P. 1
Marketing Mix

Marketing Mix

|Views: 855|Likes:
Published by ferdiansyahferry

More info:

Published by: ferdiansyahferry on Dec 23, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/13/2012

pdf

text

original

KATA PENGANTAR Tiada kata yang pantas penulis ucapkan selain mengucapkan rasa syukur kepada Alloh SWT

, yang telah memberikan rahmat dan hidayah, yang memberikan bimbingan, memberikan pengetahuan serta kekuatan kepada penulis, sehingga ditengah-tengah kesibukan penulis yang padat penulis dapat menyelesaikan makalah NOKIA Corporation. Paper ini Penulis sajikan sebagai prasyarat untuk lulus dalam mata kuliah Manajemen Pemasaran. Selanjutnya pada kesempatan ini pula kami juga menyampaikan rasa terima kasih kami kepada : 1. Arif Budiman selaku Dosen Mata Kuliah Praktikum Manajemen Pemasaran yang telah banyak membantu baik dari sistematika hingga kelengkapan literatur. 2. Seluruh partisipant yang sudah banyak membantu penulis baik dari segi moril maupun materil yang tidak dapat penulis sebut satu persatu karena keterbatasan ruang. Paper ini membahas mengenai Perusahaan Nokia sebagai Global Company. Dalam pemaparannya, penulis membahas dimulai dengan latar belakang. Penulis menyadari bahwa Paper ini masih jauh dari kata sempurna. Masih banyak kekurangan yang terdapat pada paper ini, mulai dari kesalahan penulisan sampai isi yang kurang sempurna. Untuk memperbaiki kualitas makalah, maka penulis mengharapkan saran dan kritik dari pembaca sekalian. Atas perhatian dan apreasiasinya terhadap makalah ini, penulis haturkan.

DAFTAR ISI

1

KATA PENGANTAR...............................................................1 DAFTAR ISI......................................................................2 Bab I. PENDAHULUAN I.1 I.2 masalah......................................................4 I.3 Maksud dan tujuan penelitian............................................4 I.4 penelitian.....................................................4 Bab II. PROFIL PERUSAHAAN II.1 perusahaan.....................................................6 II.2 II.3 perusahaan......................................................8 Bab III. ANALISIS MARKETING MIX III.1 Product.......................................................9 III.2 Place.........................................................10 III.3 Price.........................................................11 III.4 Promotion....................................................12 III.5 Process......................................................13 III.6 III.7 People.......................................................15 Analisis Phisical Analisis Evidence............................................14 Analisis Analisis Analisis Analisis Analisis Visi Misi Produk perusahaan....................................................8 Sejarah Metodologi Latar belakang Identifikasi penelitian................................................3

2

.1 Latar Belakang Penelitian Pasar terdiri dari pembeli dan pembeli berbeda dalam satu atau lain cara........ juga pembeli terlalu banyak dan tersebar luas serta bervariasi dalam kebutuhannya... organisasi yang menjual ke pasar konsumen dan pasar industri menyadari bahwa mereka tidak dapat menarik pembeli pada pasar yang yang dia inginkan....18 DAFTAR PUSTAKA...................... Perusaahaan juga menghadapi saingan dalam usahanya.........Bab IV.. Mereka dapat berbeda dalam keinginan.......... Hal itu membuat perusahaan untuk memilih salah satu dari berbagai banyak pembeli dengan berbagai macam kebutuhan untuk dapat dilayani dan dipuaskan segala kebutuhan pembeli tersebut...Sebagaimana dijelaskan selain pembeli memiliki keunikan tersendiri.. Oleh karenanya...................... KESIMPULAN DAN SARAN Kesimpulan saran............lokasi...sikap pembelian dan praktik pembelian karena pembeli mempunyai kebutuhan dan keinginan unik.....setiap pembeli secara potensial merupakan pasar terpisah...sumber daya.........19 dan BAB I PENDAHULUAN I.tidak hanya satu 3 . Secara ideal mungkin pembeli merancang program pemasaran terpisah untuk setiap pembeli.............

yaitu sebagai berikut :  Bagaimana Segmentasi. dengan menganalisis pasar serta keinginan Konsumen. Identifikasi masalah Memasarkan suatu produk tentu tidak dengan sembarangan. I. 4 .pada saat ini tengah terjadi persaingan yang sengit antara provider gadget seperti Blackberry. tentu perlu dilakukan strategi. serta citra atau image produk apa yang akan di bangun nantinya di pasar.organisasi saja yang mencoba memenuhi kebutuhan pembeli tersebut tetapi berbagai perusahaanh berusaha untuk memenuhi kebutuhan pembeli guna mendapatkan pelanggan dan keuntungan yang maksimal. dll. sonyericson.2. sasaran apa yang akan di tuju. penulis berharap dapat memperoleh sesuatu yang lebih jelas serta lebih terarah.Targeting dan Positioning PT. Serta hal tersebut dapat memacu perusahaan untuk melakukan inovasi dai produknya dengan menciptakan keunikan dan kelebihan dari produknya agar diminati dan disukai oleh pembeli. Sehubungan dengan hal diatas maka penulis membatasi permasalahan. Nokia Corporation dalam memasarkan Produk ? Melalui batasan permasalahan yang sedang dikaji. Dimana nokia adalah sebagai motivator karena membuat produk celuler terawal yg masih tetap bisa memberikan yang maksimal kepada para konsumennya. Pasar pun tentu tidak akan semuanya dapat dilayani oleh perusahaan sehingga pemasaran pun harus ditentukan dengan menentukan pasar mana yang akan dipilih. apple. Hal di atas menginspirasi kami untuk meneliti Marketing Mix yang dilakukan oleh Produk NOKIA yang bergerak dalam bidang gadget yaitu telepon sellular dimana.

 Browsing Internet Yaitu Penelitian yang dilakukan untuk memperoleh data yang bersifat factual dari Web site perusahaan di Internet. yaitu :  Untuk mengetahui Segmentasi . Targeting dan Positioning yang dilakukan dalam memasarkan produk Nokia  Untuk memenuhi Tugas Praktikum pemasaran I.3 Maksud dan Tujuan Penelitian Maksud khusus penulis melakukan Penelitian adalah untuk Mengetahui strategi pemasaran apa yang dilakukan oleh PT.fakta serta menginterprestasikandan terakhir mengambil kesimpilan. mengemukakan fakta .I.bahan tulisan lainnya yang ada kaitannya dengan masalah yang diteliti sehingga dapat dijadikan sebagai data sekunder. bahan . yaitu mengumpulkan data sebanyak mungkin sesuai dengan kebutuhan.Nokia dalam memasarkan Produk Adapun tujuan dari penelitian itu sendiri. 5 . Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh penulis adalah :  Penelitian kepustakaan ( Library research ) Yaitu penelitian yang dilakukan untuk memperoleh data yang bersifat teoritis dari literatur. catatan . penulis menggunakan metode deskriptif.catatan kuliah.4 Metodologi Penelitian Dalam penyusunan Makalah ini.

CDMA. dari sinilah cikal bakal mulai menjurus ke sektor seluluer.1 Nokia Corporation adalah produsen peralatan telekomunikasi terbesar di dunia serta merupakan perusahaan terbesar di Finlandia. Tahun 1970-an Nokia dan pabrik pembuat televisi Salora bergabung untuk 6 . termasuk GSM.BAB II PROFILE PERUSAHAAN II. dan perusahaan ini paling dikenal lewat produk-produk telepon genggamnya. Perusahaan Karet Finlandia mengakuisisi Perusahaan Penggilingan Kayu Nokia dan Perusahaan Kabel Finlandia (sebuah produsen kabel telepon dan telegraf). Finlandia. Tak lama setelah usainya Perang Dunia I. Ketiga perusahaan tersebut digabung menjadi Nokia Corporation pada tahun 1967. secara bertahap justru terbangun keterampilan substansial dari sekumpulan ahli yang berbakat. Di tahun 1950-an Chief Executive Officer (CEO) Björn Westerlund meramalkan. Sejarah Nokia Kata Nokia berasal dari nama sebuah komunitas yang tinggal di sungai Emakoski di negara Finlandia Selatan. Kemudian dikembangkan menjadi mesin bubur kayu dan pembuat kertas pada tahun 1920 dan merupakan pabrik pembuat kertas terkemuka di Eropa. bahwa masa depan pertumbuhan beberapa sektor bubur kayu dan kertas akan terbatas dan sebagai gantinya dibangun sebuah divisi elektronik di pabrik kabel Helsinki. dari semua kesalahan dan percobaan itu. Selama 15 tahun Nokia elektronik mengalami masa percobaan dari beragam kesalahan. Nokia memproduksi telepon genggam untuk seluruh pasar dan protokol utama. and W-CDMA (UMTS). Akan tetapi. Kantor pusatnya berada di kota Espoo. Nokia didirikan sebagai perusahaan penggilingan pulp oleh Fredrik Idestam pada tahun 1865. Perusahaan Karet Finlandia kemudian mendirikan pabriknya di kawasan sekitarnya pada awal abad ke-20 dan mulai menggunakan merek Nokia.

sperti yang telah dikatakan oleh salah satu pihak Departemen Luar Negeri Finlandia. Pada tahun 1980-an seluruh Salora terintegrasi menjadi Nokia. Kini sebanyak 2. Pada saat yang sama Nokia memperoleh operasi jaringan telepon dari Perusahaan Telekomunikasi Pemerintah Televa. Dengan tenaga kerja sebanyak 54 ribu orang. produk Nokia terjual di 130 negara. sepanjang dekade 1980-an NMT diperkenalkan ke sejumlah negara dan mendapat sambutan yang luar biasa.100 seri ponsel Nokia mendulang sukses. Hasilnya. Tahun 1980-an perusahaan ini membeli pabrik televisi Jerman. Kemudian pada awal tahun 1990-an. Jorma Ollila. tidak semua usaha yang dilakukan Nokia menjadi produsen telepon seluler terkemuka di dunia berjalan sukses.mengembangkan telepon genggam (telepon seluler). NMT merupakan jaringan selular multinasional pertama di dunia. tetapi terpaksa meninggalkannya karena tidak berjalan mulus. Nokia sempat mengalami krisis. Kemudian pasar telepon seluler global mulai berkembang sangat cepat pada pertengahan 1990-an dan produk Nokia menjadi yang nomor satu. memutuskan untuk memfokuskan pada telepon seluler dan jaringan telepon. tetapi saat ini kami dapat menambahkan pada Nokia”. Target penjualan sebanyak 500 ribu unit berhasil diraih pada 1994. Nokia berhasil meluncurkan produk bernama Nordic Mobile Telephony (NMT). karena itulah moto Nokia. “Dulu kami hidup dari hutan. Sekarang mungkin setiap orang tau telepon seluler yang mudah dalam pengoperasiannya adalah Nokia. 7 . telepon GSM pertama kali di dunia muncul di Finlandia tahun 1991. Jyrki Vesikansa. Namun. Sejak dahulu negara Finlandia sangat tergantung pada hasil hutannya yaitu berupa kayu. tetapi CEO yang baru. Pada awal 1981. Karena itu. SEL.

salah satu baterai terpopuler untuk ponsel Nokia pada saat ini. NYSE NOK. FWB: NOA3) Telekomunikasis Industri Internet Perangkat lunak komputer Jasa Produk Telepon genggam Smartphones Mobile computers Networks (See products listing) Services and software Online services €40.75 miliar(2009)[2] 129.Pada tanggal 15 Agustus 2007. Leo Mechelin Espoo.746 (30 Juni 2010)[3] Devices Services Solutions Didirikan Tampere. Nokia Corporation CEO)[1] Timo Ihamuotila (CFO) Kai Öistämö (CDO) Publik – Oyj Jenis (OMX: NOK1V. Nokia pusat melakukan recall terhadap baterai tipe BL-5C. Finlandia Seluruh dunia Jorma Ollila (Chairman Olli-Pekka Kallasvuo (Presiden) Stephen Elop (Incoming Laba bersih Jumlah aset Jumlah ekuitas Karyawan Divisi Pendiri Kantor pusat Daerah layanan Tokoh penting 8 .99 miliar (2009)[2] €1.197 miliar (2009)[2] €891 miliar (2009)[2] €35. Finlandia (1865) Pendapatan incorporated in Nokia Laba usaha (1871) Fredrik Idestam.74 miliar (2009)[2] €14.

com 9 .Markets Anak perusahaan Nokia Siemens Networks Navteq Symbian Situs web Vertu Qt Development Frameworks Nokia.

2 Visi kami adalah dunia di mana siapa pun dapat terhubung Siapa pun memiliki kebutuhan untuk berkomunikasi dan berbagi. Internet adalah kunci utama Nokia II.II. Kami fokus pada penyediaan teknologi kepada para pelanggan – teknologi adalah intuisi. Nokia membantu siapa pun untuk mengisi kebutuhan ini dan kami membantu orang untuk merasa dekat satu sama lain. kesenangan untuk menggunakan dan keindahan. apapun yang terjadi. Kami hidup pada era di mana konektivitas merupakan hal yang sangat penting. Sekatang.3 Telepon genggam Nokia menurut serinya Nokia seri 1000 1011 · 1100/1101 · 1110/1110i · 1112 · 1200 · 1208 · 1209 · 1280 · 1600 · 1650 · 1662 · 1800 Nokia seri 2000 2110i · 2115i · 2310 · 2330 klasik · 2600 · 2600 klasik · 2610 · 2626 · 2630 · 2650 · 2651 · 2700 klasik · 2760 Nokia seri 3000 3100/3100b/3105 · 3108 · 3110 · 3110 klasik · 3120 · 3120 klasik · 3155 · 3200/3200b/3205 · 3210 · 3220 · 3230 · 3250 · 3310 · 3315 · 3330 · 3410 · 3500 klasik · 3510/3590/3595 · 3510i · 3600/3620/3650/3660 · 3600 geser · 3710 lipat · 3720 klasik Nokia seri 5000 5140/5140i · 5160 · 5165/5170/5180 · 5070 · 5100 · 5110 · 5130 · 5200 · 5210 · 5220 · 5300 · 5310 · 5320 · 5500 Sport · 5510 · 5610 · 5700 · 5730 · 5800 Nokia seri 6000 10 . Industri komunikasi berlanjut menjadi perubahan dan Internet adalah pusat dari transformasi ini.

6010 · 6020/6021 · 6030 · 6070 · 6085 · 6100 · 6101 · 6103 · 6110/6120 · 6110 Navigator · 6111 · 6120/6121/6124 klasik · 6131/6133 · 6136 · 6151 · 6170 · 6210 Navigator · 6220 · 6220 klasik · 6230 · 6233 · 6255i · 6260 geser · 6263 · 6265 · 6270 · 6275i · 6280/6288 · 6290 · 6300 · 6300i · 6301 · 6310i · 6315i · 6500 klasik · 6500 geser · 6555 · 6600 · 6600 lipat · 6600 geser · 6610i · 6620 · 6630 · 6650 · 6650 lipat · 6670 · 6680 · 6681/6682 · 6730 · 6700 · 6720 · 6760 geser · 6790 Surge · 6800 · 6810 · 6820 · 6822 Nokia seri 7000 7110 · 7160 · 7210 klasik · 7250 · 7280 · 7360 · 7373 · 7380 · 7390 · 7500 Prism · 7600 · 7610 · 7650 · 7700 · 7710 · 7900 Prism Nokia seri 7000 Supernova: 7100 Supernova · 7210 Supernova · 7310 Supernova · 7510 Supernova · 7610 Supernova Nokia seri 8000 8110 · 8210 · 8250 · 8310 · 8600 Luna · 8800 · 8850 · 8910 Nokia Communicator 9000/9110/9110i · 9210/9290 · 9210i · 9300/9300i · 9500 Nokia C C1 · C2 · C3-00 · C3-01 (C3 Touch and Type) · C5 · C6-00 · C6-01 · C7-00 Nokia E E50 · E51 · E52 · E55 · E60 · E61/E61i · E62 · E63 · E65 · E66 · E70 · E71 · E72 · E75 · E90 Communicator Nokia N 11 .

N8 · N70 · N71 · N72 · N73 · N75 · N76 · N78 · N79 · N80 (Internet Edition) · N81 (N81 8GB) · N82 · N85 · N86 8MP · N90 · N91 (N91 8GB) · N92 · N93 · N93i · N95 · N95 8GB · N96 · N97 · N97 mini Nokia X X2 · X3 · X6 Internet Tablet : 770 · N800 · N810 (WiMAX Edition) · N900 Lain-Lain : N-Gage (Classic · QD · QD Silver Edition) · Vertu Konsep : Nokia Morph · Nokia Eco Sensor · S60 BAB 3 12 .

ANALISIS MARKETING MIX Pengertian Marketing Mix seperti diketahui. Sedangkan strategi marketing mix merupakan bagian dari strategi pemasaran (marketing strategy). dalam situasi persaingan tertentu. promosi dan distribusi. harga. III. untuk mencapai tujuan perusahaan dalam bidang pemasaran. dan berfungsi sebagai pedoman dalam menggunakan variable pemasaran yang dapat dikendalikanpimpinan perusahaan. yang menetapkan komposisi terbaik dari keempat variable pemasaran. sehingga semuanya penting sebagai satu kesatuan strategi. Strategi produk b. 1 Analisis Product 13 . yaitu strategi acuan/bauran. Strategi penyaluran/distribusi d. konsisten dan layak dilaksanakan oleh perusahaan guna mencapai sasaran pasar yang dituju (target market) dalam jangka panjang dan tujuan perusahan jangka panjang (objectives). Pemasar harus mengupayakan agar keempat variable dapat terpadu sehingga akan mempengaruhi tanggapan nasabah yang pada gilirannya akan dapat memberikan kepuasan-kepuasan dalam melayani nasabah.Marketing mix adalah kombinasi dari empat variable/kegiatan yang merupakan inti dari system pemasaran yaitu produk. Keempat variable strategi acuan/baur pemasaran tersebut adalah: a. strategi pemasaran adalah himpunan asas yang secara tepat. Dalam strategi pemasaran ini terdapat strategi acuan/bauran pemasaran (marketing mix). untuk dapat mencapai sasaran pasar yang dituju sekaligus mencapai tujuan dan sasaran perusahaan. Atau dengan kata lain. marketing mix merupakan kumpulan variable-variabel yang dapat digunakan oleh perusahaan/bank untuk mempengaruhi tanggapan konsumen. Strategi harga c. Strategi promosi Keempat strategi tersebut saling mempengaruhi (independent).

III. saluran distribusi. Pertama. kritik serius bisa diangkat di sini dalam hal bagaimana analisis bauran pemasaran akan melayani perusahaan seperti ABN Amro Bank. itu menegaskan bahwa perusahaan-perusahaan dapat menggunakan istilah "produk jasa" di bawah pemasaran Strategi pembuatan campuran (Kotler & Armstrong. Jadi tanpa kebijakan produk yang tepat. British Airways dan Fedex Corporation karena mereka tidak memiliki produk nyata. untuk produsen. Namun. Hal itu berpendapat bahwa itu layak untuk menghilangkan perusahaan berorientasi-layanan ini dengan logika bahwa istilah "layanan" tidak dimulai dengan "P". baut mur. sangat penting untuk menyadari bahwa hasil dari setiap organisasi adalah baik komponen dan determinan dari bauran pemasaran karena memiliki pengaruh yang besar pada unsur-unsur lain dari campuran: periklanan. gambar. dan keputusan produk menentukan ruang lingkup dan arah kegiatan perusahaan. pangsa pasar. perusahaan tidak dapat mengejar untuk unsur-unsur bauran pemasaran lebih lanjut. distribusi fisik dan harga. Jadi Airbusproduct termasuk bagian-bagian tubuhnya seperti mesin. penjualan. kursi. dll beserta layanan purna jual dan semua termasuk dalam strategi pengembangan produk dari Airbus. 2004). Jadi produk kebijakan dan strategi sangat penting utama untuk perusahaan. 2 Analisis Place 14 .Dalam hal sederhana. Selain itu. indikator pasar seperti keuntungan. produk ekspresi pasar kemampuan produktif perusahaan dan menentukan kemampuannya untuk menghubungkan dengan konsumen. produk mencakup semua fitur dan kombinasi dari barang dan jasa terkait bahwa suatu perusahaan menawarkan kepada para pelanggannya. Bank NatWest. penjualan pribadi.Kedua. bagaimanapun. Lazer (1971) berpendapat bahwa produk adalah aspek yang paling penting dari bauran pemasaran untuk dua alasan utama. reputasi dan perawakannya juga tergantung pada mereka.

Nokia telah gagal untuk mengikuti perkembangan perusahaan seperti Samsung dan Motorola. Selain itu. 184). produsen lain seperti ponsel tradisional Nokia telah sangat terpukul oleh kedatangan Apple. yang telah menemukan cara baru yang inovatif untuk menyajikan produk mereka kepada pelanggan baru yang potensial. III. p. untuk beberapa tahun terakhir Motorola telah aktif menjual produk-produknya di beberapa festival yang paling populer musik Eropa. 2007. Dalam hal ini. kegiatan yang diyakini telah terjaring perusahaan lebih dari 2.1 juta pelanggan baru dalam 5 tahun terakhir (Cherney. itu tidak sendirian. sedangkan Nokia telah mampu membentuk rantai yang sama. Sementara jenis kampanye ini tidak membantu Motorola menyusul Nokia dalam hal pangsa pasar. Sebagai contoh. Apple telah berkat kehadiran tertentu High Street ke toko Apple yang dapat ditemukan di sebagian besar kotakota Eropa dan Amerika besar. Dengan kata lain. yang telah meluncurkan iPhone dan langsung mengambil bagian yang besar dari pasar. ini solusi sementara dilakukan selama terlalu lama dan telah menjadi jelas dalam dua tahun terakhir bahwa Nokia perlu meningkatkan point-of-sale aktivitas.Satu area di mana Nokia telah berjuang untuk bersaing dengan saingan dalam beberapa tahun terakhir adalah titik-aksesibilitas-penjualan. Namun. dan sebagian besar produsen telah meninggalkan kegiatan ini untuk jaringan. seperti Orange dan Vodafone. 3 Analisis Price 15 . harus tetap menutup kesenjangan dan menunjukkan Nokia menjadi sedikit di belakang dalam hal menemukan cara-cara petualang dan dramatis baru untuk memasuki pasar.

4 Analisis Promotion 16 . Penetapan harga bukanlah sesuatu yang sederhana. Secara umum strategi penetapan harga di bawah analisis bauran pemasaran dibagi menjadi dua bagian: penentuan harga dan administrasi harga (ibid). Kotler dan Armstrong (2004) mengacu pada konsep harga jumlah uang bahwa pelanggan harus membayar untuk mendapatkan produk. Ini bukan argumen yang valid sebagai pelanggan tidak merespon harga saja. NEXTetc atau harga Coca ColaandPepsiwheredifferent diatur dalam wilayah geografis yang berbeda mempertimbangkan perbedaan dalam pola penggunaan serta biaya iklan yang bervariasi. Harga penentuan ini disebut sebagai proses dan kegiatan yang digunakan untuk sampai pada harga untuk suatu produk. dan perbedaan dalam harga untuk produk serupa dari nilai dan kualitas yang berbeda. atau khusus penjualan situasi. 1971).Harga pada dasarnya menetapkan harga tertentu untuk suatu produk atau jasa yang ditawarkan. Dalam cara yang sederhana. termasuk pertimbangan harga relatif produk dalam baris yang sama. GAP. fungsi yang dilakukan oleh pelanggan. Contoh dari hal ini adalah harga diskon khusus di. Biasanya telah diambil sebagai sebuah hukum umum bahwa harga yang rendah akan menarik lebih banyak pelanggan. misalnya. III. mereka menanggapi nilai sehingga harga yang lebih rendah tidak selalu berarti penjualan diperluas jika produk tidak memenuhi harapan pelanggan (Lazer. posisi anggota saluran distribusi. Harga administrasi tersebut disebut sebagai kegiatan yang terlibat dalam harga pokok penjualan yang tepat untuk situasi tertentu seperti locale geografis.

hal 217). bagian depan David Beckham-gaya-laki-laki. seperti David Ogilvy. dalam jangka panjang itu berarti bahwa satu-satunya merek yang terkandung dalam iklan adalah merek inti (dalam hal ini Nokia). namun. dijelaskan oleh Alexander Cherney sebagai "kunci untuk membuka potensi semua aspek lain dari operasi perusahaan . Beberapa.). Kegiatan Promosi Dalam sepuluh tahun terakhir. hal 58). 2008): Seperti dapat dilihat. secara umum mendukung pendekatan konservatif.salah satu contoh akan menjadi Apple baru-baru ini iklan di Inggris dibintangi pelawak Mitchell dan Webb. dijelaskan oleh Alexander Cherney sebagai "salah satu upaya lebih menyedihkan dapat terhubung dengan pasar remaja" (Cherney. 2008 ed. p. 285). karena tanpa promosi. yang mendukung dari iklan yang fokus pada produk "(Lindholm & Keinonen. itu mengarah pada kurangnya asosiasi nama merek dengan merek selebriti mapan (seperti Beckham). dan sebagai Kristen Lindholm dan Turkka titik Keinonen keluar "Nokia telah menghindari pemain nama besar. III. dan ada pendapat yang saling bertentangan antara komentator pada kebijaksanaan langkah tersebut.Bagian akhir dari promosi pemasaran keprihatinan campuran. Nokia telah mengandalkan pada televisi yang lebih tradisional dan media cetak untuk sebagian besar iklan tersebut. Nokia telah membagi aktivitas promosi di seluruh berbagai daerah. 2003. seperti dapat dilihat dari grafik ini (sumber: Nokia. untuk sebagian besar. berargumen bahwa "tidak bisa apa-apa sehingga bencana sebagai sebuah perusahaan besar mencoba untuk memasuki dunia yang tidak mengerti" (Ogilvy. Promosi adalah salah satu-arena yang paling sulit berjuang dalam pertempuran antara penyedia ponsel besar. Pendekatan ini memiliki implikasi positif dan negatif: dalam jangka pendek. 2007. 2007. kegiatan lainnya semua sia-sia" (Cherney. dianggap memalukan ... Ada tentu telah beberapa contoh perusahaan besar mencoba untuk terhubung dengan 'pasar remaja' dirasakan melalui strategi yang inovatif. 5 Analisis Process 17 .

merupakanbagian penting dari bauran pemasaran jangka panjang. 5 Analisis People Semua orang secara tidak langsung terlibat dalam konsumsi.III. karyawan. 18 . Pengetahuan pekerja. manajemen.

dan pelanggan sering menambah nilai signifikan dengan total produk atau menawarkan layanan. BAB IV KESIMPULAN DAN SARAN Kesimpulan 19 .

Para pesaing seperti Blackbarry dan Apple yang baru di dunia celluler ini membuat Nokia naik turun kewalahan sampai memecat sekitar 4000 karyawannya agar perusahaan ini tetap bisa terus berjalan. Sebagai contoh. sebagai Wiedemann menyarankan. hal 347). Saran Seiring dengan perkembangan teknologi yang begitu pesat dan persaingan yang sangat ketat antara para pesaing dari perusahaan Nokia ini diantaranya produk baru yang mempunyai kualifikasi yang tidak kalah hebat membuat Nokia harus terus memutar otak untuk dapat mengimbangi dan bisa menjadi motivator di bidang tekhnologi gadget. hal 358). Mana analisis lain yang lebih terkait dengan analisis lingkungan dan kelayakan. sampai baru-baru ini disponsori seri hit ITV's 'The X Factor di Inggris) adalah tidak berkelanjutan. Seperti Julius Weidemann menunjukkan. ketergantungan Nokia di televisi dan iklan cetak (sebagai contoh. 5% dari iklan mereka menghabiskan yang telah pergi pada hal-hal semacam ini cenderung berada di iklan sederhana ditempatkan di situs populer yang mengambil sedikit keuntungan dari interaktivitas yang ditawarkan oleh internet.Sementara itu. Analisis bauran pemasaran merupakan langkah fundamental terhadap strategi yang efektif. Pergantian CEO baru di perusahaan Nokia diharapkan bisa menaikkan profit dan tujuan dari perusahaan ini. karena para penonton untuk kedua bentuk media berkurang. penempatan dan promosi adalah empat roda kendaraan yang jalan keberhasilan pemasaran organisasi sebenarnya tergantung. 2008. BAB V DAFTAR PUSTAKA 20 . 2008. "semua bukti menunjuk pada keuntungan yang sangat besar online iklan" (Wiedemann. itu penting dari grafik di atas bahwa Nokia telah membuat sedikit usaha untuk menggunakan teknik-teknik baru periklanan berbasis web.Beberapa komentator mengenali perangkap dengan berargumentasi bahwa mereka tidak harus diambil oleh perusahaan besar sebagai alasan untuk tidak mencoba untuk terlibat dengan platform baru. harga. 4 Ps termasuk pemasaran produk itu sendiri. "itu tidak sulit untuk sebuah perusahaan besar untuk mencari eksekutif periklanan (masih relatif sedikit) yang benar-benar memahami web" (Weidemann.

Edisi http://www.id/ http://www.) • 2003.id/ Nokia. Jakarta : PT Indeks.Penerbit Erlangga. Manajemen Pemasaran. Edisi Kotler.co. Jilid II.com/marketing_mix. • • • Milenium. Philip dan Armstrong.nokia. Edisi Indonesia.co. Kotler.html http://www.blogspot. Jilid 2. Jakarta..uk/essays/mar/nokia.html) Daftar produk Nokia.marketing91. Dasar-dasar Pemasaran.24houressay. Philip. Jakarta.2001 21 .2002 Kedelapan./visi-dan-misi-perusahaan.tripod.com/marketing-mix-nokia (startnokianow.• • • • • • http://www.. Kotler.com/. Edisi Kesembilan. Philip dan Gary Amstrong.co. Prenhallindo. Prinsip . (^ Product Advisory: Nokia BL-5C battery.html http://university-essays.google. Gary.Edisi Kesepuluh. Penerbit PT.prinsip Pemasaran.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->