Ciri-ciri orang bertaqwa

Thursday, August 12, 2010 10:42 PM

Ali Imran 133-134

Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa,

(yaitu) orang-orang yang menafkahkan (hartanya), baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan mema'afkan (kesalahan) orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan.

Seringkali ketika kita memasuki bulan Ramadhan selalu dibacakan surat Al Baqarah 183 yang artinya "Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa, " Dari Al Baqarah ayat 183 tersebut dituliskan bahwa tujuan dari berpuasa itu agar menjadi orang bertaqwa.. Dan hal ini telah kita alami selama bertahun-tahun kita menjalani puasa khususnya dibulan Ramadhan, entah sudah berapa puluh kali kita menjalani Ramadhan dari tahun ketahun.. Namun apakah hingga hari ini kita sudah mendapati predikat taqwa tersebut..?

Dalam kesempatan kali ini saya mencoba mengutip dua ayat dari surat Ali Imran 133 - 134, dalam ayat ini Allah SWT menyebutkan beberapa ciri orang bertaqwa yaitu : 1) Orang - orang yang menafkahkan hartanya baik diwaktu lapang maupun sempit 2) Orang - orang yang menahan amarahnya 3) Orang - orang yang dapat memaafkan kesalahan orang lain Sungguh Maha Suci Allah SWT yang menurunkan Ramadhan kepada umat Muhammad SAW, bulan yang tidak pernah dimiliki oleh kaum lainnya, di bulan Ramadhan orang-orang yang jarang berinfak menjadi rajin berinfak dan shadaqah, orang-orang yang sering marah menjadi lebih menahan marahnya (walaupun ada yang menahan marah hanya karna takut batal puasa) , demikian pula dengan ciri yang ketiga, orang yang nun jauh disana rela menghabiskan sederatan pulsa hp nya untuk meminta maaf kepada saudara dan teman2nya..
Namun seringkali seiring dengan berlalunya Ramadhan maka berlalu pula ketiga sifat ini dari dirinya.. Dan begitu dari tahun ke tahun… semoga dibulan yang penuh berkah ini kita senantiasa dapat menjadikan ketiga ciri orang2 bertaqwa tersebut menjadi ciri dan bagian dari kepribadian kita.. Sehingga tercapailah predikat taqwa yang kita cita-citakan

Sungguh yang benar hanyalah dari Allah SWT Dan kesalahan, kekhilafan hanyalah kelemahan saya
Nun, wal qolami wama yasthurun Wassalamualaikum Warahmatullahi wabarakatuh

Inspired Page 1

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful