Chatting dengan NetMeeting di jaringan LAN

Chatting menggunakan LAN, anda bisa chatt dengan teman anda yang terhubung dalam jaringan LAN menggunakan program NetMeeting. NetMeeting secara default sudah terdapat pada windows, berikut adalah langkah configurasi NetMeeting untuk chatt dalam jaringan LAN.
• • • • • • • • • • • • • • • • •

buka %systemdrive%\Program Files\NetMeeting atau defaulnya berada pada directory C:\Program Files\NetMeeting double klik conf.exe next frist name, last name, email, location, comments (silahkan isi data anda) next centang Log on to directory server when NetMeeting start next pilih local area network untuk jaringan LAN, atau opsi yg lain sesuai modem internet anda jika anda konek dengan internet. next next opsi sound, silahkan pilih sesuai modem sound anda next sampai pada test audio sound, silahkan anda test, jika terdengar suara maka modem anda sudah terdetect, klik stop. next pada record volume klik next next finish

jika firewall anda running, maka akan ada peringatan , silahkan pilih opsi unblock. Tunggu sampai program NetMeeting start, klik icon menu chat yang terdapat pada icon nomor 2 dari kiri paling bawah. kemudian pilih list nama teman anda pada opsi Send to, dan silahkan kirim message untuk memulai chatting

siapa yang tidak kenal dengan aplikasi chatting Yahoo messenger. hampir semua pengguna internet khususnya di Indonesia pernah menggunakan Yahoo messenger untuk berhubungan dengan sesama pengguna internet lainnya di seluruh dunia dengan berbagai macam kepentingan. bagaimana kl tidak punya internet..?? tenang saja chatting bisa dilakukan di jaringan LAN juga ala yahoo messenger tapi aplikasinya beda kita bisa pakai netMeeting yang sudah tersedia di windows jadi tidak susah2 install yahoo messenger. mau tau caranya? ikut langkah-langkah ini: yang pertama musti di lakukan adalah mengaktifkan service Messenger pada windows, karena secara default karena alasan keamanan windows xp mulai dari winXP SP2

untuk mengaktifkannya dapat dilakukan melalui control panel –> administrative tools –>Services (lihat gambar dibawah) .mendisable service messengernya.

oke kita asumsikan saja komputer lain sudah menjelankan service messenger. untuk dapat mengirim atau menerima pesan dari komputer yang terhubung ke LAN maka komputer yang akan mengirim atau menerima harus mengaktifkan service messenger seperti cara diatas. jangan lupa klik tombol start untuk menjalankan servicenya kemudian klik aply lalu OK yaps sekarang service messenger sudah berjalan.terdapat list service dari berbagai macam aplikasi di windows yang berjalan. cari service dengan nama messenger seperti terlihat digambar dibawah ini klik doble saja kemudian akan muncul jendela baru seperti gambar dibawah pada start up type pilih automatic agar sevice messenger bejalan secara otomatis pada saat windows start up. sintaxnya net send [ip_komputer] atau [hostname] isi pesan . untuk testing pengiriman pesan ke komputer lain coba kirim pesan menggunakan command prompt dengan perintah netsend.

(perhatikan gambar dibawah) jika berhasil akan muncul dialog box dengan pesan yang Anda ketikkan di komputer anda pada komputer tujuan. selanjutnya mari kita setting aplikasi chatting kita! untuk mengaktifkan NetMeeting ikuti langkah-langkah ini: masuk ke folder program files lalu cari folder netmeeting .

exe lalu next setelah selesai mengisi lalu klik next beri centang pada don not list my name in the directory .pilih conf.

NetMtg. jika tidak berada dalam workgroup yang sama maka anda akan memanggil komputer lain dengan cara mengetikkan alamat IP komputer yang dituju secara manual.softnews. Untuk menginstal NetMeeting ikuti langkah berikut.dll. maupun sharing aplikasi dan file. software ini freeware. jangan lupa tinggalkan komentar atau saran ataupun kritik. selanjutnya klik next dan selesai. aplikasi ini memiliki fitur yang lebih lengkap daripada NetMeeting . Remove NetMeeting Start > Run > and then copy and paste the following line: RunDll32 advpack. selamat chatting. pastikan semua komputer yang terhubung ke jaringan LAN mempunya workgroup yang sama agar netmeeting secara otomatis dapat me-list komputer-komputer yang sedang menggunkan netmeeting dan sedasng online. Install NetMeeting Start > Run > type conf.pada dialog diatas pilih local area network.NetMtg.ro/.inf. BORGChat dapat juga digunakan untuk chatting dan sharing file.Remove If your XP installation directory is C:\WINNT rather than C:\Windows. dapat didownload di borgchat.dll.LaunchINFSection C:\WINDOWS\inf\msnetmtg. tengkyu! NetMeeting adalah program bawaan windows yang dapat digunakan untuk chatting. selamat chatting di LAN ala YM note: yang perlu diperhatikan adalah.inf.exe in the Open: box and click OK The NetMeeting installer will open.Remove Click OK and let the uninstaller do its thing. use the following line:RunDll32 advpack. selamat mencoba.LaunchINFSection C:\WINNT\inf\msnetmtg.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful