Tugas

Sejarah Indonesia Masa Klasik
Sejarah Masuknya Agama Islam ke Indonesia, Proses, dan Pengaruhnya

Oleh: Nama : Kurnia Yunita Rahayu No : 4415107001

Prodi : Pendidikan Sejarah Non Reg 2010

Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Jakarta, Jalan Rawamangun Muka No. 1 Jakarta

Oleh karena itu. Kapan Islam masuk ke Indonesia? 2. C. Golongan apa yang membawa agama Islam masuk ke Indonesia.A. Kurangnya fakta yang menjelaskan peranan bangsa Arab dalam penyebaran Islam di Indonesia. Masuknya Agama Islam ke Indonesia Bahasan mengenai masuknya agama Islam ke Indonesia memang masih menjadi perdebatan diantara para sejarawan. dan Cina menjadi faktor alamiah sukarnya menmastikan daerah mana yang paling awal menerima ajaran agama Islam. Snouck Hurgronje yang meyatakan bahwa Islam tidak mungkin masuk ke Indonesia Indonesia langsung dari India tanpa melalui ajaran tasawuf yang berkembang di India. Beberapa hal yang diperdebatkan antara lain adalah: 1. Hubungan dagang Indonesia dengan India telah lama melalui jalur Indonesia-CambayTimur Tengah-Eropa. mungkinkan Islam langsung mendirikan kekuasaan politik atau Kerajaan ketika awal masuk ke Samudera Pasai? Berikut beberapa pendapat dan bukti yang memperkuat teori ini: 1. 3. Daerah pertama yang dimasuki adalah Kerajaan Samudera Pasai. Adanya batu nisan Sultan Samudera Pasai yaitu Malik Al Saleh tahun 1297 yang bercorak khas Gujarat. kaum wiraswasta atau guru-guru tasawuf1 ? 3. Snouck tidak menjelaskan antara masuk dan berkembangnya Islam. Dr. Daerah mana di Indonesia ini yang menjadi daerah pertama yang menerima ajaran agama Islam? Pertanyaan kapan Islam masuk ke Indonesia sulit dipastikan. Yang menjadi pertanyaan atas teori Snouck Hurgronje ini adalah. Diantaranya yang paling berpengaruh adalah teori Prof. pada abad ke-13 M. serta tidak pula menjelaskan di Gujarat menganut mazhab apa dan mazhab apa yang berkembang di Samudera Pasai. 2. Beliau juga menjelaskan bahwa daerah India yang dimaksud tersebut adalah Gujarat. untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas akan dikemukakan beberapa teori tentang masuknya agama Islam di Indonesia. India. yang menurut Ahmad Mansur Suryanegara terdapat beberapa teori yang dapat membantu menjawab beberapa pertanyaan tersebut. ditambah lagi wilayah Indonesia yang begitu luas dan posisi geografisnya yang terletak di persimpangan jalan laut niaga antara Arabia. 1 . yaitu: Teori Gujarat Teori ini lahir dari hasil penulisan sarjana-sarjana Belanda yang menulis tentang sejarah masuknya Islam ke Indonesia.

Hosein Djajadiningrat. Adapun teori ini didasarkan pada Berita Cina Dinasti Tang yang dikemukakan oleh Prof. di Pantai Barat Sumatera sudah terdapat perkampungan orang Islam (Arab) dengan pertimbangan bahwa pedangang Arab sudah mendirikan perkampungan di Kanton sejak abad ke-4. Raja-raja Samudera Pasai menggunakan gelar Al Malik. Teori Makkah Teori ini merupakan teori yang muncul sebagai sanggahan terhadap Teori Gujarat. 2. Vlekke. Dr. dimana pengaruh terbesat dari mazhab tersebut pada waktu itu adalah Mesir dan Makkah. M. Para ahli yang mendukung teori ini lebih memusatkan perhatiannya pada saat munculnya kekuasaan politik Islam yaitu dengan adanya Kerajaan Samudera Pasai. Pendapat Prof. Teori Makkah berpendapat bahwa Islam masuk ke Indonesia pada abad ke-7 M dan pembawanya berasal dari Arab (Mesir). . Marcopolo menceritakan bahwa di Perlak sudah ada banyak penduduk yang menganut agama Islam dan banyak pedagang Islam dari India yang menyebarkan agama Islam. jadi dapat disimpulkan bahwa masuknya Islam ke Indonesia terjadi jauh sebelumnya yaitu pada abad ke-7 dan yang berperan besar dalam penyebarannya adalah bangsa Arab itu sendiri. bahwa Islam masuk dari Persia dan bermazhab Syi¶ah.W. Para ahli yang mendukung teori ini selain Buya Hamka atara lain adalah Van Leur dan T. yaitu gelar tersebut berasal dari Mesir. Hal ini memberikan satu pendapat bahwa Islam masuk ke Indonesia dari daerah asalnya yaitu Arab dan dibawa oleh kaum wirausahawan. Berikut beberapa bukti yang memperkuat teori ini: 1. Pada abad ke-7 yaitu pada tahun 674. bukanlah awal masuknya agama Islam melainkan sudah merupakan bagian dari perkembangan agama Islam di Indonesia. Hal lain yang dapat disimpulkan adalah Kerajaan Samudera Pasai yang didirikan pada tahun 1275 M atau lazim disebut pada abad ke-13 M. Mereka yang mendukung teori ini menyatakan bahwa di abad ke-13 sudah berdiri kekuasaan politik Islam. Arnold. Hal ini juga bersumber dari keterangan Marcopolo dari Venesia (Italia) yang pernah singgah di Perlak (Perureula) pada tahun 1292. Berita Cina Dinasti Tang tersebut memaparkan bahwa telah ditemukan daerah hunian wirausahawan Arab Islam di Pantai Barat Sumatera. Sedangkan Gujarat adalah penganut mazhab Hanafi. Dr. Buya Hamka dalam Seminar Masuknya Agama Islam ke Indonesia yang dilaksanakan di Medan pada tahun 1963.Pendukung Teori Gujarat yanglain adalah WF Stutterheim dan Bernard H. Teori Persia Teori ini dipercayai oleh Prof. Dr. Kerajaan Samudera Pasai menganut mazhab Syafi¶i. Hal ini juga merupakan keterangan dari Berita Cina. Abubakar Atjeh yang mengikuti pandangan Dr. 3.

Besar kemungkinan seluruh nama-nama raja Majapahit dan nama Kerajaan Majapahit pun seperti halnya kerajaan lainnya diCinakan pula dalam Kronik Sam Po Kong Semarang. Selasa 23 November 1971. menjadikan Prof. dalam penulilsan sejarah nama tempat yang bukan negeri Cina. Pendapatnya ini didasarkan dari Kronik Klenteng Sam Po Kong. terutama di daerah Jawa Barat. J. Menurut budaya Cina. Karena pada saat Baghdad sebagai ibukota Khilafah Abbasiyah. . Dr. Dr. Para penganut tasawuf Qadiriyah Naqsabandiyah yang terdapat di Jawa Barat pun bukanlah pengikut mazhab Syi¶ah. Khalifah Abasiyah umumnya penganut Ahlussunnah wal Jama¶ah. seperti Abbasiyah di Baghdad yang juga merupakan penganut mazhab Syafi¶i.Abubakar Atjeh ini didasarkan pada sistem baca atau sistem mengeja membaca huruf Al-Quran. W. G. mengapa nama-nama wali dan nama Sultan Demak yang diCinakan dalam Kronik Sam Po Kong ditafsirkan oleh Prof. para pengguna sistem baca huruf Al-Quran Persia tersebut di Jawa Barat bukanlah penganut mazhab Syi¶ah. Namun pada umumnya. Anehnya. Slamet Muljana sebagai orang Cina? Mengapa tidak nama seluruh pelaku sejarah yang diCinakan dalam Kronik Sam Po Kong ditafsirkan sebagai orang Cina? Dengan pengertian tidak ada seorangpun pribumi. Drewes. Teori Cina Prof. Dr. Guru Besar Islamologi dari Universitas Leiden ketika di IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Tidak ada sebuah kerajaan pun di Indonesia yang bukan bagian dari kerajaan Cina. menyatakan bahwa pengambilan data yang dikumpulkan oleh Prof. Slamet Muljana tidak tepat dan tidak beralasan. Secara lebih jelas lagi. dan nama orang yang bukan bangsa Cina juga diCinakan penulisannya. Slamet Muljana dalam bukunya yang berjudul Runtuhnya Kerajaan Hindu Jawa dan Timbulnya Negara-negara Islam di Indonesia berpendapat bahwa bukan hanya Sultan Demak yang merupakan seorang peranakan Cina. Contohnya: Ejaan Arab Fat-hah Kasrah Dhammah Ejaan Persia Jabar Je-er Py-es Teori ini dinilai lemah karena tidak semua pengguna sistem baca huruf Al-Quran tersebut di Persia menganut mazhab Syi¶ah. dia juga menyimpulkan bahwa para Wali Sanga adalah juga orang-orang peranakan Cina. Dr. Oleh karena itu. pemeluk agama Islan di Jawa Barat bermazhab Syafi¶i. diberitakan oleh Berita Buana. kelemahan data dan sistem interpretasi yang demikian ini. Namun.

atau mendirikan perkampungan. Persia. Persia. Selanjutnya N.A. dan Gujarat. Selain itu. . Dijelaskan pula tentang waktunya. Pedagang tersebut berinteraksi dengan masyarakat Indonesia. dan Gujarat (India). Kesempatan tersebut dipergunakan oleh para pedagang Islam untuk menyebarkan agama Islam. terjadi pada abad ke7 M.A. Pada periode ini pengembangan agama Islam ke pedalaman dilakukan oleh para wirausahawan pribumi.Teori Maritim Menurut N. ajaran Islam mulai dikenalkan sepanjang jalan laut niaga di pantai-pantai tempat persinggahannya pada masa abad ke-1 H atau abad ke-7 M. pada dasarnya maisng-masing memiliki kebenaran dan kelemahannya. Baloch menjelaskan mulai abad ke-13 M terjadi pengembangan Islam hingga ke pedalaman. Baloch dala The advent of Islam in Indonesia. dimulai dari Aceh pada abad ke-9 M. Adapun proses waktu yag dilalui dalam dakwah pengenalan ajaran Islam ini berlangsung selama lima abad. kekuasaan politik Islam atau kesultanan mulai tumbuh. Kemudian mulai diikuti di wilayah lainnya di Indonesia. maka interaksi semakin sering bahkan ada yang sampai menikah dengan perempuan Indonesia sehingga proses penyebaran Islam menjadi semakin cepat. Proses Perkembangan Agama dan Kebudayaan Islam di Indonesia Proses masuk adan berkembangnya Islam di Indonesia pada dasarnya dilakukan dengan jalan damai melalui beberapa jalur yaitu melalui perdagangan seperti yang dilakukan oleh para pedagang Arab. Selanjutnya diantara pedagang itu ada yang terus menetap. Dengan adanya perkampungan pedagang. maka para pemuda menjadi juru dakwah untuk menyebarkan Islam di daerahnya masing-masing. dari abad ke-7 M sampai abad ke-12 M. Oleh karena itu. Setelah tamat dari pondok tersebut. seperti pedagang Gujarat mendirikan Perkampungan Pekojan.A. B. ajaran Islam dikenalkan di pantai-pantai Nusantara Indonesia hingga di Cina Utara oleh para wirausahawan Arab. seorang sejarawan Pakistan. Pondok pesantren adalah tempat para pemuda dari berbagai daerah dan kalangan masyarakat menimba ilmu agama Islam. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa Islam masuk ke Indonesia dengan jaan damai pada abad ke-7 M dan mengalami perkembangannya pada abad ke-13 M. Melalui aktivitas ini. sebagai pemegang peranan dalam penyebaran Islam adalah Bangsa Arab. Dari beberapa teori tersebut. Baloch. Perkembangan Islam yang cepat menyebabkan muncul tokoh ulama atau mubaligh yang menyebarkan Islam melalui pendidikan dengan mendirikan pondok-pondok pesantren. masuk dan perkembangan agama Islam di Indonesia adalah karena umat Islam memiliki navigator atau mualim dan wirausahawan muslim yang dinamik dalam penguasaan maritime dan pasar. langkah awal sejarahnya. Demikian pendapat N.

2. Bentuk seni sastra yang berkembang adalah hikayat. Pengaruh Islam yang Terwujud dalam Akulturasi Kebudayaan Indonesia dengan Kebudayaan Islam Sebelum Islam masuk dan berkembang. Seni Rupa Tradisi Islam tidak menggambarkan bentuk manusia atau hewan. mubaligh/ulama. Di Pulau Jawa peranan para mubaligh tergabung dalam kelompok para wali yang dikenal dengan sebutan Wali Songo. Makam Sendang Duwur (Tuban). Dengan masuknya Islam. yaitu budaya Islam Indonesia. bahkan berkembang tulisan Arab Melayuatau biasanya dikenal dengan istilah Arab Gundul yaitu tulisan Arab yang dipakai untuk menuliskan bahasa Melayu tetapi tidak menggunakan tanda-tanda a-i-u seperti lazimnya tulisan Arab. Proses Islamisasi di Indonesia tidak terlepas dari peranan para pedagang. huruf Arab berkembang menjadi seni kaligrafi yang banyak digunakan sebagai motif hiasan ataupun ukiran. primbon. atau para adipati. Indonesia sudah memiliki corak kebudayaan yang dipengaruhi oleh agama Hindu dan Buddha.Di damping penyebaran Islam melalui alur yang telah disebutkan di atas. yaitu masyarakat mulai mengenal tulisan Arab. 4. namun sebaliknya kebudayaan tersebut tetap ada. Sedangkan dalam seni sastra yang berkembang pada periode awal Islam adalah seni sastra yang berasal dari perpaduan sastra pengaruh Hindu ±Buddha dan dan sastra Islam yang banyak mendapat pengaruh Persia. makam. babad. Seni ukir relief yang menghias masjid. dan istana. juga dilakukan melalui kesenian. Aksara dan Seni Sastra Tersebarnya agama Islam ke Indonesia maka berpengaruh terhadap bidang aksara atau tulisan. makam Islam berupa saluran tumbuh-tumbuhan namun terjadi pula sinkretisme (hasil perpaduan dua aliran seni logam). yang tentu saja tidak berarti kebudayaan Hindu Buddha hilang. Contoh: Masjid Aceh. Seperti pertunjukan seni gamelan maupun wayang kulit. Berikut wujud budaya Indonesia yang telah mengalami akulturasi dengan budaya Islam: 1. Lalu. Masjid Agung Demak. bangsawan. Sistem Pemerintahan . aga didapat keserasian. Masjid Gunung Jati. 3. Seni Bangunan Wujud akulturasi dalam seni bangunan dapat terlihat pada bangunan masjid. C. Indonesia kembali mengalami proses akulturasi yang melahirkan kebudayaan baru. raja. suluk.

id/elschool/muallimin_muhammadiyah/file. Setelah berkembangnya Islam. Kalender Sultan Agung tersebut dimulai pada tanggal 1 Syuro 1555 Jawa. melalui http://elcom.ac. sedangkan nama-nama hari tetap menggunakan hari-hari sesuai dengan Bahasa Arab. Bandung: Salamadani Pustaka Semesta .pdf Suryanegara.umy.Malaka. Api Sejarah. tetapi dimakamkan secara Islam. 5. Dalam kalender Saka ini ditemukan nama-nama pasaran hari seperti legi. pahing. Aultan Agung melakukan perubahan pada nama-nama bulan seperti Muharram diganti dengan Syuro. Demak. Ramadhan diganti dengan Pasa. Pada Kalender Jawa. dsb. Sistem Kalender Sebelum budaya Islam masuk ke Indonesia. tetapi setelah Islam masuk maka kerajaan-kerajaan yang bercorak Hindu Buddha mengalami keruntuhan dan perannnya digantikan oleh keranjaan-kerajaan Islamseperti Samudera Pasai. Sistem pemerintahan yang bercorak Islam rajanya bergelar Sultan atau Sunan seperti halnya para wali dan apabila rajana meninggal tidak lagi dimakamkan di candi atau dicandikan. dan kliwon. atau bertepatan dengan 1 Muharram 1053 H dan 8 Agustus 1633 M. masyarakat Indonesia sudah mengenal Kalender Saka (Kalender Hindu) yang dimulai pada tahun 78 M. Sultan Agung dari Mataram menciptakan Kalender Jawa dengan menggunakan perhitungan peredaran bulan seperti tahun Hijrian. sudah ada pemerintahan yang bercorak Hindu Buddha. Daftar Pustaka Masuknya Pengaruh Islam di Indonesia.Sebelum Islam masuk ke Indonesia. 2009.php/1/materi/Sejarah/MAS UKNYA%20PENGARUH%20ISLAM%20DI%20INDONESIA. wage. Ahmad Mansur. pon.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful