Dan ini juga dapat kamu rnengerti, bahwa seperti tadinya ill luar kemampuan rnanusia untuk mempercayai bahwu sebelas bulan kemudian tidak akan terjadi lagi gempa buml yang serupa gernpa

Mako Lepat dalam muslm semi pada lunCllul 28 Pc\)ruuri 1906 tcrjadilnh gempa bum] di mana dclal)an oralll h'.U dan sembllun belas orallg telah menderila luk.·lulul ItIrLa ratusan buah rumoh runLuh. Dan berkcnaon dcngan geml" bum! ini Iercauturn dalam surn] kabar "Paisu" cdilli Lane' gal 16 Maret 1906 113111",on & kolom 3. bahwll dalan, gempa bumi tunggol 28 Pe bruari 1906 Inalam ,Ii dCIID Dudhpur, kabupnten Anbnln. distrik JUllhadri, kclikll semua orang t.enlloh tldur Leluh dlrenggul nY.Wlny •. lIanya liga onmg lelamal dan acluin dari ~tu di Ne~l! kabuputen Suhnrllnpu.r, dalnm gemplA bumi yang lerJltch malam IlIIri ltu 5~buah sumur yanl kekerint:an ld.h teriai penuh olch air,

21

bullil )'lUll terjadi pada bulan April; bahkan tepat da . ... mlUlm I8mi BCludah tanggal 25 Pcbruari 1906 ebB terjadinya. Begitu juga adaIah di luar kernampu.. manuaia unfnk mempercayai bahwa sekarnng IelUdah kejadian itu lima buah gempa bumi yang dahsyat akan datang pula, yang dengan perantaraan ftu Allah Ta'ala akan menwnpakknn kccemerlangan Wa,;.h-Nya. sehingga orang-orang yang tidak mengakui WuJud Tuhan, mereka akan ditarik supaya mengakui-Nya. Kemudian sesudah itu akan datang .uasana aman-damai dan. dunia akan kembali kepada kendaannya yang normal dan sampai jnngka waktu yang tertentu tidak akan terjadi lagi gempa-gempa bumi serupa itu. Anda semuanya dapat memahwni bahwa tak ada suatu ilmu gcologi yang dapat me·· nerangkan perincian dan penjelasan ini, melainkan Tuhan - yang adalah Tuhannyu bumi dan langit - Dialah mcnerangkan rahasla-rahasla ini kepada RasulItasulNya yang tertentu dan bukan kepada setiap orang agar supaya orang-orang selamat dad kekaliran dan keingkaran dan agar supaya merekn beriman dan mendapat kaselamatan dari azab nerakajahanam.

Makn ten go klah , aku bersaksi kepada bumi dan langit bahwa hari ini telah kuterangkan nubuwatan mengenai kelima gempa bumi itu dengan terperinci agar supaya atasmu ada hujah (bukU) dan agar supaya kamu tidak mati dalam keadaan sesat,

22

Wahnl, andn aekalian yang kucintai • .Janpnlah bertikai dengan Tuhan sebab kamu ackall-kali Uclak dapat menang dalam pcrtikaian itu. 'l'uhan tidak menurunkan azab yang keras sepertl itu kepada

-suatu kaum, dan dahulu pun tidak, sebelumdalang

di tengah-tengah kaum it.u seseorang Rasul dari Dia, ya'ni, selama Lltusan-Nya belum menampakkan diri

di tengah-lengah mereka. Jadi, ambillah [aednh dari hukum Tuhan yang berlaku sejak zaman purbakala. dan carilah siapa itu, yang bagi dia telah t.erjadi di langit gerhana matahari dan bulan dalam bulan Ramadhan'J)yang pemah nampak di hadapan malamu dan tersebamya wabah tau'un di permukaan bumi dan terjadinya gempa-gempa bumi, Dan nubuwalannubuwatan (profeal-profesi) ini sehelum t.erjadinya Lelah disampaikan kepadamu oleh siapa7 Dan slapakah yang telah mengumumkan mengenai dirinya sebagai Masih Mau 'ud. Carilah orang itu sebab ia ada di tengah-tengahrnu, dan inilah orangnya yang sedang berbicara.

1;1 • / '"

\ ... \ ,~" .I(.,/~l":,\!;, ->: ",,.·t~

::»@.J~~~JA)/9 VJV;~ J

--: f ,. ~\ .---:'J\1\ U~/ ~~,

13) Tcrjadi pnda tnhun 1 flU4 M atau tahun 1311 11. Icsuni dcngun Rl\hdll (ll1lllt!ulll\h 11.'1. w. lenlang d\lB huah \.nd~ hdl\Llllll(nn lmom Mnluli. Lihn\ KiLah Hadill "Daru

Wuln'" hnlumol\ 188. O·ClIY.)

23

"Dan jangalilah berputus asa dari Rahmat AllIer/l, hanma sesulIggullnya tiada berputus-asa dart rahmat Allah, melalnhan kaum yallg hafir". (12: 87) (Peny.}

Doru sampai di sini mengakhiri tulisan ini, Ialu hari ini tanggal 16 Maret 1906 hari Kamis waktu sudah Subuh turun Iagi Ilham ini :

'J.! .,., ., "" '" ce ..-

'. A) "",,' .,-

(,$.J ... '_'~ J ~~ ~ I '- !)IT

., ""'''' ,

Ya'ni: Tuhan dengan mernbangkitkan kelima gempa bumi itu akan menampakkan Wajah-Nya dan akan memperlihatkan Wujud-Nya. Dan "Enghau ·bag;Ku ada/air bagaihan. Aku sendirilal: yang telah mella"tpiJllhan diri", ya'ni kehadiran engkau akan menjadi cerminan penampakan Wujud-Ku. 14)

Inilah janji 'JUhan bahwa bersarna-sama dengan lima buah gcmpa burnl, Tuhan akan menampakkan Wujud~Nya sendiri, dan janji Tuhan "tidnk akan menyimpang dan pasti akan terpenuhi,

lngatlah bahwa nubuwatan lni ada dua macam, Pertama hanya sebagai Wa'id (ancaman ), yang dengan itu dimaksudkan biasanya hanya untuk memberi

14) ,wl'lI7.kirnh" halamau 5!16.

24

hukuman dan memberi azab, Nubuwat.an .cropa it.u kalau datang dari Allah Ta'ala itu dapat dihindari dengnn adanya perasaan takul, taubat dan istighrar atau sedekah do'a. Seperti hnlnya nubuwatan Nabi Yunus (a.s.) yang telah ditarik kembali dan Udak sarnpai terjadi, sebab kepada Nabi Yunus a.s. disampaikan secnra wa'id (nncamnn). bahwa "dola," jangha wahtu entput p ulul: hari allan tllrun azab terlladap hautn enghau ". Dan nubuwalan ini siralnya muUak tanpa syarnt apa pun. Akan telapi,seknlipun demikian kctika kaum Nnbi Yunus bertaubat dan istighfar dan' di dalam hati mereka terbit perasaan lakut. maka Allah Ta'ala menangguhkan lurunnya azah ltu serta nubuwatan yang gaOl 'j (legas) itu dito.rik kernbali, yang oleh karenanya itu Nabi Yunus dihadapkan kepada kesulitan besar dan karena beliau lidak lngin dikatai pendusta makanya tidak mau mcmpcrliha~. kan muka kepada kaumnya. Dan nubuwalan berupa wa'id yang ditarik kembali disebabkan oleh ikhliar tau bat, istighfar,alau sedekah ilu adalah suatu pcrkarn yang begitu nyala schingga Undu satu golongan agama atau satu kaurn pun yang mcngingkarinya, scbab dati kescpakalan scmua Nnbi (ulllihimu8 Blllam 1 terbukti bahwa perknrn ini dapat diakui bahwa malapelaka itu dapnt dihindnrkan dcngan t.nubal.

dan istighfar . •

Sckarnng jclaslnh huhwa millapclakn ynnJt dl-

kehendak] Allah 'l'a'ala unluk turun kepudn suutu

25

kenun dcngan matapetaka itu .. dtI ....... Hbelumnya kepada scorang NR.bi. ikiIn it.u nubuw~tan wo 'id namanya.

tidak clbaritahulum sebelumnya kepada. ...u )'UlI demikian iw adalah hWl)'11 d.ri Allah T. 'al scmata-mata, t.erbublah kcdokalim-u1tnna yang .... miann)'., yan m rncela dengan k pada-

.ana ... an t.ent.an Depuly AbduJlah Ud.k JnaU dalam tempo lima b IlLS rap b n ~ udah itu,

..... w.Da.ij.l, oIl!h Iw.n ftu Allah ,.. .............. dlli: bahwa dalam janeka-wall"'" Urn. .. ...... DiB akan m m in_ Jmn anda, d npn lyuaL kala ..

da'd k mbali ke Kebenuan. Kemudlan.

b n.u la '-.kutaa daft

,.

21

ruru~fut dengan jalan surat-surat. selebaran telah m~empumakan hujnh (bukli] serta di dalam ... kurat selebaran itu kutulis bahwa apabila dalam hatlnya ia t.idak kernbali kepada Kebcnaran sesual dengan ayarat nubuwaLan itu, hendaknya ia mener.l1gbn dengan sumpah, Maka aku berjanji sesudah ia angkat sumpah untuk memberikan kepadanyn empat; ribu rupiah dengan segera, Akan tetapi.meskipun ia didesak oleh orang-orang Keristen (supaya borsumpah), ia tidak juga bersumpah dengan dalil bahwa bersumpah itu terlarang oleh Keristen dan begttulah ia mCmgclak-ngelak, PadahaI ~rbukti dari Injil bahwa Petrus pernah bersumpah, Paulus bersumpah dan Hazrat Isa 8_8. sendiri pemah bersumpah, laJu apa sebabnya sumpah itu jadi teriarang? Dan sampai Bekarang di pengadilan-pengadilan, orang-orang Keristen suka diambil sumpah untuk kesaksian-kesakslan mereka, sedangkan pada orang-orang lain ada janji yang betuJ dan teristimewa bagi orang-orang Keristen ada surnpah. Pendeknya, kendatipun berdalih dan berhelah dernikian namun ia tidak dapat menyelamatkan diri dari maut, Dan, seperti halnya daJam surat-surat selebaran telah kusiarkan, hanya beberapa bulan kcmudian sesudah selebaranku yang terakhir la mati dan penyakit yang membawn kepada kcm!itiannya itu telah mulai diidap semenjak harihariitu.

Demikian kecaman alim-ulama yang menentang

28

kami, yang setelah mempelajari ajaran Al-(}ur'an dan Hadits, lalu Ilmu itu dihuangnya dongan sla-sla. SampOO sekarang mereka tidak menget.ahui apa perbedaannya untara nubuwatan wa'id [ancaman] dan nubuwatan berupa janji, hingga mcreka tidak mengetahui juga kisah Nabi YUIlUS a.s. yang tercantum pula dalam kilab "Durr-i-Mant.hur" secara lcrperinci. Oleh karena niutan mereka mclencarkan celaan itu merekn Udak ingat lagi tentang nubuwutan-nubuwatan yangjumlahnya pun Iebih dari sepuluh ribu kali terjadi melalui kami; dan apa yang Tuhan Lelah Iirmankan begilulah Lelah terjadi. Kalau ada suatu nubuwalan wa'id (ancaman) yang di dalamnya tcrkandung ancaman azab bagi seseorang sedangkan wakt.unya diundurkan, maka atas pcristiwa demikian mereka berbuat gaduh (ribut-ribut), yang karena itu dimaklumilah bahwa mereka itu tidak pula beriman kepada Kitab-kitab Allah. Dengan bcrgcloranya sernangat untuk menyorang kami mereka menyerang para Nabi scmuunya.

Mereka yang tidak berpengertian ini tidak mengetahui bahwa kalau Deputy Abdullah Athim tidak mati dalam jangka waktu lima bolus bulan. namun pacta akhimya, heberapa bulan kcmudian matilah ia di waktu kruni masih hidup, Dan dalam nubuwatan itu dengan jelas disebutkao bahwa "sl pendusta akan mati di masa hldupnya orang yang benar." Menurut pernyataannyaj Keristen yang benar ; dan menurut

29

t_Q"fnn ltami,ugwna Islam yang benar. Maka Allah

~ W'ah membiuasakannya di masn hidup kam] ~enunjukkan karni yang benar. Mereka berulang, g numyatakan tenLang janglt.."I.-waktu limn belas lao.., sedangkan hal-hal itu tidak disebut-sebutnya,

p;cmikiankab kejujuran ulama-ualama itu? Mereka tid berpikir bahwa nubuwatan Nabi YunU8 a.s . • ~,u. ,nubuwatan azab yang togas, dimana dikhabar~ ~lwa sampai jangka waktu ernpat puluh hari

a.ang akan turun azab atas kawn beliau, akan Wl!rn azab iC.u tidak jadi turun sehingga Yunus a.s, ~ah yang waCuL di tengah-tengah kebanyakan Plereb yang mnsih hidup itu, Sungguh sayung sekali, sekiranya kenjatan-keniatan orang-orang itu benar .. ~ seandainya mereka merenungkan bagaimana flIA~watan yang berkenaan dengan Lekhrarn+") se-

dp4 peristiwa Athim, yang tidak bersyarat apa pun, dan yang di dalam nubuwatan itu disebutkan dcngan jeJaa waktu dan caranya ia mati, betapa terangnya nubuwatan itu sudah jadi sumpurna -:- akan telapi siapakah yang dapat berpikir kalau hatinya sudah jadi buta oleh karena sentirnen (ta'ashub) - dan sekiranya ada sekelumit rasa adil dalam hatinya, moka ada satu eara yang sangat mudah tersedia

15), I'andita Lckhram adaluh scorang pendeta Hindu yane pernah bermubnhalah dengnn Pcndiri Jema'ut Ahruadlyah. [Peny.]

30

bagi rnereka. Yaitu, manaka.la m~reka menaruh keberatun t.ent.an~ nubuwat.an-nubuwatan yang t.idak

jadi Scm puma, hendaknya mereka mengemukakan kepadaku secara tertulis dan menanyakan \)crapll jurnlah nubuwalan semacam itu, Kemudian min\alah bukti daripadaku tentang jumlah nubuwatan-nubuwatan yang telah judi sempuma. Maka dengan pengujian Itu semua tirai dapat tersingkap. Dan aku dengan sumpah berkata, bahwa hanyalnh ada salu-dua nubuwalan saja: yang mereka dapat meno.ruh keberatan terhn.dapnya sedang di. dalamnya pun t.crkandung syarat; dan oleh sebab lakut. dan comas maka diundurkan penycmpumaannya dan berkenaan dengaa nubuwatan semacnm itu, menuru\. hukum Tuhan yang berlaku sejak dahulu kala, dapat. die singkirkan dengan jalan is t.igh[ar • 8cdtlluili, dan do'a. Akan tetapi, di balik itu ada nubuwalan-nubuwat.an yang sudab jadi sempurna, yang jumlahnya meliputl lebih dari sepuluh ribu, untuk mcmbennrkannya terdapat ratusan ribu orang yang jadi saksl; dun bukan hanya satu firkoh saja melainkan semua golongan, baik Muslimin atau Hindu maupun Kcristen, t.crllakBa memberi kesaksinn alas kebennrnnnya.

Pendcknya, apaknh ini tandn orang yunl( bor-

lrnan bahwa satu lasyknr nubuwatan yang \l1\tuk. mcmbukLikan kcbenarnnnya terdnpat Bakai JBtusan ribu orang. dia.nggap selli saja bngaikan Lidak ada dan tidak mengnmbil fucdah dart padanya; scdu.ng satu

31

._ dUB di .ntara nubuwatan-nubuwatan ltu - yang . __ .. dengau hukum Tuhan yang sudah berlaku sejak. tI kala - telah diundurknn penyempurnaannya, ~ol-tonjolkan bcrkali-kali. Jika demikian halnya, .. lea tak ada kcnabian seorang Nabi pun yang dapat ditegakkan. sebab pcristiwa-pcristiwa somacam itu tcrdapat pada .888 tiap-tiap Nabi. Oleh karena itu aku berkata, bahwa orang-orang itu adalah musuh agama dan Kebenaran, Dan seandainya sekarang juga ada _tu golongan di antara mereka itu yang hendak meluruskan hatinya dan datang kepadaku, maka sekarang pun aku siap-sedia melayaninya, ya'ni menjawab purbasangka mercka yang sia-sia lagi tak keruan itu. Dan aku akan memperlihatkan kepada mereka bagaimana Allah Ta'ala telah menyediakan nubuwatan-nubuwatan untuk memberi kesaksian bagiku laksana satu lasykar yang bilangannya banyak, yang dengan cara dcmikian teJah menampakkan kebenarannya. laksana' hari cerah terang-bcnderang.

Jika para alim-ulama yang tidak berpengertian

I

ini dengan sengaja menutup matanya, siJahkanJah

berbuat demikinn. Apa kerugiannya bagi Kebenaran dcngan sikap mereka itu, Akan tetapi, zaman itu sedang mendatang bahkan sudah dekat, bahwa banyak orang yang mernpunyai tabiat seperti Fir'aun tetapi karenn mcrcnungkan nubuwatan-nubuwatan itu, -akan selamat dari bahaya tcnggelam. Allah Ta 'ala burfirman bahwa, U Aku akan melancarkan

32

semngan demi serangan hingga Aku menegakbn kebenaran engkau di dalarn hati orang-orang"'.

Pendek kata, wahai para alim-ulama! Kalau kalian kuat untuk berlikai dengan Tuhan, sUahkan berUkai! Sebelumku orang-orang Yahudi' telah melakukan mecem-macam perlakuan terhadap seorang hamba yang malang, putera Sit.U Maryam; dan menurut sangkaan mereka ia telah disalibkan, namun Tuhan telah menveiamatkan din dari renggutan maut' di tiang salib, Dahulu in dianggap hanyalah seorang penipu dan pendusta, kebnlikannya tibalah saat bila di dalnm hati orang-orang t.umbuh rasa sanjung terhadap beliau begitu besarnya hingga sekarang terdapat em pat ratus juts orang yang mcmpercayalnya sebagai Tuhsn. Walaupun orang-orang itu t.eJah berbuat kufur karena sudah mengangknt. seoranl mnnusia yang hina-papa menjadi Tuhan, akan tetapl iuilah balasan kepada orang-orang Yahudi bahwa orang yang tadinya mereka ingin injak-injak di b~wah telapak k~ki mereka dcngnn mcmperlakukan· nya sebagai seorang pcndusla, justru itulah Yeau. anak Mo.ryam yang telah sampai ke tingkat kemuliaan demikian rupa hingga cmpat ratus juta mllnusia dewasa ini bcrsujudkcpadanya. Dan raja.raja menundukkan kepala dengan ta 'zlrn kalau mendengu.r nama-

nya disebut.

Maks walnupun nku berdo 'a bahwn jnngan hen,

daknya aku dijadikan lnntaran untuk bcrkcmbllnl-

33

.,irik seperti halnya Yesus anak Mnryam, dan uu yakin bahwa 1'uhnn akan bcrbuat demildan,

t.ctapi AJJah Ta'ala berkali-kali memberitahukan kepadaku. bahwa Dia akan memberi kemuliaan yang 6esar k.epodaku, dan akan rneresapkan ke dalam hati orang-orang perasaan cinta kepaduku, dan akan menyebar.Juaskan Jcma 'atku ke seluruh duniu, dan 'fuhan akan mengunggulkan golongauku dari sernua 1010ngan Jainnya. Dan orang-orang dari golonganku dari semua golongan lainnya. Dan orang-orang dati goJonganku akan memperoleh keunggulan di bidang Umu Berta ma'rifat sedernikian rupa hingga oleh sebab cahaya kebenaran mereka, dalil-dalil.dan tanda-tandanya, mulut semua orang akan menjadi diam. Dan tinp kaum akan minum dari sumber mata-air ini. Dan Jerna'at ini aka.n berkernbang dcngan pesat, dan akan berbuah schingga akan melingkupi bumi, Akan timbul banyak rintangan dan percobaan-percobaan akan datang, akan Letapi semuanya itu nkan disingkirkan -oleh ;ruhan dan Dla akan mernenuhi janji-Nya, Dan AJJah Ta 'ala berfirman kepadaku,

"Aku ahan member; barhat demi barhat kepada enghau scldllgga raja-raja alum mencari barkat tlari pakalan enghau ,',16)

16) Di alum kasynf Oin memperlihntkan rnja-rnja yang me"hUnllcanR kuda dan rncn~lIl.nknll kl~Jladaku huhwa mercka illilah yang n kiln tna L koparla engkn u dan Tulum ukun member] i)arkal kcpada rncreka,

Makn, wahai .. orang-orang yang mendengar! Ineatlab hal ini dan peHharnlah (stmpanlah) di dalam pcUpetimu l1ubuwat.nn.-nubuwatan lni, karena lnl adalah Kalam Ilahl yang pada suatu hari akan jadi &empurna.

Dalam dlrlku tldak kulihat 8uatu kcbajikan dan aku tidak melakukan pekerjaan yang seyogianya harus kukerjakan, dan aku menganggap diriku hanyalab seorang buruh yang tidak cakap.

Pendeknya, ribu-ribu syukur kupanjatkan kehadirat 'Fuhan Y W1g Maha Pemurah dan Muha KasihSayang, karena Dia telah borkenaan menerima hambaNya yang Iemah lni kendatipun didapati padanya segala ketidak layakan .

..J ~ CI'\) ~ 0-:-";:

Wahai Tulumhu, ahu heron melihat kebajikan dan karuflia Ellg.hau

'Yang terlimpoJI atas diriku. Engllaubegitu saja menerimahu seorang insan yang demlhian rendah dan lemall into

Dan E'lghau telal. mellggabulI,hdll dlrlhu delJgan wujud.wujud you, Enghau citltai.

36

Apaka/. klranya yang menarih suha Englzau lelltollll diriku lnsan yalig sangat hina-dina ini? Apaha/l pula yang menyebabhan Engkau hingga suka dan berbelas-hasili pada dirillu? PGda laakihatnya, tiada ubalinya lahsana

dari satu tetes biasa Enghau ciptakan makhluh. §ifat itu pula Enghau nampahhan dalam uiujudhu. Dan pada uiujudku yang sederhane lagi lemait in; Engkau limpahhan barhat demi barhai.

Ada scsuatu yang tertinggal, bahwa ill dalam ilhatn yang tcrtcra di atas yang berbunyi :

, 1\ , ... ,,, ~ rr.t ,/ ~ /\ ' ~ \ ./ /' ./ ___;J ~ J ~~ -' lJ 4.D JJ:.-,

(Janji Allah ti:dak dapat berubah),

terkandung isyarat bahwa terjadinya lima gempa bwni merupakan janji Allah yang pastl dan ukan berlaku. Ya, barangsiapa yang akan bertaubat dan istighfar dan dari sekarang akan berdamai dengan Tuhan dan tidak akan membiarkan api kedurhaknan sekelumit pun tersisa di dalamnya, maka Tuhan alum berbelas-kaslhan kepadanya. Akan tetapi, dengan berbelas-kasihan kepadanya : tidaklah berartl, bahwa kelima gempa bumi itu tidak akan terjadi. Akan tetapi,ornng semacatn itu akan selamat ' dan malapetaka tersebut; sebab.ini rnerupakan janji Alllah 'I'a'ala dan Dia tidak akan menyalahi janji-Nya. Wa'id-Nya

36

(Ancarnan-Nya) dapat ditarik kernbali, namun jonjiNya tidak mcleset, Lentong mana Lelah kami terangkan sebelumnya.

Satu hal lagi yang patut kami sebulkan pada kesempatan inl bahwa wajarlah kaJau timbul pertnnyaan bahwn sebelurn ini ratusan Iarula yang jclas telah nampak unluk mcmhcnarkan daku dan jumlahnya mencapai ribuan, makn. apakah gunauya lcrjodi wabah tatun yang membawa kebinasaan serta g(!mpagcmpa bumi yang membawa kehancuran iLu? J\paknh tanda-tauda yang ratusan jumlahuya itu tklak cukup?

UnLuk memberi jawaban kepada pertunyunn ill! ada dua caranya. Pertama ialah, hal illi. merupakn» fitrat manusia bahwa in scdikit sckali mcngumbll faedah dari tanda-tanda rahmaL. Dcmikian puln oleh karena pengaruh rasa sentimen, in mcngemuknkan da1ih unluk mcremchkan Ianda-tandu YUI1f! keeil lainnya pun. sehingga in gaga! menorima khazanah keni 'rnatan itu.

Sesual dengan ltu, pada kesempatan ini pun demikian kcadaaunya. Kendatipun sudnh dismJuri ribuan Tanda yang sudah rnenjadi kenyataan, namun di dalam huti orang-orang Lidnk berbokus sildikit pun.

Apabila anda membaca kitabku "Nuzulul ~ilnsih". anda nkan mCllgetahui bahwa ')\t!Ulll tidak mengadakan perbcdaa.n dalarn memperlihnlkan 'lundaLanda. Uaik mcn~('nai kawfln-kawan IIlUIII'III1 111(,11&,:('nai musuh-ll1usuh dil)CrJihatkun puln Tallula-Landa

37

.. e~ai pcringntan. Mcngenai diri pribadiku juga dan c~nai anak-anak-ku pun belah diperlihatkan 1'anda·t.anda. Dan seperti hnInya bag ian tcrbesar dan humi ini ditutupi oleh bulan, bcgitu pula haJnyn .

Jcma 'at ini dipenuhi oleh Tunda-tanda Uahi. Talc ada suatu hari pun berlalu tanpa nampak .suatu Tanda dan ti~p nubuwalan mengandung ·sualu Tanda,

Di dalam risalah ini aku mcnycbutka.n sepuluh ribu, sedangkan itu hunya sebagai contoh saja, sebab seandainyn scmua dituliskan, buku yang di dalarnnya harus kutuliskan Tanda-tanda itu akan terdiri dati seribu jilid banyaknya. Apakah dcngan adanya gelombang demi gelornbang penampakan grub itu dapat dikat.akan sebagai pekerjaan seorang pendusta? Dengan menarnpak kan bermacam-macam Tanda dari hari ke sehari, Allah Ta 'alah terus-meuerus merendahkan Iawan-lawan-ku. Dan aku bersumpah atas nama Dia, hahwa seperti Dia Lelah bermuluitaman muhhattabal: 17) dcngan Ibrah im a .5., kernudian dengan Ishak' a.s. dan dengan Yusuf a.s. dan dengan Musa a.s. dan dengan Masih ibuu Maryam dan sesudah beliauheliau itu dengan Nabi kiln Muhammad s.a.w., yang: demikinn rupa keadaannya hingga kepada bcliau Lelah turun wahyu yang paling cemerlang dari semuanya dan paling sud pula. Begitu pula Din Lelah menganugerahkan kchorrnalan muhalamah-mukhatabcli

38

I 17) hC'rlul.ur·kalll-Nya Tulia" dcngan hamhnNya. (Puny.}

kepada diriku. Akan tetapi kehornlulal .. k 1

' , 1 lilt upero eb

hanya semata-mata karcna mengikuli llasuluUah

s.a.w .• Seandaillya aku bukan ununat Ilasulullah

s.a.w., dan tidak mengikuU beliau mak ki

• a se !ranya

ada amal-amal-ku besarnya seperti sejunilah gunung-

gunung, namun demiltian sekali-kal] aku tidak akan mendapat kehormatan mu.lwiamah-muilitalaball itu; sebab, pada waktu sekarang kecuali keuabian Muhammad, sernua kellabian sudah tutup, Nabi yang membawa syariat tidak dapat datang lagi, akan tetapi Nabi yang tidak membawa syarlat adalah mungkin, namun syaratnya ialah ia ummali (bukan dari urmnat lain).

Ringkasnya, atas dasar itu aku adaluh ulUmati juga,lagi pula Nabi. Dan kenabianku, ya'ni, mullolatnah-m ukhata bal: Jtalziyyalr. aduluh bayungan dari kenabian Rasulullah s.a, w., dan tanpa itu kenabianku tiada nrtinya. Kenubian duri Nabi Muhammad s.a.w. itulah yang telah zahir pada diriku, Dan uleb karena aku hanyalah sernata-mata Dllmi (baywlgll1l) serta Ummati, maka hal demikian tidakluh mengurnngi keagungan RasuJulluh s.a. W.f Mulwlama/l 1/0- lJiyyall yang terlimpah kepada diriku adalah suutu kenyatann. Apubila aku scdikit saja merugu tcnlung itu, maka [adilah uku scorung kafir dun binnsuJuh kehidupan ukhrawiku. Knlam yang telah turun kepadaku adalah suatu kenynlaan dan tegas. Dan seperti halnya orang tidak dapat mcragukan lIlat.aJ~ar.i cJUII sinarnya keLika nampak kepadnnya. sl!pcrLI ILuJllh

39

Uw pun tidnk dupat bersikap ragu terhadap Kalam ~Ilg Lunm kepadaku dud Allah Ta 'ala itu, Aku berinaan kepadunya seperti aku beriman kepada Kitab Ilahi. Adalah mungkin bahwa dalarn memberi arU kepada KaJam Ilah] itu sampui satu waktu aku mc1esef. dalam beberapa penempaLannya. Akan tetapi sualu hal yang tidak mungkin kuragukan bahwa ini adulah Kalam Ilahi. Oleh karena pada hematku, sebutan Nabi dikenakan kocl'ludu seseorang yang Lerhadapnya Kalam Ilahi turun dengan earn yang mcyakinkan, tegas, dan bertubi-tubi turunnya Berta mengandung nilai kcguiban. Oleh karena itu, aku disebut oleh Allah Nabi; akan tetapi tanpa membawa syari'at. Pengemban syari'at itu sampai Hari Kiamat adalah Kitab Suci Al-Qur'an.

ltingkasnya, Killam llahi yang turun kepadaku itu di dalamnya terkandung suatu nilai-mutu yang tuar biasa; dengan pancaran sinar nuraninya in memperlihatkan wajulmya, Ia laksana sebuah paku baja membcnam ke daJam hatl sanubari dan dcngan daya rohaninya in merangkum diriku. In lezat, Iasih, dan memberi sentuhan rasa santai dan tenteram. Di dulamnya mengandung suatu kehebatan llahi. Dan ia tidak bakhil dalain ruenerungkan hal-hal yang grub, bahkan di da1a.mnya saluraa-saluran kegalbau rnengalir terus-menerus. Akan tetapi, bebcrapa di untara orartg-orang yang menenlang karni rnengaku telah memperoleh llham. Pertama-tama, gelornbang demi

40

g:lombang kegaiban dan sungai rahasia Unhiyyah tidak terdapat dalam ilham-ilham moreka itu, IORi pula kekuasaan serta kebesaran Tuhan pun tidak menyentuh mcreka Kccuali itu merek .1' •

• ,a SCl1ulrl

mengakui bahwa mercka itu tidak tahu-rnenahu npakah ilham-ilham mereka itu bersifal }la/Inion; (dari Tuhan Yang Maha Kasih-Sayang] ataukah Syaitlloni (dari syaitan), OJeh sebab ilu ,merck" I,ada umumnya percaya bahwa ilham-ilham mereka adalah tcnnasuk perkara-perkara yang mcragukan. Tak dapaL dikatakan bahwa ilharn scrnacam itu dari '1\.h81\ ataukah dad syaitan.

Ringkasnya, membanggakan illuun-ilhnm somacam itu adalah sualu hal yang memulukan, karena ilharn-ilharn itu lidak mengandullg kccnmerlangun sedikit pun untuk menentukan apaknh ilhwu·ilhum itu dan Tuhan atau syaitan. 'l'uhan ilu Dzal Yang Maha Sud, scdangkan syaitan ltu kolor. lnilah ciri keajaiban ilham. bah wa su karlah orang Il1cn~cnalinya, apakah ia berasal dari sumber yan~ sud ataukah dad surnber yang kotor. Lalu kcsulil. . an Jainnyn IDf..ri ialah, bahwa apabila seseorang mCIl~ul1ggap suatu Ilham (yang in tcrima) scllagai Kalam llahl, lalu nwngnmalknn Jlham itu, padahal ilhnm itu adaluh ilham syaitnn, nk.hirnya binasalah in. Atau, in m~nl!nn~~aJl ilham itu sebngni ilham syaitan. padnhnl Ithum itu adalah Kalarn Ilahi tapi ia tidak mciaksanaknnnyo;

k·· . ~ l' I 1\ kc datum jurang kchiIlRSn1m.

ma a 1Il pun JU"U 1 11,

41

Maka bagnimanakah gerangan siIat ilham-ilham semacam itu? Tidak lain melainkan suatu musibat mengerikwl yang kesudahannya membawa maut. Oan aclain dari itu pada tubuh Islam pun ada suatu eela yang demikian keadaannya:

Di tcngah-tcngah kaum Bani Israil didapati illlam yaqilli (yaitu llham yang sungguh-sungguh] yang oleh karenanya itu ibunda Hazrat Musa a.s, telah rela melepas puteranya yang ma'sum di sungai dan tidak menaruh syak sedikit pun atas kebenarannya ilham itu serta ' tidak menganggapnya sebagai dhanni (meragukan).·' Nabi Khidhir pun telah membunuh seorang anak kecil. Narnun, ummat yang rnalang ini (Islam) tidak rnenda pati marLabat seperti yang juga diperoleh wanita-wanita Bani lsraiJ. Kernudian ani apakah yang hendak diraih dari ayat beri-

kut ini?:

1II1am dhanni, yang merupakan perpaduan dari ilhom syaitan dan Uham Tuhan Yang Maha Rahman, itukah yang disebut ni'mat? Sungguh-sungguh memalukan!

Kcmudian, jawaban yang kedua terhadap masalah terscbul di alas ialah nubualan-nubuatan waJaupun berkenann dengan kejadian-kejadian kedl, itu pun memadai untuk menunjukkan kebcnaran Utusanutusan Tuhan, sehab mengingat aknnkadar dan ke-

42

adaan nu bu wa tan-nu bu walannya orang-orang luin tidak dapat menandinginya; kendatipun demikian orang-orang yung menaruh syak wasangka tak unmg Ia sedikit banyak menjadi ragu-ragu juga, Misalnya, apabila di tengah-tengah suatu keluarga lahir seorang anak laki-luki karena ,do'anya seorang Utusan Tuhan. Atau, Utusan Tuhan itu memberi khabar ten Lang' kelahiran seorang anak istimewa (ma'mur), lalu keUka anak itu lahir banyak orang yang mengatakan bahwa "anak itu tidak merupakan tanda yang istirnewa. Banyak dari kalangan wanita pun diberi khabur melalui mimpi berkenaan dengan dirinya scndiri atau berkenaan dengan wanita tetangganya bahwa di rumahnya akan lahir seorang anak laki-Iuki, kcmudiun tak salah pula lahir seorang laki-laki, maka haruskah klta mempercayai wan ita itu sebagai scornng nabi atau rasul atau seorang muhaddits?" Dan kendatipun dalam keadaan syak-wasangka demikian orang-orang itu berdusta. Akan tetapi, slapakah yang akan menyumbat mulut orang-orang jahil? Dan kita menyebutnya pendusta oleh karena kami tidak pernah mengatakan bahwa dcngan ' -suatu ucapun aLau peristi wu ke bel.ulan dapa L di hukti kan sahnya scseorang sebagai datang dari Allah sehingga setiap pelihat mimpi hurus diullggnp orang pilihan Tuhan. Melainkan syaratnya lalah perl:.ama-tamu harus ada

I. 't Jail IlcI1daknya memiJiki

pengakuan dan orang 1 u, u j: •

- d' till k d· . scgi masmg-

nubuwatun-nubuwulan, yang 1,,1 all

43

nl.ing biJwlKannya dan muturlYB Lelah mcncapai

t.u batas. tJi mllna mlmpl-mimpi serta ilham-ilhwn otanl-oram" awarn tidak mungkin dapat disamakan; IelteI'Li halnya nuhuwatan-nubuwatan berkenaan dengw) kcjatJiw)-kejatJian kccil yang Tuhan telah scmpurnakan dengan perantaraanku yang jumlahnya meneapai beberupa ribu. Dan siapakah yang telah menampilkan t.andingannya dalam jumlah dan kebersihannya?

Boberapa tahun yang lalu seorang orang yang dungu dan maJang Lelah melemparkan kecnman llahwa Maulvi Hakim Nuruddin Sahib yang meskipun beliau tcrkenal kemukhlisannya namun beliau ditinggal wafat Gleh puteranya. Keeaman itu hanya semata-mata berlandaskan pada perasaan sentimen dan kebodohan belaka, sebab tidakknh sebelas orang putera llasulullah s.a.w. telah mendahului beIiau? Karena do'aku AUah Ta'ala telah memberi khabar kepadaku tentang akan lahirnya eli rumah Maulvi Nuruddin Sahib seorang putera, dan 'pada badannya akan nampak bisul-bisul sebagai tandanya, bahwa itulah anak yang lahir lantaran do'a itu.

llingkasnya, dernikiunlah peristiwa terjudi sudah dan selang beberapa hari kemudian lahirlah scorang putera di rumnh Maulvi Nuruddin Sahib, yang dinarna! AbduJ Hayee. Dan tak lama sesudah itu muncuJJah bisul-bisul pada badannya yang hingga kini bekas-bekasnya masih ada. Adapun sebabnya Tuhan

44

telah rnengadakan bisul-bisul paua badaunya iatah agar supaya kernudian jangan timbul syak pada haU orang-orang hingga mereka menyatakan bahwa ini adalah hanya pcrkara kcbetulan saja dan bukan hasil dad do'a, lagi tidak cocok dengan nulmwalan. Sepcrli kadangkala terjadi secara kobetulan hila beberapa orang sedang mengenangkan seorang kawannya yang tidak hadir waktu itu, sambil mereku setenguh mcngharapkan dan membayangkun bahwa alangkah baiknya jika orang ilu datang pada saul itu, Sesant ketika namnnya diingat tlba-tiba datanglah orang itu, Maka dengan serta-merta mereka.Itu berseru: "Waht selamat datang saudara! Kami baru saja menycbutnyebut llama saudara dan tiba-tiba saudara datang",

Demikianlah Allah Ta'ala menampilkan bersamasarna nubuwatan itu tanda bisul-bisul agar supuya diketahui bahwa anak itu lahir karena hasil do'a dan bukan hanya secara kebetulan. Sepcrti itu pulalah pada diriku terdapat ribuan contoh, akan tetapi alangkah sayangnya aku tidak .dapat menycbutkanuya satu-persatu dnlam risnlah yang sekccil ini,

Seperti sudah kukatakan semula. bahwa nubuwatan-nubuwatari mengenai kcjadian-kcjadian kccil itu seandainya meliputi jumlah ribuan banyuknya, maka hal itu mcrupukan dalil yang tegas untuk

hal a dl tangan siapa

menguatknn kenyataan. lW

b t b iwatan itu telah nampak dan in me-

nu uwaan-nu l .. .

ngaku dirinya sebagal diutus olch Tuhan, maku tidak

45

,yak logi in diutus oleh Allah. Akan tet.api, orang: orang yang di daJam hnlinya bersarang penyakit synk dan was-was serta tidak jera dan berprasangka, mereka seacra menyindir: "Bapak pertapa Anu pun ,,('.mah memperlihatkan kekeramatan seperti itu. UUlJak ahli nujum Fulan pun rnengatakan hal-hal seporti Itu dan benar-benar tclah tcrjadi ".

Dougan cara demikian mereka bukan saja mereka aendir! yang dibuat sesat, rnelainkan membawa orang lain sosat, Orang yang tak mengerti itu memang mr-miliki sepasaru; mala akan tetapi matanya itu tidak dupat, molihat kepada sctiap penjuru. l latinyu ada namun hatinya itu tidak dapat mer-elba rna 'na dari setiap srw masalahnya,

Bilakah dan kapankah kami pernah mengatakan huhwa kecuali kcpada karni, Liada mimpi dan tiada llham turu n kepada siapa pun, Padahal pengalaman komi mernbu ktikan. bahwa adakalanya seorang perempuan pelacur pun, yang siang-malarn pekerjaannya berhuat zinah., dapat menerima impian. yang benar, Demikian pula seorang pencuri, yWlg pencaharinnnya mencuri harta-benda orang lain, dapat memIlf'rolflh IwlcrallAiUl tentang kejadian yang sebouarnya mclalui mlmpi,

Pcmgakuan kami, yang selalu kami kcmukakan kepuda orang-orang berulang kal], ialuh, bahwa mimpi-pimp! serupa iLu clan ilhum·i1ham seporti itu - yang ditilik dari segi rnutu dan bilangarmya - men-

capai bilangan ribuan jurlllahnyn dan litlak ada seornng pun dapat menyrunninyu. MarlahaL inl hanyn diterima oleh mcreka yang Minh Ta'ala ambil seuagai orang-orang pilihan-Nya dengnn cara isLimuwa. Orang-orang lainnyu surnu sckali tiduk akut\ memperolehnya. Bahwasanya kepada orang-omng lain, secara kebelulan sewaktu-waktu, dalullg mimpi yang benur atau sewaktu-wuklu turuu ilhum, sl'Sungguhnya itu pun datang darl sisi Allah bUbri kebahugiaan ummat manusia. Sebab, andaikata pintu wahyu dan ilham itu tertutup bagi orang-orang Jain sam asekali, maka sulitlah bagi mereku untuk herimun kepada Rasul-rasul Allah dan mcreka samasekull tidak dapal mernahami, apakah seheuamyu wahyu turon kepada Nabi-nabi itu, atau hanyu liplI-tlllya atau hanya dihinggapi perasaan was-was suja. MCIlUlng sudah menjadi kebiasaun manusia bahwu in lidak dapat memahami hakikat ten tang sesuutu YUIlI-t IIU'ngenai itu ia tidak menghayatl sendlri; lulu, padu akhirnya, tim bulluh dalam dirinyu saJlgka-s,,"~k&l buruk, Oleh sebab itu, di kalangun b"llgsu-bun~lW penggemar minuman kerns soperti hanl::sa. l';ropa dan Amerika, yang otaknyu rusuk ukibat I'cn(,!luuh minuman kerns itu, kcbanyakan duri mereku pun

.' b ar kareua mercku

mengingkart adanya nnrnpi yang ell .'

trdak mendupati contoh. Ja<.li) dcngan mushhat ltulah '1. 'ka k spudu scbagiull orang

maka secara umum dluCrl 1\ I! .'

.1 ke ada scl.Ja~lun lUl(l

berupa mimpi yang henar uan ( P

berupa ilham yang 4,..'" aebagai conteh. Den .... demikian apabila pada 8uatu waktu MOfq Nabl menampakkan diri di tenph-tengah mereu, merelra tidak akan buruk nasibnya karena tidak mon.rima nabi itu. Dengan demikian pula di dalam hati merek. ada pengertian, bnhwa ini adalah satu hakibnt sebenarnya yang diberikan kepada mereka sekelumit unLuk sekedar dicicipi. Bedanya ialah, bahwa orang. orang awam ini adalah hanya bagaikan peminta-minta yang hanya memiliki beberapa rupiah atau beberapa sen saja, sedangkan para Nabi Allah adalah dad kerjuan rohani .

48

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->